@Cadang,
Kl para rasul itu lebih tepatnya adl 'mouth to mouth marketing'.
Kl MLM itu lambat laun pasti mandek.
Kl MLM itu sistemnya smart, mngapa hanya sdikit company mnerapkannya?
Krn sistem itu punya banyak kelemahan.
Kl dbilang salesman gratis, itu memang positifnya. Negatifnya, para salesman itu bukan benar-benar kompeten sbg sales, pd akhirnya mreka juga yg jd buyer.
mungkin bener juga sih bro...
kalo saya bilang, MLM untuk suatu produk, hanya sedikit company yg menerapkan, adalah karena Price Structure-nya yang rumit & harus allocate margin yang cukup besar untuk biaya komisi dari berbagai level, dan juga untuk training salesmanship & networking..
belum lagi biaya & waktu yang dibuang untuk mengcreate & perfecting sistem reward-nya agar memacu sekencang-kencangnya motivasi donlen donlen berikutnya..
susah lho mas ngitung-nya & bikin sistem-nya.. apalagi monitoringnya..
belum lagi dari 100 donlen, yg bakal aktif paling berapa gelintir aja..
sehingga memang tidak sesederhana yang tampak dari luar lho..
menurut saya, kalo ekspansi jumlah massa suatu agama, mungkin sistem reward-nya lebih sederhana bro..
tinggal kalo si donlen percaya betul bahwa dia bakal / udah masuk surga, sehingga merasa berkewajiban untuk melaksanakan perintah Tuhan, yang salah satunya dia interpretasikan sebagai nambah donlen baru --> maka semangat lah dia..
tapi ya sama dengan MLM biasa... cuma beberapa gelintir aja yang semangat bener-bener spt itu, bahkan kalo perlu ditarget jumlah jiwa baru yg diselamat-kan nya.. biar makin VIP kursi di surga-nya kali.. ehehe...
lagian, donlen-nya BELUM tentu merasa se-semangat si uplen, sehingga belum tentu mau bikin pohon donlen baru dibawahnya..