Author Topic: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 8453 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #30 on: October 21, 2013, 01:24:08 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:29:05 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #31 on: October 21, 2013, 01:25:50 PM »
Quote
Makanlah roti itu seperti roti jelai yg bundar dan engkau harus membakarnya di atas kotoran manusia yg sudah kering di hadapan mereka ( Yehezkiel 4 : 12 )

Tuhan menyuruh Yehezkiel memakan roti yg dibakar di atas kotoran manusia yg sudah kering. Secara medis, apakah hal ini tidak berbahaya?

Dibakar di atas kotoran yg sudah kering, jadi rotinya tidak terkena kotoran tsb.
Praktek ini sebenarnya familiar di timur tengah pd waktu itu.

Pd saat tjadi klangkaan kayu,
Maka sbagai bahan bakar memasak, dgunakanlah kotoran yg sudah kering.

Itu adl simbol betapa sulitnya kelak Israel saat dkepung Babel shg mreka tpaksa harus mnggunakan metode tsb utk bisa makan.

Btw,
Saya punya kabar yg mirip :

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/12/16/10351456/biogas.kotoran.manusia
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #32 on: October 21, 2013, 01:28:10 PM »
Quote
Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak ?
a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (11 Samuel 5: 13-16).
b. Tidak! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14: 3-7).

2 Sam 5:12-13
Lalu tahulah Daud, bahwa Tuhan telah menegakkan dia sebagai raja atas Israel dan telah mengangkat martabat pemerintahannya oleh karena Israel, umat-Nya. Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.

1 Taw 14 : 3
Daud mengambil lagi beberapa isteri di Yerusalem, dan ia memperanakkan lagi anak-anak lelaki dan perempuan.


Pola penuturan kisah di kitab Samuel agak berbeda dengan di kitab Tawarikh.
Kitab Tawarikh lebih spesifik di silsilah, sedangkan kitab Samuel lebih spesifik dalam isi cerita.

Alasan mngapa di Kitab Samuel dituliskan mengenai adanya gundik adalah sebagai pengantar kisah yang ada di 2 Sam 16:21-22

Lalu jawab Ahitofel kepada Absalom: "Hampirilah gundik-gundik ayahmu yang ditinggalkannya untuk menunggui istana. Apabila seluruh Israel mendengar, bahwa engkau telah membuat dirimu dibenci oleh ayahmu, maka segala orang yang menyertai engkau, akan dikuatkan hatinya."
Maka dibentangkanlah kemah bagi Absalom di atas sotoh, lalu Absalom menghampiri gundik-gundik ayahnya di depan mata seluruh Israel.

Jadi,
Karna kisah pemberontakan Absalom dicritakan di kitab Samuel, sehingga penulis kitab itu mrasa perlu mncantumkan terlebih dahulu bahwa Daud juga mengambil gundik slain istri shg alur ceritanya menjadi lebih lengkap.

Di sisi lain,
Karna kisah pemberontakan Absalom tidak dicritakan di kitab Tawarikh, maka penulis kitab itu tidak mrasa perlu mncantumkannya.

Lagipula,
Kedua nas tersebut tidak kontradiktif,
Karna kitab Tawarikh tidak menuliskan bahwa Daud tidak mengambil gundik di Yerusalem.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #33 on: October 21, 2013, 01:28:57 PM »
Quote
Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem ?
a. 11 orang (Samuel 5: 13-16).
b. 13 orang (I Tawarikh 14 3-7).

2 Sam 5:13-16   
Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.
Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
Yibhar, Elisua, Nefeg, Yafia,
Elisama, Elyada dan Elifelet.

2 Taw 14:4-7   
Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
Yibhar, Elisua, Elpelet,
Nogah, Nefeg, Yafia,
Elisama, Beelyada dan Elifelet.


Perhatikan yang di-bold.
Skali lagi, ada beda maksud penulisan antara kitab Samuel dan kitab Tawarikh.

Pada kurun waktu kedatangan Daud dari Hebron hingga pesta yang diadakan Absalom,
Keturunan Daud adalah sbagaimana yang tertulis di 2 Sam 5:13-16.
Setelah selesai masa pemberontakan Absalom, Daud menambah lagi beberapa anak sbagaimana yang dijabarkan lengkap di 2 Taw 14:4-7.

Mengapa pesta Absalom dijadikan patokan?
Karna di pesta tersebut, semua keturunan Daud diundang.
Dan keturunan yang dimaksud itu yang ada di 2 Sam 5:13-16.
Penulis memberitahukan pada kita siapa saja yg datang ke pesta tersebut.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #34 on: October 21, 2013, 01:29:39 PM »
Quote
Berapakah tentara berkuda tawanan Daud ?
a. 1.700 orang (II Samuel 8: 4).
b. 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4).

2 Sam 8:3-4   
Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer bin Rehob, raja Zoba, ketika ia pergi memulihkan kekuasaannya pada sungai Efrat.
Daud menawan dari padanya seribu tujuh ratus orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.

1 Taw 18:3-4   
Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer, raja Zoba, dekat Hamat, ketika ia pergi menegakkan kekuasaannya pada sungai Efrat.
Daud merebut dari padanya seribu kereta, tujuh ribu orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.


Keterangan di atas saling melengkapi.

Peperangan itu berlangsung dari perbatasan Efrat hingga ke Hamat.
Dalam perang itu, Daud menawan :
20000 pasukan infantri,
1000 kereta kuda (hanya keretanya saja),
1700 pasukan berkuda.

Total pasukan berkuda (1700) + pasukan berkuda dalam kereta (keretanya ada 1000) = 7000.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #35 on: October 21, 2013, 01:31:09 PM »
Quote
Siapakah kepala Triwira pengiring Yahudi ?
a. Isyabaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23:8).
b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11:11).

2 Sam 23:8   
Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

1 Taw 11:11   
Inilah daftar para pahlawan yang mengiringi Daud: Yasobam bin Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.


Bahasa literal :

2 Sam 23:8
These [be] the names of the mighty men whom David had: The Tachmonite that sat in the seat, Head of the Three; He was Adino the Eznite: [he lift up his spear] against eight hundred, whom he slew at one time.

1 Taw 11:1
And this [is] the number of the mighty men whom David had; Jashobeam, an Hachmonite, the Head of the Thirty: he lifted up his spear against three hundred slain [by him] at one time.


Susunan pahlawan Daud adl sbagai brikut :

Three Mighty Men (Triwira) :
- Adino
- Eleazar
- Syama

Three of Thirty :
- Abisai (Chief of Three of Thirty)
- Benaya
- Yasobam (Chief of Thirty)

Thirty :
Silakan baca lengkapnya di Kitab Samuel dan Tawarikh (total 37 orang).

Jadi siapa kepala Triwira?
Adino.
Yasobam adalah kepala Tigapuluh, anggota Tiga dari Tigapuluh.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #36 on: October 21, 2013, 01:31:44 PM »
Quote
Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ?
a. 800 orang (II Samuel 23:8.
b. 300 orang (I Tawarikh 11:11).

Ayatnya ada di atas.

Adino, kepala Triwira membunuh 800 orang dalam 1 pertempuran.
Itulah mengapa dia disebut 'Yang duduk di kursi pemimpin' (diterjemahkan LAI menjadi 'Isybaal').

Yasobam, kepala Tigapuluh membunuh 300 orang dalam 1 pertempuran.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #37 on: October 21, 2013, 01:32:38 PM »
Quote
Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
a. 3.300 mandor (1 Raja-raja 5:16).
b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2).

1 Raj 5:15-16   
Lagipula Salomo mempunyai tujuh puluh ribu kuli dan delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan,
belum terhitung para mandur kepala Salomo yang mengepalai pekerjaan itu, yakni tiga ribu tiga ratus orang banyaknya, yang mengawasi rakyat yang mengerjakan pekerjaan itu.

2 Taw 2:2   
Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus mandur untuk mengawasi mereka itu.


Ada beda kedudukan antara 'mandur' dengan 'mandur kepala'.
Mandur kepala berjabatan lebih tinggi dari mandur.
Mereka bisa disebut sbg mandur senior.

Mengingat project sdemikian besar dan memakan waktu lama,
Maka mnrt saya,
Total mandur adalah 3300 + 3600 = 6900.

Kitab Samuel menyorot 'mandur kepala',
Para mandur kepala tidak hanya mengawasi, tapi juga mengepalai.

Kitab Tawarikh menyorot 'mandur' yang tugasnya mengawasi pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #38 on: October 21, 2013, 01:33:35 PM »
Quote
Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?
a. 2.000 bat air (I Raja-raja 7:26).
b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5).

1 Raj 7:26
Tebal "laut" itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. "Laut" itu dapat memuat dua ribu bat air.

2 Taw 4:5
Tebal "laut" itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. "Laut" itu dapat memuat tiga ribu bat air.


Terjemahan literal :

1 Raj 7:26
And it [was] an hand breadth thick, and the brim thereof was wrought like the brim of a cup, with flowers of lilies: it contained two thousand baths.

2 Taw 4:5
And the thickness of it [was] an handbreadth, and the brim of it like the work of the brim of a cup, with flowers of lilies; [and] it received and held three thousand baths


Jadi,
Di Bait Suci buatan Salomo,
Laut itu memuat 2000 bat air,
Tetapi kapasitas maksimumnya adalah 3000 bat air.
Karna dalam prakteknya memang Laut tidak diisi sepenuh-penuhnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #39 on: October 21, 2013, 01:35:34 PM »
Quote
Roh Tuhan berada pada manusia hanya 120 tahun saja.
Kalo ada orang yang berumur panjang melebihi 120 tahun, roh siapa yang berada pada manusia yang berumur panjang itu?


Ayatnya :

Kej 6:3
NKJV
And the LORD said, "My Spirit shall not strive with man forever, for he [is] indeed flesh; yet his days shall be one hundred and twenty years."

GWV
Then the LORD said, "My Spirit will not struggle with humans forever, because they are flesh and blood. They will live 120 years."

AMP
Then the LORD said, "My Spirit will not contend with man forever, for he is mortal; his days will be a hundred and twenty years."


Kita lihat relasi dari ayat ini di ayat2 berikutnya :

Kej 6:5-7
Ketika dilihat Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah Tuhan, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
Berfirmanlah Tuhan: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka."


Tafsiran dari Kej 6 : 3 adalah :
Allah mengatakan mengenai kemusnahan manusia pada jaman itu, yaitu 120 tahun setelah diucapkan Firman di Kej 6:3, yakni melalui air bah.

So, menurut tafsiran ini,
120 tahun dari saat firman (Kej 6:3) itu diucapkan, Allah akan memusnahkan semua manusia (menarik life-giving breath) melalui air bah.

Jadi sifat ayat itu sangat kontekstual, yakni pada saat sebelum air bah saja.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #40 on: October 21, 2013, 02:18:21 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:29:26 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #41 on: October 21, 2013, 02:21:37 PM »
Quote
Dimana Yesus menemui orang kerasukan setan?
a. Di Gedara (Matius 8:28 )
b. Di Gerasa (Markus 5:1-2)

Gerasa adalah sebuah kota,
Gadara adalah sebuah propinsi.
Gerasa terdapat di Propinsi Gadara.

Quote
Berapakah orang kerasukan setan yang menemui Yesus?
a. 1 orang (Mrk 5:2; Luk 8:27)
b. 2 orang (Mat 8:28)


Untuk ini, sekilas baca orang bisa 'seolah-olah' melihat kontradiksi, pdhl tidak.
Markus dan Lukas tidak pernah berkata bhw yang kerasukan 'hanya 1 orang' shg tidak mnggugurkan statement Matius.

Penjelasan :

Dari 3 kisah yg sama ttg pengusiran setan di Gerasa, Matius adalah yang paling singkat mjelaskannya.

Kronologi Matius :

1. Yesus turun dari perahu
2. Dua orang krasukan setan menemui dia
3. Setan-setan itu berteriak-teriak
4. Setan-setan mminta pindah ke babi
5. Yesus mngijinkan mreka merasuki babi
6. Babi mati terjun ke jurang
7. Yesus mninggalkan daerah Gerasa

Smentara itu, kronologi Markus dan Lukas lebih panjang dan mendetil.

Kronologi Markus :

1. Yesus turun dari perahu
2. Satu orang krasukan setan menemui dia
3. Yesus memerintahkan setan-setan untuk keluar dari dia
4. Setan-setan itu tidak keluar mlainkan berteriak
5. Yesus menanyakan nama para setan itu
6. Setan-setan itu mnyebut namanya dan mminta pindah ke babi
7. Yesus mngijinkan mreka merasuki babi
8. Babi mati terjun ke jurang
9. Satu orang yg kerasukan setan sudah waras
10. Yesus mninggalkan daerah Gerasa

Kronologi Lukas :

1. Yesus turun dari perahu
2. Satu orang krasukan setan menemui dia
3. Yesus memerintahkan setan-setan untuk keluar dari dia
4. Setan-setan itu tidak keluar mlainkan berteriak
5. Yesus menanyakan nama para setan itu
6. Setan-setan itu mnyebut namanya dan mminta pindah ke babi
7. Yesus mngijinkan mreka merasuki babi
8. Babi mati terjun ke jurang
9. Satu orang yg kerasukan setan sudah waras
10. Yesus mninggalkan daerah Gerasa

Demikianlah bisa kita lihat bahwa Markus dan Lukas menjelaskan dg lebih mendetil ketimbang Matius.
Pbedaan detil cerita ini dsebabkan fokus yang berbeda pd 'subyek' dari kejadian ini.

-------

Alternatif kronologi kisahnya adalah sbb :

Matius mjelaskan bhw yg datang mnemui Yesus adalah 2 orang (sebut saja A & B) yg kerasukan setan.
Kmudian Yesus meminta para setan utk keluar dari A & B.

Stelah pengusiran itu, maka A sudah terbebas tetapi B masih terbelenggu oleh kuasa gelap.

Yesus kmudian mnanyakan nama dari para setan yg mrasuki B ini, lalu sesudah itu mngijinkan para setan itu utk merasuki babi.

Markus dan Lukas mfokuskan kisahnya pd kjadian yg dialami oleh B (krn cara pelepasannya yg unik).
Itulah sbabnya Markus dan Lukas mnyebut bhw yg mnemui Yesus adl 1 orang (tetapi tidak disebut hanya 1 orang), yaitu si B karena Markus dan Lukas ingin hanya mceritakan dg detil bagaimana B dilepaskan.

Di sisi lain, Matius tidak merasa perlu mngisahkan pelepasan B dg detil, maka ia mjelaskan bhw yg datang adl 2 orang, walau di akhir kisahnya Matius mjelaskan (dengan singkat saja) pelepasan yg dialami B.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #42 on: October 21, 2013, 02:23:14 PM »
Quote
Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga ?
a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pemah naik ke sorga (Yohanes 3:13)
b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2:11)

Penjelasan sederhananya, yg mbedakan adalah dari kuasa manakah itu dilakukan.

‘Naik ke sorga’ berbeda dengan ‘diangkat ke sorga’ atau ‘dibawa ke sorga’.

Jika ‘diangkat’ dan ‘dibawa’ melibatkan kuasa dari luar,
Maka ‘naik’ adalah tindakan yang melibatkan kuasa dari dalam.

Misal :
Saya naik tangga ke atas akan berbeda dengan saya dibawa naik tangga ke atas atau diangkat melewati tangga ke atas.

Elia dan Henokh tidak 'menaikkan diri mereka sendiri' ke sorga.
Mereka ‘diangkat’ dan 'diantar' ke sorga.

Kej. 5:24   
Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

2 Raj 2:10-11   
Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.


Mereka tidak mempunyai kuasa untuk naik ke sorga dan tidak tau jalan menuju sorga.
Mereka dibantu oleh kuasa Allah.

Di sisi lain,
Yesus ‘menaikkan diri’ ke sorga.

Kita mungkin mendengar ada orang mengklaim bahwa mereka ‘dibawa naik’ hingga ke langit atau ke mana lagi,
Itu pastilah bukanlah atas kuasa mereka sendiri (apabila klaim itu memang benar adanya tergantung apa ada orang lain yang bisa menjadi saksinya).

Yesus adalah beda.

Ia ‘naik’ ke sorga.
Dengan kuasaNya sendirilah Yesus naik ke sorga, bukan oleh kuasa lain.
Kenaikannya pun disaksikan banyak orang pada masa itu.

Maka itulah yang serupa Dia tidak ada.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #43 on: October 21, 2013, 02:25:00 PM »
Quote
Luk 24:46
Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.

Yang saya inginkan adalah tolong anda tunjukkan TULISAN pada PL sebagaimana yang dikatakan dalam Lukas 24: 46 : ADA TERTULIS.

Luk 24:44-47
Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.


Pertanyaan ini muncul karena ayat tsb diartikan scr sempit.

Berita tentang Yesus, Mesias yang harus menderita dan bangkit setelah 3 hari adalah kesimpulan dari berbagai nubuatan di PL, mulai dari kitab Musa hingga kitab para nabi.

Perhatikan bahwa kumpulan dari ayat-ayat ini baru bisa dimengerti oleh para murid setelah Allah sendiri membuka pikiran mereka.

Perhatikan ayat berikutnya :

Luk 24:27
Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.


Nubuatan mengenai Yesus tersebar dalam beragam ayat di PL dan dirangkaikan satu demi satu sehingga orang beroleh pengertian tentang karyaNya.

Jadi,
Jika dihubungkan :
‘Ada tertulis’ di ‘seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi’ mengenai ‘Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem’ yang bisa mereka pahami ketika Allah ‘membuka pikiran mereka sehingga mereka mengerti Kitab Suci’.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #44 on: October 21, 2013, 02:26:24 PM »
Quote
Dimanakah Yesus saat Ia berusia 12 - 29 tahun?

Di Nazaret.
Beraktivitas dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Lukas 2:42-52
Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.
Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau."
Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?"
Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka.
Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.
Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.


Yesus di Nazaret dalam asuhan orang tuanya.

Orang Nazaret sendiri sangat mengenal Yesus.

Bahkan,
Orang-orang Nazaret pun memberikan reaksi keheranan ketika Yesus berbicara tentang Kerajaan Allah di Nazaret.

Ini ayatnya :

Mat 13:54-56   
Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?
Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?"


Orang-orang itu berkata (bahasa saya sendiri) :
'Lho kita kan kenal siapa Dia. Dia kan anak tukang kayu. Bapak ama ibuNya kita kenal. Semua saudara-saudaraNya juga ada di tengah-tengah kita. Gimana mungkin Ia bisa menguasai semua itu? Bagaimana mungkin?'

Pertanyaan itu bisa muncul justru karena penduduk Nazaret sangat familiar denganNya karena Yesus sehari-harinya berinteraksi dengan mereka.

Beda kan kalo Yesus selama beberapa waktu ada di luar Nazaret.

Mereka bisa jadi berkata :
'Mungkin hikmatNya diperoleh dari tempat laen yang Dia kunjungi sembari melanglang buana.''

Bukan tanpa alasan bila Yesus dikenal luas sebagai Orang Nazaret.
Latar belakangnya jelas.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)