Artikel ini ...... dipersembahkan khusus untuk Bos Djo
hahaha, terima kasih kung phooey.....
Hal pertama yg sy selalu usahakan adalah reward & punishment. Reward nggak selalu berupa bonus/kenaikan gaji, meskipun itu jg perlu. Tapi sebuah pujian atau pengakuan bahwa karyawan kita melakukan pekerjaannya dgn bagus juga bisa dimaknai sbg reward. Pastikan pujian kita kpdnya jg didengar karyawan lain. Punishment jg nggak selalu berupa pemotongan gaji / uang makan. Teguran didepan karyawan lain jg bisa merupakan therapy shock bagi dirinya.
Kalo saya sih menganggap karyawan itu rekan bisnis. Saya butuh jasa mereka, mereka butuh uang saya. Jadi equal lah, setara gitu...
Dan satu hal lg yg sy pegang. Saya tidak akan pernah memarahi karyawan didepan customer. Orang2 bilang customer adalah raja, tapi bagi saya kalo customernya yg salah maka saya akan bela karyawan saya. Banyak lho, bos yg marah2in anak buah didepan customer, padahal dia tahu kalo anak buahnya gak salah, hanya utk supaya customernya senang/puas dan tidak pindah ke tempat lain / saingan bisnis.