Author Topic: Siapa yang dimaksud BATU KARANG dalam Matt 16:18  (Read 4144 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Siapa yang dimaksud BATU KARANG dalam Matt 16:18
« Reply #45 on: July 09, 2013, 06:05:38 PM »
Damai sejahterta Tuhan Jesus Kristus menyertai FIKers sekalian.

Saya mempunyai pandangan sendiri dengan mengacu pada Mat 28:18-20 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Ketiga ayat itu terdapat di perikop Perintah untuk memberitakan Injil, disampaikan kepada 11 murid, di bukit yang telah ditunjuk Jesus Kristus kepada mereka. Pada saat itu, sudah banyak pengikut Kristus meskipun belum dibaptis, yaitu mereka yang  sudah mengalami kebaikan Jesus Kristus berupa kesembuhan penyakit dan mungkin dengan keluarganya. Tapi, perintah yang di ayat 19-20 itu disampaikan hanya kepada ke-11 muridNya.

Dan yang menjadi pokok perhatian saya, terkait dengan suksesi yang dibicarakan di atas ialah frasa "Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman". Menurut pemahaman saya, ke-11 murid itulah yang disertai oleh Tuhan Jesus Kristus sampai akhir zaman. Tetapi nyatanya, ke-11 murid itu telah menjadi martir, kecuali Yohanes. Lalu pertanyaannya, "Apakah pengabaran Injil itu terhenti dengan kemartiran para murid perdana Jesus Kristus?" Faktanya, sampai sekarang, pengabaran Injil itu masih terus berlangsung. Pertanyaan berikutnya, "Apakah Tuhan Jesus Kristus berbohong bahwa Dia akan menyertai para murid itu sampai akhir zaman?"

Setiap orang dari kita, bebas menafsirkannya, apakah janji penyertaan Jesus Kristus itu benaran atau bohongan. Namun menurut pemahaman saya, janji itu adalah janji benaran, bahwa Tuhan Jesus Kristus akan selalu menyertai muridNya, dan bukan atas pengikutNya. Kembali lagi, bahwa ketika pesan itu disampaikan, sudah banyak pengikut Kristus, tetapi muridNya baru hanya yang 11. Lalu, pertanyaannya, "Apakah suksesi dari ke-11 itu terhenti?" Atau, lebih fokus, "Apakah penyertaan yang dijanjikan oleh Jesus Kristus hanya kepada yang 11, dan tidak termasuk kepada penerima tongkat suksesi dari yang 11?" Kembali lagi, jawaban dari kita bebas saja. Mau menjawab bahwa Tuhan Jesus Kristus menyertai seluruh pengikut Kristus, silahkan. Mau menjawab bahwa Tuhan Jesus Kristus menyertai mereka yang dibaptis dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, silahkan. Mau menjawab Tuhan Jesus Kristus menyertai kumpulan pewaris suksesi ke-11 murid yang menerima penyampaian langsung dari Tuhan Jesus Kristus, silahkan.

Nah, kalo menurut pemahaman saya, mengingat ketika janji penyertaan itu disampaikan ketika sudah banyak pengikut Kristus tetapi janji penyertaan itu hanya diberikan kepada 11 muridNya, maka sampai sekarang, kelompok yang pasti disertaiNya adalah kelompok penerus penerima janji penyertaan itu. Namun, saya tidak akan membatasi kehendak Tuhan Jesus Kristus, bahwa apabila Tuhan Jesus Kristus mau menyertai orang di luar penerus ke-11 murid itu, itu adalah hak Tuhan Jesus Kristus.

Jadi, suksesi pada kelompok 11 sampai kepada penerusnya sekarang masih disertai Tuhan Jesus Kristus sampai nanti akhir zaman. Dan ini tidak membatasi Tuhan Jesus Kristus apabila Tuhan Jesus Kristus menyertai orang di luar penerus murid yang 11 itu. Begitu pemahaman saya.

Damai, damai, damai.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline Leonardo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1772
  • Reputation Power:
  • katolik
Re: Siapa yang dimaksud BATU KARANG dalam Matt 16:18
« Reply #46 on: July 24, 2013, 07:47:13 AM »
Dan saya ngga nyangka bhw Snip akan reply tulisan saya sampe segitu harafiahnya.

Hahahahaha.

Pnyataan Anda di atas itulah yg saya pmasalahkan.

Presiden bwenang mbrikan grasi itu krn ada Undang Undang yg mngaturnya.
Tata cara pmilihan presiden juga ada Undang Undang-nya.
Syarat menjadi presiden juga ada Undang Undang-nya.

Ayat di atas itu hanya mnerangkan bhw Petrus diangkat jd presiden (versi pnafsiran Katolik), tp tidak mnerangkan tata cara pemilihan presiden pengganti, syarat presiden pengganti bahkan tdk mnerangkan bhw memang akan ada trus-mnerus jabatan presiden.

Yg mnerangkan itu semua adalah 'Tradisi'.

Makanya pcuma debatin Scriptura-nya.
Benar dan memang tidak ada salahnya karena di dalam Alkitab juga tertulis terimalah ajaran yang lisan dan tertulis....

suksesi Petrus termasuk ajaran yang lisan masuk dalam Tradisi...

Tetapi saya juga bisa bertanya sebaliknya.....
Di bagian mana dalam Alkitab bahwa injil Yohanes ditulis oleh Yohanes ...atau injil Matius itu yang sekarang kita terima benar2 injil Matius yang asli.

Imho tidak ada satu kitab PB pun yang berasal dari zamannya yang ada adalah manuskrip, fragmen dll...yang dikumpulkan oleh para suksesor para rasul ataupun penulis Injil tersebut.

sama kan hasilnya jika Tradisi pengumpulan/ penulisan Kitab Suci tidak kita percayai maka iman apostolik juga tidak bisa terpelihara... :)

salam  :)
In Omnibus Caritas

Offline CLAY

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 34
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Roma Katolik
Re: Siapa yang dimaksud BATU KARANG dalam Matt 16:18
« Reply #47 on: August 09, 2013, 07:48:00 PM »
Kl skrg ini gereja sola scriptura itu smakin lama smakin mnyatu lho.
Skrg ini banyak kegerakan doa interdenominasi.

Nantinya di gereja sola scriptura akan muncul magisteriumnya juga Bro.

----

Pemisahan itu memang alkitabiah kok bro, makin lama akan terlihat mana yg benar.

Persoalannya adalah bawa Yesus tidak pernah mendirikan gereja sola scriptura tetapi dia mendirikan Gereja-Nya diatas Petrus. Dan Tuhan YANG MAHA TAHU sudah mengetahui bahwa kelak akan banyak muncul manusia2 lain yang ingin menandingi Tuhan dengan mendirikan gereja, karena itulah DIA terlebih dahulu memberikan TANDA kepada kita, yaitu DIDIRIKAN DIATAS Petrus.

PERBENDAAN Yesus DENGAN MARTIN LUTHER

Yesus tidak sekedar mendirikan GerejaNya, tetapi  melalui kematianNya lah (PENGORBANANNYA) Gereja dapat dibentuk. tidak seperti manusia-manusia yang mencoba menyaingi Tuhan sebagai pendiri gereja. Melalui kematianNya Tuhan membentuk GerejaNya. Melalui apakah manusia2 pendiri gereja membagun gerejanya? Yaitu melalui perselisihan, irihati, kecemburuan dan ketidaktaatan.





Perbedaan antara Yesus dan para pendiri gereja adalah: Yesus adalah Tuhan yang tidak mungkin salah dan para pendiri agama bukan Tuhan dan bisa salah. Dengan demikian, kita mempercayai bahwa Yesus memberikan kepenuhan kebenaran kepada bangsa Yahudi dan juga kepada semua umat manusia. 

Jika ada manusia mencoba membangun gereja maka gerejanya akan pecah berkeping keping karena si pendiri tidai bisa memberikan jaminan bahwa gerejanya bertahan, dan setiap manusia yang mencoba mendirikan gereja maka akan melahirkan pemberontak baru didalam gereja itu begitu seterusnya dan sejarah sudah membuktikannya.  Sebab hanya Tuhan lah yang bisa menjamin bahwa Gerejanya akan bertahan sampai akhir jaman dan alam maut tidak akan menguasainya. (lih Mat 16:18-19).

Jikalau bukan Tuhan yang membangun  rumah , sia-sialah usaha orang yang membangunnya (Mazmur 127:1)




Pada saat Petrus disalibkan dan kemudian wafat dan dimakamkan di bukit Vatican, mungkin para algojo2 pembantai dan Kaisar Romawi sendiri sudah berpikir bahwa inilah akhir dari para pengikut Kristus.  Namun perkiraan mereka keliru justru kekaisaran Romawilah yang hancur sementara GEREJA Tuhan Yesus BERDIRI DIATAS Petrus. Dimana Petrus dimakamkan, hari ini Berdiri kokoh Gereja Tuhan, dengan demikian tergenapilah Firman Tuhan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku

Lihatlah kenyataan tergenapinya nubuat Kristus;



Gambar Altar Vatican


dibawah Altar inilah tepat ditemukan kembali makam Santo Petrus



Secrets of a Basilica. - part 2 - (the grave)

The Evolution of St Peter's Tomb under Saint Peter's Basilica

Jadi anda mau berbusa-busa sampai mulut anda keringpun tidak bisa membantah tergenapinya nubuat TUHAH Yesus yang bersabda:

APA YANG SUDAH DITETAPKAN Tuhan TIDAK AKAN BISA DIRUBAH OLEH MANUSIA. Yesus TELAH MENETAPKAN BAHWA GEREJANYA AKAN DIBANGUN DIATAS Petrus. JIKA ANDA  MAU MENGIKUTI GEREJA BENTUKAN MANUSIA SILAHKAN SAJA!!!
« Last Edit: August 09, 2013, 07:57:39 PM by CLAY »

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Siapa yang dimaksud BATU KARANG dalam Matt 16:18
« Reply #48 on: August 19, 2013, 06:02:08 PM »
Damai sejahtera Tuhan Jesus Kristus menyertai FIKers sekalian.

Bagi saya, cukup menarik menghubungkan kedua post Siip berikut:
Kl skrg ini gereja sola scriptura itu smakin lama smakin mnyatu lho.
Skrg ini banyak kegerakan doa interdenominasi.
Nantinya di gereja sola scriptura akan muncul magisteriumnya juga Bro.
----
Pemisahan itu memang alkitabiah kok bro, makin lama akan terlihat mana yg benar.
Lama-kelamaan (dan skrg mulai cepat) para gereja sola scriptura akan membuka diri utk saling bhubungan.
Stelah itu, para gereja sola scriptura mulai akan fokus pd apa yg jadi tujuan bsama dan tidak mmaksakan variasi perbedaan satu sama lain.
Stelah itu, dari 'jaringan' gereja-gereja itu, akan mulai muncul pemimpin-pemimpin yg diakui otoritasnya oleh tiap-tiap gereja.
Pemimpin-pemimpin ini yg kmudian akan mengkoreksi ajaran yg salah dan menghubungkan visi-visi stiap gereja yg bbeda-beda (mhubungkan, bukan mnyamakan).
Stelah itu gereja akan muncul sbg jaringan yg bersatu (tp bukan dlm 1 organisasi nama).

Jd smua dimulai bukan dari pemaksaan ajaran, tp para hamba Tuhan mulai mbuka diri utk mnerima satu sama lain dan fokus pd tujuan bersama.

Siapa yg tidak mau mbuka diri, mengeksklusifkan dirinya dan mrasa paling benar, pasti ngga akan tergabung dlm jaringan tsb.
Ada 2 ending buat mreka : Antara mreka mjadi sekte sesat, atau mreka akan khilangan kegerakan Tuhan bagi gereja-gereja.

Kerajaan Allah itu seperti PUKAT / JALA.
Inti dari kedua post tersebut yang dapat saya tangkap ialah, manusia-manusia penganut Sola Scriptura 'berencana' mendirikan Gereja Sola Scriptura. Kedengarannya sangat heroik, seolah-olah para penganut Sola Scriptura tersebut berjuang mendirikan Gereja.

Di sisi lain, pada Scriptura sendiri, yaitu pada Mat 16:18 dapat dibaca Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Mengingat Mat 16:18 itu menggunakan kata akan, artinya, pendirian Gereja oleh Jesus Kristus itu berlangsung setelah pelayanan ragawiNya selesai di dunia. Tidak diinformasikan apakah sehari, sebulan, setahun, seabad, atau berapa lama. Mengingat waktu Tuhan tidak identik dengan waktu manusia, baiklah saya abaikan realisasi akan itu.

Terkait dengan post Siip diatas, sangat berterima di pikiran saya kalau ada yang berpikiran bahwa Gereja yang dimaksud oleh Jesus Kristus di Mat 16:18 itu belum berdiri. Karena belum berdiri itu pula maka timbul niatan manusia-manusia penganut Sola Scriptura untuk mewujudkan kehendak Jesus Kristus, mendirikan Gereja Sola Scriptura.

Ada beberapa hal yang perlu mendapat kejelasan di sini, antara lain:
1) Bila Gereja yang dimaksud oleh Jesus Kristus di Mat 16:18 itu belum berdiri, artinya, sejak kira-kira tahun 30-an, sampai sekarang, sampai pendirian Gereja Sola Scriptura nanti, belum ada Gereja yang dimaksud oleh Jesus Kristus. Demikiankah?
2) Bila Gereja yang dimaksud oleh Jesus Kristus di Mat 16:18 itu belum berdiri, artinya, manusia yang hidup saat ini, masih berada pada masa persiapan pendirian Gereja yang dimaksudkan oleh Mat 16:18. (Mungkin pemahaman seperti ini sebagian yang melatari pikiran orang yang mencoba mengartikan akar kekristenan di Yerusalem dan tunas kekristenan di Jerman). Demikiankah?
3) Bila Gereja yang dimaksud oleh Jesus Kristus di Mat 16:18 itu sudah berdiri, artinya, para penganut Sola Scriptura yang ingin mendirikan Gereja Sola Scriptura ingin menandingi Jesus Kristus dalam pendirian Gereja. Demikiankah?
4) Bila Gereja yang dimaksud oleh Jesus Kristus di Mat 16:18 itu sudah berdiri, dan Gereja Sola Scriptura yang hendak didirikan itu nanti menyatukan diri dengan Gereja yang didirikan oleh Jesus Kristus, lantas apa faedahnya perjuangan pendirian Gereja Sola Scriptura?

