Author Topic: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?  (Read 9430 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline fantioz

  • Administrator
  • FIK - Full
  • *****
  • Posts: 218
  • Reputation Power:
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #15 on: December 01, 2012, 06:01:28 AM »
mengapa dikatakan: Kis 2:36  Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." 

bukankah kata 'membuat' itu berarti 'menciptakan', padahal yg diimani Yesus itu bukan dibuat tapi dilahirkan.

Dlm kalimat tersebut, sepertinya artinya, Allah tidaklah sama dengan Tuhan.

atau bagaimana cara menafsirkannya?
Betul, seperti yang saya jelaskan di thread sebelah. Allah mengacu ke Ilah (sesembahan / Godhead), sedangkan Tuhan adalah konteks kepenguasaan (sang junjungan/ Lordship). Dalam makna ini secara definisi kita tidak harus menyembah Tuhan,  tapi harus mengakui kekuasaanNya atas alam semesta. Kemudian kita wajib menyembah Ilah (Allah).

Dalam kalimat di atas, membuat bermakna "menobatkan" menjadi Tuhan.

Kemanusiaan Yesus memang dicipta tanpa campur tangan benih laki-laki, tetapi di dalam diri manusia Yesus ini ada bersemayam Firman Allah (seesensi dengan Allah) yang mengambil kedagingan. Ditegaskan dalam Yoh 1:14.

Joh 1:14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Joh 1:14 And the Word was made flesh, and dwelt among us, (and we beheld his glory, the glory as of the only begotten of the Father,) full of grace and truth.

Joh 1:14 Καὶ ο Λόγος σὰρξ εγενετο και εσκηνωσεν εν ημιν, και εθεασαμεθα την δοξαν αυτου, δοξαν ως μονογενους παρα πατρος, πληρης χαριτος καὶ αληθειας.


Sepintas dalam bahasa indonesia seperti bermain sulap, Firman menjadi manusia. Tapi ketika kita lihat dalam bahasa Inggris akan lebih jelas : made flesh (mengambil kedagingan, bukan become man). Dalam bahasa asli / yunani  σὰρξ εγενετο / sarx egeneto. Di sinilah dasar dari doktrin Inkarnasi (bukan reinkarnasi). Firman Allah yang bersifat ghaib mengambil kedagingan.

Dalam konteks ini, Yesus adalah Ilah (Theos), karena ada Firman Allah yang ghaib bersatu mengambil kemanusiaan/kedagingan dalam diri Yesus. Inilah kenapa Yesus juga boleh disembah, selain dia sebagai Tuhan  (Kurios / penguasa).

Shalom
« Last Edit: December 01, 2012, 06:26:08 AM by fantioz »
When someone understands the Holy Trinity in good faith, then he would be Catholic.

Offline Pecinta Ibadah

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 271
  • Reputation Power:
  • Laa Ilaha Ilallah
  • Denominasi: MUSLIM
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #16 on: December 01, 2012, 11:06:04 AM »
Seperti yang saya tulis di atas, memang pada awalnya mesias ditujukan untuk israel, karena dalam perjalanan hidupnya Allah memandang bahwa bangsa pilihannya jatuh kedalam kebobrokan.

Tapi penebusan yang dibuatNya melalui Yesus sangat lebih dari cukup untuk menebus dosa semua bangsa. Kemudian Yesus juga berkata dan menyuruh para rasul, setelah kebangkitanNya : untuk mengajar semua bangsa, dan menjadikan semua bangsa muridNya.

memang sebuah kalimat tentang perintah Yesus untuk menyebarkan Injil dan menjadikan bangsa selain Israel menjadi muridnya jelas tertulis dalam Bible, ini menjadi suatu pertentangan sendiri dimana seorang Utusan yang mengaku hanya untuk Bani Israel meemerintahkan pengajaranya disebarkan diluar Israel.

fakta dari kebenaran perintah tsb juga tidak diikuti oleh aplikasi langsung Yesus sehingga masih dalam pertanyaan besar apakah perintah menyebarkan Injil dan menjadikan bangsa lain menjadi Muridnya adalah kebenaran.

kita anggap saja bahwa perintah tersebut benar, tapi jangan juga terburu2 mengambil kesimpulan bahwa Yesus diutus untuk semua Manusia. pada pewartaan awal ketika Yesus mengatakan bahwa misinya adalah untuk menjadi penyelamat dari bani Israel maka kita harus tahu dulu bahwa tujuan penyelamatan tersebut memang ditujukan untuk Bani Israel. Nah Yesus menyelamatkan dari APA atas umat Israel bro?? karena dalam hal ini Yesus fokus kepada Bani Israel, bukan kepada semua manusia.

Quote
PI saya ada dikit pertanyaan tentang maksa Al-Masih dalama Islam. Setahu saya dalam berbagai bahasa ada arti yang sama : Al-Masih/Mesiah/Kristus/Penebus. Kalau dalam Islam maknanya seperti apa ya?


Salam

Fantz

makna penebus kurang tepat bro, Juru selamat lebih tepat untuk tafsir Al-Masih ditinjau dari pelayanannya. sama saja dalam Islam bahwa gelar Al-masih diberikan kepada Allah selain gelar yang lain yaitu Kalimatullah dan Ruhullah. masing2 gelar diberikan karena Isa AS salah satu dari Nabi2 besar.
Yesus adalah "GURU", Muhammad adalah "Pemimpin" mereka adalah "Manusia-manusia terbaik"

Offline Pecinta Ibadah

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 271
  • Reputation Power:
  • Laa Ilaha Ilallah
  • Denominasi: MUSLIM
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #17 on: December 01, 2012, 11:13:50 AM »
Betul, seperti yang saya jelaskan di thread sebelah. Allah mengacu ke Ilah (sesembahan / Godhead), sedangkan Tuhan adalah konteks kepenguasaan (sang junjungan/ Lordship). Dalam makna ini secara definisi kita tidak harus menyembah Tuhan,  tapi harus mengakui kekuasaanNya atas alam semesta. Kemudian kita wajib menyembah Ilah (Allah).

siapa lagi bro yang pantas mempunyai gelar Tuhan selain Allah?? dan siapa lagi yang harus disembah (Illah) selain Allah??

Yesus itu tepatnya menurut Kristen dimaknai Illah atau Tuhan?

Quote
Dalam kalimat di atas, membuat bermakna "menobatkan" menjadi Tuhan.

Kemanusiaan Yesus memang dicipta tanpa campur tangan benih laki-laki, tetapi di dalam diri manusia Yesus ini ada bersemayam Firman Allah (seesensi dengan Allah) yang mengambil kedagingan. Ditegaskan dalam Yoh 1:14.

Joh 1:14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Joh 1:14 And the Word was made flesh, and dwelt among us, (and we beheld his glory, the glory as of the only begotten of the Father,) full of grace and truth.

Joh 1:14 Καὶ ο Λόγος σὰρξ εγενετο και εσκηνωσεν εν ημιν, και εθεασαμεθα την δοξαν αυτου, δοξαν ως μονογενους παρα πατρος, πληρης χαριτος καὶ αληθειας.


Sepintas dalam bahasa indonesia seperti bermain sulap, Firman menjadi manusia. Tapi ketika kita lihat dalam bahasa Inggris akan lebih jelas : made flesh (mengambil kedagingan, bukan become man). Dalam bahasa asli / yunani  σὰρξ εγενετο / sarx egeneto. Di sinilah dasar dari doktrin Inkarnasi (bukan reinkarnasi). Firman Allah yang bersifat ghaib mengambil kedagingan.

Dalam konteks ini, Yesus adalah Ilah (Theos), karena ada Firman Allah yang ghaib bersatu mengambil kemanusiaan/kedagingan dalam diri Yesus. Inilah kenapa Yesus juga boleh disembah, selain dia sebagai Tuhan  (Kurios / penguasa).

Shalom

Illah yang tanpa Tuhan, itu yang saya tangkap pesanya. lalu Illah memberikan gelar Tuhan (kekuasaan) kepada Yesus.. makin membingungkan bro semakin kita mengikuti )konsisten dengan termin2 dasarnya.. :what: :what:
Yesus adalah "GURU", Muhammad adalah "Pemimpin" mereka adalah "Manusia-manusia terbaik"

Offline fantioz

  • Administrator
  • FIK - Full
  • *****
  • Posts: 218
  • Reputation Power:
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #18 on: December 01, 2012, 12:24:07 PM »
memang sebuah kalimat tentang perintah Yesus untuk menyebarkan Injil dan menjadikan bangsa selain Israel menjadi muridnya jelas tertulis dalam Bible, ini menjadi suatu pertentangan sendiri dimana seorang Utusan yang mengaku hanya untuk Bani Israel meemerintahkan pengajaranya disebarkan diluar Israel.
Tidak ada pertentangan. Pada awalnya memang mesias dijanjikan untuk israel, tapi dalam perjalanannya tidak sebatas Israel, karena rahmat atau penebusan itu begitu besar. Kalau Anda lanjutkan beberapa ayat selanjutnya, pada akhirnya Yesus menyembuhkan anak perempuan non Israel tersebut. Artinya siapa yang percaya kepadaNya akan mendapatkan berkat dariNya.

Quote
Mat 15:24  Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
Mat 15:25  Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
Mat 15:26  Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
Mat 15:27  Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
Mat 15:28  Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Ketika perjamuan terakhir Yesus juga menyatakan bahwa penebusan melalui penumpahan darahNya tidak ada batasan Israel :

Quote
Mat 26:28  Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

fakta dari kebenaran perintah tsb juga tidak diikuti oleh aplikasi langsung Yesus sehingga masih dalam pertanyaan besar apakah perintah menyebarkan Injil dan menjadikan bangsa lain menjadi Muridnya adalah kebenaran.
Maksudnya Yesus yang menyebarkan Injil begitu? Mungkin perlu kita lihat definisi Injil dulu. Injil maknanya adalah kabar gembira, bukan kitab Injil. Injil adalah kabar gembira bahwa Allah telah mengutus mesias yang menebus dosa dunia. Jadi tidak masalah kalau Yesus menyuruh mengajarkan dan menyebarkan berita tentang kedatangan dan penebusan yang sudah dilakukan olehNya kepada para rasulNya.

kita anggap saja bahwa perintah tersebut benar, tapi jangan juga terburu2 mengambil kesimpulan bahwa Yesus diutus untuk semua Manusia. pada pewartaan awal ketika Yesus mengatakan bahwa misinya adalah untuk menjadi penyelamat dari bani Israel maka kita harus tahu dulu bahwa tujuan penyelamatan tersebut memang ditujukan untuk Bani Israel. Nah Yesus menyelamatkan dari APA atas umat Israel bro?? karena dalam hal ini Yesus fokus kepada Bani Israel, bukan kepada semua manusia.
OK, mesias / almasih memang dijanjikan kepada Israel. Walaupun sampai saat ini Israel sendiri tidak mempercayai kalau almasih sudah datang. Tapi tidak ada yang bertentangan bahwa ketika mesias datang ditengah Israel lalu, semua bangsa ikut ditebus.

Banyak perkataan Yesus yang menyatakan hal ini, scopenya bukan hanya Israel, tapi dunia :

Quote
Joh 3:16  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Joh 3:17  Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
Joh 3:18  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

makna penebus kurang tepat bro, Juru selamat lebih tepat untuk tafsir Al-Masih ditinjau dari pelayanannya. sama saja dalam Islam bahwa gelar Al-masih diberikan kepada Allah selain gelar yang lain yaitu Kalimatullah dan Ruhullah. masing2 gelar diberikan karena Isa AS salah satu dari Nabi2 besar.

IMO penebusan adalah salah satu cara penyelamatan itu. OK tidak masalah kalau Anda menafsirkan Al-Masih adalah penyelamat. Allah memang telah beberapa kali menyelamatkan umatnya. Misalnya perahu Nuh, penyeberangan melalui laut merah, bantuan Allah dalam pertempuran Daud, Makabe, dll. Tapi penyelamatan Yesus juga telah dinubuatkan, caranya beda.

Bagi umat Islam, Isa Almasih sudah menyelamatkan siapa? Dan dengan cara apa menyelamatkannya?

Sebagai perbandingan, di dalam kitab Perjanjian Lama yang juga dipegang oleh umat Yahudi, nubuatannya cukup jelas, salah satunya di kitab nabi Yesaya / Isaiah (agak panjang):

Quote
Isa 53:2  Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan Tuhan dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
Isa 53:3  Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
Isa 53:4  Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
Isa 53:5  Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
Isa 53:6  Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi Tuhan telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
Isa 53:7  Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
Isa 53:8  Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
Isa 53:9  Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
Isa 53:10  Tetapi Tuhan berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak Tuhan akan terlaksana olehnya.

Itu salah satu nubuatan cara penyelamatan oleh Al-Masih, masih banyak di ayat-ayat lain baik dalam Taurat maupun Zabur (Mazmur). Tapi sampai detik ini bangsa Yahudi tidak percaya dengan cara itu. Mereka mendambakan penyelamat / mesias yang seperti SUPERMAN.

Yang menarik Islam mempercaya peyelamatan oleh Isa Almasih, tapi caranya bagaimana?


Shalom
When someone understands the Holy Trinity in good faith, then he would be Catholic.

Offline fantioz

  • Administrator
  • FIK - Full
  • *****
  • Posts: 218
  • Reputation Power:
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #19 on: December 01, 2012, 12:52:32 PM »
siapa lagi bro yang pantas mempunyai gelar Tuhan selain Allah?? dan siapa lagi yang harus disembah (Illah) selain Allah??
Sebelum kebangkitan Yesus,........ hanya Allah dalam hal ini YHVH yang pantas disembah. Dimana di jaman Israelpun ada sebutan Firman Allah (Kalimatullah), Roh Allah (Rohullah), dan Allah sendiri. Sebutan-sebutan itu semuanya adalah esensi Ilahi yang pantas disembah.

Yesus itu tepatnya menurut Kristen dimaknai Illah atau Tuhan?
Dua-duanya. Dia diangkat oleh Allah sebagai Tuhan setelah kebangkitanNya.

Quote
Mat 28:18  Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Yesus juga Ilah, karena sejak dalam kandungan, Firman Allah ber-Inkarnasi dalam Manusia Yesus.

Quote
Joh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Joh 1:2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Joh 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
Joh 1:14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Illah yang tanpa Tuhan, itu yang saya tangkap pesanya. lalu Illah memberikan gelar Tuhan (kekuasaan) kepada Yesus.. makin membingungkan bro semakin kita mengikuti )konsisten dengan termin2 dasarnya.. :what: :what:

Pada saat sebelum kebangkitan Yesus, kuasa ketuhanan masih dipegang sendiri oleh Allah. Setelah kebangkitanNya, kuasa ketuhanan diberikan kepada Yesus, yang merupakan bagian dari Allah sendiri (yaitu FirmanNya yang berinkarnasi). Secara logika, kuasa ketuhanan ini bisa dicabut sewaktu-waktu dari Yesus. Tapi sayang, Allah tidak pernah mengatakan akan mencabut.

Ada kata-kata rasul Paulus yang mirip syahadat :

Quote
1Kor 8:6  namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
[/b]

Yang olehnya segala sesuatu telah dijadikan maksudnya, Yesus adalah sang Firman yang melakukan penciptaan.

Clue-nya begini :

Jadi pemikiran tentang eksistensi Yesus berangkat dari penebusan dosa. Allah sebenarnya bisa saja menghapus dosa manusia dengan cara langsung mengampuni. Tapi Dia juga memegang rule keadilan. Dan yang sanggup menebus dosa seluruh manusia tentunya adalah Allah sendiri. Darah manusia biasa, darah binatang tidak lagi sanggup menebus dalam sekali tebusan. Sehingga Allah sendiri yang punya misi harus merasakan sengsara dalam rangka penebusan.

Kemudian FirmanNya mengambil kemanusiaan dalam diri Yesus, datang ke dunia dalam misi penebusan itu, bukan dalam misi untuk disembah. Itulah cara Allah menebus dosa semua manusia dalam rule keadilan.

Jadi adanya Yesus sebagai Ilah karena sang Ilah ingin menebus dosa manusia dengan cara ikut merasakan kesengsaraan akibat dosa.

Shalom
« Last Edit: December 01, 2012, 12:57:14 PM by fantioz »
When someone understands the Holy Trinity in good faith, then he would be Catholic.

Offline Pecinta Ibadah

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 271
  • Reputation Power:
  • Laa Ilaha Ilallah
  • Denominasi: MUSLIM
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #20 on: December 01, 2012, 01:06:20 PM »
Tidak ada pertentangan. Pada awalnya memang mesias dijanjikan untuk israel, tapi dalam perjalanannya tidak sebatas Israel, karena rahmat atau penebusan itu begitu besar. Kalau Anda lanjutkan beberapa ayat selanjutnya, pada akhirnya Yesus menyembuhkan anak perempuan non Israel tersebut. Artinya siapa yang percaya kepadaNya akan mendapatkan berkat dariNya.

silahkan mas bro baca ayat ini:  Matius 1:21: "Maka Ia akan beranakkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamakan Ia Yesus, karena Ia-lah yang akan melepaskan kaumnya dari pada segala dosanya."

bukankah sudah jelas bahwa kelahiran Yesus sebagai penyelamat dari dosa2 yang telah diperbuat KAUMNYA (Israel) semenjak kepergian Musa??

kebaikan Yesus atau mukjizat Yesus bukanlah sesuatu yang ekslusif, namun pengajaran dan misinya yang ekslusif untuk bani Israel. sama seperti Nabi2 terdahulu yang diutus ditengah kaumnya masing2, oleh karena itu TIDAK ada satupun Nabi selain Nabi Muhammad yang berhasil mewartakan sendiri ke bangsa2 lain.

Quote
Ketika perjamuan terakhir Yesus juga menyatakan bahwa penebusan melalui penumpahan darahNya tidak ada batasan Israel :

seperti saya katakan Mukjizat dan kebaikan Yesus tidak ekslusif, yang ekslusif adalah pengajaran dan misi penyelamatanya.

Quote
Maksudnya Yesus yang menyebarkan Injil begitu? Mungkin perlu kita lihat definisi Injil dulu. Injil maknanya adalah kabar gembira, bukan kitab Injil. Injil adalah kabar gembira bahwa Allah telah mengutus mesias yang menebus dosa dunia. Jadi tidak masalah kalau Yesus menyuruh mengajarkan dan menyebarkan berita tentang kedatangan dan penebusan yang sudah dilakukan olehNya kepada para rasulNya.

dalam pengertian kami Injil sama dengan Al-Quran, yaitu Firman2 yang diturunkan dan disampaikan oleh Isa AS. seperti pada ayat Yohanes 17:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku z  telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, a  dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Quote
OK, mesias / almasih memang dijanjikan kepada Israel. Walaupun sampai saat ini Israel sendiri tidak mempercayai kalau almasih sudah datang. Tapi tidak ada yang bertentangan bahwa ketika mesias datang ditengah Israel lalu, semua bangsa ikut ditebus.

Banyak perkataan Yesus yang menyatakan hal ini, scopenya bukan hanya Israel, tapi dunia :

itu kan tafsir dari pengajaran Yohanes, bukan Yesus dan Allah yang mengatakan.. :D

Quote
IMO penebusan adalah salah satu cara penyelamatan itu. OK tidak masalah kalau Anda menafsirkan Al-Masih adalah penyelamat. Allah memang telah beberapa kali menyelamatkan umatnya. Misalnya perahu Nuh, penyeberangan melalui laut merah, bantuan Allah dalam pertempuran Daud, Makabe, dll. Tapi penyelamatan Yesus juga telah dinubuatkan, caranya beda.

Bagi umat Islam, Isa Almasih sudah menyelamatkan siapa? Dan dengan cara apa menyelamatkannya?

semua sama penyelamatan dari dosa yang berlarut setelah ditinggal Nabi terdahulu, mengingkari perintah Tuhan dan jatuh kepada penyembahan berhala. oleh karena itu Yesus menyeru kepada Israel agar mengikuti jalanya.

Quote
Sebagai perbandingan, di dalam kitab Perjanjian Lama yang juga dipegang oleh umat Yahudi, nubuatannya cukup jelas, salah satunya di kitab nabi Yesaya / Isaiah (agak panjang):

Itu salah satu nubuatan cara penyelamatan oleh Al-Masih, masih banyak di ayat-ayat lain baik dalam Taurat maupun Zabur (Mazmur). Tapi sampai detik ini bangsa Yahudi tidak percaya dengan cara itu. Mereka mendambakan penyelamat / mesias yang seperti SUPERMAN.

kita skip saja agar tidak melebar ke masalah Nubuatan kitab2 terdahulu.  :)

Quote
Yang menarik Islam mempercaya peyelamatan oleh Isa Almasih, tapi caranya bagaimana?


Shalom

penyelamatan melalui SERUAN dan PERINTAH.. sama dengan Nabi yang lain.
Yesus adalah "GURU", Muhammad adalah "Pemimpin" mereka adalah "Manusia-manusia terbaik"

Offline fantioz

  • Administrator
  • FIK - Full
  • *****
  • Posts: 218
  • Reputation Power:
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #21 on: December 01, 2012, 04:30:46 PM »
silahkan mas bro baca ayat ini:  Matius 1:21: "Maka Ia akan beranakkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamakan Ia Yesus, karena Ia-lah yang akan melepaskan kaumnya dari pada segala dosanya."

bukankah sudah jelas bahwa kelahiran Yesus sebagai penyelamat dari dosa2 yang telah diperbuat KAUMNYA (Israel) semenjak kepergian Musa??

kebaikan Yesus atau mukjizat Yesus bukanlah sesuatu yang ekslusif, namun pengajaran dan misinya yang ekslusif untuk bani Israel. sama seperti Nabi2 terdahulu yang diutus ditengah kaumnya masing2, oleh karena itu TIDAK ada satupun Nabi selain Nabi Muhammad yang berhasil mewartakan sendiri ke bangsa2 lain.

seperti saya katakan Mukjizat dan kebaikan Yesus tidak ekslusif, yang ekslusif adalah pengajaran dan misi penyelamatanya.
Pada saat perjanjian lama, memang semua konteks adalah Israel. Allah memelihara umat pilihanNya, yaitu Israel. Ketika bangsa Israel banyak jatuh ke dalam dosa, maka mesiaspun dijanjikan oleh Allah kepada bangsa Israel. Tapi dalam perjalanan kemesiasan itu ternyata tidak eksklusif. Dimulai dari kebaikan dan banyak mujizat, akhirnya Yesuspun menyatakan bahwa darahNya menebus lintas batas, tidak ada batasan Israel lagi. Karena Allah sendiri yang menebus melalui inkarnasi FirmanNya, tebusan itu begitu besarnya, melampaui dosa seluruh manusia. Seperti ayat yang saya kutip tentang perjamuan kudus itu.

Quote
Mat 26:28  Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Selain itu Yesus juga berkata :

Quote
Joh 4:20  Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah."
Joh 4:21  Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
Joh 4:22  Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
Joh 4:23  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
Joh 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Yang saya bold menceritakan bahwa non Yahudi (perempuan samaria) akan menyembah Bapa. Bukan di gunung seperti orang samaria, bukan pula di Yerusalem seperti orang Yahudi. Jadi bukan hanya kaum Yahudi aja yang diajar. Keselamatan datangnya memang dari bangsa Yahudi, untuk semua umat.

Dan pada kenyataanya orang Israel yang tertebus justru jumlahnya kurang dari 5%, karena bangsa Yahudi sedikit sekali yang percaya  kepada kemesiasan Yesus, mereka tetap berkeras hati.

dalam pengertian kami Injil sama dengan Al-Quran, yaitu Firman2 yang diturunkan dan disampaikan oleh Isa AS. seperti pada ayat Yohanes 17:8 Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku z  telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, a  dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
Mungkin yang perlu diluruskan di sini. OK bahwa ada ayat yang mengatakan bahwa ada firman yang disampaikan seperti itu. Tapi esensi Injil sendiri kaitannya dengan mesias, yaitu kabar gembira bahwa mesias sang penyelamat telah datang.

itu kan tafsir dari pengajaran Yohanes, bukan Yesus dan Allah yang mengatakan.. :D
OK itu Anda anggap tafsir, paling tidak, ada beberapa perkataan Yesus yang tidak secara eksplisit mengatakan keilahian itu ::

Joh 17:5  Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Sebelum dunia ada, Yesus (sisi Firman Allah) sudah ada bersama Allah. Kemudian ada istilah permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri (self glory). Apakah manusia biasa berani berdoa seperti itu? :)
 
Joh 8:58  Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
Joh 8:58  επεν αυτοις Ιησους· αμὴν αμην λεγω υμιν, πριν Αβρααμ γενεσθαι εγω ειμι.

Frase terakhir Ego-Eimi (Aku adalah Aku) dalam bahasa teologis kami adalah ungkapan yang sangat spesial. Di perjanjian lama hanya Allah (YHVH) sendiri yang bisa mengatakannya, ketika Musa bertanya siapakah Engkau.

Karena makhluk tidak mungkin berkata seperti itu, karena tidak kekal. Ketika misalnya saya bilang aku adalah aku, maka, aku yang belakang sudah tidak sama dengan aku yang pertama, karena sudah berubah, beda umur. Sedangkan Allah adalah kekal dan tidak berubah.

Kemudian ciri yang lain bahwa hanya Yesus dari sekian banyak nabi yang berkata-kata dengan Amin di depan kalimat. Ini menunjukkan kepastian dan kewibawaan akan kata-kata yang diucapkannya sebagai sang Firman.

Contoh seperti di ayat atas :  αμην αμην λεγω υμιν / amen, amen lego umin. Artinya sesungguhnya, sesungguhnya aku berkata kepadamu. Dalam bahasa arab dinyatakan dalam kalimat haqul yaqin : Al-haq al-haq akululakum (maaf kalo salah tulis).

Pendukung yang lain yaitu ayat sekitar penobatan Dia sebagai penguasa sorga dan bumi. Ketika ada orang yang ragu mau menyembahNya Dia berkata :

Quote
Mat 28:17  Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
Mat 28:18  Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.


Yesus justru meyakinkan mereka dan menjamin akan menyertai sampai akhir jaman.

semua sama penyelamatan dari dosa yang berlarut setelah ditinggal Nabi terdahulu, mengingkari perintah Tuhan dan jatuh kepada penyembahan berhala. oleh karena itu Yesus menyeru kepada Israel agar mengikuti jalanya.

penyelamatan melalui SERUAN dan PERINTAH.. sama dengan Nabi yang lain.
Setahu saya di dalam sejarah israel, tidak semua nabi disebut sebagai penyelamat. Banyak diantara mereka yang hanya messenger, menyampaikan perintah dan pesan Allah. Dan setahu saya di Islam juga tidak semua nabi digelari Al-Masih. Al-masih adalah sebuah hal khusus.

Nabi yang lain, misal Nuh dengan cara membuat perahu, menyelamatkan orang taat. Musa dengan cara mengeluarkan Israel dari tanah mesir, cara super hero membelah laut merah. Daud dengan cara berperang, super hero juga. Lalu Isa dengan cara bagaimana?

Penyelamatan Isa seharusnya adalah penyelamatan yang terbesar/khusus diantara nabi lain. Karena nubuatnya begitu banyak. Bangsa Israel juga menunggu-nunggu.

kita skip saja agar tidak melebar ke masalah Nubuatan kitab2 terdahulu.  :)
Bukan melebar, tapi saya berusaha menunjukkan bahwa cara penyelamatan mesias itu dengan cara mengorbankan dirinya, bukan dengan cara seperti superhero kayak sebelum2nya.

Shalom

When someone understands the Holy Trinity in good faith, then he would be Catholic.

Offline ond32lumut

  • Global Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 960
  • Reputation Power:
  • The Jesuits University
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #22 on: December 02, 2012, 10:00:40 AM »
spesial tentu saja, dan semua Nabi tentunya spesial. gelar Nabi yang satu dengan yang lain kenapa berbeda karena memang mereka juga pribadi yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda. namun tidak ada satu Nabipun yang naik pangkat menjadi Tuhan bro.
wah jangan lompa ke kesimpulan dulu donk bro.. dibagian ini kita sedang ga bicara nabi yg jadi Tuhan, tapi saya coba menggali statemen anda, bahwa tidak ada nabi yg spesial.

dan ternyata anda orang yg rendah hati, anda menyatakan bahwa nabi Muhammad SAW adalah biasa2 saja, sama dengan nabi yang lain, walaupun pada kenyataannya, perlakuan anda dan muslim2 yang lain memberi "kespesialan" pada Rasulullah ini..  :nod:


 

gimana dengan yang ini: "dan ampunilah kami dari kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni mengampuni orang yang bersalah kepada kami; " (Matius 6: 12).
sayang anda tidak menanggapi dan menjelaskan hadist yg saya kutip itu, kembali maksud saya untuk mengritisi statement anda ttg nabi tidak bisa berdosa. :D sekarang anda malah menambahkan lagi satu bukti bahwa nabi bisa berdosa, bkti kesalahan statement anda kan?
walaupun tentu saja anda salah besar, dan begitu lugunya analisa tersebut.

pada ayat itu Tuhan Yesus sedang mengajarkan kepada muridNya bagaimana caranya berdoa.
nih ayat sebelumnya:

(Matius 6: ayat 8-12)

(8) Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.
(9) Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
(10) datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
(11) Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
lalu ayat yg anda kutip itu: (12) "dan ampunilah kami dari kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni mengampuni orang yang bersalah kepada kami; "

jadi ayat anda salah konteks ya bro.. tapi yg jelas disini anda mendukung pendapat saya bukan, pendapat yg bertentangan dengan pendapat anda sebelumnya, bahwa semua nabi tidak berdosa:
saya coret ya??? :)

dalam Islam semua Nabi maksum, atau terjaga dari perbuatan Dosa. saya malah heran dan tidak habis pikir bahwa Nabi dalam Kisah yang tertulis dalam Bible melakukan DOSA yang luar biasa besarnya. apakah ini ada indikasi pencitraan yang ingin dibentuk yang akhirnya bertujuan kepada Yesus adalah Tuhan, Wallahualam.

atau mau diralat? monggo...


Dr. Sanihu Munir, yang juga mengomentari masalah ini, mengutip pernyataan Yesus dalam Naskah Laut Mati yang menyatakan bahwa Yesus memohon ampun kepada Allah atas segala dosa-dosanya, seperti kutipan dalam Rule of Community 11: 9-10, berikut ini:
"Dan saya (saya tergolong) manusia yang jahat dan termasuk dalam kelompok orang yang keji. Ketidak adilan saya, pelanggaran-pelanggaran saya, dosa-dosa saya... (Termasuk) dalam golongan yang hina dan yang berada dalam kegelapan".43
hmm saya belum tertarik mengulas masalah ini, apalagi krdibilias komentatornya diragukan.. :)maaf, tapi tetep saja intinya bahwa anda tidak setuju pernyataan anda diatas, bahwa nabi maksum itu.. hehehehe.. makin menguatkan kontradiksi anda bro..


saya ga pernah menemukan pernyataan dari ulama Muslim bahkan Rasulullah sendiri bahwa Nabi Muhammad "MEMERLUKAN" shalawat bro. kami diperintahkan bersalawat sama seperti kami diperintahkan mengikuti sunnah2 beliau yang lainya.
jadi sholawat itu untuk apa? kenapa nabi didoakan agar selamat? seperti kalmat saya tidak minta, tapi kalau mau diberi ya saya terimakasih... :D
tapi apa salahnya sholawat?bukankah nabi juga orang berdosa?  :think:


Nabi Musa di gelari Kalimullah dan tidak ada Nabi yang digelari sama bro, padahal selain Nabi Musa juga ada nabi yang diajak bicara langsung oleh Allah.. Nabi Muhammad di gelari Al-Amin dan tidak ada yang digelari sama, padahal semua Nabi juga sama2 orang yang jujur dan terpercaya.
hmmm.... ya.. ya... kalau demikian semua nabi sebenernya kalimatullah ya? karena semua nabi mengajarkan Firman Tuhan. (versi anda)

namanya juga Mukjizat dan kelebihan yang diberikan kepada salah satu Nabi bro, lah Nabi Adam juga ditiupkan Ruh malah tidak didalam Rahim bro.
lha karena memang belum ada rahim.. kalau ngga ada manusia pertama bagaimana donk? tapi tetep saja bahwa Yesus bukan manusia biasa bukan? yang manusia biasa itu saya dan anda, atau manusia2 lain yg ada dari peristiwa pembuahan..

ya namanya juga kira2.. :D
bener juga bro.. kita kan sama-sama kira2 saja.. :D
« Last Edit: December 02, 2012, 10:04:11 AM by ond32lumut »
Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kolose 3 : 23

Offline Pecinta Ibadah

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 271
  • Reputation Power:
  • Laa Ilaha Ilallah
  • Denominasi: MUSLIM
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #23 on: December 06, 2012, 05:39:58 PM »
wah jangan lompa ke kesimpulan dulu donk bro.. dibagian ini kita sedang ga bicara nabi yg jadi Tuhan, tapi saya coba menggali statemen anda, bahwa tidak ada nabi yg spesial.

dan ternyata anda orang yg rendah hati, anda menyatakan bahwa nabi Muhammad SAW adalah biasa2 saja, sama dengan nabi yang lain, walaupun pada kenyataannya, perlakuan anda dan muslim2 yang lain memberi "kespesialan" pada Rasulullah ini..  :nod:

saya tidak bilang Nabi Muhammad biasa2 saja bro, dan tidak menyamakan selain kepada nabi lain.. sama sebagai utusan, keistimewaan diberikan kepada masing2 Nabi sesuai dengan ketetetapan Allah. Spesial bagi Muslim karena kami umat beliau dan memang seharusnya kami memuliakan beliau sebagai umatnya.


Quote
sayang anda tidak menanggapi dan menjelaskan hadist yg saya kutip itu, kembali maksud saya untuk mengritisi statement anda ttg nabi tidak bisa berdosa. :D sekarang anda malah menambahkan lagi satu bukti bahwa nabi bisa berdosa, bkti kesalahan statement anda kan?
walaupun tentu saja anda salah besar, dan begitu lugunya analisa tersebut.

pada ayat itu Tuhan Yesus sedang mengajarkan kepada muridNya bagaimana caranya berdoa.
nih ayat sebelumnya:

(Matius 6: ayat 8-12)

(8) Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.
(9) Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
(10) datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
(11) Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
lalu ayat yg anda kutip itu: (12) "dan ampunilah kami dari kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni mengampuni orang yang bersalah kepada kami; "

jadi ayat anda salah konteks ya bro.. tapi yg jelas disini anda mendukung pendapat saya bukan, pendapat yg bertentangan dengan pendapat anda sebelumnya, bahwa semua nabi tidak berdosa:
saya coret ya??? :)

atau mau diralat? monggo...

saya bilang terjaga dari DOSA mas bro, maksum yang di maksud dimana ketika para Nabi melakukan kesalahan maka segera di berikan teguran sehingga mereka tidak lalai dan tenggelam sehingga berbuat dosa yang menyebabkan Dirinya tenggelam dalam dosanya. semua manusia melakukan kesalahan, namun saya belum menemukan bahwa semua kesalahan yang diperbuat Nabi adalah bisa disebut DOSA (berdosa atau tidak atas kesalahan yang dilakukan hak Allah yang menentukan). PARA NABI yang sering berdoa untuk keselamatan diri dan kaumnya adalah tidak terlepas dari sifat manusia yang memang sering melakukan kesalahan dan rasa khawatir akan kesalahan yang berbuah dosa, namun sejatinya buah Dosa itu adalah hak Allah yang menentukan.

dalam termin Islam sebuah kesalahan yang berujung kepada dosa adalah perbuatan MAKSIAT.

Adam apakah berdosa dan apakah termasuk Nabi termasuk melakukan perbuatan maksiat?? Dan apa yang terjadi atas Nabi Adam As adalah penentangan terhadap perintah irsyâdi yang tidak dapat disebut sebagai maksiat. ini sekaligus membantah bahwa Adam membawa DOSA yang turun temurun diwarisi yang akhirnya terjadi Penebusan.

Quote
saya belum tertarik mengulas masalah ini, apalagi krdibilias komentatornya diragukan.. :)maaf, tapi tetep saja intinya bahwa anda tidak setuju pernyataan anda diatas, bahwa nabi maksum itu.. hehehehe.. makin menguatkan kontradiksi anda bro..

semua Nabi melakukan pertaubatan bro karena KHAWATIR segala sesuatu yang mereka lakukan adalah kesalahan dan berujung pada maksiat (perbuatan dosa), wajar kan.. dan itulah orang2 suci selalu mengucapkan pertaubatan atas segala sesuatu yang mereka lakukan.

Quote
jadi sholawat itu untuk apa? kenapa nabi didoakan agar selamat? seperti kalmat saya tidak minta, tapi kalau mau diberi ya saya terimakasih... :D
tapi apa salahnya sholawat?bukankah nabi juga orang berdosa?  :think:

seperti yang saya katakan  bahwa Sholawat yang dilakukan oleh umat Nabi adalah bentuk ketaatan kami kepada imam kami, sedangkan Sholawat yang dilakukan Allah dan MalaikatNYA adalah untuk menegaskan kemuliaan beliau di antara makhluk2 Allah yang lain..

Quote
.... ya.. ya... kalau demikian semua nabi sebenernya kalimatullah ya? karena semua nabi mengajarkan Firman Tuhan. (versi anda)
lha karena memang belum ada rahim.. kalau ngga ada manusia pertama bagaimana donk? tapi tetep saja bahwa Yesus bukan manusia biasa bukan? yang manusia biasa itu saya dan anda, atau manusia2 lain yg ada dari peristiwa pembuahan..
bener juga bro.. kita kan sama-sama kira2 saja.. :D

gelar Kalimatullah dan Ruhullah diberikan penegasan KHUSUS kepada Isa AS karena memang Isa diberikan keistemewaan berkaitan dengan gelar tsb.

jadi kalu mas bro menganggap tidak adanya pembuahan dalam Rahim maka mas bro beranggapan bahwa itu manusia LUAR BIASA yang bisa di berikan gelar Tuhan?? bagaimana dengan kisah yang ini:

http://www.suaramedia.com/sejarah/ke-ajaiban-dunia/21952-seorang-perempuan-melahirkan-tanpa-hamil.html

jadi apakah ada Tuhan baru??
Yesus adalah "GURU", Muhammad adalah "Pemimpin" mereka adalah "Manusia-manusia terbaik"

Offline Frodo

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 268
  • Reputation Power:
  • Denominasi: ?????
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #24 on: December 06, 2012, 06:13:40 PM »
Wkwkwkwkwkwkwk, berita kaga ada juntrungnya, ente percaya dul?
Parah deh ente dul, wkwkwkwkwkwwk

Offline Pecinta Ibadah

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 271
  • Reputation Power:
  • Laa Ilaha Ilallah
  • Denominasi: MUSLIM
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #25 on: December 06, 2012, 06:25:01 PM »
Wkwkwkwkwkwkwk, berita kaga ada juntrungnya, ente percaya dul?
Parah deh ente dul, wkwkwkwkwkwwk

jadi anda mengklaim bahwa SATU-SATUNYA manusia yang lahir tanpa pembuahan adalah Yesus??
Yesus adalah "GURU", Muhammad adalah "Pemimpin" mereka adalah "Manusia-manusia terbaik"

Offline Frodo

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 268
  • Reputation Power:
  • Denominasi: ?????
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #26 on: December 06, 2012, 07:21:37 PM »
jadi anda mengklaim bahwa SATU-SATUNYA manusia yang lahir tanpa pembuahan adalah Yesus??

Emang ente kenal yang laen? Kalo yang kaga ada bapaknya, banyak di sini, anaknya pada kaya orang arab, tuh banyak, dul. Dasar pada bejad moralnya.

Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #27 on: December 06, 2012, 09:43:07 PM »
Emang ente kenal yang laen? Kalo yang kaga ada bapaknya, banyak di sini, anaknya pada kaya orang arab, tuh banyak, dul. Dasar pada bejad moralnya.

Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

Bro Frodo,
Mohon diperhatikan peraturan FIK berikut ini:
Peraturan Umum:

3.Member yang melanggar peraturan akan diberi peringatan, diikuti dengan banned jika member yg bersangkutan mendapat 3 kali peringatan dengan alasan yg sama. IP banned dapat diberlakukan jika diperlukan.

Etika berposting:

1.Dilarang menggunakan gaya bahasa yang kotor atau tidak pantas.
2.Segala bentuk ad hominem, personal attack, dan provokasi/flamming dilarang keras di FIK.
Untuk mengetahui contoh2 kesalahan berlogika yang harus dihindari dalam diskusi, silakan dilihat: http://forumimankristen.com/index.php/topic,320.0.html
3.Harap menjunjung tinggi etika dan sopan santun dalam setiap interaksi dengan sesama member di FIK.

Mengingat Anda masih mengulangi pelanggaran yg sama di sini dan di beberapa thread diskusi setelah peringatan pertama yg dikeluarkan moderator Leonardo:

Dengan ini kami keluarkan peringatan kedua utk Anda.
Mohon utk memperhatikan dan mematuhi peraturan forum utk menghindari sanksi lebih lanjut.
Terima kasih.
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #28 on: December 06, 2012, 11:46:33 PM »
sepertinya anda sulit sekali menerima bahwa Yesus memang diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
:)
Atau Anda yang sulit mengerti dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar?
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: AL-QURAN DAN KETUHANAN ISA AL-MASIH?
« Reply #29 on: December 07, 2012, 07:04:56 AM »
Atau Anda yang sulit mengerti dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Kalau dlm pelajaran bahasa Indonesia yg pernah saya terima sih, kata 'hanya' itu maknanya dikhususkan.

misalnya kalau saya katakan ini ama pacarku 'cintaku HANYA untukmu', kan maknanya memang cintaku saya khususkan utk pacarku,
masa' maknanya jadi cintaku utk semua wanita?   :D

atau mungkin ada makna lain dari kata HANYA ini mas?

yach sambil belajar bahasa Indonesia yg baik dan benar dari njenengan lah  :)