Mnrt saya, Allah tetap mbuka ruang utk free-will.
Saya belon nangkep disini, siip. Apakah maksud siip disini adalah : Allah membuka ruang utk free-will bagi sebagian manusia - sisanya predestined ?
Kl smua ssuai dg pengaturanNya, maka manusia itu sbetulnya robot juga.
Lalu bagaimana donk dgn yg "sisa"nya yg di predestined tsb ? Apakah ibarat kayak robot ?
Jika bgitu, maka Allah ga perlu berduka jika manusia binasa, ataupun malaikat gembira ketika ada yg bertobat.
Saya masih nggak ngerti ... kalo sudah ada siapa2 saja yg Allah predestined SBJ, kenapa Dia mesti berduka siip ?
Itu artinya,
Allah sudah menetapkan SBJ akan adanya Sumbawa.
Ada grand-design dari apa yg ada dahulu, sekarang dan nanti ke depan.
Mungkin siip belon nangkep yg odading maksudkan ... begini siip ..
Yang saya maksudkan itu adalah :
kalimat ungu itu bisa sampai dilontarkan manusia, HANYA diketika SETELAH manusia ketahui
.
Alkitab tidak pernah menyatakan apakah AdamHawa selamat atau kagak. Alhasil, kita cuma bisa menerka-nerka ... karena sekali lagi tidak tercatat apakah ada janji Tuhan AdamHawa di selamatkan, tidak ada pula tercatat AdamHawa bertobat sebelon mati. Yang tertulis jelas adalah
"kalo kamu makan itu buah, maka kamu akan MATI".So pertanyaannya :
Apakah Allah predestined AdamHawa utk mati ?
Misalnya nih,
Sudah ditetapkan Allah akan munculnya Antikristus.
Sungguh... masih terasa sulit buat saya untuk mengertikan bold ... hehehe
.
Karena ini kembali spt post saya sebelumnya : nanti tak taroh pohon, nanti tak taroh iblis, nanti tak bikin iblis ngerayu Hawa, nanti tak bikin Hawa kena rayuan iblis, nanti Hawa makan buah, nanti tak hukum,
nanti tak bikin muncul AntiKris, nanti tak bikin yg di predestined itu terjebak, tapi karena mereka di predestined - nanti tak bikin mereka bertobat sebelon mati, dst dst.
Kalo ditanya : "emangnya gak mungkin rancangan Allah seperti itu ?"
Saya jawab : "ya mungkin2 aja lah ... "
.
Siip menggunakan kata "ditetapkan"... bukankah ini gak beda dengan dipilih/predestined utk selamat ?
Itu sudah grand-design.
Soal tanda binatang, itu sudah grand-design.
Tp siapa-siapa yg mmutuskan utk mnerimanya, belum tentu itu masuk grand-design. Bisa saja itu tgantung free-will.
Pertanyaannya : apakah di Grand Design tsb SBJ :
- A. Allah TAU individu siapa yg nanti akan menjadi AntiKris ?
- B. Karena katanya predestined tidak sedikitpun ada terkait/sangkutpautnya dgn keMahaTahuanNYA maka pertanyaan point-A nihil ---> Allah TIDAK TAU individu yg mana yg nanti akan jadi AntiKris
- C. Karena kata yang digunakan kata "ditetapkan" maka Allah tidak perlu TAU TAU lagi, kan ada si mr.X yg memang sudah ditetapkan Allah untuk nanti jadi AntiKris
Yang mana yg siip pilih jawabannya dari A/B/C ?
.
Bgini Bro...
Tuhan punya kemahakuasaan utk menetapkan suatu kejadian dan hal-hal yg terkait kejadian itu.
Saya mengerti siip, kalimat diatas bagi saya, ibarat
"sudah klise" ---> karena manusia siapa saja berhak utk menyatakan suatu kejadian yang SUDAH LEWAT itu = Allah MahaKuasa yg menetapkan.
Sementara dari sudut pandang saya, APAPUN kejadiannya - mao sudah lewat kek ... yg sekarang kek atopun yang nanti kek, SEMUA memang sudah ditetapkanNYA
berdasarkan Causal Law BUKAN berdasarkan "nanti tak taro iblis, nanti mr.X tak buat sebagai AntiKris, nanti si Yudas (sekalipun Yudas belon eksis) tak bikin berkhianat, dst dst
.
Setelah penetapannya berdasarkan Causal Law tsb, barulah :
nanti tak kasih tau setiap manusia termasuk manusia pertama yg saya buat supaya bisa "menang" didalam kehidupan mereka melalui FirmanKU dalam berbagai cara.Nah Salomo bisa saja mngira bhw dia itu SBJ jadi raja.
Tp dari POV Tuhan, Salomo itu bukan design SBJ.
Tp krn Tuhan yg menetapkan Salomo jd raja, maka Salomo sah jadi raja atas kehendak Tuhan.
alamak... sungguh saya nggak nangkep penjelasan siip ... sabar yah ... hehehe
.
Yang ungu, apakah maksud siip : SBJ Salomo emang tidak ditetapkan Tuhan, BARULAH setelah Salomo lahir dan setelah menjadi dewasa maka Allah menetapkan Salomo jadi raja ?
Yang coklat, SBJ Allah tidak pernah berkehendak bhw anak Raja Daud tsb menjadi raja, BARULAH setelah Salomo eksis ... barulah Allah berkehendak si Salomo ini utk menjadi raja ?
Begitu bukan maksud siip ? PLease CMIIW.
Kl mnrt saya,
Tuhan itu maha tau, tp ada hal-hal dimana Ia memilih utk tidak otomatis tau.
Bagaimana dengan ayat sbb, siip ?
”Tidak satu pun dari burung-burung itu akan jatuh ke tanah tanpa diketahui Bapakmu.” Ia menambahkan, ”Jangan takut: kamu lebih bernilai daripada banyak burung pipit.”Odading mengemukakan duluan yah pengertiannya :
Allah tau
burung2 pipit yang jatuh ke tanah SBJ (SBJ = Kekekalan) ---> mao literally sebelum bumi dibuat kek, ataupun sekarang tgl 5 sept kek, ataupun nanti kek - tidak ada bedanya
.
Kalo menurut siip,
Yang merah itu, SBJ ? ataukah disaat burung pipit itu mati BARULAH Allah mengetahuinya ? Ataukah jangan2 ini tergantung ? tergantung apakah Dia memilih utk tau ato nggak ... kalo Dia emang nggak berkehendak pingin tau ... ya Dia nggak tau-lah ada burung pipit jatoh ke tanah ...
.
Kl mnrt saya,
Tuhan itu maha tau, tp ada hal-hal dimana Ia memilih utk tidak otomatis tau.
kalo semisalnya seorang Kristen ditanya sbb :
kamu percaya ? bhw Allah TAU : presiden Obama lagi ngapain sekarang di Amrik ? apabila di timbuktu disaat ini ada orang membunuh ? apabila di Jepang saat ini terjadi kecelakaan ? mr.X lagi mabok di sebuah diskotik saat ini ? si odading belon tidur ampe jam subuh begini ?Apakah jawabannya :
"wah nggak tau juga yah ... soalnya Dia milih2 sih ... yang mana yg Dia mau ketahui dan yg mana yg Dia nggak mao tau" ??
.
Diatas sekedar intermezo, karena saya percaya ... siip sendiri tentu tidak akan menjawab seperti diatas, kaaan ?
.
Saya tidak menampik quote siip diatas ... saya cuma mau menjelaskan betapa sulitnya bagi saya untuk menjabarkan/mengertikan kalimat sbb :
"ada hal-hal dimana Ia memilih utk tidak otomatis tau"
---> karena saya tidak akan pernah tau
hal-hal yang mana yg Dia pilih utk tidak otomatis tau ... apalagi dikala saya menyatakan jawaban pertanyaan ijo diatas adalah :
Ya, saya percaya Dia tau semua itu ... hehehe
.
salam.