Author Topic: Perjamuan Kudus menurut Gereja Awal  (Read 607 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Ignas

  • FIK council
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 451
  • Reputation Power:
Perjamuan Kudus menurut Gereja Awal
« on: July 04, 2012, 11:00:37 AM »
*) Dikutip dari tulisan bro cap-lang..  :afro2:

Saat ini memang terdapat penafsiran yang berbeda tentang Ekaristi (Perjamuan Kudus) diantara Gereja-gereja. Bagaimana penafsiran Gereja-geraja Kristen Awal tentang Perjamuan Kudus? Gereja-gereja Kristen Purba saat itu mempercayai bahwa Perjamuan Kudus benar-benar Tubuh dan Darah KRISTUS, bukan sekedar lambang. Berikut ditampilkan contoh dokumen peninggalan gereja-gereja Kristen Purba tentang Perjamuan Kudus. Dokumen-dokumen ini bahkan ditulis sebelum Kitab Suci dikanonkan (Kitab Suci dikanonkan sekitar abad ke-4 M).

1.  Dokumen Didakhe/Didache (artinya Pengajaran oleh 12 Rasul), yang ditulis sebelum tahun 100 M di Mesir. Didache memiliki kemiripan gaya bahasa dengan Injil Matius, bahkan sebagian sejarawan mengganggap Didache sama tuanya dengan Injil Matius. (http://en.wikipedia.org/wiki/Didache#Matthew_and_the_Didache)
“... Tapi jangan memperbolehkan seorangpun makan atau minum dari Ekaristi mu, sebelum mereka dibabtis dalam nama Tuhan; karena mengenai ini juga Tuhan telah berkata, “Jangan memberikan apa pun yang suci kepada anjing anjing.”  (Didakhe Bab IX)
“Bab 10. Doa setelah Komuni. Dan setelah kamu makan, berterima kasihlah dengan cara ini: Kami berterima kasih kepada Mu, Bapa yang Kudus, untuk nama Mu yang Kudus, keajaiban Mu membuat tabernakel (tempat tinggal Allah) di dalam hati kami, dan untuk pengetahuan dan iman dan kekekalan, yang engkau berikan kepada kamu melalui perantaraan Yesus; ...” (Didakhe Bab X)

2. Ignasius dari Gereja Antiokhia di Turki (tahun 110 M). Gereja Antiokhia didirikan oleh Rasul Paulus dan Rasul Petrus. Ignasius adalah murid Rasul Yohanes.
“Mereka yang memiliki pandangan bidaah atas rahmat Yesus KRISTUS yang telah melewati kita… tidak mengakui bahwa Ekaristi merupakan daging dari Juruselamat kita Yesus KRISTUS, Daging yang telah menderita demi dosa-dosa kita dan yang oleh kemurahan Bapa, dibangkitkan kembali.” (Letter to Symrnaeans, 7)
“Saya tidak mengambil kesenangan akan makanan yang dapat rusak atau kesenangan hidup. Saya ingin roti dari Allah yaitu Daging KRISTUS (Flesh of CHRIST)  yang adalah keturunan Daud dan untuk minuman, saya ingin Darah-Nya yang adalah cinta yang tak dapat rusak.” (Letter to Roman)

3. Yustinus (100 M – 165 M), Lahir di Palestina, dibunuh di Roma oleh Kaisar Markus Aurelius.
“Karena kita menerima ini tidak sebagai roti ataupun minuman biasa; tetapi karena Yesus KRISTUS penyelamat kita menjadi daging dari sabda Allah dan memiliki daging dan darah demi keselamatan kita, maka sebagaimana telah diajarkan, makanan yang telah disucikan dalam Ekaristi melalui Doa Syukur Agung yang ditetapkan oleh-Nya, dan yang melalui perubahan yang olehnya darah dan daging kita disuburkan, adalah daging dan darah dari Yesus yang telah menjadi daging itu.”  (First Apology. 66)

4. Clement dari Gereja Alexandria, Mesir (191 M)
“’Makanlah Tubuhku’, kata Yesus, ’dan minumlah darahku’. Tuhan telah menyediakan bagi kita sumber nutrisi, yang Dia berikan melalui Tubuh dan Darah-Nya, dan semua ini sudah cukup bagi pertumbuhan anak-anak-Nya”. (The Instructor of Children 1:6:43:3).

