Author Topic: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat  (Read 955 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Χριστός
Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« on: November 24, 2012, 01:52:46 PM »
Quote
Dikutip dari http://id.berita.yahoo.com/tujuh-hal-tidak-biasa-yang-dilakukan-bos-hebat-031551028.html

Oleh Jeff Haden | Inc

Mereka terlihat seperti orang biasa
Bagi karyawan, Anda tidak dianggap sebagai manusia. Anda bos.

(Ini seperti waktu Anda masih sekolah dan melihat guru di supermarket. Rasanya seram dan tidak nyaman karena guru bukanlah manusia. Mereka adalah guru!)

Bagaimana cara mendekatkan bos dan karyawan? Salah satu cara mudahnya adalah meminta bantuan. Tapi jangan memintanya dengan cara yang salah.

Jangan membusungkan dada, menggunakan kekuasaan dan posisi, serta memintanya dengan suara berat, "Begini, John, saya butuh bantuanmu." John tahu Anda tidak benar-benar membutuhkan bantuannya. Anda sedang menyuruh dia.

Cobalah meminta dengan benar. Bayangkan Anda telah bepergian ke tempat yang asing, Anda hanya tahu beberapa kata dari bahasa setempat, dan Anda tersesat dan sedikit takut.

Bagaimana Anda meminta bantuan? Anda akan rendah hati. Anda akan jujur. Anda akan merasa sedikit takut dan merendahkan kepala Anda sedikit dan berkata, "Bisakah Anda membantu saya?" Dengan ditanya seperti itu, John akan tahu Anda benar-benar membutuhkan bantuan. Dengan terlihat sedikit lemah Anda akan membuang dinding antara Anda dan karyawan, dan Anda tidak takut untuk menunjukkannya.

Dengan terlihat sedikit lemah, Anda akan mengangkat orang lain. Anda secara tegas mengakui keahliannya sambil memperluas kepercayaan. Dan Anda membuat contoh yang bagus: Meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan. Justru tanda kekuatan.

Mereka memberikan dorongan
Dari sudut pandang karyawan ide terbaik tidak pernah berasal dari ide Anda. Ide terbaik adalah ide mereka, dan memang demikian. Jadi tidak perlu menjelaskan apa yang ingin dilakukan. Beri ruang untuk inisiatif. Beri ruang untuk rasa memiliki.

Ketika Anda menjelaskan apa yang ingin dilakukan, berikan ruang bagi karyawan untuk menerima ide Anda dan membuat ide mereka sendiri.

Mereka akan melakukan lebih dari yang Anda bayangkan — dan mereka akan merasakan kepuasan, yang didapatkan karena mengerjakan lebih dari yang diminta.

Mereka memberikan perhatian yang tak terduga
Semua orang suka diperhatikan. Sayangnya Anda tidak punya waktu untuk untuk setiap karyawan.

Jadi manfaatkan waktu yang Anda miliki. Jangan hanya mengomentari hal-hal besar, hal-hal yang memang harus menjadi fokus Anda. Perhatikan pula detail kecil.

Memuji hal tertentu bisa digunakan untuk memperlancar transisi dari konflik pelanggan menjadi penyelesaian masalah. Puji bagaimana ia bekerja dari satu meja ke meja karyawan lain untuk mengambil dokumen yang bisa dia kirimkan dalam perjalanan ke kantor lain.

Pilih sesuatu yang kecil, sesuatu yang positif, sesuatu yang berguna — yang tidak terduga — untuk menunjukkan Anda benar-benar memperhatikan.

Pilih sebuah hal kecil dan karyawan akan tahu Anda memperhatikan dan tidak hanya akan membuat mereka bekerja lebih keras, yang lebih penting lagi mereka akan merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

Memberikan waktu bagi karyawan untuk istirahat
Bawahan Anda membuat kesalahan fatal. Tidak hanya Anda sedikit kesal, ini adalah momen mendidiknya. Anda merasa terdorong untuk berbicara tentang hal itu, mungkin panjang lebar.

Tapi jangan lakukan. Untuk karyawan yang baik, pelajarannya mungkin sudah dia terima. Tatap matanya, mengangguk, biarkan saja, dan bantulah dia memperbaiki masalah.

Sesekali karyawan perlu istirahat. Ketika mereka mendapatkannya, mereka tidak pernah melupakannya. Dan mereka berusaha sangat keras untuk menunjukkan mereka pantas istirahat.

Mereka membiarkan karyawan melihat isi perusahaan
Bos saya hampir berteriak pada pemasok yang terlambat. Memang tidak terlambat tapi hampir saja. Di tengah-tengah "diskusi”, ketika pemasok pergi, dia berbalik dan mengedipkan mata padaku.

Bos saya mengisyaratkan bahwa emosi hanya untuk memberikan efek, dia punya rencana dan dia membiarkan saya tahu beberapa hal. Saya adalah orang dalam. Kami adalah mitra.

Kami berada di dalamnya bersama-sama.

