Author Topic: Kunci Kerajaan Surga  (Read 14785 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #60 on: August 19, 2014, 06:03:32 AM »
Supremasi Petrus atas rasul2 lainnya silakan dibaca penjelasannya di sini:


Argumentasi anda sudah dibantah pada website berikut ini :

http://www.christian-faith.com/roots-of-roman-catholic-authority/

Mengenai supremasi Petrus silahkan baca semua argumentasi saya sebelumnya.

Ayat Matthew 16:16-19 yang umumnya digunakan oleh GRK sebagai landasan teologis supremasi gereja ternyata bertentangan dengan banyak opini para pemimpin gereja klasik sendiri.


BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #61 on: August 19, 2014, 06:10:00 AM »
Nah, pabila soli pake logikanya... maka bisa diketahui bahwa logika lain-nya adalah para Rasul selain Petrus dan Yohanes tidak/belon mempunyai kuasa datengin RK - sekalipun orang2 Samaria sudah dibaptis.

Begitu loh maksud saya, soli.


Manusia tidak punya kuasa untuk mendatangkan Roh Kudus karena Dia adalah Tuhan yang tidak bisa diatur-atur oleh manusia atau dibawah kuasa manusia untuk bisa datang.

Adalah inisiatif Tuhan untuk datang dengan cara dan waktu yang ditentukan sendiri oleh-Nya.

Hanya Yesus yang mengutus Roh Kudus datang kepada manusia bukan Petrus dll.

Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.


Quote
Quote
Kis.15:19 Wherefore my sentence is, that we trouble not them, which from among the Gentiles are turned to God:
15:20 But that we write unto them, that they abstain from pollutions of idols, and from fornication, and from things strangled, and from blood.

It is my judgment, therefore, that we should not make it difficult for the Gentiles who are turning to God. Instead we should write to them, telling them to abstain from food polluted by idols, from sexual immorality, from the meat of strangled animals and from blood. For the law of Moses has been preached in every city from the earliest times and is read in the synagogues on every Sabbath. (Acts 15:19–21)
Ya... my sentence / my judgmentnya ke siapa ? ke : WE ---> KITA.


Yang penting dicamkan adalah hanya seorang pemimpin yang mengambil keputusan akhir.



Quote
Quote
Jelas sekali bahwa Yakobus yang mengambil keputusan dikonsili pertama di Yerusalem itu menunjukkan bahwa dialah pemimpin gereja (pengambil keputusan) pada masa itu bukan Petrus.
Nggak bisa dikatakan jelas sekali, soli. Yang Yakobus bilang itu : KITA .... artinya juga possible Yakobus itu adalah ada di pihak golongan yang "cerewet", nggak sependapat tidak diberlakukannya sunat.

Yang Petrus bilang itu : KAMU.
Petrus tidak melibatkan dirinya di kelompok "KITA" tsb.
(10) Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?

So, kata "KAMU" di ayat tsb - didalamnya ada Yakobus.
Yakobus mengambil keputusan buat golongannya berdasarkan apa kata Petrus.


Soal “cerewet” itu hanya karangan spekulatif anda belaka tetapi jelas sekali Yakobus yang mengambil keputusan akhir bukan Petrus yang hanya mengajukan persoalannya didalam konsili !

Hanya ada dua macam opini waktu itu yaitu antara Paulus yang paling mengerti Injil dan Hukum Kristus karena dia dipakai Tuhan sebab ahli Teologi dan filsafat murid Gamaliel guru terkemuka dimasa itu,dengan pihak para Rasul lainnya yg masih merasa dibawah bayang bayang Hukum Taurat.


Quote
Quote
James, The Leader of the Jerusalem Church

We have seen that, despite attempts to suppress the fact, the primary sources show that James was the full brother of Jesus. Now it is time to examine the evidence showing that he was the leader of the Jerusalem church from the very beginning.

http://www.rejectionofpascalswager.net/jamesleader.html
soli...

pertama,
kalo mengenai hal ini nyari di internet - maka masing2 pihak ada yang bilang Petrus the Leader - Yakobus yang the Leader.


Kalau anda pakai sumber Katolik tentu tidak heran karena Petrus adalah satu satunya batu pijakan mereka untuk mengklaim diri sebagai Kepala Gereja sedunia.

Kalau argumentasi mereka runtuh maka klaim supremasinya juga runtuh bersama-sama.

Sumber internet tidak otomatis berarti mengada-ada karena mereka mengutip dari sumber aslinya.



Quote
kedua,
Quote
Hanya menunjukkan indikasi bahwa Petrus bukan pemimpin gereja dimasa itu sebab kelemahan kelemahan yang ada padanya !
Hanya pemimpin yang mengambil suatu keputusan akhir didalam konsili dan dialah Yakobus bukan Petrus !

ini kita lagi fokusnya mau yang mana ?
Tidak ada Leadership di gereja ?
ataukah mengenai siapa yang the leader ? Petrus atokah Yakobus ? ---> dengan demikian disini artinya ADA Leadership di gereja.


Leadership adalah kata sifat bukan subyek sedangkan subyeknya adalah manusia sebagai pemimpin.

Jadi jangan mengkontraskan apa yang tidak kontradiksi.



Quote
Quote
Hegesippus, in his fifth book of his Commentaries, writing about James, says, "After the apostles, James the brother of the Lord surnamed the Just was made head of the Church at Jerusalem

Eusebius records that Clement of Alexandria related, "This James, whom the people of old called the Just because of his outstanding virtue, was the first, as the record tells us, to be elected to the episcopal throne of the Jerusalem church.

James is also an authority in the early church at the Council of Jerusalem (James is quoting Amos 9:11–12).

http://en.wikipedia.org/wiki/James_the_Just

btw, barusan ngebaca tulisan diatas ---> "James, the brother of the Lord"
Saya ubek internet, ternyata katanya memang masih belon bisa dipastikan secara absolut/mutlak mengenai identitas orang yg ditulis James tsb, yah ?

Yang dipersoalkan adalah Yakobus yang mana tetapi tidak ada keraguan bahwa  pemimpin gereja di Yerusalem memang adalah  seorang yang bernama Yakobus,bukan Petrus.

Sudah jelas bahwa Yakobus itu saudara seibu Yesus kalau menurut Alkitab,tetapi kalau menurut GRK tidak sebab mereka memiliki ajaran tradisi non Alkitabiah bahwa Maria adalah perawan abadi.

Otoritas Alkitab adalah absolut diatas semua opini manusia !


« Last Edit: August 19, 2014, 06:12:51 AM by solideogloria »
BACK TO BIBLE

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #62 on: August 19, 2014, 10:20:16 AM »
Quote
Kalau anda pakai sumber Katolik tentu tidak heran karena Petrus adalah satu satunya batu pijakan mereka untuk mengklaim diri sebagai Kepala Gereja sedunia.

Kalau argumentasi mereka runtuh maka klaim supremasinya juga runtuh bersama-sama.

Sumber internet tidak otomatis berarti mengada-ada karena mereka mengutip dari sumber aslinya.

Laaaah sumber kamu cuma superpendeta tong dengan segala dongeng dan kotbah penuh amarah nya itu, kan?


Offline odading

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3314
  • Reputation Power:
  • Denominasi: non-agama
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #63 on: August 19, 2014, 12:03:08 PM »

Manusia tidak punya kuasa untuk mendatangkan Roh Kudus karena Dia adalah Tuhan yang tidak bisa diatur-atur oleh manusia atau dibawah kuasa manusia untuk bisa datang.

Adalah inisiatif Tuhan untuk datang dengan cara dan waktu yang ditentukan sendiri oleh-Nya.

Hanya Yesus yang mengutus Roh Kudus datang kepada manusia bukan Petrus dll.

Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Kalo gitu saya tanya soli aja deh :

KENAPA yang diutus itu Petrus dan Yohanes ?

saya mempunyai jawaban versi saya sendiri :
(17) Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. (18) Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya


Quote
Yang penting dicamkan adalah hanya seorang pemimpin yang mengambil keputusan akhir.
dengan demikian ADA kepemimpinan didalam suatu Gereja.


Quote
Soal “cerewet” itu hanya karangan spekulatif anda belaka tetapi jelas sekali Yakobus yang mengambil keputusan akhir bukan Petrus yang hanya mengajukan persoalannya didalam konsili !
NOP.
Justru Petrus dihadapi persoalan dari pihak yang ngotot sunat.

Quote
Hanya ada dua macam opini waktu itu yaitu antara Paulus yang paling mengerti Injil dan Hukum Kristus karena dia dipakai Tuhan sebab ahli Teologi dan filsafat murid Gamaliel guru terkemuka dimasa itu,dengan pihak para Rasul lainnya yg masih merasa dibawah bayang bayang Hukum Taurat.
Bold underline, kecuali Petrus :

(10) Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?

soli pilih, pada kata "kamu" disitu ngerujuk pihak mana ?
A. pihak yang pro-sunat ?
B. pihak yang non pro-sunat ?

Quote
Sumber internet tidak otomatis berarti mengada-ada karena mereka mengutip dari sumber aslinya.
masing2 bilang berdasarkan sumber aslinya, soli :D

Quote
Leadership adalah kata sifat bukan subyek sedangkan subyeknya adalah manusia sebagai pemimpin.
Baik... so sekarang kita lagi ngomongin mengenai Leadership yah soli .... ngomogin mengenai : siapa manusia-nya yg sebagai pemimpim.

Quote
Yang dipersoalkan adalah Yakobus yang mana tetapi tidak ada keraguan bahwa  pemimpin gereja di Yerusalem memang adalah  seorang yang bernama Yakobus,bukan Petrus.
So, artinya ADA itu kepemimpinan dalam suatu Gereja, dan saat itu manusianya adalah Yakobus.

Quote
Sudah jelas bahwa Yakobus itu saudara seibu Yesus kalau menurut Alkitab
Lagi lagi soli ngomong "sudah jelas" ... kalo sudah jelas, gak akan timbul ungu - soli.

Namun baiklah, saya ambil posisi dgn menempatkan diri bhw pemimpin Gereja Yerusalem saat itu adalah Yakobus saudara Yesus .... dengan demikian kepemimpinan Petrus itu ada di Gereja yg didalam lingkar 12 Rasul yg nama2nya tercatat di Matius 10:1-4, dimana Yakobus sodara Yesus tidak termasuk didalamnya.

Ada dua jenis leader.
1. yang satu berasal dari dalam lingkar 12 Rasul
2. yang satu lagi berasal dari luar lingkar 12 Rasul

ADA Kepemimpinan dalam suatu gereja.

:)
salam.
« Last Edit: August 19, 2014, 12:05:54 PM by odading »

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #64 on: August 19, 2014, 07:32:51 PM »

Argumentasi anda sudah dibantah pada website berikut ini :

http://www.christian-faith.com/roots-of-roman-catholic-authority/

Mengenai supremasi Petrus silahkan baca semua argumentasi saya sebelumnya.

Ayat Matthew 16:16-19 yang umumnya digunakan oleh GRK sebagai landasan teologis supremasi gereja ternyata bertentangan dengan banyak opini para pemimpin gereja klasik sendiri.

Likewise, argumentasi2 dalam website acuan Anda itu sudah aku bantah semua dalam tulisanku ini:

Silakan dilihat lagi argumen2ku tentang supremasi Petrus / Roma.  :)
« Last Edit: August 19, 2014, 07:58:52 PM by Jenova »
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #65 on: August 19, 2014, 07:57:52 PM »
Yang penting dicamkan adalah hanya seorang pemimpin yang mengambil keputusan akhir.

Siapa bilang kalo Yakobus lah yang mengambil keputusan terakhir dalam Konsili Yerusalem (Kis 15:19)???  :grining:
Dalam naskah aslinya (bahasa Yunani), Yakobus adalah yg terakhir mengemukakan pendapatnya ("krino") sebelum konsili itu berakhir.
Kis 15 : 19 Sebab itu aku berpendapat ("krino"), bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah (TB)

Menurut Lexicon Yunani, kata "krino" tidak mutlak berarti mengambil keputusan, melainkan dapat juga berarti:
5a) to pronounce an opinion concerning right and wrong

Satu fakta menunjukkan bahwa BUKAN Yakobus yg mengambil keputusan, melainkan para rasul secara bersama lah yg memutuskannya, dapat dilihat pada ayat selanjutnya:
Kis 15 : 28Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Ya!! Para rasul secara bersama2 dapat mengikat keputusan2 di dunia ini dan di surga (punya kuasa infilibilitas), mengikut amanat Yesus dalam Mat 18 : 18. Kuasa ini telah berkali2 digunakan oleh penerus para rasul dalam konsili2 ekumenis.
Tetapi kuasa infallibilitas para rasul secara bersama2 ini juga dimiliki oleh Petrus secara pribadi, sesuai sabda Kristus yang ditujukan secara pribadi kepada Petrus dalam Mat 16 : 18.

Yang dipersoalkan adalah Yakobus yang mana tetapi tidak ada keraguan bahwa  pemimpin gereja di Yerusalem memang adalah  seorang yang bernama Yakobus,bukan Petrus.

Sudah jelas bahwa Yakobus itu saudara seibu Yesus kalau menurut Alkitab,tetapi kalau menurut GRK tidak sebab mereka memiliki ajaran tradisi non Alkitabiah bahwa Maria adalah perawan abadi.

Otoritas Alkitab adalah absolut diatas semua opini manusia !

Lho... tidak ada keraguan sedikit pun bahwa Yakobus adalah pemimpin dari Gereja Yerusalem.
Begitu pula tidak ada keraguan sedikit pun bahwa pemimpin Gereja Antiokia adalah Petrus, yang diteruskan oleh St. Ignatius ketika Petrus meninggalkan Antiokia. Juga pemimpin Gereja Alexandria adalah St. Markus, pemimpin Gereja Konstantinopel adalah rasul Andreas, dan pemimpin Gereja Roma adalah rasul Petrus.
Tapi tidak ada satupun rasul2 dan penerus2 mereka yg mengajarkan bahwa pemimpin Gereja Yerusalem adalah pemimpin semua para rasul, malah sebaliknya mereka mengkonfirmasi supremacy (kepemimpinan) tetap dipegang oleh Petrus dan penerus2 Petrus yang adalah pemimpin Gereja Roma.
Silakan dilihat bukti2 sejarah yg menyatakan hal ini di sini:
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline odading

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3314
  • Reputation Power:
  • Denominasi: non-agama
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #66 on: August 20, 2014, 12:27:48 AM »
Jeno, numpang make post jeno ya....

Lho... tidak ada keraguan sedikit pun bahwa Yakobus adalah pemimpin dari Gereja Yerusalem.
Begitu pula tidak ada keraguan sedikit pun bahwa pemimpin Gereja Antiokia adalah Petrus, yang diteruskan oleh St. Ignatius ketika Petrus meninggalkan Antiokia. Juga pemimpin Gereja Alexandria adalah St. Markus, pemimpin Gereja Konstantinopel adalah rasul Andreas, dan pemimpin Gereja Roma adalah rasul Petrus.
Tapi tidak ada satupun rasul2 dan penerus2 mereka yg mengajarkan bahwa pemimpin Gereja Yerusalem adalah pemimpin semua para rasul, malah sebaliknya mereka mengkonfirmasi supremacy (kepemimpinan) tetap dipegang oleh Petrus dan penerus2 Petrus yang adalah pemimpin Gereja Roma.
Silakan dilihat bukti2 sejarah yg menyatakan hal ini di sini:
Nah tuh soli ... saya yang nggak baca bukti2 sejarah aja possible "ngliat" mengenai hal ini liwat pelan2 baca ayat terkait. Saya rasa soli juga sebenernya "ngliat", namun mungkin gak bisa menerima karena "bekal" awalnya soli adalah Petrus impossible sebagai pemimpin para Rasul ---vice versa--- impossible para Rasul "menuakan" atopun menjadikan Petrus sebagai pemimpin.

Sementara itu, dilain sisi - buat Jeno,
Quote
Siapa bilang kalo Yakobus lah yang mengambil keputusan terakhir dalam Konsili Yerusalem (Kis 15:19)???
Pada asumsi Yakobus memang pemimpin Gereja Yerusalem (imo) it's still possible bhw itu memang suatu keputusan dari Yakobus sebagai pemimpin Gereja ini ... namun BUKAN sebagai keputusan keseluruhan kesatuan para Rasul, dimana penggunaan kata "kita" ya bener2 "kita" yg sebagai kesatuan member dari Gereja Yerusalem (pro sunat). Dengan demikian, mungkin saja disini artinya - Yakobus "nurut" secara didalam sidang pada otoritas Petrus.

Sementara pada penjelasan Jeno berikutnya :
Quote
Dalam naskah aslinya (bahasa Yunani), Yakobus adalah yg terakhir mengemukakan pendapatnya ("krino") sebelum konsili itu berakhir.
Kis 15 : 19 Sebab itu aku berpendapat ("krino"), bahwa KITA tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah (TB)

Menurut Lexicon Yunani, kata "krino" tidak mutlak berarti mengambil keputusan, melainkan dapat juga berarti:
5a) to pronounce an opinion concerning right and wrong
saya juga tidak menampiknya. Dengan begitu, disini berarti kata "kita" ngerujuk secara kesatuan keseluruhan member2 Gereja (bukan ngerujuk hanya ke member2 yg pro sunat) ---> Still logical menurut saya :). (walaupun "khayalan" saya sebenernya cenderung berpendapat bhw Yakobus adalah perwakilan dari sayap pro-sunat mengingat Petrus menggunakan kata "kamu", Yakobus menggunakan kata "kita" saat sidang tsb... hehehe... :D).

:)
salam.

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #67 on: August 20, 2014, 01:09:17 AM »
Sementara itu, dilain sisi - buat Jeno,  Pada asumsi Yakobus memang pemimpin Gereja Yerusalem (imo) it's still possible bhw itu memang suatu keputusan dari Yakobus sebagai pemimpin Gereja ini ... namun BUKAN sebagai keputusan keseluruhan kesatuan para Rasul, dimana penggunaan kata "kita" ya bener2 "kita" yg sebagai kesatuan member dari Gereja Yerusalem (pro sunat). Dengan demikian, mungkin saja disini artinya - Yakobus "nurut" secara didalam sidang pada otoritas Petrus.

Sementara pada penjelasan Jeno berikutnya : saya juga tidak menampiknya. Dengan begitu, disini berarti kata "kita" ngerujuk secara kesatuan keseluruhan member2 Gereja (bukan ngerujuk hanya ke member2 yg pro sunat) ---> Still logical menurut saya :). (walaupun "khayalan" saya sebenernya cenderung berpendapat bhw Yakobus adalah perwakilan dari sayap pro-sunat mengingat Petrus menggunakan kata "kamu", Yakobus menggunakan kata "kita" saat sidang tsb... hehehe... :D).

Bro Oda,
dalam kacamata kami, kami melihat bahwa Petrus memiliki wibawa sebagai pemimpin dari para rasul dalam konsili Yerusalem ini.
Kita lihat bahwa sidang berlangsung lama, lalu sidang menjadi tenang dan menemukan kata sepakat setelah Petrus mengemukakan pendapatnya (Kis 15 : 7 - 12).

Bisa jadi juga seperti yg bro Oda katakan, bahwa Yakobus menjadi yg terakhir dalam mengemukakan pendapat, karena sebagai pemimpin Gereja yg menjadi tuan rumah konsili, wajar saja jika Yakobus memberikan kata penutup dan mengkonfirmasi pendapat Petrus.
Dan karena keputusan ini diambil dalam suatu sidang para rasul, mengikuti Mat 18 : 18, maka konsili secara definitif menyatakan bahwa keputusan mereka adalah keputusan Roh Kudus juga (kis 15 : 28).
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #68 on: August 20, 2014, 05:23:38 PM »
Laaaah sumber kamu cuma superpendeta tong dengan segala dongeng dan kotbah penuh amarah nya itu, kan?

Kok kwalitas diskusimu tidak berbobot melulu mempermalukan group Katolik saja disini !

BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #69 on: August 20, 2014, 05:23:52 PM »
Kalo gitu saya tanya soli aja deh :

KENAPA yang diutus itu Petrus dan Yohanes ?

saya mempunyai jawaban versi saya sendiri :
(17) Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus. (18) Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya


Mereka yang diutus karena bukan mereka pemimpinnya melainkan Yakobus !

Yang mengutus itu adalah pemimpin bukan yang dipimpin.

Galatia 2:9   Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;

Jadi ada tiga Rasul yang terkemuka pada waktu itu yaitu Yakobus,Petrus dan Yohanes dan yang diutus hanya Petrus dan Yohanes saja,sedangkan Yakobus tetap memimpin jemaat di Yerusalem.


Quote
Quote
Yang penting dicamkan adalah hanya seorang pemimpin yang mengambil keputusan akhir.
dengan demikian ADA kepemimpinan didalam suatu Gereja.


Terkenalnya pengarang ditunjukkan oleh cara ia menyebut dirinya, yaitu hanya "Yakobus" (Yak 1:1). Yakobus, saudara tiri Yesus dan pemimpin gereja di Yerusalem, pada umumnya dipandang sebagai penulis surat ini. Pidatonya dalam sidang di Yerusalem (Kis 15:13-21) dan gambaran mengenai dirinya di bagian lain dalam PB (mis. Kis 12:17; Kis 21:18; Gal 1:19; Gal 2:9,12; 1Kor 15:7) sangat cocok dengan apa yang diketahui mengenai penulis surat ini. Sangat mungkin Yakobus menulis surat ini pada dasawarsa 40-an. Tanggal yang agak dini untuk penulisan surat ini ditunjukkan oleh berbagai faktor, seperti kenyataan bahwa Yakobus menyebutkan istilah Yunani synagoge untuk menunjuk tempat pertemuan orang Kristen (Yak 2:2). Menurut keterangan sejarawan Yahudi, Yosefus, Yakobus, saudara tiri Tuhan mati syahid di Yerusalem tahun 62 M.

http://Alkitab.sabda.org/article.php?book=59&id=59

Petrus tidak pernah dianggap sebagai Kepala Gereja oleh kekristenan kecuali GRK yang memang mencari pijakan untuk mendukung ambisinya menguasai seluruh gereja didunia pada masa itu.


Quote
Quote
Soal “cerewet” itu hanya karangan spekulatif anda belaka tetapi jelas sekali Yakobus yang mengambil keputusan akhir bukan Petrus yang hanya mengajukan persoalannya didalam konsili !
NOP.
Justru Petrus dihadapi persoalan dari pihak yang ngotot sunat.


Justru Petrus tidak bisa segera memahami ajaran Paulus bahwa orang percaya didalam Hukum Kristus tidak perlu disunat,makanya Petrus membawa persoalannya kepada sidang Konsili Gereja yg pertama itu.


Quote
Quote
Hanya ada dua macam opini waktu itu yaitu antara Paulus yang paling mengerti Injil dan Hukum Kristus karena dia dipakai Tuhan sebab ahli Teologi dan filsafat murid Gamaliel guru terkemuka dimasa itu,dengan pihak para Rasul lainnya yg masih merasa dibawah bayang bayang Hukum Taurat.
Bold underline, kecuali Petrus :

(10) Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?

soli pilih, pada kata "kamu" disitu ngerujuk pihak mana ?
A. pihak yang pro-sunat ?
B. pihak yang non pro-sunat ?


Saya percaya ajaran Paulus !


Bersambung

BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #70 on: August 20, 2014, 05:24:07 PM »
Sambungan

Quote
Quote
Sumber internet tidak otomatis berarti mengada-ada karena mereka mengutip dari sumber aslinya.
masing2 bilang berdasarkan sumber aslinya, soli

Leo contributed to the development of the doctrine on papal primacy, based on his personal devotion to St Peter and on the veneration for the Apostle and his tomb in Rome. Besides recourse to biblical language, Leo also describes his own special relationship with St Peter in terms derived from Roman law.

He calls himself the (unworthy) heir and deputy (vicarius) of Peter, having received his apostolic authority and being obliged to follow his example. On the one hand, Peter stands before him with a claim on how Leo is to exercise his office; on the other hand, Leo, as the Roman bishop, represents the Apostle, whose authority he holds. Christ, however, always comes out as the source of all grace and authority, and Leo is responsible to him for how he fulfills his duties (cf. sermon 1).

Peter is indeed the example for Leo's relationship to Christ. Thus, the office of the Roman bishop, with its universal significance, is grounded on the special relationship between Christ and St Peter, a relationship that per se cannot be repeated; therefore, Leo depends on St Peter's mediation, his assistance and his example in order to be able to adequately fulfill his role and exercise his authority as the Bishop of Rome, both in the city and beyond.

http://en.wikipedia.org/wiki/Pope_Leo_I

Inilah cikal bakal supremasi GRK dengabh membonceng status Petrus yang direkayasa tanpa dukungan Alkitab.



Quote
Quote
Leadership adalah kata sifat bukan subyek sedangkan subyeknya adalah manusia sebagai pemimpin.
Baik... so sekarang kita lagi ngomongin mengenai Leadership yah soli .... ngomogin mengenai : siapa manusia-nya yg sebagai pemimpim.

Alkitab sama sekali tidak pernah membicarakan :

1.   Petrus sebagai kepala gereja
2.   Paus sebagai Kepala Gereja
3.   Paus adalah penerus Petrus
4.   Paus adalah wakil Kristus
5.   Petrus adalah Batukarang Gereja
6.   Petrus pernah ke Roma
7.   Paus tidak mungkin salah (infallible)

Quote
Quote
Yang dipersoalkan adalah Yakobus yang mana tetapi tidak ada keraguan bahwa  pemimpin gereja di Yerusalem memang adalah  seorang yang bernama Yakobus,bukan Petrus.
So, artinya ADA itu kepemimpinan dalam suatu Gereja, dan saat itu manusianya adalah Yakobus.


Demikianlah adanya dan menurut sumber Katolik sendiri mengakui bahwa Yakobus (walau berbeda siapa ibunya yg sebenarnya dgn Protestan) adalah Uskup atau Bishop pertama di Yerusalem,berarti dialah pemimpin gereja pertama di Yerusalem.

According to tradition, he was the first Bishop of Jerusalem, and was at the Council of Jerusalem about the year 50. The historians Eusebius and Hegesippus relayed that St. James was martyred for the Faith by the Jews in the Spring of the year 62, although they greatly esteemed his person and had given him the surname of "James the Just."


http://www.catholic.org/saints/saint.php?saint_id=356



Quote
Quote
Sudah jelas bahwa Yakobus itu saudara seibu Yesus kalau menurut Alkitab
Lagi lagi soli ngomong "sudah jelas" ... kalo sudah jelas, gak akan timbul ungu - soli.

Namun baiklah, saya ambil posisi dgn menempatkan diri bhw pemimpin Gereja Yerusalem saat itu adalah Yakobus saudara Yesus .... dengan demikian kepemimpinan Petrus itu ada di Gereja yg didalam lingkar 12 Rasul yg nama2nya tercatat di Matius 10:1-4, dimana Yakobus sodara Yesus tidak termasuk didalamnya.

Ada dua jenis leader.
1. yang satu berasal dari dalam lingkar 12 Rasul
2. yang satu lagi berasal dari luar lingkar 12 Rasul

ADA Kepemimpinan dalam suatu gereja.

Soal pembagian otoritas kepemimpinan gereja di Yerusalem seperti spekulasi anda itu tidak ada sama sekali dasar alkitabnya makanya terserah anda saja berimprovisasi berpendapat demikian,tetapi saya tidak sependapat dengan spekulasi anda tsb.

Menurut pengakuan Petrus sendiri, bahwa dia dipercayakan Tuhan untuk memberitakan injil kepada bangsa lain supaya mereka percaya, inilah jawaban ayat dimana Yesus memberikan kunci kepada Petrus….. bukan untk menjadi pemimpin ! tetapi pemberita injil sebagai kunci pembuka pintu keselamatan,sebab iman keselamatan timbul dari pendengaran akan Firman Kristus (Roma 10:17) !

Kisah Para Rasul 15:7
Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.



BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #71 on: August 20, 2014, 05:24:27 PM »
Likewise, argumentasi2 dalam website acuan Anda itu sudah aku bantah semua dalam tulisanku ini:
[ author=Jenova link=topic=1719.msg55905#msg55905 date=1385130118]

Silakan dilihat lagi argumen2ku tentang supremasi Petrus / Roma.  :)



Makanya semua sudah saya bantah didalam argumen saya bro yang ditulis belakangan ketimbang argumen anda !

Petrus sendiri yang rendah hati mengaku bahwa dia hanyalah seorang Penatua yang memiliki istri,bukan Paus kepala dari semua Uskup dunia yang selibat (1 Pet.5:1)  !

Ini berbeda secara kontras sekali dengan Kepala Gereja di Vatikan yang mempunyai Mahkota emas berlian (Tiara) dan singasana penuh kebesaran, diusung pakai tandu kebesaran kemana mana dan pernah mengeluarkan peraturan agar setiap orang yang menghadapnya harus mencium kakinya terlebih dahulu.

Apalagi kalau Paus sudah duduk dikursi kebesarannya yang sakti itu (ex cathedra),maka dia sudah seperti Tuhan tidak mungkin salah lagi (infallible) kalau menciptakan doktrin gereja yg sudah dianggap setara dengan wahyu Allah.




BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #72 on: August 20, 2014, 05:24:40 PM »
Siapa bilang kalo Yakobus lah yang mengambil keputusan terakhir dalam Konsili Yerusalem (Kis 15:19)???  :grining:
Dalam naskah aslinya (bahasa Yunani), Yakobus adalah yg terakhir mengemukakan pendapatnya ("krino") sebelum konsili itu berakhir.
Kis 15 : 19 Sebab itu aku berpendapat ("krino"), bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah (TB)

Menurut Lexicon Yunani, kata "krino" tidak mutlak berarti mengambil keputusan, melainkan dapat juga berarti:
5a) to pronounce an opinion concerning right and wrong

Satu fakta menunjukkan bahwa BUKAN Yakobus yg mengambil keputusan, melainkan para rasul secara bersama lah yg memutuskannya, dapat dilihat pada ayat selanjutnya:
Kis 15 : 28Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Ya!! Para rasul secara bersama2 dapat mengikat keputusan2 di dunia ini dan di surga (punya kuasa infilibilitas), mengikut amanat Yesus dalam Mat 18 : 18. Kuasa ini telah berkali2 digunakan oleh penerus para rasul dalam konsili2 ekumenis.
Tetapi kuasa infallibilitas para rasul secara bersama2 ini juga dimiliki oleh Petrus secara pribadi, sesuai sabda Kristus yang ditujukan secara pribadi kepada Petrus dalam Mat 16 : 18.


Keputusan terakhirlah yang diadopsi oleh gereja perdana makanya itulah bukti kepemimpinan Yakobus !

Yakobus yang Adil

Yakobus ini biasa diidentifikasikan sebagai saudara Yesus (lihat Yakobus yang Adil untuk penjelasan lebih lanjut). Dia tidak disebut sebagai rasul dalam Injil-Injil, namun Gereja Ortodoks mengidentifikasikan dia sebagai pemimpin dari ketujuhpuluh orang dalam Lukas 10:1-20. Kelak dalam Kisah Para Rasul dia dikisahkan menjadi pemimpin Gereja Yerusalem, dan dia disebut pula sebagai rasul oleh Paulus dalam Galatia 1:19.

http://id.wikipedia.org/wiki/Keduabelas_Rasul

Tidak pernah Petrus disebut sebagai pemimpin gereja didalam Kitab Suci selain hanya rekayasa ajaran GRK menjadikan dia sebagai batu pijakan untuk mengklaim jabatan Paus sebagai kepala Uskup sedunia mewarisi Paus pertama yang disebut sebagai Petrus padahal Petrus sendiri tidak pernah menjadi Paus selama hidupnya.


Quote
Quote from: solideogloria on Yesterday at 06:10:00 AM
Yang dipersoalkan adalah Yakobus yang mana tetapi tidak ada keraguan bahwa  pemimpin gereja di Yerusalem memang adalah  seorang yang bernama Yakobus,bukan Petrus.
Sudah jelas bahwa Yakobus itu saudara seibu Yesus kalau menurut Alkitab,tetapi kalau menurut GRK tidak sebab mereka memiliki ajaran tradisi non Alkitabiah bahwa Maria adalah perawan abadi.
Otoritas Alkitab adalah absolut diatas semua opini manusia !

Lho... tidak ada keraguan sedikit pun bahwa Yakobus adalah pemimpin dari Gereja Yerusalem.
Begitu pula tidak ada keraguan sedikit pun bahwa pemimpin Gereja Antiokia adalah Petrus, yang diteruskan oleh St. Ignatius ketika Petrus meninggalkan Antiokia. Juga pemimpin Gereja Alexandria adalah St. Markus, pemimpin Gereja Konstantinopel adalah rasul Andreas, dan pemimpin Gereja Roma adalah rasul Petrus.
Tapi tidak ada satupun rasul2 dan penerus2 mereka yg mengajarkan bahwa pemimpin Gereja Yerusalem adalah pemimpin semua para rasul, malah sebaliknya mereka mengkonfirmasi supremacy (kepemimpinan) tetap dipegang oleh Petrus dan penerus2 Petrus yang adalah pemimpin Gereja Roma.
Silakan dilihat bukti2 sejarah yg menyatakan hal ini di sini:

“Supremasi” berarti Petrus membawahi semua rasul lain seperti Paus mengklaim sebagai kepala dari semua Uskup didunia yang harus tunduk kepadanya,dan ini sama sekali tidak Alkitabiah karena Yesus sendiri memperlakukan semua Rasul secara setara,malah Petrus yang paling sering dikecam oleh Yesus dengan sebutan “Iblis” dan satu satunya Rasul yang munafik kepada Yesus dan Paulus.

Alkitab tidak pernah mengajarkan adanya kepemimpinan Tunggal bagi seluruh gereja tubuh Kristus selain dari Yesus Kristus sendiri yang adalah Kepala Gereja,Gembala Agung dan Batukarang Gereja satu satunya.


BACK TO BIBLE

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #73 on: August 20, 2014, 05:28:31 PM »
Jeno, numpang make post jeno ya....
 Nah tuh soli ... saya yang nggak baca bukti2 sejarah aja possible "ngliat" mengenai hal ini liwat pelan2 baca ayat terkait. Saya rasa soli juga sebenernya "ngliat", namun mungkin gak bisa menerima karena "bekal" awalnya soli adalah Petrus impossible sebagai pemimpin para Rasul ---vice versa--- impossible para Rasul "menuakan" atopun menjadikan Petrus sebagai pemimpin.


Petrus sebagai pemimpin jemaat sangat berbeda dengan Petrus sebagai pemimpin para Rasul karena itu sama sekali tidak ada dasar alkitabiahnya.

Jadi jangan mempersamakan apa yang tidak sama scope-nya.

But while Peter was central in the early spread of the gospel (part of the meaning behind Matthew 16:18-19), the teaching of Scripture, taken in context, nowhere declares that he was in authority over the other apostles, or over the church (having primacy). SeeActs 15:1-23;Galatians 2:1-14; and1 Peter 5:1-5.

Nor is it ever taught in Scripture that the bishop of Rome, or any other bishop, was to have primacy over the church.

Scripture does not even explicitly record Peter even being in Rome. Rather there is only one reference in Scripture of Peter writing from “Babylon,” a name sometimes applied to Rome (1 Peter 5:13).

Primarily upon this and the historical rise of the influence of the Bishop of Rome come the Roman Catholic Church’s teaching of the primacy of the bishop of Rome. However, Scripture shows that Peter’s authority was shared by the other apostles (Ephesians 2:19-20), and the “loosing and binding” authority attributed to him was likewise shared by the local churches, not just their church leaders (seeMatthew 18:15-19;1 Corinthians 5:1-13;2 Corinthians 13:10;Titus 2:15;3:10-11).

http://www.gotquestions.org/Peter-first-pope.html


BACK TO BIBLE

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kunci Kerajaan Surga
« Reply #74 on: August 20, 2014, 10:01:04 PM »
Makanya semua sudah saya bantah didalam argumen saya bro yang ditulis belakangan ketimbang argumen anda !

Petrus sendiri yang rendah hati mengaku bahwa dia hanyalah seorang Penatua yang memiliki istri,bukan Paus kepala dari semua Uskup dunia yang selibat (1 Pet.5:1)  !

Ini berbeda secara kontras sekali dengan Kepala Gereja di Vatikan yang mempunyai Mahkota emas berlian (Tiara) dan singasana penuh kebesaran, diusung pakai tandu kebesaran kemana mana dan pernah mengeluarkan peraturan agar setiap orang yang menghadapnya harus mencium kakinya terlebih dahulu.

Apalagi kalau Paus sudah duduk dikursi kebesarannya yang sakti itu (ex cathedra),maka dia sudah seperti Tuhan tidak mungkin salah lagi (infallible) kalau menciptakan doktrin gereja yg sudah dianggap setara dengan wahyu Allah.



1 Pet 5 : 1 Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak.

Tidak ada tuh pernyataan Petrus yg mengatakan bahwa dia HANYA penatua?  :grining:
Katanya ga boleh menambahkan/mengurangi isi Alkitab, kalo Petrus mengatakan dia adalah teman penatua, apakah mengatakan Petrus HANYA penatua tidak termasuk menambahkan apa yg tertulis dalam Alkitab?


Keputusan terakhirlah yang diadopsi oleh gereja perdana makanya itulah bukti kepemimpinan Yakobus !

Yakobus yang Adil

Yakobus ini biasa diidentifikasikan sebagai saudara Yesus (lihat Yakobus yang Adil untuk penjelasan lebih lanjut). Dia tidak disebut sebagai rasul dalam Injil-Injil, namun Gereja Ortodoks mengidentifikasikan dia sebagai pemimpin dari ketujuhpuluh orang dalam Lukas 10:1-20. Kelak dalam Kisah Para Rasul dia dikisahkan menjadi pemimpin Gereja Yerusalem, dan dia disebut pula sebagai rasul oleh Paulus dalam Galatia 1:19.

http://id.wikipedia.org/wiki/Keduabelas_Rasul

Selamat!! Anda sudah selangkah lebih maju dalam diskusi ini.  :afro:
Anda mau menerima sumber lain dari tradisi Gereja Orthodox bahwa Yakobus adalah seorang rasul juga, sehingga Anda mau terima bahwa Yakobus adalah pemimpin Gereja Yerusalem (sedikit lagi Anda bisa keluar dari falacy sola-scriptura).

Tidak pernah Petrus disebut sebagai pemimpin gereja didalam Kitab Suci selain hanya rekayasa ajaran GRK menjadikan dia sebagai batu pijakan untuk mengklaim jabatan Paus sebagai kepala Uskup sedunia mewarisi Paus pertama yang disebut sebagai Petrus padahal Petrus sendiri tidak pernah menjadi Paus selama hidupnya.

“Supremasi” berarti Petrus membawahi semua rasul lain seperti Paus mengklaim sebagai kepala dari semua Uskup didunia yang harus tunduk kepadanya,dan ini sama sekali tidak Alkitabiah karena Yesus sendiri memperlakukan semua Rasul secara setara,malah Petrus yang paling sering dikecam oleh Yesus dengan sebutan “Iblis” dan satu satunya Rasul yang munafik kepada Yesus dan Paulus.

Alkitab tidak pernah mengajarkan adanya kepemimpinan Tunggal bagi seluruh gereja tubuh Kristus selain dari Yesus Kristus sendiri yang adalah Kepala Gereja,Gembala Agung dan Batukarang Gereja satu satunya.

Sama seperti kesaksian Gereja Timur yg mengatakan bahwa Yakobus adalah rasul pemimpin Gereja Yerusalem, silakan Anda cari catatan dari Gereja Timur awal, Anda juga akan menemukan kesaksian2 mereka bahwa Petrus dan penerus2nya adalah benar2 pemimpin para rasul. Bisa juga Anda lihat kumpulan kesaksian2 Gereja Timur ttg keutamaan Petrus di tulisanku ini.
Kalo Anda mau mencari jejak2 dalam Alkitab, silakan dilihat Yoh 21 : 15 – 17 di mana Yesus bersabda kepada Petrus di hadapan rasul2 lainnya, dan menyuruh Petrus (BUKAN rasul2 lainnya) utk menggembalakan domba2Nya. So... sudah jelas bahwa Petrus lah yg menjadi gembala di atas rasul2 lainnya. Dan tentu saja ayat yg termahsyur itu, Mat 16 : 18, bahwa di atas Petrus seorang saja lah (BUKAN kepada rasul2 lainnya) Yesus mendirikan GerejaNya, yang berarti bahwa Petrus adalah yg terutama di atas rasul2 lainnya.
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)