4. Origen (184/185 M – 253/254 M) Lahir di Palestina, meninggal di Lebanon:
"Dahulu ada pembaptisan di dalam suatu jalan yang mengaburkan... sekarang, bagaimanapun, dalam pandangan penuh , ada regenerasi di dalam air dan di dalam Roh Kudus . Dahulu, di dalam suatu jalan yang mengaburkan, ada manna(roti dari surga) untuk makanan; sekarang, bagaimanapun, dalam pandangan penuh , sungguh ada makanan, daging Sabda Tuhan, ketika Dia sendiri berkata : ‘ Daging ku adalah benar-benar makanan , dan darah ku adalah benar-benar minuman’ [ Yohanes 6:55]" (Homilies on Numbers 7:2)

5. Irenaeus, dari Gereja Lyons Perancis, (140-202 M). Ia murid St. Polycarpus yang adalah murid Rasul Yohanes.
“Ia(Yesus) telah menyatakan piala itu, sebagai bagian dari ciptaan, sebagai Darah-Nya sendiri, daripadanya Ia menyebabkan darah kita mengalir; dan roti itu, sebagai bagian dari ciptaan, Dia telah menjadikannya sebagai Tubuh-Nya sendiri, daripadanya Ia memberikan pertumbuhan pada tubuh kita.” (Against Heresies 5,2,2)

Bersambung...
Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa.

Offline Ignas

  • FIK council
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 451
  • Reputation Power:
Re: Perjamuan Kudus menurut Gereja Awal
« Reply #1 on: July 04, 2012, 11:04:51 AM »
6. Hilary, dari Gereja Poitiers, Perancis, (315-367 M)
” Dia (Yesus) sendiri berkata: ‘Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku tinggal dalam Aku dan Aku di dalam Dia’ (Yoh 6:55,56). Kita tidak boleh meragukan rupa tubuh dan darah itu, sebab sesuai dengan pernyataan dari Tuhan sendiri, dan sesuai dengan iman kita, ini adalah daging dan darah (KRISTUS). Dan kedua rupa ini yang kita terima menjadikan kita tinggal di dalam KRISTUS dan KRISTUS di dalam kita….”  (On the Trinity, Bk 8, Ch 14)

7. Aphraates dari Gereja Syria Persia (280 - 345 M)
“... Kemudian Tuhan berdiri dari tempat-Nya merayakan Paskah, dan memberikan Tubuh-Nya sebagai makanan dan Darah-Nya sebagai minuman... “ (Treatises" 12,6)

8. Cyril dari Gereja Yerusalem, 350 M
 “Dia (Yesus), dengan demikian, menyatakan dan mengatakan tentang Roti itu, “Ini adalah Tubuh-Ku,” siapa yang akan berani untuk terus meragukan? Dan ketika Ia sendiri mengatakan, “Ini adalah Darah-Ku,” siapa yang dapat ragu dan mengatakan bahwa itu bukan Darah-Nya?” (Catechetical Lectures: 22 (Mystagogic 4)

“Karena itu, jangan menganggap bahwa roti dan anggur itu hanya semata-mata roti dan anggur, sebab mereka adalah, menurut perkataan Tuhan kita, Tubuh dan Darah KRISTUS. Walaupun perasaan mengatakan kepadamu sesuatu yang lain, biarlah iman membuat kamu teguh percaya. Jangan melihat berdasarkan rasa, tetapi percayalah penuh dengan iman, jangan meragukan, bahwa kamu telah dianggap layak untuk menerima Tubuh dan Darah KRISTUS.”  (Catechetical Lectures: 22 (Mystagogic 6)

9. Ambrose dari Milan, Italia 390 M.
Barangkali kamu mungkin berkata, ‘ aku melihat sesuatu yang lain; bagaimana mungkin kamu meyakinkan aku bahwa aku sedang menerima Tubuh KRISTUS?’ [Itu] tetapi tinggal untuk [kita/kami] untuk membuktikan itu. Dan berapa banyak contoh yang kita gunakan !... KRISTUS berada di dalam sakramen itu, sebab [itu] adalah Tubuh KRISTUS" (The Mysteries 9:50, 58)

10. Dan lain-lain... Terlalu banyak untuk dituliskan. Tulisan-tulisan peninggalan Gereja-gereja Purba silakan dibaca sendiri di: http://www.earlychristianwritings.com
 
Gereja-gereja purba di seluruh dunia (Yerusalem, Mesir, Afrika, Turki, Syria, Persia, Perancis, Italia dll) sepakat bahwa Perjamuan Kudus benar-benar Tubuh dan Darah KRISTUS.. Mereka adalah Gereja-gereja warisan langsung dari para Rasul. Hidup bersama para Rasul. Dan dari merekalah kita menerima Kitab Suci yang kita pakai saat ini.
Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa.

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Perjamuan Kudus menurut Gereja Awal
« Reply #2 on: July 04, 2012, 01:52:48 PM »
Damai Tuhan Jesus Kristus menyertai para pihak yang merayakan Perjamuan Kudus.

Ooh... sukacita rasanya, ternyata dokumen yang menceritakan riwayat Perayaan Perjamuan Kudus lebih dari cukup. Semakin teguhlah iman mengikuti Perayaan Ekaristi. Tadinya hanya sekedar mengikuti, dikuatkan oleh tidak adanya pertentangan dengan hati kecil, semakin kuat lagi dengan mensejajarkan dengan pemahaman, dan... kini dikukuhkan oleh riwayat yang menyajikan fakta bahwa Perjamuan Kudus sudah dilaksanakan oleh Gereja Perdana.

Terima kasih Ignas. Sampaikan rasa terima kasih kepada cap lang.

Ngomong-ngomong, Ignas tulis dengan aster setengan kurung dikutip dari tulisan cap lang, sementara tulisan tersebut tidak menunjukkan aster setengah kurung. Apakah seluruhnya Ignas salin dari tulisan cap lang, atau hanya beberapa bagian? Tapi sebagian atau seluruhnya, layak rasa terima kasih diberikan kepada Anda dan cap lang, serta styukur bagi Tuhan Jesus Kristus.

Damai Tuhan Jesus Kristus menyertai para pihak yang merayakan Perjamuan Kudus.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline Ignas

  • FIK council
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 451
  • Reputation Power:
Re: Perjamuan Kudus menurut Gereja Awal
« Reply #3 on: July 04, 2012, 06:42:23 PM »
Damai Tuhan Jesus Kristus menyertai para pihak yang merayakan Perjamuan Kudus.

Ooh... sukacita rasanya, ternyata dokumen yang menceritakan riwayat Perayaan Perjamuan Kudus lebih dari cukup. Semakin teguhlah iman mengikuti Perayaan Ekaristi. Tadinya hanya sekedar mengikuti, dikuatkan oleh tidak adanya pertentangan dengan hati kecil, semakin kuat lagi dengan mensejajarkan dengan pemahaman, dan... kini dikukuhkan oleh riwayat yang menyajikan fakta bahwa Perjamuan Kudus sudah dilaksanakan oleh Gereja Perdana.

Terima kasih Ignas. Sampaikan rasa terima kasih kepada cap lang.

Ngomong-ngomong, Ignas tulis dengan aster setengan kurung dikutip dari tulisan cap lang, sementara tulisan tersebut tidak menunjukkan aster setengah kurung. Apakah seluruhnya Ignas salin dari tulisan cap lang, atau hanya beberapa bagian? Tapi sebagian atau seluruhnya, layak rasa terima kasih diberikan kepada Anda dan cap lang, serta styukur bagi Tuhan Jesus Kristus.

Damai Tuhan Jesus Kristus menyertai para pihak yang merayakan Perjamuan Kudus.

Tulisan diatas 100% tulisan Bro Caplang..
Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa.

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Perjamuan Kudus menurut Gereja Awal
« Reply #4 on: July 05, 2012, 08:58:06 AM »
Tulisan diatas 100% tulisan Bro Caplang..
Puji Tuhan. Diberkatilah orang-orang yang berhati mulia, mau membagikan pengetahuannya kepada sesama.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA