IMHO
Fragment = Protolan = sebagian
Jadi dari contoh yg saya berikan, fragment itu = sebagian dari satu kitab yg ditulis oleh penulis yg sama, ya phooey ?
Ilustrasinya :
Jaman sekarang diketemukan fragment XXX di jabar, YYY di jateng, ZZZ di jatim.
Ketika fragment2 tsb dikumpulkan, diketahui ditulis oleh penulis yang sama - dan berdasarkan Carbon Dating, diduga ditulis dalam rentang waktu sekitar tahun (misal : tahun 1945 s/d tahun 1950) yg tadinya berupa satu "klip".
Hal yg menyebabkan "klip" ini tersebar
(sehingga fragmented) di jabar jatim jateng adl diketika tahun berjalan setelah tahun 1950 tsb. Misal di tahun 1955 ada orang membawa sebagian dari "klip" tsb (XXX) ke jabar, ada orang laen lagi membawa sebagian "klip" tsb (YYY) ke jateng, dan sisanya (ZZZ) ke jatim ---> dan kejadian ini entah kapan.
- Di tahun 2000 diketemukan fragment XXX - hasil analisa, fragment ini ditulis oleh penulis ANU, sekitar tahun 1945-1950
- tahun 2005 diketemukan fragment YYY dan setelah dianalisa ternyata penulis YYY ini = penulis XXX, yakni si ANU - dan hasil analisa, penulisannya dilakukan juga sekitar tahun 1945-1950
- Tahun 2010 fragment ZZZ diketemukan, dan ternyata hasil analisanya sama dgn fragment XXX dan YYY
Begitu bukan maksudnya ya phooey ?
Sehubungan dengan penginjilan yang dilakukan oleh para Rasul, maka terbentuk komunitas2.
Dimana mereka mendapatkan cerita lisan yang disampaikan pada saat pertemuan2 komunitas.
Kemudian seiring dengan perkembangan waktu, maka dirasa perlu untuk ditulis.
Nah... saya mulai bingung disini
.
Jadi semisal surat Korintus yg ditulis Paulus itu, apa maksudnya surat itu sendiri sudah gak pernah ada lagi (ga exist dan tidak pernah diketemukan) --- melainkan fragment yg diketemukan tsb adalah
salinan oleh orang2 lain yg memorize "cerita lisan" dari isi surat tsb, lalu menuliskan isi surat tsb ?
Ilustrasi :
odading menulis surat ke phooey di Korintus.
Phooey menerima surat itu lalu "membuang/membakar" kertas2 surat (1 klip) yg berisi tulisan saya.
Tapi phooey hafal isi surat2 tsb.
Lalu phooey secara lisan "menyebarkan" kalimat2 yg odading tulis tsb.
Itu berlangsung sekian kurun waktu - dimana kalimat2 lisan tsb tersebar ke bbrp lokasi.
Blakangan terasa perlu utk dituliskan bunyi dari kalimat2 odading tsb namun terdengar secara lisan dari mulut phooey.
Phooey menyesali karena telah membuang/membakar kertas2 surat yg 1 klip tsb .Husada di jateng berinisiatif menuliskan kalimat2 tsb.
Siip di jatim berinisiatif menuliskan kalimat2 tsb.
Shakes di jabar pun demikian.
Akibatnya, tulisan dari Husada Siip dan Shakes itu isinya ada yg sama ada pula yg berbeda (karena semua berdasarkan lisan).
Blakangan diketemukan tulisan2 dari Husada Siip dan Shakes --- isi tulisan Husada Siip dan Shakes tsb semua menyatakan bhw bunyi kalimat2 di masing2 surat adalah
isi dari surat odading yg ditujukan buat phooey di Korintus.,
Begitu bukan phooey ?
Dan setelah krono diatas, disambung dengan kalimat phooey sbb :
Kemudian tulisan2 yang beredar oleh Bapa2 Gereja (Husada Siip dan Shakes) diwaktu itu, dilakukan pembandingan.
Tentu ada yang sama dan ada yang tidak sama. Dan ada pula yang sangat berbeda.
Kemudian disalin ulang. Yang sangat berbeda dihapus.
Seragam....Yunani Koine
Saya tidak mengerti dengan kalimat sbb :
(3)Injil Matius (versi awal
dalam bahasa Aram), ditulis oleh rasul Matius, tahun 50-55 M
Apakah sbb ? :
si Matius itu nulisnya dalam bahasa Yunani Koine di
kertas2.
Tapi
kertas2 itu sendiri
sudah gak exist anggaplah kebakar jadi debu yang artinya tidak pernah bisa diketemukan orang lagi, yang ada tinggal kalimat2 lisan yg di memori oleh para pembaca isi kalimat dari
kertas2 tsb - ibaratnya waktu penyampaian lisannya :
"dengerin nih ... si Matius bilang bla3x" dan orang laen lagi bilang :
"perhatikan ya, si Matius bilang blu3x di tulisan dia" dst.
Blakangan Husada Siip dan Shakes mengambil inisiatif utk menuliskan kalimat2 lisan tsb, bunyi kalimat2 di
kertas2 tsb menjadi fragmented tertuang di masing2 kertas yg ditulis
dalam bahasa Aram (versi awal) oleh Husada Siip dan Shakes.
Dan setelah krono diatas, disambung dengan kalimat phooey sbb :
Kemudian tulisan2 yang beredar oleh Bapa2 Gereja (Husada Siip dan Shakes) diwaktu itu, dilakukan pembandingan.
Tentu ada yang sama dan ada yang tidak sama. Dan ada pula yang sangat berbeda.
Kemudian disalin ulang. Yang sangat berbeda dihapus.
Begitu bukan phooey?
Makasih atas masukan phooey.
salam.