Sangat mudah, sebagai karyawan, tidak merasa seperti Anda dan atasan Anda berada di dalamnya bersama-sama. Pastikan karyawan Anda melakukannya. Biarkan mereka mengintip sesekali ke dalam.

Mereka memberikan pujian tidak pada tempatnya
Pujian tidak selalu harus diraih. Terkadang pujian bisa menjadi seperti kebutuhan.

Ketika Anda melihat sesuatu pada karyawan yang tidak mereka lihat — setidaknya belum — mereka sering berusaha keras untuk memenuhi kepercayaan yang Anda miliki di dalamnya.

Itu terjadi pada saya. Saya mengikuti olah raga gulat saat kelas sembilan. Gugup, takut, terancam — semuanya saya rasakan. Seminggu atau lebih saat ingin latihan saya mendengar pelatih berbicara dengan salah satu dari para senior. "Anak itu," katanya, merujuk kepada saya, "akan menjadi juara negara bagaian saat dia menjadi seorang senior."

Prediksi itu terbukti salah. Ternyata aku tidak bisa. Tapi saat itu aku langsung merasa lebih percaya diri, lebih yakin, dan sangat termotivasi. Perasaan itu berlangsung untuk waktu yang lama.

Dia percaya pada saya. Dan saya pun mulai percaya pada diri sendiri.

Mereka membantu karyawan
Karyawan yang membutuhkan sesuatu — apakah itu hari libur, bantuan, atau istirahat, sering datang kepada Anda.

Mereka rentan karena mereka butuh.

Mengambil sedikit beban mereka dan menguranginya. Anda mungkin tidak dapat memberikan apa yang mereka inginkan, tetapi Anda dapat membantu masalah mereka dengan belas kasih dan kemurahan hati dan, sedikit kebaikan.

Jangan biarkan seorang karyawan berdiri dengan penuh masalah. Itu adalah salah satu perasaan terburuk yang pernah ada — dan Anda sebenarnya dapat membuat perasaan buruk itu langsung menghilang

Artikel ini ...... dipersembahkan khusus untuk Bos Djo    :giggle:


 :whistle:
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #1 on: November 24, 2012, 04:47:48 PM »
Artikel ini ...... dipersembahkan khusus untuk Bos Djo    :giggle:


 :whistle:
hahaha, terima kasih kung phooey.....

Hal pertama yg sy selalu usahakan adalah reward & punishment. Reward nggak selalu berupa bonus/kenaikan gaji, meskipun itu jg perlu. Tapi sebuah pujian atau pengakuan bahwa karyawan kita melakukan pekerjaannya dgn bagus juga bisa dimaknai sbg reward. Pastikan pujian kita kpdnya jg didengar karyawan lain. Punishment jg nggak selalu berupa pemotongan gaji / uang makan. Teguran didepan karyawan lain jg bisa merupakan therapy shock bagi dirinya.
Kalo saya sih menganggap karyawan itu rekan bisnis. Saya butuh jasa mereka, mereka butuh uang saya. Jadi equal lah, setara gitu... 

Dan satu hal lg yg sy pegang. Saya tidak akan pernah memarahi karyawan didepan customer. Orang2 bilang customer adalah raja, tapi bagi saya kalo customernya yg salah maka saya akan bela karyawan saya.  Banyak lho, bos yg marah2in anak buah didepan customer, padahal dia tahu kalo anak buahnya gak salah, hanya utk supaya customernya senang/puas dan tidak pindah ke tempat lain / saingan bisnis.
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline Leonardo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1772
  • Reputation Power:
  • katolik
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #2 on: November 24, 2012, 06:33:32 PM »
hahaha, terima kasih kung phooey.....

Hal pertama yg sy selalu usahakan adalah reward & punishment. Reward nggak selalu berupa bonus/kenaikan gaji, meskipun itu jg perlu. Tapi sebuah pujian atau pengakuan bahwa karyawan kita melakukan pekerjaannya dgn bagus juga bisa dimaknai sbg reward. Pastikan pujian kita kpdnya jg didengar karyawan lain. Punishment jg nggak selalu berupa pemotongan gaji / uang makan. Teguran didepan karyawan lain jg bisa merupakan therapy shock bagi dirinya.
Kalo saya sih menganggap karyawan itu rekan bisnis. Saya butuh jasa mereka, mereka butuh uang saya. Jadi equal lah, setara gitu... 

Dan satu hal lg yg sy pegang. Saya tidak akan pernah memarahi karyawan didepan customer. Orang2 bilang customer adalah raja, tapi bagi saya kalo customernya yg salah maka saya akan bela karyawan saya.  Banyak lho, bos yg marah2in anak buah didepan customer, padahal dia tahu kalo anak buahnya gak salah, hanya utk supaya customernya senang/puas dan tidak pindah ke tempat lain / saingan bisnis.

Good job bro Djo  :afro:
btw sedikit saran sebelum memberi shock terapy berupa teguran kepada karyawan di depan karyawan2 lainnya menurut saya lebih baik ditegur 4 mata terlebih dahulu . Anak buah di panggil ke ruangan anda dan diomongkan baik2....kata orang Jawa itu lebih nge-wongke hehe...
Kalau nggak mempan barulah dibuat shock terapy  :D

salam  :)
In Omnibus Caritas

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Χριστός
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #3 on: November 25, 2012, 05:54:37 AM »
hahaha, terima kasih kung phooey.....

Hal pertama yg sy selalu usahakan adalah reward & punishment. Reward nggak selalu berupa bonus/kenaikan gaji, meskipun itu jg perlu. Tapi sebuah pujian atau pengakuan bahwa karyawan kita melakukan pekerjaannya dgn bagus juga bisa dimaknai sbg reward. Pastikan pujian kita kpdnya jg didengar karyawan lain. Punishment jg nggak selalu berupa pemotongan gaji / uang makan. Teguran didepan karyawan lain jg bisa merupakan therapy shock bagi dirinya.
Kalo saya sih menganggap karyawan itu rekan bisnis. Saya butuh jasa mereka, mereka butuh uang saya. Jadi equal lah, setara gitu... 

Dan satu hal lg yg sy pegang. Saya tidak akan pernah memarahi karyawan didepan customer. Orang2 bilang customer adalah raja, tapi bagi saya kalo customernya yg salah maka saya akan bela karyawan saya.  Banyak lho, bos yg marah2in anak buah didepan customer, padahal dia tahu kalo anak buahnya gak salah, hanya utk supaya customernya senang/puas dan tidak pindah ke tempat lain / saingan bisnis.
Good job bro Djo  :afro:
btw sedikit saran sebelum memberi shock terapy berupa teguran kepada karyawan di depan karyawan2 lainnya menurut saya lebih baik ditegur 4 mata terlebih dahulu . Anak buah di panggil ke ruangan anda dan diomongkan baik2....kata orang Jawa itu lebih nge-wongke hehe...
Kalau nggak mempan barulah dibuat shock terapy  :D

salam  :)

kemudian datanglah Boss Djo dgn membawa seember penuh air dan menyiram Detik yg sedang tertidur. Seketika itu juga terbangunlah Detik, dan berakhirlah cerita ini. Ternyata ini semua hanya mimpi si Detik saja.

Boss Djo pun marah2 dan menyuruh Detik utk segera kembali bekerja, mengingat UMP DKI sekarang sudah mencapai 2,2 juta.

The End.

Nahhh.....
Walaupun anak buah Bos Djo seperti Bro Detik ketiduran di kantor... (di thread menyambung cerita)  :giggle:
Memang memenuhi kriteria ya ... Bos Djo & Mod Leon.
Negurnya 4 mata.....

Mudah2an Bro Detik membaca postingan ini  ....  biar dia menyadari ... mengapa disiram seember air ....   :rofl:
Punishment nya disiram seember air   :rofl:
Walaupun hanya di  "Menyambung Cerita"   :rofl:


 :onion15:
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #4 on: November 26, 2012, 03:25:31 PM »
Detik lagi....Detik lagi.....  :)
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline hello kitty

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1675
  • Reputation Power:
  • Denominasi: GKI
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #5 on: November 26, 2012, 03:28:12 PM »
saya betul2 berharap Detik beneran disiram air sama bos-nya..
supaya lebih serius bekerja, ga hobi posting2 di FIK terus... :whistle:
jangan masukkan kami ke dalam pencobaan..
karena kami bisa masuk sendiri ke dalamnya
(St. Kitty dari Lawang)

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #6 on: November 26, 2012, 03:36:08 PM »
Good job bro Djo  :afro:
btw sedikit saran sebelum memberi shock terapy berupa teguran kepada karyawan di depan karyawan2 lainnya menurut saya lebih baik ditegur 4 mata terlebih dahulu . Anak buah di panggil ke ruangan anda dan diomongkan baik2....kata orang Jawa itu lebih nge-wongke hehe...
Kalau nggak mempan barulah dibuat shock terapy  :D

salam  :)
Utk masalah2 teknis, saya lebih suka menegur karyawan langsung didepan yg lainnya. Keuntungannya, karyawan lain jg akan ikut mengambil pelajaran dari kesalahan temannya, jadi tidak mengulangi kesalahan temannya. Karyawan lain jg bisa mengingatkan kalo si karyawan ini hendak mengulangi kesalahannya, "awas lho jangan salah lagi, inget kemaren udah ditegor..."
Jadi ini hemat waktu, satu karyawan melakukan kesalahan, tapi semua karyawan bisa mengambil pelajaran dari sana.

kecuali utk masalah2 nonteknis, mungkin sy akan bicara ber2 dulu dgn dia.
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline detik

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1692
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Tujuh Hal Tidak Biasa yang Dilakukan Bos Hebat
« Reply #7 on: November 27, 2012, 09:45:13 AM »
Detik lagi....Detik lagi.....  :)

saya betul2 berharap Detik beneran disiram air sama bos-nya..
supaya lebih serius bekerja, ga hobi posting2 di FIK terus... :whistle:

jangan sis.. tidak ada baju ganti..  :onion22: