Author Topic: Baptisan dalam nama Yesus  (Read 11847 times)

0 Members and 5 Guests are viewing this topic.

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #105 on: August 21, 2013, 05:59:15 AM »
Pak salt adalah langganan restauran itu, para pelayan udah pada kenal

Para pekerja pembabtis  dan jemaat gereja tritunggal udah pada tahu siapa Allah yang esa itu

Tuhan Yesus memberkati


Han

Tolong beri analogi yang lebih tepat, analogi di atas jelas sangat tidak sesuai.
Dan bahas saja yang sesuai topik.

Syalom

Syalom

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #106 on: August 21, 2013, 06:05:08 AM »
Tolong beri analogi yang lebih tepat, analogi di atas jelas sangat tidak sesuai.
Dan bahas saja yang sesuai topik.

Syalom

Syalom

Lha mau analogi yang gimana lagi atuh ?? itukan udah sangat jelas sekali

Jika mind set nya sudah terpaku dan engga rela  terima masukan .
maka anlogi yang tercangihpun bakalan ditolak dan dikatakan tidak tepat


Tuhan Yesus memberkati


Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #107 on: August 21, 2013, 06:24:13 AM »
Ya sudah, sekarang bisa kembali ke judul topik saja, om?

Syalom

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #108 on: August 21, 2013, 07:21:15 AM »
Ups, sorry. Saya tidak membaca dgn teliti post anda. Yg saya maksud bukan HARUS ADA format lain, tapi ADA format lain yaitu format awal, yaitu sesuai ucapan Yesus. Dan ini tetap sy pakai.
Dan sekali lagi, bahwa saya tidak sependapat bahwa kalimat Roh Kudus belum turun itu merupakan sebab akibat dari baptisan yg hanya dalam nama Yesus.
A. Bahwa Roh Kudus blm turun, ya betul.
B. Bahwa mereka dibaptis dlm nama Tuhan Yesus, ya betul.
Tapi A terjadi bukan karena B, meskipun ada kata "karena" disitu.

Itu yg saya pahami.

Hmm... jadi kata 'sebab' dan 'karena' di ayat tersebut tidak ada artinya sama sekali???

Baikalah, saya ikuti saja dulu alur pemahaman Anda.

Selanjutnya, bagaimana Anda memahami Kis 8:16 tersebut?

Kis 8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus

Saya stop di yang satu itu dulu.... supaya clear satu persatu.

Karena dari penjelasan Anda atas apa yang dimaksud di Kis 8:16  akan menunjukkan apakah yang Anda pahami tadi bisa diterima atau tidak.

====

Salam,

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #109 on: August 21, 2013, 11:48:11 AM »
Hmm... jadi kata 'sebab' dan 'karena' di ayat tersebut tidak ada artinya sama sekali???
Imo, Ya.

Selanjutnya, bagaimana Anda memahami Kis 8:16 tersebut?

Kis 8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus
Yg bisa diambil pada ayat tsb adalah :
Bahwa Roh Kudus belum turun diatas mereka, dan mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Karena jika itu sebab akibat, maka "aturan" nya harus tetap spt itu seterusnya. Tapi Alkitab memberikan info lain diluar ketentuan diatas, bahwa Roh Kudus telah turun, bahkan sebelum dibaptis.

Saya memahaminya spt itu bro.

Salam.   
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #110 on: August 22, 2013, 07:06:26 AM »
Imo, Ya.
Yg bisa diambil pada ayat tsb adalah :
Bahwa Roh Kudus belum turun diatas mereka, dan mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Karena jika itu sebab akibat, maka "aturan" nya harus tetap spt itu seterusnya. Tapi Alkitab memberikan info lain diluar ketentuan diatas, bahwa Roh Kudus telah turun, bahkan sebelum dibaptis.

Saya memahaminya spt itu bro.

Salam.

Aneh juga jika hubungan kausatif di suatu peristiwa harus menjadi aturan tetap untuk semua peristiwa. Jika tidak menjadi aturan tetap untuk semua peristiwa, maka itu bukan hubungan causatif.

"Saya terlambat masuk kerja, karena bangun kesiangan."

Atas apa yang saya alami tersebut Anda menyimpulkan: "Bahwa setiap kali saya terlambat masuk kerja, itu pasti karena bangun kesiangan."
====


Kis 8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka

Pemahaman Anda:

Itu bukan karena rasul-rasul menumpangkan tangannya. Karena jika itu sebab akibat, maka "aturan" nya harus tetap spt itu seterusnya. Tapi Alkitab memberikan info lain diluar ketentuan diatas, bahwa Roh Kudus telah turun, bahkan sebelum dibaptis.
====

Kis 19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Pemahaman Anda:

Itu bukan karena Paulus menumpangkan tangannya. Karena jika itu sebab akibat, maka "aturan" nya harus tetap spt itu seterusnya. Tapi Alkitab memberikan info lain diluar ketentuan diatas, bahwa Roh Kudus telah turun, bahkan sebelum dibaptis.
====

Well, jika tahu akan begini jadinya argumen Anda.... dari awal saya tidak akan melayani Anda dalam diskusi ini.

====

Salam,

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #111 on: August 22, 2013, 08:25:41 AM »
Berhubung diskusi saya dengan Sdr. Djo sudah berakhir, maka berikut ini saya mencoba menjawab post-nya sdr. Djo, yg sempat saya tunda dengan maksud supaya fokus dan clear satu per satu.

Quote
Menurut saya, Ananias juga mengkonfirmasikan Paulus sebelum membaptisnya, meskipun ia bukan rasul. Jika menurut bro itu bukan konfirmasi, berarti Paulus hanya dibaptis saja tanpa konfirmasi. Lalu Paulus (yg tdk dikonfirmasi) justru malah mengkonfirmasi orang lain.

Terus terang saya tidak tahu darimana dan apa dasar yang digunakan untuk menyatakan bahwa Ananias memberikan Sakramen Konfirmasi kepada St. Paulus sebelum St. Paulus dibaptis.

Adalah mustahil seorang yang belum Baptis menerima Konfirmasi <==> Adalah mustahil seorang yang belum lahir [Baptis = Lahir baru] bertumbuh/berkembang, dewasa [Konfirmasi].

Dari ayat ayat di Kisah Para Rasul, yang mengisahkan Ananias mendatangi Paulus/Saulus.... tidak ada dikatakan tersurat maupun tersirat akan hal itu.

Sbb:

9:3 Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
9:4 Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
9:5 Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
9:6 Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."
9:8 Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.
9:9 Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.
9:10 Di Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias. Firman Tuhan kepadanya dalam suatu penglihatan: "Ananias!" Jawabnya: "Ini aku, Tuhan!"

9:11 Firman Tuhan: "Mari, pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus, dan carilah di rumah Yudas seorang dari Tarsus yang bernama Saulus. Ia sekarang berdoa,
9:12 dan dalam suatu penglihatan ia melihat, bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam dan menumpangkan tangannya ke atasnya, supaya ia dapat melihat lagi."

9:17 Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."

9:18 Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.

9:26 Setibanya di Yerusalem Saulus mencoba menggabungkan diri kepada murid-murid, tetapi semuanya takut kepadanya, karena mereka tidak dapat percaya, bahwa ia juga seorang murid.

9:27 Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia dan bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam nama Yesus.

9:28 Dan Saulus tetap bersama-sama dengan mereka di Yerusalem, dan dengan keberanian mengajar dalam nama Tuhan.


=====
Di ayat 17 dikatakan: "supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus"

Efek dari penumpangan tangan oleh Ananias di ayat 17 tersebut adalah "Paulus DAPAT MELIHAT LAGI" (sebagaimana di sebutkan di ayat 18).

Pertanyaannya 1 :

Lalu yang satu lagi i.e. supaya penuh dengan Roh Kudus di ayat 17 ==> itu mana/kapan???

Jawab:

"Setelah Paulus dibaptis".

[di ayat 18. Walaupun di ayat tersebut tidak disebutkan secara TERSURAT, tapi dengan BAPTIS memang seseorang menerima Roh Kudus==>  bdk: Kis 2:38.]
====

Sekali lagi, setelah Ananias menumpangkan tangannya atas Saulus/Paulus....> efek yang terjadi adalah: Paulus DAPAT MELIHAT LAGI [bukan: DAPAT MELIHAT LAGI + PENUH DENGAN Roh Kudus].

====

Pertanyaan 2

Jika demikian, kapan dan dimanakah St. Paulus menerima Sakramen Konfirmasi???

Jawab.

Tidak ada dikisahkan di KS. Tetapi tidak dikisahkan tidak berarti St. Paulus tidak menerima Konfrimasi.

Karena setelah St. Paulus dibaptis, dia dibawa oleh Barnabas menemui para Rasul di Yerusalem, dan Paulus tinggal tetap bersama mereka. [Kemungkinan: Pada saat Paulus bersama-sama dengan para Rasul itulah St. Paulus menerima Sakramen Konfirmasi.]

======

Pertanyaan lebih lanjut:

Kapankah para Apostel/Rasul menerima Sakramen Konfirmasi dan siapa yang menerimakan???

Jawab:

Para apostel menerima Sakramen Konfimasi pada saat Hari Pentakosta [Kis 2:1-4].

Peristiwa yang dialami para Rasul di hari Pentakosta tsb bukan hanya 'efek' dari Sakramen, tetapi juga realitas dari Sakramen itu sendiri dan juga ada outward sign-nya [Sacramen is outward signs of inward grace ] seperti: bunyi seperti tiupan angin; lidah-lidah seperti nyala api]. [Bandingkan dengan hanya 'efek' Sakramen yang diterima Cornelis dan para kerabatnya; alias tanpa outward sign]

St Thomas Aquinas (ST III, q.72, a.2, ad 1) menjelaskannya sbb:

Christ, by the power which he exercises in the sacraments, bestowed on the apostles the reality of this sacrament, i.e. the fullness of the Holy Ghost, without the sacrament itself, because they had received the first fruits of the Spirit (Romans 8:23).

“Nevertheless, something of keeping with the matter of this sacrament was displayed to the apostles in a sensible manner when they received the Holy Ghost. For that the Holy Ghost came down upon them in a sensible manner under the form of fire, refers to the same signification as oil: except insofar as fire has an active power while oil has a passive power, as being the matter and incentive of fire. And this was guite fitting: for it was through the apostles that the grace of the Holy Ghost has to flow forth to others.

“Again, the Holy Ghost came down on the apostles in the shape of a tongue. Which refers to the same signification as balm: except insofar as the tongue communicates with others by speech, but balm, by its odor. Because, to wit, the apostles were filled with the Holy Ghost, as teachers of the Faith; but the rest of the believers, as doing that which gives edification to the faithful
.”

====

Salam,

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #112 on: August 31, 2013, 02:22:02 PM »
Memang ada sebab akibat utk kasus per kasus, tapi utk yg ini imo berlaku universal. Kenapa Roh Kudus turun pada orang2 tertentu, dan tidak turun pada orang2 yg lain meskipun kedua kelompok orang2 ini sama2 belum dikonfirmasi, itu yg jadi pemikiran saya. Berarti memang Roh Kudus tidak terikat pada sakramennya jika mau dikatakan Roh Kudus turun/tidak turun disebabkan oleh ada/tidaknya suatu sakramen.

Percayalah kpd Tuhan Yesus, maka engkau akan diselamatkan. Ini sebab akibat, karena percaya kpd Yesus, maka kita jadi selamat.  Jika kita bisa selamat tanpa harus percaya kpd Tuhan Yesus, berarti ada yg "salah" dlm kalimat tsb. Kalau bukan kalimatnya yg salah, berarti kita yg nggak pas mengartikannya.

Itu saja dari saya.
==================
Thanks atas diskusinya bro.

Salam.
 
 
[/quote]
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!