Author Topic: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon  (Read 7175 times)

0 Members and 4 Guests are viewing this topic.

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Karena itulah saya heran mengapa Bro jesuit yg mengaku mengimani Una Substantia Tress Personae menolak tritunggal.
Maka dirasa perlu dia melakukan klarifikasi, sebab bisa jadi dia Orthodox palsu
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

bruce

  • Guest
Maka dirasa perlu dia melakukan klarifikasi, sebab bisa jadi dia Orthodox palsu

Kalau ada Orthodox mempermasalahkan Filioque saya bisa mengerti, tetapi kalau ada Orthodox yang mengatakan Katolik bertentangan dengan Konsili Nicea itu tentu agak aneh.

 :doh:

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Bisa ditest juga apakah bagi dia Yusuf seorang pemuda single atau seorang duda dengan anak-anak yang sudah beranjak dewasa. Agak aneh jika seorang orthodox Syria ber-Sola Scriptura.
 :giggle:

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Bisa ditest juga apakah bagi dia Yusuf seorang pemuda single atau seorang duda dengan anak-anak yang sudah beranjak dewasa. Agak aneh jika seorang orthodox Syria ber-Sola Scriptura.
 :giggle:
Kalau ada Orthodox mempermasalahkan Filioque saya bisa mengerti, tetapi kalau ada Orthodox yang mengatakan Katolik bertentangan dengan Konsili Nicea itu tentu agak aneh.

 :doh:
Ya, dia sangat mencurigakan! Kita tunggu klarifikasinya...
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #19 on: August 26, 2012, 11:40:46 PM »
Bro jesuit_dm,
Jika seorang jemaat memiliki pemahaman yg salah akan iman kristen, tidak seharusnya kita langsung menyimpulkan bahwa ajaran dari denominasinya itu salah.
Terutama jika jemaat itu berasal dari Gereja Apostolik, yg memiliki rumusan2 iman yg mutlak dan definitif (i.e. dogma), maka mudah sekali untuk mengetahui bagaimana ajaran yg sesungguhnya dari Gereja tersebut dengan mengacu pada rumusan2 iman definitifnya.


Perlu Anda pahami, protestantism terpisah dari  dan berbeda dengan GK. Protestantism bahkan bukan merupakan skisma dalam Tubuh GK.
Oleh kareanya, saat ini masih tidak memungkinkan bagi GK dan protestantism untuk menyamakan pemahaman iman, apalagi mengingat bahwa denominasi protestantism sendiri sudah berkembang menjadi ratusan ribu denominasi yg masing2 memiliki definisi iman yg berbeda2.

Dikarenakan protestantism itu terpisah dari dan berbeda dengan GK, maka sepertinya tidak mungkin disepakati pemahaman iman yg uniform dari keduanya, kecuali jika persekutuan penuh (full communion) telah tercapai. Perjalanan menuju ke sana sepertinya masih sangat panjang. Mari kita doakan agar Tuhan kita berkenan menunjukkan rahmat dan belas kasihnya untuk menyatukan kembali domba2Nya yg telah tercerai berai.  :signofcross:

Tapi jika kita kembali ke Gereja Katolik, rasanya tidak perlu dicari kesepakatan mengenai iman Tritunggal.
Definisi iman Tritunggal dalam GK sudah mutlak dan definitif, infallible dan irrevocable, yaitu sesuai dengan rumusan dalam KGK#231 yg telah aku berikan sebelumnya: Una substantia, tres personae!
Setiap jemaat GK yg memiliki pemahaman yg berbeda dengan rumusan ini, maka sejatinya dia telah terkena anatema berdasarkan dekrit2 lembaga2 infalibilitas GK (e.g. Konsili Nisea, Konsili Kalsedon, etc).

Yep, setuju!
Berhubung diskusi ttg definisi Tritunggal telah selesai disimpulkan, IMO sudah saatnya kita melangkah ke diskusi berikutnya, ttg dwinatur Yesus.
Definisi dari Konsili Kalsedon sudah aku berikan di atas.
Mungkin Anda bisa memulai dengan menunjukkan point2 dalam definisi iman Kalsedon yg ditolak oleh Gereja Syriac Antiokia?
Much appreciated in advance...  :)

Nah mengenai Dwi nature ini yang mungkin banyak perbedaan pengertian walaupun sesama GKR tergantung dari cara /gaya penyampaian  dan daya penangkapannya.
Seperti misalnya  Yesus yang !00 persen manusia dan 100 persen Allah itu

Tuhan Yesus memberkati

Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #20 on: August 27, 2012, 01:27:18 AM »
Yep, setuju!
Berhubung diskusi ttg definisi Tritunggal telah selesai disimpulkan, IMO sudah saatnya kita melangkah ke diskusi berikutnya, ttg dwinatur Yesus.
Definisi dari Konsili Kalsedon sudah aku berikan di atas.
Mungkin Anda bisa memulai dengan menunjukkan point2 dalam definisi iman Kalsedon yg ditolak oleh Gereja Syriac Antiokia?
Much appreciated in advance...  :)

Saudara ku, sebelum kita berdiskusi lebih lanjut tentang permasalahan diatas, maka terlebih dahulu kita harus menyamakan presepsi atau pemahaman kita, tentang pengertian "INKARNASI", sebab pengertian Inkarnasi ini adalah "Kunci" untuk melihat perbedaan pemahaman dalam Konsili khalsedon dahulu.

Dalam pengertian kami, Inkarnasi adalah Allah itu  ( Sang Hakikat / Sang Firman ) dilahirkan  "MENJADI" Manusia ( didasarkan pada Yohanes 1 : 14 ) ==> BUKAN  MENJELMA. Sehingga pada saat Ia Inkarnasi, maka Hakikat Allah dan Hakikat Manusia itu, "MENYATU" dalam Diri Yesus, sehingga Yesus memiliki Hakikat Tunggal yang berasal dari "Penyatuan Hakikat Allah dan Manusia", ==> Inilah makna Miafisit, yaitu : Menyatunya Hakikat Allah dan Hakikat Manusia menjadi satu ( Mia ) Hakikat dalam diri Yesus, sehingga Yesus memiliki SATU Kepribadian Tunggal, karena Hakikat Allah itu telah menyatu dengan Hakikat Manusia, maka Hakikat Allah itu "TIDAK  PERNAH  MENINGGALKAN HAKIKAT MANUSIANYA".

Nah .. bagaimana pemahaman saudara tentang makna Inkarnasi ini ?

Catatan :

1). mungkin kita dalam diskusi tentang permasalahan disini, harus extra hati2, sebab permasalahan ini, dapat melebar kemana-mana, karena itulah .. menurut saya kita akan membahas permasalahan ini, setahap demi setahap dan fokus pada sub topik yang dibicarakan dulu, agar nantinya .. kita dapat mencapai suatu kesimpulan, seperti diskusi mengenai Ajaran Tritunggal.

2). Karena saya sangat yakin, kalau saudara adalah seorang pengikut RK, maka dalam tahap awal diskusi ini, saya mengingatkan kepada anda, yaitu :"Apapun hasil yang akan kita dapat", tetaplah berpegang pada Keyakinan Iman kita, bahwa "Yesus adalah Allah Sejati dan Hidup Yang Kekal".

3). Berkembangnya diskusi ini yang akan melebar kemana2, maka kita harus menyepakati dahulu, untuk mempergunakan "Refrensi", Hanya "Alkitab dan Kredo Nicea" saja, Mengapa ??? Karena semua Refrensi yang ditulis oleh manusia, akan memiliki bantahan dan argument dari manusia lainnya, tetapi dengan menggunakan Alkitab dan Kredo Nicea, maka kita akan mencapai suatu kesimpulan, dan diskusi ini tidak akan menjadi debat kusir.

4). Apakah anda setuju kalau kita memakai Alkitab terbitan LAI, sebab saya sudah terbiasa dengan Alkitab tersebut, tetapi kalau anda terbiasa dengan Alkitab Sabda Katholik, maka saya akan menyesuaikan dengan anda, jadi saya harus beli dulu, hehehe ..


Salam ...

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #21 on: August 27, 2012, 12:27:06 PM »
tetapi kalau anda terbiasa dengan Alkitab Sabda Katholik, maka saya akan menyesuaikan dengan anda, jadi saya harus beli dulu, hehehe ..

Lha anda sendiri dapat info tentang Katholik selama ini dari mana?

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Dari diskusi dengan bro jesuit_dm ini, telah terlihat bahwa pada dasarnya dia tidak menolak Tritunggal.
IMO, ini semua hanyalah kesalah-pahaman, dan ada kesalahan dari bro jesuit_dm dalam menuliskan/menyampaikan pandangan2nya sehingga kita menyimpulkan (preliminary) bahwa dia menolak Tritunggal.

Mari kita tunggu klarifikasi dari rekan kita bro jesuit_dm.
Dan mari kita jauhkan dari FIK ini segala buruk sangka dan saling menuduh sesama member dengan sebutan2 "palsu" dsb.


Pax Christi...  :signofcross:
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Ya, dia sangat mencurigakan! Kita tunggu klarifikasinya...
Kalau tidak salah, sudah banyak pihak menantikan jawaban dari jesuit_dm mengenai kasus ini, bukan hanya di forum ini saja. Namun, sepanjang yang saya sempat baca lewat postingan, dia tidak berkenan berterus terang. Hanya mengaku orthodox  tanpa menyebut satu gereja. Suka menyampaikan sesuatu yang menghantar pembacanya mengasosiasikan bahwa jesuit_dm itu sudah 'sangat' tua.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #24 on: August 29, 2012, 09:28:28 PM »
Saudara ku, sebelum kita berdiskusi lebih lanjut tentang permasalahan diatas, maka terlebih dahulu kita harus menyamakan presepsi atau pemahaman kita, tentang pengertian "INKARNASI", sebab pengertian Inkarnasi ini adalah "Kunci" untuk melihat perbedaan pemahaman dalam Konsili khalsedon dahulu.

Dalam pengertian kami, Inkarnasi adalah Allah itu  ( Sang Hakikat / Sang Firman ) dilahirkan  "MENJADI" Manusia ( didasarkan pada Yohanes 1 : 14 ) ==> BUKAN  MENJELMA. Sehingga pada saat Ia Inkarnasi, maka Hakikat Allah dan Hakikat Manusia itu, "MENYATU" dalam Diri Yesus, sehingga Yesus memiliki Hakikat Tunggal yang berasal dari "Penyatuan Hakikat Allah dan Manusia", ==> Inilah makna Miafisit, yaitu : Menyatunya Hakikat Allah dan Hakikat Manusia menjadi satu ( Mia ) Hakikat dalam diri Yesus, sehingga Yesus memiliki SATU Kepribadian Tunggal, karena Hakikat Allah itu telah menyatu dengan Hakikat Manusia, maka Hakikat Allah itu "TIDAK  PERNAH  MENINGGALKAN HAKIKAT MANUSIANYA".

Nah .. bagaimana pemahaman saudara tentang makna Inkarnasi ini ?


Seperti yg sudah aku berikan sebelumnya, iman kami akan Misteri Inkarnasi adalah seperti yg telah didogmakan dalam Konsili Kalsedon:

  • It is opposed to those who attempt to tear apart the mystery of the economy into a duality of sons; and
  • it expels from the assembly of the priests those who dare to say that the divinity of the Only-begotten is passible, and
  • it stands opposed to those who imagine a mixture or confusion between the two natures of Christ; and
    it expels those who have the mad idea that the servant-form he took from us is of a heavenly or some other kind of being; and
  • it anathematises those who concoct two natures of the Lord before the union but imagine a single one after the union.

So, following the saintly fathers, we all with one voice teach the confession of one and the same Son, our Lord Jesus Christ: the same perfect in divinity and perfect in humanity, the same truly God and truly man, of a rational soul and a body; consubstantial with the Father as regards his divinity, and the same consubstantial with us as regards his humanity; like us in all respects except for sin; begotten before the ages from the Father as regards his divinity, and in the last days the same for us and for our salvation from Mary, the virgin God-bearer as regards his humanity; one and the same Christ, Son, Lord, only-begotten, acknowledged in two natures which undergo no confusion, no change, no division, no separation; at no point was the difference between the natures taken away through the union, but rather the property of both natures is preserved and comes together into a single person and a single subsistent being; he is not parted or divided into two persons, but is one and the same only-begotten Son, God, Word, Lord Jesus Christ, just as the prophets taught from the beginning about him, and as the Lord Jesus Christ himself instructed us, and as the creed of the fathers handed it down to us.



Catatan :

1). mungkin kita dalam diskusi tentang permasalahan disini, harus extra hati2, sebab permasalahan ini, dapat melebar kemana-mana, karena itulah .. menurut saya kita akan membahas permasalahan ini, setahap demi setahap dan fokus pada sub topik yang dibicarakan dulu, agar nantinya .. kita dapat mencapai suatu kesimpulan, seperti diskusi mengenai Ajaran Tritunggal.

Agree!!

2). Karena saya sangat yakin, kalau saudara adalah seorang pengikut RK, maka dalam tahap awal diskusi ini, saya mengingatkan kepada anda, yaitu :"Apapun hasil yang akan kita dapat", tetaplah berpegang pada Keyakinan Iman kita, bahwa "Yesus adalah Allah Sejati dan Hidup Yang Kekal".

Agree!!

3). Berkembangnya diskusi ini yang akan melebar kemana2, maka kita harus menyepakati dahulu, untuk mempergunakan "Refrensi", Hanya "Alkitab dan Kredo Nicea" saja, Mengapa ??? Karena semua Refrensi yang ditulis oleh manusia, akan memiliki bantahan dan argument dari manusia lainnya, tetapi dengan menggunakan Alkitab dan Kredo Nicea, maka kita akan mencapai suatu kesimpulan, dan diskusi ini tidak akan menjadi debat kusir.

Sulit sebetulnya kalo harus dibatasi oleh Alkitab dan konsili Nisea. Dogma2 GK yg banyak disalah-pahami oleh Gereja Timur semuanya dikarenakan dogma2 tersebut dirumuskan utk menghadapi bidaat yg tidak dihadapi oleh Gereja Timur. Tanpa referensi2 GK pasca Konsili Kalsedon, ya akan sulit bagi kami utk menunjukkan penjelasan dari kesalah-pahaman yg ada ini.

Proposalku, aku tetap gunakan referensi2 GK (Alkitab + Semua Konsili Ekumenis GK). Akan aku pakai referensi2 yg berhubungan dengan rumusan iman Konsili Nisea saja, mengikuti keinginan Anda.

4). Apakah anda setuju kalau kita memakai Alkitab terbitan LAI, sebab saya sudah terbiasa dengan Alkitab tersebut, tetapi kalau anda terbiasa dengan Alkitab Sabda Katholik, maka saya akan menyesuaikan dengan anda, jadi saya harus beli dulu, hehehe ..

Ini agak aneh, karena AFAIK Gereja Orthodox Syriac Anthiokia pun mengikuti kanon2 Alkitab yg ditetapkan oleh Bapa2 Gereja.
Kok mengikuti kanon LAI? Kan LAI tidak mengikut-sertakan kitab2 yg disebut deutrokanon itu, i.e. TIDAK sesuai dengan kanon2 yg ditetapkan oleh Bapa2 Gereja.

O ya, btw, bisa sekalian diberikan apa saja kitab2 yg termasuk dalam kanon Gereja Orthodox Syriac Anthiokia?
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #25 on: August 29, 2012, 09:43:52 PM »
Dalam pengertian kami, Inkarnasi adalah Allah itu  ( Sang Hakikat / Sang Firman ) dilahirkan  "MENJADI" Manusia ( didasarkan pada Yohanes 1 : 14 ) ==> BUKAN  MENJELMA. Sehingga pada saat Ia Inkarnasi, maka Hakikat Allah dan Hakikat Manusia itu, "MENYATU" dalam Diri Yesus, sehingga Yesus memiliki Hakikat Tunggal yang berasal dari "Penyatuan Hakikat Allah dan Manusia", ==> Inilah makna Miafisit, yaitu : Menyatunya Hakikat Allah dan Hakikat Manusia menjadi satu ( Mia ) Hakikat dalam diri Yesus, sehingga Yesus memiliki SATU Kepribadian Tunggal, karena Hakikat Allah itu telah menyatu dengan Hakikat Manusia, maka Hakikat Allah itu "TIDAK  PERNAH  MENINGGALKAN HAKIKAT MANUSIANYA".

Mari kita bandingkan pemahaman Anda ini dengan ajaran Konsili Kalsedon:

one and the same Christ, Son, Lord, only-begotten, acknowledged in two natures which undergo no confusion, no change, no division, no separation; at no point was the difference between the natures taken away through the union, but rather the property of both natures is preserved and comes together into a single person and a single subsistent being; he is not parted or divided into two persons, but is one and the same only-begotten Son, God, Word, Lord Jesus Christ, just as the prophets taught from the beginning about him, and as the Lord Jesus Christ himself instructed us, and as the creed of the fathers handed it down to us.

Yang jadi pertanyaanku, bro jesuit_dm, bagian mana dari ajaran Konsili Kalsedon ini yg tidak sesuai dengan apa yg telah Anda uraikan di atas?
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #26 on: August 30, 2012, 01:21:12 PM »
Mari kita bandingkan pemahaman Anda ini dengan ajaran Konsili Kalsedon:

one and the same Christ, Son, Lord, only-begotten, acknowledged in two natures which undergo no confusion, no change, no division, no separation; at no point was the difference between the natures taken away through the union, but rather the property of both natures is preserved and comes together into a single person and a single subsistent being; he is not parted or divided into two persons, but is one and the same only-begotten Son, God, Word, Lord Jesus Christ, just as the prophets taught from the beginning about him, and as the Lord Jesus Christ himself instructed us, and as the creed of the fathers handed it down to us.

Yang jadi pertanyaanku, bro jesuit_dm, bagian mana dari ajaran Konsili Kalsedon ini yg tidak sesuai dengan apa yg telah Anda uraikan di atas?

Saudara ku, tolong anda berikan website permsalahan konsilis khalsedon diatas ( yang anda kutip ), agar dapat saya pelajari dan baca secara utuh, trus permasalahan Alkitab, seperti yang saya sampaikan diatas, bertujuan untuk menyamakan presepsi, agar kita tidak terjebak dalam "Perdebatan Tulisan Alkitab yang berbeda". Bagi saya, Alkitab apapun dan dalam tulisan apapun dan terjemahan apapun, tidak ada bedanya .. yang penting kita dapat mengerti maksutnya. Bahkan Alkitab yang diterbitkan oleh Menara Pengawal juga "dapat" saya terima sebagai bahan dasar diskusi, makanya kita harus samakan "Presepsi ini dahulu".==> Saya akan sesuaikan dengan apa yang anda pakai, tetapi jika anda memakai "Refrensi" dari para Bapa Gereja, maka saya pikir, kita tidak akan pernah untuk menemukan pemahaman yang sama, sebab  "tidak semua pendapat bapak Gereja itu benar", buktinya .. Gereja sekarang ini terpecah - belah, sebagai akibat dari pendapat2 mereka yang keliru.

Kalau anda setuju, mari kita berpatokan pada Alkitab dan Kredo Nicea saja, tetapi kalau anda tidak setuju, maka disukusi tidak akan kita lanjutkan, sebab akan menjadi debat kusir yang tidak akan ada kesimpulannya.


Salam ...


Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #27 on: August 30, 2012, 01:56:25 PM »
Saudara ku, tolong anda berikan website permsalahan konsilis khalsedon diatas ( yang anda kutip ), agar dapat saya pelajari dan baca secara utuh,

Lho... kan sudah pernah aku berikan, bro jesuit_dm:

Definition of Fith
So, following the saintly fathers, we all with one voice teach the confession of one and the same Son, our Lord Jesus Christ: the same perfect in divinity and perfect in humanity, the same truly God and truly man, of a rational soul and a body; consubstantial with the Father as regards his divinity, and the same consubstantial with us as regards his humanity; like us in all respects except for sin; begotten before the ages from the Father as regards his divinity, and in the last days the same for us and for our salvation from Mary, the virgin God-bearer as regards his humanity; one and the same Christ, Son, Lord, only-begotten, acknowledged in two natures which undergo no confusion, no change, no division, no separation; at no point was the difference between the natures taken away through the union, but rather the property of both natures is preserved and comes together into a single person and a single subsistent being; he is not parted or divided into two persons, but is one and the same only-begotten Son, God, Word, Lord Jesus Christ, just as the prophets taught from the beginning about him, and as the Lord Jesus Christ himself instructed us, and as the creed of the fathers handed it down to us.
-Council of Chalcedon, 451 AD-

http://www.papalencyclicals.net/Councils/ecum04.htm#Definition of the faith[/color]


trus permasalahan Alkitab, seperti yang saya sampaikan diatas, bertujuan untuk menyamakan presepsi, agar kita tidak terjebak dalam "Perdebatan Tulisan Alkitab yang berbeda". Bagi saya, Alkitab apapun dan dalam tulisan apapun dan terjemahan apapun, tidak ada bedanya ..

Lho... kalo gitu ga ada masalah dong kalo kita pake Kitab Suci versi katolik seperti: New Jerusalem Bible (NJB), The Douay-Rheims version, New American Bible, dsb.
Toh kitab2 yg dimuat dalam LAI itu juga tercantum dalam Alkitab versi katolik? Malah kitab2 dalam Alkitab katolik lebih lengkap dari versi LAI, karena memuat semua kitab2 yg dikanonkan oleh Bapa2 Gereja dalam sinode Hippo dan Konsili Kartago di abad ke4.
Memang beda terjemahan, tetapi isinya sama. Kalo ragu dengan terjemahannya, ya tinggal mengacu ke kitab dalam bahasa aslinya saja.

Jadi silakan, Anda mau memakai Alkitab versi yg mana, akan aku ikuti.
Hanya sebagai jemaat Gereja apostolik, kita juga harus memakai kitab2 deutrokanonika seperti yg telah diwariskan oleh Bapa2 Gereja.
Kalo pake versi LAI, aku ragu kita bakal punya referensi yg lengkap.

yang penting kita dapat mengerti maksutnya. Bahkan Alkitab yang diterbitkan oleh Menara Pengawal juga "dapat" saya terima sebagai bahan dasar diskusi, makanya kita harus samakan "Presepsi ini dahulu".==> Saya akan sesuaikan dengan apa yang anda pakai, tetapi jika anda memakai "Refrensi" dari para Bapa Gereja, maka saya pikir, kita tidak akan pernah untuk menemukan pemahaman yang sama, sebab  "tidak semua pendapat bapak Gereja itu benar", buktinya .. Gereja sekarang ini terpecah - belah, sebagai akibat dari pendapat2 mereka yang keliru.

Lho.... Kitab2 yg dipakai di semua versi Alkitab kekristenan semuanya adalah SAMA.
Yang berbeda adalah daftar kitab2 dimasukkan dalam daftar kanon.
Satu pertanyaan dulu utk Anda kalo gitu, Gereja Orthodox Syriac Anthiokia itu mengikuti kanon Alkitab yg mana?
46 PL + 27 PB?
39 PL + 27 PB?
Atau mungkin Anda menggunakan kanon yang lain lagi? Dan boleh tahu siapa yg menetapkan daftar kanon Alkitab Anda, kapan dan di mana kanon itu ditetapkan?


O ya, kalo Anda mau tahu konsili mana yg menetapkan kanon Alkitab yg dipakai GK, silakan Anda lihat berikut ini (aku sertakan link ke website referensinya juga):

Canon 24

That nothing be read in church besides the Canonical Scripture
Item, that besides the Canonical Scriptures nothing be read in church under the name of divine Scripture.

But the Canonical Scriptures are as follows:
1. Genesis
2. Exodus
3. Leviticus
4. Numbers
5. Deutronomy
6. Joshua the Son of Nun
7. The Judges
8. Ruth

The Kings, iv (4) books:
9. 1 Samuel
10. 2 Samuel
11. 1 Kings
12. 2 Kings

The Chronicles, ij (2) books:
13. 1 Chronicles
14. 2 Chronicles

15. Job
16. The Psalter

The Five Books of Solomon
17. Proverbs
18. Ecclesiastes
19. Songs
20. Wisdom
21. Sirach

The Twelve Book of the Prophets
22. Hosea
23. Joel
24. Amos
25. Obadiah
26. Jonah
27. Micah
28. Nahum
29. Habakkuk
30. Zephaniah
31. Haggai
32. Zechariah
33. Malachi

34. Isaiah

Jeremiah (the book of Jeremiah consist of 3 books*)
35. Jeremiah
36. Lamentation
37. Baruch

38. Ezechiel
39. Daniel
40. Tobit
41. Judith
42. Esther

Ezra, ij (2) books
43. Ezra
44. Nehemia

Macchabees, ij (2) books
45. 1 Macchabee
46. 2 Macchabee

The New Testament.
47-50. The Gospels, iv. books.
51. The Acts of the Apostles, j. book.
52-65. The Epistles of Paul, xiv.
66-67. The Epistles of Peter, the Apostle, ij.
68-70. The Epistles of John the Apostle, iij.
71. The Epistles of James the Apostle, j.
72. The Epistle of Jude the Apostle, j.
73. The Revelation of John, j. book.

Let this be sent to our brother and fellow bishop, Boniface, and to the other bishops of those parts, that they may confirm this canon, for these are the things which we have received from our fathers to be read in church.
-http://www.newadvent.org/fathers/3816.htm-

*NOTE: keterangan dan penomoran adalah tambahan dari Jenova, utk memudahkan kita menghitung jumlah kitab dalam kanon Alkitab GK



Kalau anda setuju, mari kita berpatokan pada Alkitab dan Kredo Nicea saja, tetapi kalau anda tidak setuju, maka disukusi tidak akan kita lanjutkan, sebab akan menjadi debat kusir yang tidak akan ada kesimpulannya.

Okay, aku coba ikuti keinginan Anda.
Silakan Anda mengacu pada Alkitab dan Kredo Nisea utk menerangkan mengapa Gereja Anda menolak definisi iman Konsili Kalsedon mengenai union hypostasis.
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline CosmicBoy94

  • FIK council
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 305
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Dari diskusi dengan bro jesuit_dm ini, telah terlihat bahwa pada dasarnya dia tidak menolak Tritunggal.
IMO, ini semua hanyalah kesalah-pahaman, dan ada kesalahan dari bro jesuit_dm dalam menuliskan/menyampaikan pandangan2nya sehingga kita menyimpulkan (preliminary) bahwa dia menolak Tritunggal.

Mari kita tunggu klarifikasi dari rekan kita bro jesuit_dm.
Dan mari kita jauhkan dari FIK ini segala buruk sangka dan saling menuduh sesama member dengan sebutan2 "palsu" dsb.


Pax Christi...  :signofcross:

Ini saya kutip:

Jadi, Hakikat ataupun Substansi Allah yang sesungguhnya itu adalah Sang Firman ( Roh Kudus ) ( Yohanes 1 : 1 ), Sang Firman atau Roh Kudus inilah, yang dipanggil / disebut sebagai : Bapa, Putra dan Roh Kudus, artinya : Kehadiran Sang Firman dalam 3 Kesempatan yang terpisah dan berbeda, mengakibatkan terciptanya 3 Kepribadian yang berbeda dari Sang Firman, yaitu : Hadir sebagai Pribadi Bapa, Hadir sebagai Pribadi Anak dan Hadir Sebagai Pribadi Roh Kudus.
Nontrinitarianisme / Re: Ada berapa macam katholik sekarang ini ya??
« on: August 24, 2012, 02:22:55 PM »

Nah .. coba anda selidiki dengan seksama, terhadap apa yang saya bold diatas, terutama yang pertama, yaitu :"Pernyataan SATU  Allah, artinya Hakikat Allah itu adalah Satu atau Esa dan BUKAN  Tritunggal", sebab Hakikat Allah dinyatakan sebagai Tritunggal, dimulai sejak Konsili Khalsedon dan Bukan Kaonsili Nicea yang anda kutip diatas tersebut. ==> "Aku percaya akan SATU  Allah dan Bukan Tritunggal".
Nontrinitarianisme / Re: Ada berapa macam katholik sekarang ini ya??
« on: August 21, 2012, 03:39:09 PM »

2. Konsili Khalsedon ==> TRITUNGGAL  ( Tiga Hakikat dalam satu kesatuan Tunggal  atau sebaliknya ), telah menyamakan pengertian dan eksistensi Hakikat Allah dengan Sifat-Sifat Allah, ==> Bertentangan dengan Ajaran Ke-Esa-an  Allah, dimana Ajaran ini lahir sebagai akibat dari Adaptasi terhadap Agama Pagan dimasa lalu dan tidak memiliki Dasar dalam Kitab Suci, sehingga dipercaya bahwa Hakikat Anak adalah berbeda dengan Hakikat Bapa dan sebaliknya, demikian juga halnya terhadap Roh Kudus. ==> Akhirnya, Ajaran ini "menempatkan" Roh Kudus yang merupakan "Hakikat Allah Sejati" menjadi "Hakikat Allah yang Ke-Tiga".==> SANGAT  BERBAHAYA dan inilah yang saya maksutkan dalam setiap tulisan saya di Forum ini, bahwa Ajaran Tritunggal, tanpa disadari telah membawa anak-anak Tuhan menjadi seorang  ANTI   KRISTUS.
Pertanyaan Dari Member Non-Kristen / Re: Kalau Anak, bernama Yesus .. Siapakah Nama Allah Bapa itu ?
« on: July 20, 2012, 11:49:48 AM »

Silakan kalian nilai sendiri.
I say no more.

Offline Leonardo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1772
  • Reputation Power:
  • katolik
Ini saya kutip:

Jadi, Hakikat ataupun Substansi Allah yang sesungguhnya itu adalah Sang Firman ( Roh Kudus ) ( Yohanes 1 : 1 ), Sang Firman atau Roh Kudus inilah, yang dipanggil / disebut sebagai : Bapa, Putra dan Roh Kudus, artinya : Kehadiran Sang Firman dalam 3 Kesempatan yang terpisah dan berbeda, mengakibatkan terciptanya 3 Kepribadian yang berbeda dari Sang Firman, yaitu : Hadir sebagai Pribadi Bapa, Hadir sebagai Pribadi Anak dan Hadir Sebagai Pribadi Roh Kudus.
Nontrinitarianisme / Re: Ada berapa macam katholik sekarang ini ya??
« on: August 24, 2012, 02:22:55 PM »

Nah .. coba anda selidiki dengan seksama, terhadap apa yang saya bold diatas, terutama yang pertama, yaitu :"Pernyataan SATU  Allah, artinya Hakikat Allah itu adalah Satu atau Esa dan BUKAN  Tritunggal", sebab Hakikat Allah dinyatakan sebagai Tritunggal, dimulai sejak Konsili Khalsedon dan Bukan Kaonsili Nicea yang anda kutip diatas tersebut. ==> "Aku percaya akan SATU  Allah dan Bukan Tritunggal".
Nontrinitarianisme / Re: Ada berapa macam katholik sekarang ini ya??
« on: August 21, 2012, 03:39:09 PM »

2. Konsili Khalsedon ==> TRITUNGGAL  ( Tiga Hakikat dalam satu kesatuan Tunggal  atau sebaliknya ), telah menyamakan pengertian dan eksistensi Hakikat Allah dengan Sifat-Sifat Allah, ==> Bertentangan dengan Ajaran Ke-Esa-an  Allah, dimana Ajaran ini lahir sebagai akibat dari Adaptasi terhadap Agama Pagan dimasa lalu dan tidak memiliki Dasar dalam Kitab Suci, sehingga dipercaya bahwa Hakikat Anak adalah berbeda dengan Hakikat Bapa dan sebaliknya, demikian juga halnya terhadap Roh Kudus. ==> Akhirnya, Ajaran ini "menempatkan" Roh Kudus yang merupakan "Hakikat Allah Sejati" menjadi "Hakikat Allah yang Ke-Tiga".==> SANGAT  BERBAHAYA dan inilah yang saya maksutkan dalam setiap tulisan saya di Forum ini, bahwa Ajaran Tritunggal, tanpa disadari telah membawa anak-anak Tuhan menjadi seorang  ANTI   KRISTUS.
Pertanyaan Dari Member Non-Kristen / Re: Kalau Anak, bernama Yesus .. Siapakah Nama Allah Bapa itu ?
« on: July 20, 2012, 11:49:48 AM »

Silakan kalian nilai sendiri.
I say no more.

Yang saya bold di atas terkesan seperti ajaran modalisme karena menyamakan pribadi Yesus dengan pribadi Bapa dan Roh Kudus... :doh:
In Omnibus Caritas