Ah, ribet.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Siapa yang dimaksud BATU KARANG dalam Matt 16:18
« Reply #49 on: August 20, 2013, 03:45:45 PM »
Damai sejahtera Tuhan Jesus Kristus menyertai FIKers sekalian.

Dengan permohonan maaf kepada Siip dan SniperX, saya ingin memberi komentar berdasar pemahaman saya. Semoga tidak bertentangan dengan ajaran Magisterium.
Kl konteksnya Scriptura, maka harusnya Bro carikan evidence scriptura bhw Petrus harus memilih penerusnya utk mnggantikan jabatannya sbg pemegang kunci kerajaan sorga.

Dan pembahasan ini udah melebar.

Kl dari ayat yg diangkat pd topik, jelas dsana tidak ada unsur suksesi pemegang kunci kerajaan sorga.
Entah memenuhi keingintahuan Siip ato tidak, namun menurut pemahaman saya adalah sebagai berikut:

Pertama, mengingat Petrus dipilih oleh Jesus Kristus, maka demikian juga maka penerus pengemban tanggung jawab Petrus tidak dipilih oleh Petrus, melainkan dipilih oleh kumpulan yang disertai oleh Jesus Kristus, yaitu mereka yang memiliki kewenangan mengajar.

Kedua, Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Menurut pemahaman saya, Mat 16:18 itu menyatakan bahwa Tuhan Jesus Kristus mendirikan Gereja yang bertumpu (berpondasi) pada Petrus. Gereja yang didirikan oleh Jesus Kristus itu akan eksis sampai akhir zaman, sebab Jesus Kristus menjanjikan bahwa alam maut tidak akan menguasainya.

Ketiga, Yoh 21:15-17, tiga kali Jesus Kristus memerintahkan Petrus dengan mengatakan "Gembalakanlah domba-domba-Ku." Setelah di Mat 16:18 Jesus Kristus menyatakan mendirikan Gereja yang bertumpu pada Petrus, pada Yoh 21:25-27 Jesus Kristus memerintahkan Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya.

Perintah menggembalakan itu diberikan di antara murid lainnya, sebab dikatakanNya pada saat setelah sarapan, artinya semua murid masih bersama-sama. Jadi, secara tidak langsung, meskipun semua murid Kristus bertugas menggembalakan domba-domba Kristus, tetapi Petrus memiliki 'sesuatu yang lebih' daripada murid-murid lain, memiliki primus inter pares.

Keempat Mat 28:19-20 "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Menurut pemahaman saya, Mat 19 itu menyatakan bahwa ke-11 murid Jesus Kristus memiliki kewenangan membaptis semua bangsa menjadi murid Kristus. Ayat 20 menyatakan bahwa ke-11 murid Jesus Kristus itu memiliki kewenangan mengajarkan agar murid Kristus melakukan segala yang diperintahkan oleh Jesus Kristus kepada para murid. Jesus Kristus berjanji, bahwa Jesus Kristus menyertai ke-11 murid itu sampai kepada akhir zaman. Terbukti dari perkataan Jesus Kristus yang menyatakan /kamu/ kepada ke-11 murid itu.

Pertanyaannya, apakah Jesus Kristus hanya menyertai ke-11 murid itu sampai kepada umur jasmaninya saja? Jika hanya sampai umur jasmani para murid itu saja, mengapa Jesus Kristus menyatakan sampai kepada akhir zaman?

Saya menduga, berhubung pembaptisan dan pengajaran masih berlangsung hingga sekarang, sementara para rasul yang menerima janji dari Jesus Kristus semuanya sudah martir, maka saya mnyimpulkan bahwa tugas ke-11 murid itu tidak terhenti sampai umur mereka saja, melainkan masih dilanjutkan kepada karya-karya penerus ke-11 orang itu.

Dengan demikian, maka tugas penggembalaan domba-domba Kristus, tidak berhenti hanya sampai umur Petrus saja, melainkan diteruskan sampai kepada akhir zaman. Mengingat Petrus meiliki 'sesuatu yang lebih' daripada murid-murid lain, maka dari antara para murid juga dipilih seseorang yang memiliki 'sesuatu yang lebih', pada masa sekarang ini, dipilih dengan cara konklaf.

Begitu komentar saya, semoga bermanfaat.

Damai, damai, damai.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA