Author Topic: Suksesi ajaran apostolic Protestan  (Read 34382 times)

0 Members and 11 Guests are viewing this topic.

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #180 on: March 22, 2014, 09:53:18 AM »
Perawan dan Tak Berdosa:
1. St. Irenaeus (180): “Hawa, dengan ketidaktaatannya [karena berdosa]mendatangkan kematian bagi dirinya dan seluruh umat manusia, … Maria dengan ketaatannya [tanpa dosa]mendatangkan keselamatan bagi dirinya dan seluruh umat manusia…. Oleh karena itu, ikatan ketidaktaatan Hawa dilepaskan oleh ketaatan Maria. Apa yang terikat oleh ketidakpercayaan Hawa dilepaskan oleh iman Maria.”
2. St. Hippolytus (235): “Ia adalah tabut yang dibentuk dari kayu yang tidak dapat rusak. Sebab dengan ini ditandai bahwa Tabernakel-Nya dibebaskan dari kebusukan dan kerusakan.”
3. Origen (244): “Bunda Perawan dari Putera Tunggal Allah ini disebut sebagai Maria, yang layak bagi Tuhan, yang tidak bernoda dari yang tidak bernoda, hanya satu- satunya”.
4. St. Gregorius (213-270): “Mari menyanyikan melodi yang diajarkan kepada kita oleh inspirasi harpa Raja Daud dan berkata, “Bangunlah, O Tuhan, kepada peristirahatanmu; Engkau, dan tabut tempat kudus-Mu.” Sebab sesungguhnya Sang Perawan Suci adalah sebuah tabut, yang dilapisi emas dari dalam dan luar, yang telah menerima keseluruhan harta dari tempat kudus.”
5. St. Ephraim (361): ”Engkau sendiri dan Bunda-Mu adalah yang terindah daripada semua yang lain, sebab tidak ada cacat cela di dalam-Mu ataupun noda pada Bunda-Mu… “Biarkan para wanita memuji-Nya, Maria yang murni.”
6. St. Athanasius (373), “O, Perawan yang terberkati, sungguh engkau lebih besar daripada semua kebesaran yang lain. Sebab siapakah yang sama dengan kebesaranmu, O tempat kediaman Sang Sabda Allah? Kepada ciptaan mana, harus kubandingkan dengan engkau, O Perawan? Engkau lebih besar daripada semua ciptaan, O Tabut Perjanjian, yang dilapis dengan kemurnian, bukannya dengan emas! Engkau adalah Tabut Perjanjian yang didalamnya terdapat bejana emas yang berisi manna yang sejati, yaitu: daging di mana Ke-Allahan tinggal.”
7. St. Epifanius (376): “Barangsiapa yang menghormati Tuhan, menghormati juga bejana kudus-Nya; mereka yang tidak menghormati bejana kudus itu, juga tidak menghormati Pemiliknya. Maria itulah adalah Perawan yang kudus, yaitu sang bejana kudus itu.”
8. St. Ambrose (387): “Angkatlah tubuhku, yang telah jatuh di dalam Adam. Angkatlah aku, tidak dari Sarah, tetapi dari Maria, seorang Perawan, yang tidak saja tidak bernoda, tetapi Perawan yang oleh rahmat Allah telah dibuat tidak bersentuh dosa, dan bebas dari setiap noda dosa”.
9. St. Gregorius Nazianza (390): “Ia [Yesus] dikandung oleh seorang perawan, yang terlebih dahulu telah dimurnikan oleh Roh Kudus di dalam jiwa dan tubuh, sebab seperti seseorang yang mengandung layak untuk menerima penghormatan, maka pentinglah bahwa ia yang perawan layak menerima penghormatan yang lebih besar.”
10. St. Agustinus (415): “Kita harus menerima bahwa Perawan Maria yang suci, yang tentangnya saya tidak akan mempertanyakan sesuatupun ketika kita membicarakan tentang dosa, demi hormat kita kepada Tuhan; sebab dari Dia kita mengetahui betapa berlimpahnya rahmat untuk mengalahkan dosa di dalam segala hal telah diberikan kepadanya, yang telah berjasa untuk mengandung dan melahirkan Dia yang sudah pasti tidak berdosa.”
11. Theodotus (446): “Seorang perawan, yang tak berdosa, tak benoda, bebas dari cacat cela, tidak tersentuh, tidak tercemar, kudus dalam jiwa dan tubuh, seperti setangkai lili yang berkembang di antara semak duri.”.
12. Proclus dari Konstantinopel (446): “Seperti Ia [Yesus] membentuknya [Maria] tanpa noda dari dirinya sendiri, maka Ia dilahirkan daripadanya tanpa meninggalkan noda.
13. St. Severus (538): “Ia [Maria] …sama seperti kita, meskipun ia murni dari segala noda, dan ia tanpa noda.”.
14. St. Germanus dari Konstantinopel (733), mengajarkan tentang Maria sebagai yang “benar- benar terpilih, dan di atas semua, … melampaui di atas semua dalam hal kebesaran dan kemurnian kebajikan ilahi, tidak tercemar dengan dosa apapun.”

Bersambung
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #181 on: March 22, 2014, 09:54:29 AM »
Perawan Abdi
1. St. Ignatius dari Antiokhia (meninggal tahun 110), Origen (233), Hilarius dari Poiters (m. 367) dan St.Gregorius Nissa (m. 394), mengajarkan tentang keperawanan Bunda Maria.
2. Tertullian (213), “Dan sungguh, ada seorang perawan… yang melahirkan Kristus, supaya semua gelar kekudusan dapat dipenuhi di dalam diri orang tua Kristus, melalui seorang ibu yang adalah perawan dan istri dari satu orang suami.”
3. St. Athanasius (293-373) menyebutkan Maria sebagai Perawan selamanya/ Ever Virgin.
4. St. Epifanus (374): Allah Putera …. telah lahir sempurna dari Maria yang suci dan tetap Perawan oleh Roh Kudus….”
5. St. Jerome (347- 420) tidak hanya menyebutkan keperawanan Maria, tetapi juga keperawanan Yusuf.
6. St. Agustinus dan St. Ambrosius (415), mengajarkan keperawanan Maria sebelum, pada saat dan sesudah melahirkan Yesus Kristus, sehingga Maria adalah perawan selamanya.

“Dengan kuasa Roh Kudus yang sama, Yesus lahir tanpa merusak keperawanan Bunda Maria, seperti halnya setelah kebangkitan-Nya, Dia dapat datang ke dalam ruang tempat para murid-Nya berdoa, tanpa merusak semua pintu yang terkunci (Lih. Yoh 20:26).” Roh Kudus yang membangkitkan Yesus dari mati adalah Roh Kudus yang sama yang membentuk Yesus dalam rahim Bunda Maria. Maka kelahiran Yesus dan kebangkitan-Nya merupakan peristiwa yang ajaib: kelahirannya tidak merusak keperawanan Maria, seperti kebangkitan-Nya tidak merusak pintu yang terkunci.

Selanjutnya, St. Agustinus mengajarkan, “It is not right that He who came to heal corruption should by His advent violate integrity.” (Adalah tidak mungkin bahwa Ia yang datang untuk menyembuhkan korupsi/kerusakan, malah merusak keutuhan pada awal kedatangan-Nya.”
7. St. Petrus Kristologus (406- 450): “Sang Perawan mengandung, Sang Perawan melahirkan anaknya, dan ia tetap perawan”.
8. Paus St. Leo Agung (440-461) :“a Virgin conceived, a Virgin bare and a Virgin she remained.- [Ia adalah seorang Perawan yang mengandung, Perawan melahirkan, dan ia tetap Perawan.”.
9.St. Yohanes Damaskinus (676- 749) juga mengatakan hal yang serupa: "Ia yang tetap Perawan, bahkan tetap perawan setelah kelahiran [Kristus] tak pernah sampai akhir hidupnya berhubungan dengan seorang pria… Sebab meskipun dikatakan Ia [Kristus] sebagai yang ‘sulung’…. arti kata ‘sulung’ adalah ia yang lahir pertama kali, dan tidak menunjuk kepada kelahiran anak- anak berikutnya.”

Bersambung
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #182 on: March 22, 2014, 09:56:01 AM »
Maria Pengantara Doa
1. St. Yustinus Martir (155) membandingkan Hawa dengan Bunda Maria. “Sebab Hawa yang perawan tak bernoda, percaya kepada perkataan sang ular, [sehingga]membawa ketidaktaatan dan maut. Sedangkan Perawan Maria menerima dengan iman dan suka cita ketika malaikat Gabriel memberikan kabar gembira bahwa Roh Kudus akan turun atasnya dan kuasa Allah yang Maha Tinggi akan menaungi dia, dan karena itu Putera yang dilahirkannya adalah Putera Allah…
2. St. Irenaeus (180): “Ikatan ketidaktaatan Hawa dilepaskan oleh ketaatan Maria. Apa yang terikat oleh ketidakpercayaan Hawa dilepaskan oleh iman Maria.”

“Sebab seperti Hawa telah terpedaya oleh perkataan malaikat [fallen angel] untuk melarikan diri dari Tuhan, maka Maria dengan perkataan malaikat menerima kabar gembira bahwa ia akan melahirkan Tuhan dengan menaati Sabda-Nya. [Perempuan] yang pertama terpedaya untuk tidak menaati Tuhan, tetapi [perempuan]yang kemudian terdorong untuk menaati Tuhan, sehingga Perawan Maria dapat menjadi pembela bagi perawan Hawa. Seperti umat manusia ditundukkan kepada kematian melalui [tindakan]seorang perawan, demikianlah umat manusia diselamatkan oleh seorang perawan.”
3. Tertullian (212): “Sebab ketika Hawa masih perawan, perkataan yang sesat merasuki telinganya sehingga membangun kematian. Dengan cara serupa, ke dalam jiwa seorang perawan, haruslah diperkenalkan Sabda Allah yang membangkitkan kehidupan; sehingga apa yang telah dihancurkan oleh jenis kelamin ini, dapat, oleh jenis kelamin yang sama, dipulihkan menuju keselamatan….
4. St. Ambrosius (397): “Kejahatan didatangkan oleh perempuan (Hawa), maka kebaikan juga harus didatangkan oleh Perempuan (Maria); sebab oleh karena Hawa kita jatuh, namun karena Maria kita berdiri; karena Hawa kita menjadi budak dosa, namun oleh Maria kita dibebaskan…. Hawa menyebabkan kita dihukum oleh buah pohon (pohon pengetahuan), sedangkan Maria membawa kepada kita pengampunan dengan rahmat dari Pohon yang lain (yaitu Salib Yesus), sebab Kristus tergantung di Pohon itu seperti Buahnya…”.
5. St. Agustinus (416): ”Kita dilahirkan ke dunia oleh karena Hawa, dan diangkat ke surga oleh karena Maria.”.
6. St. Germanus dari Konstantinopel (733): “Tak seorangpun mencapai keselamatan tanpa melalui engkau, …O yang terkudus. Tak seorangpun menerima karunia rahmat tanpa melalui engkau …O yang termurni.

“Maria, yang tetap Perawan… mediatrix/ pengantara pertama- tama melalui kelahiran yang ilahi [inkarnasi Yesus]dan kini karena doa syafaat bantuan keibuannya– dimahkotai dengan berkat yang tidak pernah berakhir ….
7. St. Yohanes Damaskinus (749): “Hari ini kami tetap di dekatmu, O Bunda Allah dan Perawan. Kami mengikatkan jiwa kami kepada pengharapanmu, seperti kepada jangkar yang paling teguh dan tak terpatahkan, menyerahkan kepadamu, pikiran, jiwa, tubuh dan keseluruhan diri kami dan menghormatimu, sebanyak mungkin, dengan mazmur, lagu pujian dan lagu rohani.”
8. St. Ambrose Autpert (778): “Mari mempercayakan diri kita dengan segala kasih jiwa kita kepada perantaraan Bunda Maria: mari kita, dengan seluruh kekuatan kita memohon perlindungannya, agar, ketika di dunia kita mengelilinginya dengan penghormatan, ia di surga akan berkenan mendukung kita dengan doa- doanya yang khusuk…”

Bersambung
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #183 on: March 22, 2014, 09:57:49 AM »
Maria diangkat ke Sorga
a. St. Melito (300): Oleh karena itu, jika hal itu berada dalam kuasaMu, adalah nampak benar bagi kami pelayan- pelayan-Mu, bahwa seperti Engkau yang telah mengatasi maut, bangkit dengan mulia, maka Engkau seharusnya mengangkat tubuh Bundamu dan membawanya dengan-Mu, dengan suka cita ke dalam surga. Lalu kata Sang Penyelamat [Yesus]: “Jadilah seperti perkataanmu”.
b. Timotius dari Yerusalem (400)
Oleh karena itu Sang Perawan [Maria] tidak mati sampai saat ini, melihat bahwa Ia yang pernah tinggal di dalamnya memindahkannya ke tempat pengangkatannya.
c. Yohanes Sang Theolog (400)
Tuhan berkata kepada Ibu-Nya, “Biarlah hatimu bersuka dan bergembira. Sebab setiap rahmat dan karunia telah diberikan kepadamu dari Bapa-Ku di Surga dan dari-Ku dan dari Roh Kudus. Setiap jiwa yang memanggil namamu tidak akan dipermalukan, tetapi akan menemukan belas kasihan dan ketenangan dan dukungan dan kepercayaan diri, baik di dunia sekarang ini dan di dunia yang akan datang, di dalam kehadiran Bapa-Ku di Surga”… Dan dari saat itu semua mengetahui bahwa tubuh yang tak bercacat dan yang berharga itu telah dipindahkan ke surga.
d. St. Gregorius dari Tours (575)
Para Rasul mengambil tubuhnya [jenazah Maria]dari peti penyangganya dan menempatkannya di sebuah kubur, dan mereka menjaganya, mengharapkan Tuhan [Yesus] agar datang. Dan lihatlah, Tuhan datang kembali di hadapan mereka; dan setelah menerima tubuh itu, Ia memerintahkan agar tubuh itu diangkat di awan ke surga: di mana sekarang tergabung dengan jiwanya, [Maria] bersukacita dengan para terpilih Tuhan …
e. Theoteknos dari Livias (600)
Adalah layak … bahwa tubuh Bunda Maria yang tersuci, tubuh yang melahirkan Tuhan, yang menerima Tuhan, menjadi ilahi, tidak rusak, diterangi oleh rahmat ilahi dan kemuliaan yang penuh …. agar hidup di dunia untuk sementara dan diangkat ke surga dengan kemuliaan, dengan jiwanya yang menyenangkan Tuhan.
f. Modestus dari Yerusalem (sebelum 634)
Sebagai Bunda Kristus yang termulia… telah menerima kehidupan dari Dia [Kristus], ia telah menerima kekekalan tubuh yang tidak rusak, bersama dengan Dia yang telah mengangkatnya dari kubur dan mengangkatnya kepada Diri-Nya dengan cara yang hanya diketahui oleh-Nya.
g. Uskup Theoteknos dari Livias (650)
Adalah layak …. bahwa tubuh Maria yang tersuci, tubuh yang mengandung Tuhan, tempat kediaman Tuhan, yang dijadikan ilahi, tidak rusak, [namun]diterangi oleh rahmat ilahi dan kemuliaan yang penuh…. dititipkan sejenak di dunia dan kemudian diangkat ke surga dengan mulia, dengan jiwanya menyenangkan Tuhan.
h. St. Germanus dari Konstantinopel (683)
Engkau adalah ia, …. yang nampak dalam kecantikan, dan tubuhmu yang perawan adalah semuanya kudus, murni, keseluruhannya adalah tempat tinggal Allah, sehingga karena itu dibebaskan dari penguraian menjadi debu. Meskipun masih manusia, tubuhmu diubah ke dalam kehidupan surgawi yang tidak dapat musnah, sungguh hidup dan mulia, tidak rusak dan mengambil bagian dalam kehidupan yang sempurna.
i. St. Yohanes Damaskinus (697)
Adalah layak bahwa ia, yang tetap perawan pada saat melahirkan, tetap menjaga tubuhnya dari kerusakan bahkan setelah kematiannya. Adalah layak bahwa dia, yang telah menggendong Sang Pencipta sebagai anak di dadanya, dapat tinggal di dalam tabernakel ilahi. Adalah layak bahwa mempelai, yang diambil Bapa kepada-Nya, dapat hidup dalam istana ilahi. Adalah layak bahwa ia, yang telah memandang Putera-Nya di salib dan yang telah menerima di dalam hatinya pedang duka cita yang tidak dialaminya pada saat melahirkan-Nya, dapat memandang Dia saat Dia duduk di sisi Bapa. Adalah layak bahwa Bunda Tuhan memiliki apa yang dimiliki oleh Putera-nya, dan bahwa ia layak dihormati oleh setiap mahluk ciptaan sebagai Ibu dan hamba Tuhan.
j. Gregorian Sacramentary (795)
“Terhormat bagi kami, O Tuhan, perayaan hari ini, yang memperingati Bunda Allah yang kudus yang meninggal dunia untuk sementara waktu, namun tetap tidak dapat dijerat oleh maut, yang telah melahirkan Putera-Mu, Tuhan kami yang menjelma dari dirinya.”
k. Gallican Sacramentary (abad ke-8)
“Sebuah misteri yang tak terlukiskan yang paling layak untuk dipuji seperti diangkatnya Perawan Maria ke surga, adalah sesuatu yang unik di antara umat manusia.”
l. Liturgi Byzantin (abad ke-8)
“Tuhan, Raja semesta alam, telah memberikan rahmat yang melampaui kodrat. Seperti Ia telah memelihara keperawananmu pada saat kelahiran-Nya, Ia menjaga tubuhmu agar tidak rusak di kubur dan telah memuliakannya dengan perbuatan-Nya yang ilahi dengan memindahkannya dari kubur.”

Bersambung
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #184 on: March 22, 2014, 10:00:35 AM »
Maria menjadi Bunda Gereja
a. Origen (244)
Putera Maria hanya Yesus sendiri; dan ketika Yesus berkata kepada Ibu-Nya, “Lihatlah, anakmu,” seolah Ia berkata, “Lihatlah orang ini adalah Yesus sendiri, yang engkau lahirkan.” Sebab setiap orang yang dibaptis, hidup tidak lagi dirinya sendiri, tetapi Kristus hidup di dalamnya. Dan karena Kristus hidup di dalamnya, perkataan kepada Maria ini berlaku baginya, “Lihatlah anakmu- Kristus yang diurapi.”
b. St. Ephrem dari Syria (306- 373)
“Kelahiran-Mu yang ilahi, O Tuhan, melahirkan semua ciptaan;
Umat manusia dilahirkan kembali darinya [Maria], yang melahirkan Engkau.
Manusia melahirkan Engkau di dalam tubuh; Engkau melahirkan manusia di dalam roh…”
c. St. Agustinus (416)
“Maria adalah sungguh ibu dari anggota- anggota Kristus, yaitu kita semua. Sebab oleh karya kasihnya umat manusia telah dilahirkan di Gereja, [yaitu]para umat beriman yang adalah Tubuh dari Sang Kepala, yang telah dilahirkannya ketika Ia menjelma menjadi manusia.”
d. Paus Pius X (1903- 1914)
“Bukankah Maria adalah Bunda Yesus? Oleh karena itu ia adalah bunda kita juga…. Maria yang mengandung Sang Juruselamat dalam rahimnya, dapat dikatakan juga mengandung mereka yang hidupnya terkadung di dalam hidup Sang Juruselamat. Karenanya, kita semua … telah dilahirkan dari rahim Maria sebagai tubuh yang bersatu dengan kepalanya. Oleh karena itu, dalam pengertian rohani dan mistik, kita disebut sebagai anak- anak Maria, dan ia adalah Bunda kita semua.

Maria menjadi Mediatrix (perantara) dengan doa syafaatnya di Surga
1. St. Irenaeus (180):
“Sebab Hawa terpedaya oleh perkataan malaikat [Iblis = fallen angel] untuk lari dari Tuhan, memberontak melawan Sabda-Nya, namun Maria menerima dengan gembira perkataan malaikat bahwa ia akan melahirkan Tuhan, dengan menaati Sabda-Nya. Yang pertama terpedaya untuk tidak taat kepada Tuhan, sedangkan yang kedua terpengaruh untuk menaati Tuhan, sehingga Perawan Maria dapat menjadi pembela bagi perawan Hawa. Seperti umat manusia tunduk kepada kematian melalui tindakan seorang perawan maka ia diselamatkan oleh seorang perawan.
2. Sub Tuum Praesidium, dari Rylands Papyrus, Mesir, (abad ke 3):
“Di bawah belas kasihanmu kami berlindung, O bunda Allah. Jangan menolak permohonan kami di dalam kekurangan, tetapi bebaskan kami dari bahaya, (o engkau) satu- satunya yang murni dan terberkati.”
3. St. Gregory Nazianza (379)
“Ingatlah akan hal- hal ini dan kesempatan- kesempatan yang lain dan mohonlah kepada Perawan Maria untuk memberikan bantuan, sebab ia juga, adalah seorang perawan dan pernah berada di dalam bahaya ….”
4. St. Cyril dari Alexandria (380)
“Salam kepadamu Maria, Bunda Allah, kepadamu dibangun gereja- gereja jemaat sejati, di desa- desa dan pulau- pulau.”
5. St. Basil dari Seleucia (459)
O Perawan yang kudus …. Lihatlah kepada kami dan berbaik hatilah kepada kami. Pimpinlah kami di dalam kedamaian … ke sisi kanan Putera-Mu…
6. Theoteknos dari Livias (560)
“Diangkat ke surga, ia tetap menjadi tempat pertahanan yang tak tergoyahkan bagi umat manusia, [sebagai]pendoa syafaat bagi kita di hadapan Allah Putera.”
7. St. Germanus dari Konstantinopel (733)
“Maria tetap Perawan — pertama- tama sebagai mediatrix (pengantara) melalui peristiwa melahirkan [Kristus] yang supernatural, dan sekarang sebagai mediatrix karena bantuan keibuannya melalui doa syafaat—
8. St. Yohanes Damaskinus (749)
“Kini kami tetap di dekatmu, … O Bunda Allah dan Perawan. Kami mengikatkan jiwa kami kepada pengharapanmu, seperti kepada jangkar yang teguh dan tak terpatahkan, menyerahkan kepadamu akal budi, jiwa, tubuh dan segalanya, untuk menghormatimu….
9. Ambrosius Autpert (778)
Marilah kita mempercayakan diri kita dengan kasih jiwa kita kepada doa syafaat Perawan yang terberkati: dengan segenap kekuatan kita, memohon perlindungannya agar, ketika di dunia kita mengelilinginya dengan penghormatan, ia sendiri di surga dapat berkenan mendukung kita dengan doa- doanya….

Nah, mengapa sampai di si kalvin, si tong dan si soli, ajaran iman Rasuli berubah?

Apakah Suksesi Apostolik di protestan termasuk merubah ajaran Rasuli tersebut?

Roh jahat yang manakah yang bertanggung jawab atas hal tersebut?


Salam
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline Gavin Tuturuga

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1276
  • Reputation Power:
  • Denominasi: -
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #185 on: March 22, 2014, 06:00:44 PM »

Berbeda teologi itu resikonya tidak sebesar ketimbang berbeda antara tradisi rekayasa gereja dengan kebenaran Alkitab.

Melawan kebenaran Alkitab adalah kebinasaan kekal akibatnya.

Mengkhianati ajaran rasuliah (apostate church) sudah pasti akan dihukum secara kekal.

Teologi itu berhubungan dengan Alkitab.
Kalau teologi berbeda, ... kebenaran Alkitab tentu akan berbeda.

Hapus saja kitab2 yg ada di Alkitab itu.

oon banget cara mikirnya, sol?
Back to TOPIC!

Offline dantono

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 234
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Catholic
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #186 on: March 25, 2014, 05:03:09 AM »

Wah suatu tanya jawab yang bagus dan sangat berbobot dari Pendeta Stephen Tong !

Saya sudah mendengar semua tanya jawabnya maka memang ternyata anda sudah memfitnah tanpa bukti bahwa dia berkata karismatik diragukan keselamatannya karena itu sama sekali tidak ada saya dengar didalam youtube tsb !
Anda terlalu jauh kalau menganggap saya memfitnah. Saya hanya menyimpulkan penjelasan beliau bahwa banyak Pendeta karismatik yang baik, yaitu yang sudah menyadari kesalahannya untuk "berkarismatik" kembali ke teologi yang benar. Saya simpulkan bahwa selama "berkarismatik" dianggap ajaran yang salah. Tentu kita tahu konsekwensi ajaran salah.

Malah dia mengkritik Protestan juga sama kerasnya kalau terdapat penyimpangan dari Firman Tuhan.
Yah, saya mengapresiasi self critics ini.

Soal perbedaan teologi itu adalah wajar karena disepanjang sejarah gereja kalau anda pelajari adalah sejarah perdebatan teologi gereja sampai dengan detik ini,dan itulah menurut saya yang difasilitasi oleh forum ini.

Jadi memang benarlah bahwa agama tidak menyelamatkan melainkan hanya iman kepada Kristus saja dan dibuktikan dengan ketaatan kepada apa yang sudah tertulis didalam Kitab Suci bukan memanipulasi Kitab Suci untuk mencari keuntungan.

Tanya jawab tsb yang masuk kedalam ruang publik adalah pelajaran yang sangat berharga dan sekaligus peringatan kepada mereka yang terkait dengan isi tanya jawab tsb.

OK, jika memang cara ini (membagi rekaman sermon, tanya jawab) sebagai salah satu cara gereja Anda dalam hal suksesi pengajaran yang "apostolic" dari masa ke masa, tidak masalah, sesuai konteks thread ini.

Menunggu sharing dari teman Protestan lainnya dalam hal suksesi ajaran ini......

Shalom

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #187 on: March 27, 2014, 05:32:29 AM »

Gereja Perdana yang apostolik senantiasa menyelidiki setiap ajaran dengan apa yang tertulis di Alkitab (Back to Bible):

Kisah Para Rasul 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Allah senantiasa memperingatkan agar jangan bersandar kepada ajaran manusia :

Yeremia 17:5 Beginilah firman Tuhan: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan!

Markus 7:7,8 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.

2 Pet. 1:2,3 Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.


Ayat tsb jelas sekali mengukuhkan self sufficiency dari Alkitab,tidak perlu ditambahan dengan segala macam ajaran manusia yang palsu.

Apa kata Thomas Aquinas :

St. Thomas Aquinas (1225-1274)

There being an imminent danger for the Faith, prelates must be questioned, even publicly, by their subjects. Thus, St. Paul, who was a subject of St. Peter, questioned him publicly on account of an imminent danger of scandal in a matter of Faith. And, as the Glossa of St. Augustine puts it (Ad Galatas 2.14), 'St. Peter himself gave the example to those who govern so that if sometimes they stray from the right way, they will not reject a correction as unworthy even if it comes from their subjects.

(Summa Theologiae, IIa IIae, Q. 33, A. 4)

It is written: ‘We ought to obey God rather than men.’ Now sometimes the things commanded by a superior are against God. Therefore, superiors are not to be obeyed in all things.

(Summa Theologiae, IIa IIae, Q. 104, A. 5)




37 AJARAN ROMA KATOLIK YANG MENYIMPANG DARI Kitab Suci

Alkitab KONTRA KATEKISMUS KATOLIK (CCC)

1. Katolik mengajarkan OTORITAS YG FINAL adalah :
    a.Alkitab
    b.Tradisi Gereja
    c.Magisterium (Fatwa Gereja)
    Ketiganya mempunyai otoritas yang sama (CCC # 95)

  Sedangkan Alkitab mengajarkan OTORITAS TERTINGGI HANYALAH Alkitab
   (Mazmur 12 : 6-7 ;Mazmur 119 : 160;2 Pet.1: 1;Kol2 : 8)


2.Katolik mengajarkan KESELAMATAN HANYA ADA DIDALAM GEREJA
    KATOLIK ROMA (CCC # 816)

  Sedangkan Alkitab mengajarkan KESELAMATAN HANYA ADA DIDALAM
   JESUS KRISTUS (Kis.4 : 10,12 ; Rom.3 : 24)


3. Katolik mengajarkan KESELAMATAN TERGANTUNG KEPADA USAHA 
    MANUSIA UNTUK HIDUP BAIK PLUS SAKRAMEN,DLL. (CCC # 837)

    Sedangkan Alkitab mengajarkan KESELAMATAN HANYA BERDASARKAN
    ANUGERAH DIDALAM IMAN (Ef.2 : 8,9)


4. Katolik mengajarkan GEREJA MEMPUNYAI OTORITAS MEMBERIKAN
    PENGAMPUNAN DOSA(CCC # 979,982, 986,1448,1461)

    Sedangkan Alkitab mengajarkan HANYA Allah YANG BISA MENGAMPUNI
    DOSA MANUSIA ( Mark.2 : 7)


5. Katolik mengajarkan HANYA GEREJA KATOLIK-LAH  GEREJA KRISTUS
    YANG SEJATI YANG DIBANGUN DIATAS FONDASI Petrus SEBAGAI
     BATU KARANG (CCC # 811,816,817)

     Sedangkan Alkitab mengatakan HANYALAH KRISTUSLAH BATU KARANG
     DAN BATU PENJURU (1 Kor.10 : 4;Ef.2:20)


6.  Katolik mengajarkan HANYA MEREKALAH YANG BERIMAN DAN ANGGOTA
     GEREJA KATOLIK YANG DISEBUT ORANG KRISTEN (CCC # 818)

      Alkitab mengatakan KITA HANYA DITERIMA OLEH Allah MELALUI
     Yesus SAJA (Ef.1 : 6)


7.  Katolik mengajarkan BAPTISAN MENYELAMATKAN DAN MENGHAPUSKAN
     DOSA ( CCC # 985,1212,1213,1257,1265)

     Alkitab mengajarkan PENGAMPUNAN DOSA DAN KESELAMATAN
     HANYA OLEH IMAN KEPADA KRISTUS MENDAHULUI BAPTISAN (Yoh.1:12
     ; Ef.1:7;1 Kor.1:17;Kis.16:30-33)



BERSAMBUNG

BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #188 on: March 27, 2014, 05:34:57 AM »


8.  Katolik mengajarkan BAPTISAN ADALAH METERAI DARI HIDUP KEKAL
     ( CCC # 1274)

    Alkitab mengajarkan Roh Kudus ADALAH METERAI KESELAMATAN
     (Ef.1:13 ; 4:30)


9.  Katolik mengajarkan PAUS ADALAH WAKIL (VICAR) DARI KRISTUS
     ( CCC # 882,891)

     Alkitab mengajarkan Roh Kudus YANG MEMIMPIN HIDUP ORANG
     PERCAYA (Yoh.14:26;Yoh.16:13,Kis.5 : 9)


10. Katolik mengajarkan PAUS TIDAK BISA SALAH TERMASUK PEJABAT
      PASTORAL ( CCC # 889,890,891,2051)

      Alkitab mengatakan SEMUA MANUSIA ADALAH BERDOSA,HANYA
      KRISTUS YG TIDAK BERDOSA (Rom.3: 10,23 ; 2 Kor,.5:21)


11. Katolik mengajarkan PAUS ADALAH KEPALA GEREJA (CCC # 937)

      Alkitab mengajarkan KRISTUS ADALAH KEPALA GEREJA
      ( Yes.42:8 ; Ef.5:23 ; Kol.1:18 ; Kol.2:10 )


12. Katolik mengajarkan SAKRAMEN MENYELAMATKAN (CCC # 1113, 1129)

       Alkitab mengatakan kita diselamatkan hanya oleh iman kepada KRISTUS
       (Yoh.20:31)


13. Katolik mengatakan DOSA KESOMBONGAN ROHANI YG MENGATAKAN
      ORANG PERCAYA PASTI MASUK SURGA SETELAH KEMATIAN ADALAH
      DOSA  (CCC # 2092)

      Alkitab mengatakan ORANG PERCAYA PASTI MEMPEROLEH HIDUP
      KEKAL ,KEPASTIAN IMAN BUKAN KESOMBONGAN ( Yoh.3:16,36 ;
      Yoh.5:24 )


14. Katolik mengajarkan DIDALAM PERJAMUAN KUDUS,AIR DAN ROTI
     BERUBAH MENJADI DARAH DAN TUBUH KRISTUS (TRANSUBSTANTIASI)
     ( CCC # 1333,1376,1377)

      Alkitab mengajarkan PERJAMUAN KUDUS HANYA SEBAGAI PERINGATAN
      SAJA DAN BERMAKNA ROHANI BUKAN JASMANI (1 Kor.11:23 –25 ; Luk.22
       : 19 )


15. Katolik mengajarkan EKARISTI BISA MEMBERSIHKAN DOSA LAMA DAN
      MENCEGAH DOSA BARU ( CCC # 1393,1395 )

      Alkitab mengajarkan HANYA DARAH KRISTUS YANG BISA MEMBASUH
      DOSA KITA DAN Firman Tuhan SERTA Roh Kudus YANG BISA
      MENCEGAH DOSA (1 Yoh.1 : 7 ; Wah.1:5 ;1 Kor.6:11 ; Maz.119:11 ;Yoh.16 : 8-
      10)


16. Katolik mengajarkan EKARISTI BISA MENYELAMATKAN ORANG TIDAK
      PERCAYA YANG SUDAH  MATI (CCC # 1371,1689)

      Alkitab mengajarkan KITA HANYA BERTANGGUNGJAWAB SECARA
      PRIBADI KEPADA Tuhan DAN ORANG YG SUDAH MATI LANGSUNG
      AKAN DIHAKIMI (Rom.14:12 ; Ibr.9:27)


17. Katolik mengajarkan MARIA BISA MENYELAMATKAN ( CCC # 494,969,1172 )

      Alkitab mengajarkan TIDAK ADA NAMA LAIN SELAIN KRISTUS YANG
      BISA MENYELAMATKAN MANUSIA (Kis.4:12 ; Yoh.14:6 ; Hosea 13:4 )


18. Katolik mengajarkan MARIA TIDAK BERDOSA SEJAK LAHIR DAN BOLEH
      DISEMBAH (CCC # 491,493,494,508,722,971 )

      Alkitab mengajarkan SEMUA ORANG BERDOSA. HANYA JESUS YANG
      TIDAK PERNAH BERDOSA DAN LAYAK DISEMBAH.
      ( Pengkot.7:20 ; 2 Kor.5:21 ; Rom.3:10,23 ; Rom.5:12 ; Gal.3:22 )


19. Katolik mengajarkan MARIA TETAP PERAWAN SEPANJANG HIDUPNYA
      (CCC # 499,500,510 )

      Alkitab mengatakan SETELAH MELAHIRKAN JESUS,MARIA MEMILIKI
      BEBERAPA ANAK LAGI ( Mat.13:55 ; Mark.6:3 ; Gal.1:19 )



BERSAMBUNG

BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #189 on: March 27, 2014, 05:38:05 AM »



20. Katolik mengajarkan MARIA MODEL KEKUDUSAN ORANG PERCAYA
      ( CCC # 2030 )

      Alkitab mengatakan HANYA KEKUDUSAN Tuhan YANG PATUT
      DICONTOH..MARIA JUGA MEMBUTUHKAN PENEBUS ( Maz.99:3,5,9 ;
      Wah.15:4 ; Luk.1:46,47 ; Yes.43:15 )


21. Katolik mengajarkan MARIA SEBAGAI PERANTARA (CCC # 969 )

      Alkitab mengajarkan HANYA SATU PENDAMAI,PENOLONG DAN
      PENGANTARA KITA YAITU JESUS  KRISTUS ( 1 Yoh.2:1 ; Ibr.7:25 ; Ibr.8:6 ;
      Ibr.13:6 ; 1 Tim.2:5 ;  Rom.8:34 ; Ef.2:18 )


22. Katolik mengajarkan BERDOA KEPADA MARIA  (CCC # 971,2677 )

      Alkitab mengajarkan KITA HANYA BERDOA KEPADA Allah
      SAJA,TERMASUK DOA MINTA PERTOLONGAN ( Maz.50:15 ; Maz.86:6,7 ;
      Yes.33: 2 ; Maz.41:1 )


23. Katolik mengajarkan SETELAH KEMATIANNYA,MARIA DIANGKAT
      KEDALAM KEMULIAAN SORGAWI DAN DITINGGIKAN OLEH Tuhan
      SEBAGAI RATU ATAS SEGALA SESUATU (CCC # 966 )

      Alkitab mengajarkan HANYA Tuhan YANG PATUT DITINGGIKAN DAN
      DIMULIAKAN. Alkitab MENGUTUK PENYEMBAHAN KEPADA RATU
      SORGA DAN Allah LAIN ( Jer.7:18 ; 44:7;Maz.57:5 ; Maz.18:46 ; Yes.33:5 ; 
      Fil.2:9-11; Wah.5:12 ; Kis.5:31; 1 Pet.4:11)


24. Katolik mengajarkan SETIAP MISA DILAKSANAKAN,SALIB KRISTUS HADIR
      DAN PROSES PENEBUSAN BERLANGSUNG (CCC # 1364,1367,1405 )

      Alkitab mengatakan  PENEBUSAN HANYA SATU KALI SAJA
      DILAKSANAKAN DIATAS KAYU SALIB. HAL ITU TIDAK TERJADI SETIAP
      HARI (Ibr.9:12,25,26,28 ; Ibr.10:10,12 ; Ibr.7:27 ; 1 Pet.3:18 )


25. Katolik mengajarkan  SETELAH KEMATIAN BEBERAPA ORANG AKAN
      DIBAWA KETEMPAT API PENYUCIAN UNTUK DISUCIKAN SEBELUM
      MASUK KESORGA (CCC # 954,1030,1031)

      Alkitab mengajarkan KITA DIBENARKAN,DIBERSIHKAN DAN 
      DIKUDUSKAN HANYA BERDASARKAN KASIH KARUNIA DIDALAM IMAN
      KEPADA JESUS KRISTUS ( Ef.2:8 ; Rom.5:9 ; Ibr.9:26 ; 1 Kor.6:11 ).ORANG
      YANG SUDAH MATI LANGSUNG AKAN DIHAKIMI ( Rom.14:12 ; Ibr.9:27



26. Katolik mengajarkan BERDOA KEPADA ORANG KUDUS ( CCC # 956,957,2683 )

      Alkitab mengajarkan HANYA KEPADA Tuhan KITA BERDOA DAN HANYA
      ADA SATU PENGANTARA YAITU KRISTUS ( Maz.50:15 ; Yes.33:2 ;1 Yoh.2:1 ;
      Ibr.7:25 ). Orang kudus adalah mereka yang masih hidup dan hidupnya dikhususkan
      bagi Tuhan. Orang yg sudah mati tidak bisa berhubungan dengan yang hidup
      (Luk.16:26 -31)


27. Katolik mengajarkan ORANG KUDUS ADALAH ORANG YANG SEPANJANG
      HIDUPNYA SALEH DAN HEROIK LALU DIANGKAT OLEH GEREJA
      SEBAGAI ORANG KUDUS SETELAH KEMATIANNYA (CCC # 828 )

      Alkitab mengajarkan  ORANG PERCAYA SEBAGAI ANGGOTA TUBUH
      KRISTUS ADALAH KUDUS KARENA DIKUDUSKAN OLEH FIRMAN Allah
      ( Roma 1:7; Ef.3: 8; Ef.4:11,12; Kis.9:13,32,41)

     
28. Katolik mengajarkan MENDOAKAN ORANG MATI AGAR IA BEBAS DARI
      DOSA DOSANYA SEHINGGA FUNGSI PENGANTARANYA BAGI KITA
      MENJADI EFEKTIF ( CCC # 958 )

      Alkitab mengajarkan SEGALA KUASA BAIK DISURGA DAN DIDUNIA
      ADA PADA KRISTUS DAN HANYA DIALAH PEMBELA KITA DISORGA
      (Mat.28:18; Ef.1:20-22 ; Ibr.7:25 ;Yes.53: 12 ; Yoh.16:26 ; Rom.8:34 )


29. Katolik mengajarkan PEMBERHALAAN PATUNG SEBAGAI IMAGE YANG
      SAKRAL DARI KRISTUS,MARIA,MALAIKAT DAN ORANG ORANG KUDUS
      (CCC # 1161,1192 )

      Alkitab mengajarkan Allah MELARANG KERAS MEMBUAT PATUNG
      BERHALA BERUPA APAPUN. HAL INI MERUPAKAN KEBENCIAN DIMATA
      Tuhan ( Kel.20:4,5 ; Ul.4:15,16 ;1 Kor.10:19,20 ;1 Kor.5:11 ; Maz.135:15-18 ;
      Imamat.26:1)


BERSAMBUNG


BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #190 on: March 27, 2014, 05:41:13 AM »

30. Katolik mengajarkan PENGAKUAN DOSA KEPADA PASTOR UNTUK
      PENGAMPUNAN DOSA.PASTOR BISA MENGAMPUNI DOSA DOSA
      MANUSIA MEWAKILI Tuhan (CCC # 1424,1446,1448,1456,1457,1493 )

       Alkitab mengajarkan KALAU KITA MENGAKU DOSA KITA MAKA
       Tuhan AKAN MENGHAPUSKANNYA. HANYA Tuhan YANG BISA
       MENGAMPUNI DOSA MANUSIA. ( Mark.2:7; 1 Yoh.1:9; Maz.32:5 ; Ibr.10:19)


31. Katolik mengajarkan PENGHAPUSAN SIKSAAN DI API PENYUCIAN 
      MELALUI SAKRAMEN PENEBUSAN DOSA YANG DILAKSANAKAN OLEH
      GEREJA KATOLIK YANG DISEBUT INDULGENSIA. (CCC # 1457,1479)

      Alkitab mengajarkan UPAH DOSA ADALAH MAUT,MANUSIA MATI   
      LANGSUNG DIHAKIMI.TIDAK ADA PENGURANGAN HUKUMAN DIALAM 
      MAUT.HANYA DARAH KRISTUS YANG BISA MENGHAPUS DOSA.
      ( Rom.6:23 ;  Ibr.9:27 ; Luk.16:26-31; Mat.26:28 )


32.Katolik mengajarkan ADA TINGKATAN DIDALAM DOSA YAITU DOSA
     RINGAN (VENIAL)YANG BISA DIAMPUNI YANG DIHUKUM SEMENTARA
     DI PURGATORI DAN DOSA MORTAL YG DIHUKUM DINERAKA
     ( CCC # 1014,1033,1035,1037,1472,1854,1861,1862 )

    Alkitab mengajarkan SEMUA DOSA MEMPUNYAI KONSEKWENSI YANG
    SAMA YAITU MAUT (Rom.6:23 ; Yakobus 1 : 15).


33.Katolik mengajarkan BAPTISAN MEMBERIKAN JAMINAN KESELAMATAN
     KEKAL KEPADA MANUSIA. BAPTISAN BAYI HARUS SEGERA DILAKU
     KAN SETELAH KELAHIRAN AGAR BAYI TERSEBUT LEPAS DARI
     CENGKERAMAN DOSA ASAL,LAHIR BARU DAN MEMPEROLEH
     KESELAMATAN MENJADI ANAK ANAK Allah ( CCC # 1250,1252,1257 )

     Alkitab mengajarkan BAPTISAN TIDAK DENGAN SENDIRINYA MEMBAWA
     KESELAMATAN,MELAINKAN SEBAGAI LAMBANG PENYUCIAN ROHANI
     ATAS DOSA DAN KETAATAN KEPADA Allah. BAPTISAN ANAK BERARTI   MEMBAWANYA MASUK KEDALAM PERJANJIAN ANUGERAH DENGAN  Allah SEBAGAIMANA SUNAT PADA MASA PERJANJIAN LAMA. ANUGERAH KESELAMATAN SENANTIASA MENDAHULUI RESPON   MANUSIA. (Mat.28:19 ; Kis.2:38 ;22:16 ; 1 Pet.3:21;Rom.4:16-18 ; Rom.2:28,29 ;   Rom.4:11; Gal.3:15-18 )


34.Katolik mengajarkan KONFIRMASI MENYEMPURNAKAN BAPTISAN
     ANUGERAH,MEMBAWA KITA LEBIH ERAT KEDALAM KELUARGA Allah
     MENDORONG KEPENUHAN DIDALAM KRISTUS DAN MEMPERKUAT
     IKATAN KITA DENGAN GEREJA ( CCC # 1288,1314,1316 )

     Alkitab mengajarkan MENGAKU PERCAYA (SIDI) HANYALAH BERSIFAT
     SIMBOL SEBAGAI TANDA PERTOBATAN KITA.HAL INI SEBAGAIMANA
     BAPTISAN TIDAK MEMBAWA KESELAMATAN.  IMAN KITA HANYA
     BERTUMBUH MELALUI PEMAHAMAN Firman Tuhan


35. Katolik mengajarkan PENAFSIRAN Alkitab SEPENUHNYA DISERAHKAN
      KEPADA GEREJA YAITU PAUS DAN PARA PEMBANTUNYA ( CCC # 100 )

      Alkitab mengajarkan Alkitab HARUS DIBACA DAN DIRENUNGKAN
      OLEH SEMUA ORANG PERCAYA. TIDAK BOLEH ADA PENAFSIRAN 
      PRIBADI YG DIMUTLAKKAN. HANYA Roh Kudus PENAFSIR YG SEJATI.
      ( Kis.17:11 ; Mark.12:24 ; 2 Pet.1:20 ; 2 Tim.2:15 ; Yoh.2:39 ; Yoh.14:26
       ;Yoh.16:13)


36. Katolik mengajarkan DOA ORANG KATOLIK SERING BERULANG-
      ULANG,BERTELE-TELE DAN TERIKAT KEPADA TRADISI DOA DIDALAM
      GEREJA. DOA TIDAK BOLEH MERUPAKAN CETUSAN SUARA HATI KITA
      KEPADA Tuhan ( CCC # 2650 )

      Alkitab mengajarkan BERDOA TIDAK BOLEH BERTELE-TELE DAN
      JANGAN SEPERTI ORANG MUNAFIK. DOA JUGA ADALAH CETUSAN
      SUARA HATI ( Mat.6:5,7 ;  Maz.3:4 ; Maz.30:2 ; Maz.62:8


37. Katolik mengajarkan PERBUATAN BAIK BISA MENGURANGI DOSA
      MANUSIA BAHKAN DOSA ORANG YANG SUDAH MATI (PENANCE).

      Alkitab mengajarkan HANYA PERTOBATAN YANG BISA MENGAMPUNI
      DOSA. ORANG MATI HANYA SEKALI, LALU DIHAKIMI. TIDAK BISA
      MERUBAH NASIBNYA LAGI. PERBUATAN BAIK ADALAH SEBAGAI BUAH
      KESELAMATAN BUKAN JASA (Ibr.9:27).



« Last Edit: March 27, 2014, 05:53:51 AM by solideogloria »
BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #191 on: March 27, 2014, 05:51:01 AM »
KESIMPULAN:

GEREJA ROMA KATOLIK SUDAH MEMANIPULASI SEMUA AJARAN Alkitab DAN PARA RASUL, DENGAN MEMBERIKAN INJIL PALSU,DENGAN DEMIKIAN SAMA SEKALI HANYA MERUPAKAN APOSTATE CHURCH BUKAN APOSTOLIC CHURCH.

Galatia 1:8,9 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Keputusan yang terpenting didalam kehidupan manusia selama masih hidup didunia ini adalah memilih mana otoritas tertinggi yang harus dipercayai untuk memperoleh hidup yang kekal kelak di Surga dan luput dari hukuman Neraka.

Maka kalau :

1.   Allah Bapa yang Kudus digantikan Bapa Suci dunia yanag menganggap dirinya sebagai Tuhan.

2.   Otoritas Rasuliah digantikan dengan papalisme

3.   Otoritas Roh Kudus didalam menginterpretasikan dan mengajar Alkitab digantikan oleh magisterium

4.   Otoritas Kristus didalam penebusan dan kepengantaraan keselamatan digantikan oleh Mariology

5.   Otoritas Kitab Suci digantikan dengan tradisi dusta ajaran manusia

6.   Otoritas Allah Infallible sudah digantikan oleh Allah dunia yang mengklaim dirinya infallible

Inilah apa yang sudah diperingatkan oleh para nabi sbb :

Amsal 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut


Wahyu 21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Orang orang penakut yang akan masuki Neraka seperti ayat diatas,bukanlah takut dalam arti umum melainkan takut secara rohani yaitu walau sudah tahu akan kebenaran Firman Tuhan yang tertulis di Alkitab tetapi takut meninggalkan ajaran manusia yang sudah jelas anti Alkitab karena takut akan sanksi gereja didunia tetapi tidak sadar akan akibatnya kelak di Neraka.

Semoga manusia menjadi sadar akan posisi dirinya sewaktu masih hidup karena kalau sudah terlambat tidak ada gunanya lagi :

2 Petrus 3:15   Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Amin !



« Last Edit: March 27, 2014, 05:52:50 AM by solideogloria »
BACK TO BIBLE

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #192 on: March 27, 2014, 05:55:08 AM »
Sepertinya member di atas ini tidak mengerti judul topik, mod.
Atau karena 'beliau' lebih kenal ajaran Katolik dibandingkan protestan?
Atau karena memang kadar otaknya sangat terbatas, cuma bisa copas dari pendetanya saja?

Parragh....

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #193 on: March 27, 2014, 05:56:51 AM »
oiiiii, judul thread nya apa tong?
He he he he he he he

Sakit nih anak...

:D

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Suksesi ajaran apostolic Protestan
« Reply #194 on: March 27, 2014, 06:04:02 AM »
Teologi itu berhubungan dengan Alkitab.
Kalau teologi berbeda, ... kebenaran Alkitab tentu akan berbeda.

Hapus saja kitab2 yg ada di Alkitab itu.

oon banget cara mikirnya, sol?


Teologi harus berdasarklan kebenaran Alkitab bukan ajaran manusia bung !

Kalau teologi hanya berdasarkan ajaran dan tradisi manusia maka sudah pasti hanya teologi omong kosong doang sebab sudah bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan.

Inilah OON yang sebenarnya itu yaitu yang kerjanya hanya membeo ajaran manusia tanpa mau mengujinya dengan apa yang ada di Alkitab sesuai perintah Tuhan sendiri !

1 Tesalonika 5:21   Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Jadi kalau lebih patuh kepada manusia daripada kepada Tuhan sendiri inilah OON yang sebenarnya !


BACK TO BIBLE