Maksudnya disitu adalah baru hanya menerima Sakramen Baptis, sedangkan sakramen Penguatan/Peneguhan/Konfirmasi/Krisma... belum diterima.
Ritual Baptis awalnya selalu disertai dengan penerimaan Sakramen Krisma [Baptis dan Krisma itu satu paket]. Tetapi jika minister Baptis bukan salah seorang dari Rasul.... maka konfirmasi jadi terpisah. [Karena minister dari Baptis bisa siapa saja, tapi minister dari Konfrmasi haruslah Rasul/Bishop]
boleh minta referensinya gak bro ?
Misalnya ayat perintah dari Yesus bahwa setelah dibaptis kemudian harus di konfirmasi ? Kalo perintah baptis kan ada ayatnya, kalo utk konfirmasi seperti apa perintahnya ?
Orang-orang di Samaria sudah dibaptis oleh St. Filipus, tetapi mereka belum menerima sakramen Konfirmasi. St. Filipus tidak mempunyai kuasa utk menerimakan sakramen Konfirmasi karena dia hanya seorang deacon, bukan Bishop/Rasul. Itu sebabnya Pihak Yerusalem mengutus St. Petrus dan Yohanes. Karena kedua orang ini adalah Rasul maka mereka lah yang bisa menerimakan Sakramen Konfirmasi.
Filipus ini bukan Filipus murid Yesus ya? Kok bukan Rasul ?
Filipus ini yg membaptis sida2 kan ? Atas perintah Malaikat dan Roh Allah ?
(14) Ketika
rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah,
mereka mengutus
Petrus dan Yohanes ke situ.
Rasul2 di Yerusalem itu siapa aja ? Atau bro bisa jelaskan siapa2 saja yg boleh melayani sakramen konfirmasi ?
Praktek belakangan hingga sekarang Baptis terpisah dengan Konfirmasi… karena Sakramen Konfirmasi erat kaitannya dengan ‘kedewasaan’ iman dan rohani.
Ok, ini karena praktek baptisan saat ini dilakukan saat masih anak2 ya ?
Keduanya. Tapi Apa hubungannya, ya? Tidak ada bedanya. Karena statement tsb adalah negatif (menyatakan bukan). Jadi entah itu merujuk ke diri/person atau otoritas.... jawabanya adalah bukan.
Tapi, jika pertanyaan retoris St. Paulus tersebut dijawab, lanjutannya adalah:
"Tidak. Kamu dibaptis bukan dalam nama Paulus, melainkan dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus."
Bukan
"Tidak. kamu dibaptis bukan dalam nama Paulus, melainkan dalam nama Yesus Kristus".
berhubungan dong bro....
(13) Adakah
Kristus terbagi-bagi? Adakah
Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis
dalam nama Paulus?
Apakah kristus terbagi2 ? Ini sedang membicarakan Kristus..
Adakah Paulus disalibkan karena kamu ? Padahal maksud Paulus, yg disalibkan ya Kristus.
Adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus ? Padahal maksud Paulus, dibaptis ya dalam nama Kristus Yesus.
Maksud saya begini, dari kalimat ini, Paulus sedang menekankan bahwa dibaptiskan dalam nama siapa, berhubungan dari kalimat sebelumnya yg bicara mengenai disalibkan, dan kemudian berhubungan dgn kalimat Kristus yg tidak terbagi2.
Jika kita bicara siapa yg disalibkan tentu kita bicara tentang Yesus Kristus.
Apakah Bapa disalibkan ? Apakah Roh Kudus disalibkan ?
Menurut Anda... siapa sebenarnya yang membaptis seseorang?
YOHANES 3
11) Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
=====
MATIUS 28
18) Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Manusia tidak memiliki kuasa utk mencurahkan rahmat/grace dari suatu Sakramen, JIKA BUKAN karena diberi Kuasa oleh Kristus.
Ketika salah seorang dari Rasul tersebut membaptis seseorang.... siapa sebenarnya yang membaptis???
===
Salam,
Konteksnya beda dong bro...
kita ini kan sedang membicarakan baptisan air, bukan baptisan dgn Roh Kudus dan api seprti baptisan Tuhan Yesus.
Kalo soal kuasa dan manusia, Berarti Yohanes juga nggak membaptis dong, karena Yohanes jg kan manusia, jadi jangan dibilang baptisan Yohanes.
Pointnya begini, ketika ditulis dibaptis dalam nama Yesus Kristus, itu jelas bukan utk membedakan antara baptisan yg dilakukan oleh murid2 Yesus (atas kuasa Yesus) dgn baptisan yg dilakukan oleh Yohanes. Ditulis dalam nama Yesus Kristus karena memang dibaptis dalam nama Yesus Kristus.
salam.