Author Topic: Baptisan dalam nama Yesus  (Read 12018 times)

0 Members and 15 Guests are viewing this topic.

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #45 on: July 26, 2013, 09:14:34 PM »
boleh minta referensinya gak bro ?
Misalnya ayat perintah dari Yesus bahwa setelah dibaptis kemudian harus di konfirmasi ? Kalo perintah baptis kan ada ayatnya, kalo utk konfirmasi seperti apa perintahnya ?
Jika yg Anda harapkan adalah referensi ala sola scriptura..., ya gak ada.

Silakan cek ini http://www.newadvent.org/cathen/04215b.htm utk mengetahu apa dan bagaimana itu Sakramen Konfirmasi.

Quote
Filipus ini bukan Filipus murid Yesus ya? Kok bukan Rasul ?
Filipus ini yg membaptis sida2 kan ? Atas perintah Malaikat dan Roh Allah ?
Bukan.
Ada dua Filipus di Kitab Suci.
1. Filipus salah satu dari 12 Apostel.
2. Filipus seorang deacon dan evangelist.

Quote
(14) Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.

Rasul2 di Yerusalem itu siapa aja ? Atau bro bisa jelaskan siapa2 saja yg boleh melayani sakramen konfirmasi ?
Ya keduabelas Rasul. (11 orang + Matias yg menggantikan Yudas Iskariot).

Jadi, orang bernama Filipus yang pergi ke kota Samaria, bukanlah Rasul Filipus.... karena para Rasul (12 orang- termasuk Rasul Filipus) tetap tinggal di Yerusalem ketika Saulus mulai menganiaya jemaat di Yerusalem.


Acts 8:1b Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Quote
Ok, ini karena praktek baptisan saat ini dilakukan saat masih anak2 ya ?

Ok apaan??? Janga sok yakin membuat kesimpulan yg ngawur. [Kalau mau bahas soal Baptisan Bayi/anak-anak, silakan buka thread baru.]

Tidak ada hubungannya. Dan bukan saat ini saja baptis dilakukan saat masih kanak-kanak.

AFAIK, sampai detik ini Gereja Ritus Timur masih melakukan BAPTIS dan KONFIRMASI satu paket. Termasuk buat anak-anak/bayi.

Quote
berhubungan dong bro....

(13) Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?   

Apakah kristus terbagi2 ? Ini sedang membicarakan Kristus..
Adakah Paulus disalibkan karena kamu ? Padahal maksud Paulus, yg disalibkan ya Kristus.
Adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus ? Padahal maksud Paulus, dibaptis ya dalam nama Kristus Yesus.

Maksud saya begini, dari kalimat ini, Paulus sedang menekankan bahwa dibaptiskan dalam nama siapa, berhubungan dari kalimat sebelumnya yg bicara mengenai disalibkan, dan kemudian berhubungan dgn kalimat Kristus yg tidak terbagi2.
Jika kita bicara siapa yg disalibkan tentu kita bicara tentang Yesus Kristus.
Apakah Bapa disalibkan ? Apakah Roh Kudus disalibkan ?


- Berbicara mengenai SALIB ==> mau gak mau St. Paulus  memang kudu menyebut KRISTUS. Bukan Bapa atau Roh Kudus[Karena cuma Kristus yg disalib]

- Berbicara megenai Friksi di GEREJA ==> mau gak mau St. Paulus memang kudu menyebut KRISTUS., bukan Bapa atau Roh Kudus Karena KRISTUS lah yang mendirikan Gereja dan Kristus sendirilah kepala nya.

Quote
Konteksnya beda dong bro... :D
kita ini kan sedang membicarakan baptisan air, bukan baptisan dgn Roh Kudus dan api seprti baptisan Tuhan Yesus.

Baptisan air??? Baptisan Roh Kudus??? Baptisan Api???
Emang ada berapa jenis Baptisan???

Istilah baptisan Roh Kudus dan api adalah efek dari BAPTISAN yang satu. Yang itu-itu juga. Tentu saja, Anda gak akan sependapat dengan itu. [Silakan buka thread saja.  Tapi saya tidak tertarik lagi membahas Baptisan Roh Kudus, apalagi dengan orang-orang Karismatik]

Quote
Kalo soal kuasa dan manusia, Berarti Yohanes juga nggak membaptis dong, karena Yohanes jg kan manusia, jadi jangan dibilang baptisan Yohanes.  :D
Baptisan (manusia) Yohanes memang berbeda koq dengan Baptisan yg diperintahkan Yesus dan dikuasakan Yesus kepada para Murid.

Quote
Pointnya begini, ketika ditulis dibaptis dalam nama Yesus Kristus, itu jelas bukan utk membedakan antara baptisan yg dilakukan oleh murid2 Yesus (atas kuasa Yesus) dgn baptisan yg dilakukan oleh Yohanes. Ditulis dalam nama Yesus Kristus karena memang dibaptis dalam nama Yesus Kristus.
salam.

Apa Anda kira Baptisan Yohanes itu dengan format: "dalam nama Yohanes"??

Coba renungi masak-masak dulu lah pertanyaan pertama St. Paulus kepada orang-orang di Efesus tersebut:

Kis 19:3  "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?"


St Paulus tidak bertanya sbb: "Kalau begitu, dalam nama siapakah kamu dibaptis"???


Dari perikop tersebut, siapa pun tahu, bahwa ada dua (jenis) Baptisan yg dibahas disana.

1) Baptisan ala Yohanes
2) Baptisan ala Kristus.

Bukan, menyangkut format Baptisan, yang mau disampaikan St Paulus disana.

====

Salam,

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #46 on: July 27, 2013, 10:12:39 AM »

Bisa diperjelas enggak Om Han ?

 :)
Dulu  (Kuno)
oom dalam katholikannya engga mengenal sakramen konfirmasi
yang ada adalah sakrament Penguatan dan itu digambarkan setara dengan Babtisan roh pada gereja kristen non katholik (pantekosta etc)


Tuhann Yesus memberkati


Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #47 on: July 27, 2013, 10:17:00 AM »
pengalaman kakak ipar saya, harus dibaptis dalam formula yang benar..
sblmnya kakak ipar saya jemaat di GPdI, convert ke Katolik ikut evangelisasi bareng dgn org GKI, Lutheran dll..
Pastor katolik hanya melihat yang dari GKI, Lutheran dll yang tidak perlu di baptis lagi karena dgn formula yang benar, sedangkan utk kakak ipar saya dia harus dibaptis karena itungannya dia blm pernah dibaptis secara benar..

ini pengalaman saya.

Percaya saja deh, karena ada family Saya yang dibaptis ulang koq. Bukan hanya satu, tetapi tiga orang di tiga paroki berbeda.

Lain teori lain praktiknya.

Nah oom sebagai katholik kuno nan awam (pkl) baru tau hal ini
baru tau kalu ada format kristen yang tidak di akui
baru tau kalau format GBI termasuk yang ditolak dan harus di babtis ulang

Tuhan Yesus memberkati

Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #48 on: August 01, 2013, 04:25:41 PM »
Jika yg Anda harapkan adalah referensi ala sola scriptura..., ya gak ada.

Silakan cek ini http://www.newadvent.org/cathen/04215b.htm utk mengetahu apa dan bagaimana itu Sakramen Konfirmasi.
Bukan.
Ada dua Filipus di Kitab Suci.
1. Filipus salah satu dari 12 Apostel.
2. Filipus seorang deacon dan evangelist.
Ya keduabelas Rasul. (11 orang + Matias yg menggantikan Yudas Iskariot).

Jadi, orang bernama Filipus yang pergi ke kota Samaria, bukanlah Rasul Filipus.... karena para Rasul (12 orang- termasuk Rasul Filipus) tetap tinggal di Yerusalem ketika Saulus mulai menganiaya jemaat di Yerusalem.

Acts 8:1b Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria.

Ok apaan??? Janga sok yakin membuat kesimpulan yg ngawur. [Kalau mau bahas soal Baptisan Bayi/anak-anak, silakan buka thread baru.]

Tidak ada hubungannya. Dan bukan saat ini saja baptis dilakukan saat masih kanak-kanak.

AFAIK, sampai detik ini Gereja Ritus Timur masih melakukan BAPTIS dan KONFIRMASI satu paket. Termasuk buat anak-anak/bayi.
Sejujurnya saya masih kurang paham utk sakramen konfirmasi ini bro. Jika penumpangan tangan setelah baptis disebut sebagai suatu sakramen tersendiri (terpisah dgn sakramen baptis), berarti orang tersebut menjalani 2 sakramen sekaligus ya, jika setelah dibaptis kemudian ia ditumpangi tangan. Petrus sempat dicatat membaptis orang tanpa ditulis keterangan dilanjutkan dgn konfirmasi.
Menurut link yg bro beri, konfirmasi (tumpang tangan) dilakukan hanya setelah orang itu dibaptiskan. Sedangkan Paulus sendiri ditumpangi tangan dulu baru dibaptis.

- Berbicara mengenai SALIB ==> mau gak mau St. Paulus  memang kudu menyebut KRISTUS. Bukan Bapa atau Roh Kudus[Karena cuma Kristus yg disalib]

- Berbicara megenai Friksi di GEREJA ==> mau gak mau St. Paulus memang kudu menyebut KRISTUS., bukan Bapa atau Roh Kudus Karena KRISTUS lah yang mendirikan Gereja dan Kristus sendirilah kepala nya.
Imo, tidak ada yg memaksa Paulus berbicara mengenai salib dan baptisan sehingga tidak ada istilah "mau gak mau". Dan saya yakin Paulus mengaitkan Salib Yesus Kristus dan Baptisan dalam Nama Yesus Kristus bukan karena terpaksa atau mau gak mau. di kitab Roma, Paulus jg kembali mengaitkan baptisan dan kematian Kristus.

Kis 19:5
(5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

1 Kor 1:13
Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?

Roma 6:3-4
(3) Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
(4) Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Jadi memang saling berkaitan.

Coba renungi masak-masak dulu lah pertanyaan pertama St. Paulus kepada orang-orang di Efesus tersebut:
Kis 19:3  "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?"
St Paulus tidak bertanya sbb: "Kalau begitu, dalam nama siapakah kamu dibaptis"???
Dari perikop tersebut, siapa pun tahu, bahwa ada dua (jenis) Baptisan yg dibahas disana.
1) Baptisan ala Yohanes
2) Baptisan ala Kristus.
Bukan, menyangkut format Baptisan, yang mau disampaikan St Paulus disana.
====
Salam,
Bisa saja Baptisan dalam nama Yesus Kristus disebut Baptisan ala Kristus utk mengupgrade Baptisan Yohanes, meskipun tetap saja Baptisan dalam nama Yesus Kristus bisa juga berarti seperti itu adanya, bukan sekedar pembeda dgn baptisan Yohanes.

Salam.
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #49 on: August 14, 2013, 08:53:15 AM »
Sejujurnya saya masih kurang paham utk sakramen konfirmasi ini bro. Jika penumpangan tangan setelah baptis disebut sebagai suatu sakramen tersendiri (terpisah dgn sakramen baptis), berarti orang tersebut menjalani 2 sakramen sekaligus ya, jika setelah dibaptis kemudian ia ditumpangi tangan.
Jika dalam suatu Baptisan tidak ada Rasul maka Sakramen Konfirmasi tidak bisa diberikan sekaligus kepada si terbaptis. Karena Minister dari Sakramen Konfirmasi hanya Uskup/Rasul. Demikianlah yang terjadi dengan oran-orang di Samaria. Philipus sudah membaptis mereka.... tapi karena Philipus bukan seorang Rasul, maka dia tidak bisa menerimakan sakramen Konfirmasi.

Quote
Petrus sempat dicatat membaptis orang tanpa ditulis keterangan dilanjutkan dgn konfirmasi.
Ada beberapa peristiwa di Kitab Suci dimana efek dari Sakramen terjadi bahkan sebelum Skaramen itu sendiri dilaksanakan. Ambil contoh keluarga dan sanak saudara Kornelius di Kaisarea.

KS tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Kornelius dan para kerabatnya masih menerima Sakramen Konfirmasi atau tidak [Kalaupun tidak, toh efek dari Sakramen Konfirmasi sudah terlihat ada pada mereka]. Satu yang dapat disimpulkan, bahwa Khusus untuk Sakramen Baptis, tetap dilaksanakan (sekalipun efek dari sakramen itu sudah diterima lebih dahulu).

Kata St. Petrus: "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"

Quote
Menurut link yg bro beri, konfirmasi (tumpang tangan) dilakukan hanya setelah orang itu dibaptiskan. Sedangkan Paulus sendiri ditumpangi tangan dulu baru dibaptis.

Penumpangan Tangan (Imposition of hands) gak melulu soal Sakramen Konfirmasi tetapi juga sakramen lainnya (seperti Sakramen Imamat dan pengurapan orang sakit). Juga dalam rangka kegiatan-kegiatan spiritual lainnya. Sebut misalnya penumpangan tangan oleh Ananias keada St. Paulus supaya St. Paulus bisa melihat lagi; penumpangan tangan oleh Jakub kepada Efraim dan Manasye; Musa kepada Joshua, etc.

Quote
Imo, tidak ada yg memaksa Paulus berbicara mengenai salib dan baptisan sehingga tidak ada istilah "mau gak mau". Dan saya yakin Paulus mengaitkan Salib Yesus Kristus dan Baptisan dalam Nama Yesus Kristus bukan karena terpaksa atau mau gak mau. di kitab Roma, Paulus jg kembali mengaitkan baptisan dan kematian Kristus.

Yang mengatakan St. Paulus harus berbicara mengenai Salib siapa?

Yang saya katakan adalah:
- Karena Paulus berbicara soal salib.... mau gak mau itu menyangkut Yesus Kristus
- Karena Paulus berbicara soal friksi yang terjadi di antara jemaat (ranting-ranting).... mau gak mau itu menyangkut Yesus Kristus, selaku Pohon.

Quote
Kis 19:5
(5) Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Karena Anda melepaskan ayat 5 dari aya 4 dan 3 sehingga maknanya jadi gak komplit utk menggambarkan secara keseluruhan apa sebenarnya yang terjadi.


19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."

BUKAN : 19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dalam nama siapakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "dalam nama Yohanes."


19:4 Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."


BUKAN: 19:4 Kata Paulus: "Baptisan dalam nama Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."[/color]

Jadi, kalau mengikuti alur dari ayat 3 dan 4; maka ayat 5 adalah sbb:

19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus[/b]. = 19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dengan baptisan Tuhan Yesus[/b].

Quote
Roma 6:3-4
(3) Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
(4) Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Perikop tersebut diatas bukan menyangkut FORMAT BAPTISAN melainkan EFEK BAPTISAN.

Dibaptis dalam Kristus =//= Dibaptis dalam nama Kristus

yang satu berbicara mengenai Efek; yang satu lagi mengenai Format.

Quote
Jadi memang saling berkaitan.
Bisa saja Baptisan dalam nama Yesus Kristus disebut Baptisan ala Kristus utk mengupgrade Baptisan Yohanes, meskipun tetap saja Baptisan dalam nama Yesus Kristus bisa juga berarti seperti itu adanya, bukan sekedar pembeda dgn baptisan Yohanes.

Salam.

Tidak ada istilah upgrade dalam Baptisan sebagai suatu sakramen. Rebaptism adalah salah.

Intinya adalah:

Baptisan Yohanes ===> Bukan SAKRAMEN
Baptisan Kristus ===> SAKRAMEN.

Baptisan Yohanen ===> Tidak MENYELAMATKAN
Baptisan Kristus ===> MENYELAMATKAN.

====

Salam,

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #50 on: August 15, 2013, 10:46:38 AM »
Ada beberapa peristiwa di Kitab Suci dimana efek dari Sakramen terjadi bahkan sebelum Skaramen itu sendiri dilaksanakan. Ambil contoh keluarga dan sanak saudara Kornelius di Kaisarea.

KS tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Kornelius dan para kerabatnya masih menerima Sakramen Konfirmasi atau tidak [Kalaupun tidak, toh efek dari Sakramen Konfirmasi sudah terlihat ada pada mereka]. Satu yang dapat disimpulkan, bahwa Khusus untuk Sakramen Baptis, tetap dilaksanakan (sekalipun efek dari sakramen itu sudah diterima lebih dahulu).

Kata St. Petrus: "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"
Lalu bagaimana bisa orang telah menerima efek konfirmasi TANPA dikonfirmasi ?

Karena itulah saya tidak sependapat bahwa baptis harus dilanjutkan dgn konfirmasi, dalam arti jika orang hanya dibaptis saja maka itu menjadi kurang/tidak lengkap.

Penumpangan Tangan (Imposition of hands) gak melulu soal Sakramen Konfirmasi tetapi juga sakramen lainnya (seperti Sakramen Imamat dan pengurapan orang sakit). Juga dalam rangka kegiatan-kegiatan spiritual lainnya. Sebut misalnya penumpangan tangan oleh Ananias keada St. Paulus supaya St. Paulus bisa melihat lagi; penumpangan tangan oleh Jakub kepada Efraim dan Manasye; Musa kepada Joshua, etc.
Tapi penumpangan tangan yg dimaksud dlm konfirmasi adalah berbicara mengenai turunnya / diterimanya Kuasa Roh Kudus kan ?

Kis 8 :17
(17) Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.

Kis 19 :6
(6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Kis 9 :17
(17) Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."

Yang mengatakan St. Paulus harus berbicara mengenai Salib siapa?

Yang saya katakan adalah:
- Karena Paulus berbicara soal salib.... mau gak mau itu menyangkut Yesus Kristus
- Karena Paulus berbicara soal friksi yang terjadi di antara jemaat (ranting-ranting).... mau gak mau itu menyangkut Yesus Kristus, selaku Pohon.
Justru itu bro..., tidak ada yg memaksa Paulus untuk membicarakan soal baptisan saat itu..

jika Paulus mau bicara ttg Yesus sbg Pokok pohon dan jemaat sbg ranting, atau Yesus yg disalib ya silahkan saja........  kenapa tiba2 Paulus jadi bicara soal baptisan atas nama siapa...?

Apakah Paulus tidak tahu bahwa formula baptisan yg benar adalah dalam nama Allah Tritunggal ? Apakah Paulus tidak tahu bahwa Allah Tritunggal bukan hanya Yesus saja ?
Buat apa Paulus menasehati jemaat dgn cara membuat contoh formula baptisan yg "salah" ?

Karena Anda melepaskan ayat 5 dari aya 4 dan 3 sehingga maknanya jadi gak komplit utk menggambarkan secara keseluruhan apa sebenarnya yang terjadi.

19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."

BUKAN : 19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dalam nama siapakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "dalam nama Yohanes."

19:4 Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."


BUKAN: 19:4 Kata Paulus: "Baptisan dalam nama Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."[/color]

Jadi, kalau mengikuti alur dari ayat 3 dan 4; maka ayat 5 adalah sbb:

19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus[/b]. = 19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dengan baptisan Tuhan Yesus[/b].
Kalau alur berpikirnya begitu, bisa saja nanti orang berpikir bahwa baptisan dalam nama Bapa Putra Roh Kudus itu maksudnya adalah baptisan ala Allah Bapa Putra Roh Kudus.

Kalau memang yg dimaksud "dibaptis dalam nama Tuhan Yesus" disitu adlh "baptisan Tuhan Yesus", ya langsung saja ditulis baptisan Tuhan Yesus, seperti halnya Baptisan Yohanes, utk apa Alkitab menuliskan didalam nama ?
Pointnya begitu kan..., yg satu baptisan Yohanes, satu lagi baptisan Tuhan Yesus.

Kis 2:38
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kis 10:48
(48) Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Nah kalo yg ini, Petrus sdg membandingkan baptisan Tuhan Yesus dgn siapa ?
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #51 on: August 15, 2013, 11:14:23 AM »

sebenarnya pembabtisan dalam nama bapa putra dan Rohkudus
bicara babtisan ketiga oknum dalam pov gelar.
sedangkan babtisan dalam nama Yesus  adalah dalam  pov  nama exact ketiga oknum , sebab mereka (ketiga oknum) adalah satu jua

Tuhan Yesus memberkati


Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #52 on: August 15, 2013, 12:27:01 PM »
Lalu bagaimana bisa orang telah menerima efek konfirmasi TANPA dikonfirmasi ?
Karena Allah tidak terikat pada suatu Sakramen.

Almighty God can and does give grace to men in answer to their internal aspirations and prayers without the use of any external sign or ceremony.

Quote
Karena itulah saya tidak sependapat bahwa baptis harus dilanjutkan dgn konfirmasi, dalam arti jika orang hanya dibaptis saja maka itu menjadi kurang/tidak lengkap.


Saya juga sependapat, koq. :grining:

Dari Link yg pernah saya berikan sebelumnya:

Confirmation is a sacrament in which the Holy Ghost is given to those already baptized in order to make them strong and perfect Christians and soldiers of Jesus Christ.

Tapi jika ditanya lebih lanjut: "Should a baptized person receive confirmation to make him/her strong and perfect??

Pendapat saya (pribadi) adalah: Tidak.

http://www.newadvent.org/cathen/04215b.htm
Necessity

Regarding the obligation of receiving the sacrament, it is admitted that confirmation is not necessary as an indispensable means of salvation (necessitate medii).


Quote
Tapi penumpangan tangan yg dimaksud dlm konfirmasi adalah berbicara mengenai turunnya / diterimanya Kuasa Roh Kudus kan ?

Kis 8 :17
(17) Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.

Kis 19 :6
(6) Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Kis 9 :17
(17) Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan Yesus, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan Roh Kudus."

Salah satunya ya... tetapi intinya adalah Sakramen Konfirmasi menguatkan si orang yang telah dibaptis. Entah ditandai dengan wujud-wujud karunia yg kelihatan atau tidak.... itu tidak menjadi soal. [saya dan teman-teman saya ketika menerima Sakramen Krisma gak ditandai dengan hal-hal kemampuan seperti disebutkan di ayat-ayat KS tersebut]

Quote
Justru itu bro..., tidak ada yg memaksa Paulus untuk membicarakan soal baptisan saat itu..

jika Paulus mau bicara ttg Yesus sbg Pokok pohon dan jemaat sbg ranting, atau Yesus yg disalib ya silahkan saja........  kenapa tiba2 Paulus jadi bicara soal baptisan atas nama siapa...?

Masalah yg ditemui St. Paulus di jemaat Korintus (sesuai laporan dari keluargaKloe kepada St. Paulus) adalah bahwa di Jemaat Kosrintus terjadi perpecahan/friksi di antara para umat disana. Ada yg menggolongkan diri dan konco-konconya sebagai golongan Apollos, golongan Paulus, golongan Kefas, etc.

Lalu untuk menghilangkan adanya friksi semacam itu... St. Paulus memilih diksi yang menggiring kepada kesatuan jemaat. Apa itu?  Tentu saja selain Kristus dan Salib-Nya; adalah juga Baptisan. [Efesus  4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan]

Kata St. Paulus:

"Wahai Jemaat Korintus... sadarilah akan hal ini:

- Kristus gak terbagi-bagi sebagaia: Kristus Paulus, Kristus Apollos, Kristus Kefas,
- Paulus, Apollos, dan Kefas juga gak pernah disalib demi kalian wahai jemaat Korintus;
- Kalian juga gak pernah dibaptis dalam nama Paulus, atau Apollos, atau Kefas."

Quote
Apakah Paulus tidak tahu bahwa formula baptisan yg benar adalah dalam nama Allah Tritunggal ? Apakah Paulus tidak tahu bahwa Allah Tritunggal bukan hanya Yesus saja ?
Buat apa Paulus menasehati jemaat dgn cara membuat contoh formula baptisan yg "salah" ?

Formula Baptisan yang salah bagaimana???

St. Paulus sengaja mengatakan bahwa mereka tidak pernah dibaptis dalam nama Paulus (atau Apollos, atau Kefas). Dan itu benar.... karena mereka (jemaat Korintus, semuanya dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus).

Masalahnya di diskusi kita ini adalah: Anda membuat suatu penyimpulan secara sempit karena penggunaan nama dirinya sendiri oleh Paulus dalam menegur Jemaat Korintus.

Karena St. Paulus berkata:  "....  Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?" lantas Anda menyimpulkan bahwa: "St. Paulus bermaksud mengatakan kepada jemaat Korintus, bahwa mereka tidak dibaptis dalam nama Paulus, melainkan dalam nama Yesus Kristus"

Bagaimana Anda langsung berkesimpulan demikian????

Tidak dalam nama Paulus, gak berarti harus dalam nama Yesus Kristus.

Dibaptis dalam nama Amir juga adalah Tidak dalam nama Paulus,
Dibaptis dalam nama Kefas juga adalah Tidak dalam nama Paulus.

Dan tentu saja,  (ini yang benar) Dibaptis dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus juga adalah Tidak dalam nama Paulus.
====

Penggunaan kata Kristus, Salib, dan Baptisan dalam pembandingan oleh Paulus TIDAK dimaksudkan untuk mempersempit hanya antara Paulus Vs KRISTUS.

Melainkan, karena memang ketiga kata itulah yang harus diekspose jika tujuannya adalah menciptakan perdamaian dan kesatuan jemaat.

St. Paulus menggunakan "Kristus" dan "salib" ===> karena memang kedua terminologi itu adalah PEMERSATU.

Selain Kristus dan Salib ==> pemersatu lainnya adalah BAPTISAN.

====

Salam,
« Last Edit: August 15, 2013, 12:29:19 PM by Medice_curateipsum »

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #53 on: August 15, 2013, 12:51:40 PM »
Kalau memang yg dimaksud "dibaptis dalam nama Tuhan Yesus" disitu adlh "baptisan Tuhan Yesus", ya langsung saja ditulis baptisan Tuhan Yesus, seperti halnya Baptisan Yohanes, utk apa Alkitab menuliskan didalam nama ?
Pointnya begitu kan..., yg satu baptisan Yohanes, satu lagi baptisan Tuhan Yesus.

Untuk apa? Keduanya bermakna sama koq.

Frasa yang pertama justru lebih pas untuk menunjukkan sumber otritas dan perintah pelaksanaan 'jenis' Baptisan seperti itu.

Yang menjadi persoalan adalah bagaimana penafsiran sebenarnya dari frasa: "dalam nama"

Sama halnya dengan frasa: "In the name of the Law..." ===> itu tidak merujuk kepada personal name.

Quote
Kis 2:38
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kis 10:48
(48) Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Nah kalo yg ini, Petrus sdg membandingkan baptisan Tuhan Yesus dgn siapa ?

Tidak dengan siapa-siapa.

St Petrus simply berkata:

"Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, sebagaimana pernah diperintahkan oleh Yesus Kristus, untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus"

====

Setiap frasa, "dibaptis dalam nama Yesus Kristus" yang ada di KS harus dimengerti sbb: "dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, sebagaimana diperintahkan oleh Yesus Kristus".

====

Salam,

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #54 on: August 15, 2013, 02:49:51 PM »
Saya juga sependapat, koq. :grining:

Dari Link yg pernah saya berikan sebelumnya:

Confirmation is a sacrament in which the Holy Ghost is given to those already baptized in order to make them strong and perfect Christians and soldiers of Jesus Christ.

Tapi jika ditanya lebih lanjut: "Should a baptized person receive confirmation to make him/her strong and perfect??

Pendapat saya (pribadi) adalah: Tidak.

http://www.newadvent.org/cathen/04215b.htm
Necessity

Regarding the obligation of receiving the sacrament, it is admitted that confirmation is not necessary as an indispensable means of salvation (necessitate medii).

Lalu penjelasan bahwa baptis dan konfirmasi adlah 1 paket bagaimana ?
Sehingga orang2 yg dibaptis tanpa konfirmasi diberi istilah "HANYA dibaptis" ?

Salah satunya ya... tetapi intinya adalah Sakramen Konfirmasi menguatkan si orang yang telah dibaptis. Entah ditandai dengan wujud-wujud karunia yg kelihatan atau tidak.... itu tidak menjadi soal. [saya dan teman-teman saya ketika menerima Sakramen Krisma gak ditandai dengan hal-hal kemampuan seperti disebutkan di ayat-ayat KS tersebut]
Mungkin ayat yg terakhir terlewat dr perhatian anda bro. Ayat yg terakhir adlh penumpangan tangan oleh Ananias, yg saya percaya bukan merupakan konfirmasi mnurut anda, karena Ananias bukan Rasul.

Tapi begini, jika Allah tidak terikat pada suatu sakramen (konfirmasi), apalagi thdp syarat2 dr sakramen itu sendiri (harus dilayani oleh Rasul) ? Apakah tetap dikatakan bukan sebuah konfirmasi ?

- Kristus gak terbagi-bagi sebagaia: Kristus Paulus, Kristus Apollos, Kristus Kefas,
- Paulus, Apollos, dan Kefas juga gak pernah disalib demi kalian wahai jemaat Korintus;
- Kalian juga gak pernah dibaptis dalam nama Paulus, atau Apollos, atau Kefas."
Kalo dari sisi saya, dari dua kalimat pertama tsb bisa ditarik satu kaitan erat yg berhubungan dgn kalimat ketiga bro.  :D

St. Paulus sengaja mengatakan bahwa mereka tidak pernah dibaptis dalam nama Paulus (atau Apollos, atau Kefas). Dan itu benar.... karena mereka (jemaat Korintus, semuanya dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus).

Masalahnya di diskusi kita ini adalah: Anda membuat suatu penyimpulan secara sempit karena penggunaan nama dirinya sendiri oleh Paulus dalam menegur Jemaat Korintus.

Karena St. Paulus berkata:  "....  Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?" lantas Anda menyimpulkan bahwa: "St. Paulus bermaksud mengatakan kepada jemaat Korintus, bahwa mereka tidak dibaptis dalam nama Paulus, melainkan dalam nama Yesus Kristus"

Bagaimana Anda langsung berkesimpulan demikian????
Karena sblm di korintus, dlm kisah para rasul sudah ada redaksional bahwa Paulus membaptis dalam nama Yesus Kristus, dan disitu tertulis jelas dalam nama Tuhan Yesus. dimana bro tetap berpendapat bahwa itu sekedar pembanding dgn baptisan Yohanes.

Yg satu bro akui menyangkut nama, tapi yg satu lagi bro anggap sbg pembanding, padahal kedua2nya menggunakan "dalam nama".
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #55 on: August 15, 2013, 03:00:18 PM »
Untuk apa? Keduanya bermakna sama koq.

Frasa yang pertama justru lebih pas untuk menunjukkan sumber otritas dan perintah pelaksanaan 'jenis' Baptisan seperti itu.

Yang menjadi persoalan adalah bagaimana penafsiran sebenarnya dari frasa: "dalam nama"

Sama halnya dengan frasa: "In the name of the Law..." ===> itu tidak merujuk kepada personal name.

Tidak dengan siapa-siapa.

St Petrus simply berkata:

"Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, sebagaimana pernah diperintahkan oleh Yesus Kristus, untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus"

====

Setiap frasa, "dibaptis dalam nama Yesus Kristus" yang ada di KS harus dimengerti sbb: "dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, sebagaimana diperintahkan oleh Yesus Kristus".

====

Salam,
Roma 6:3
Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Kis 10:48
Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Saya melihat bahwa frase "dibaptis dalam Kristus"  dlm Roma lebih cocok dgn pemikiran bro, bahwa frase tsb tidak merefer kepada nama.

Tetapi tidak sependapat bahwa frase "dibaptis dalam nama Yesus Kristus" juga harus dibaca seperti itu.

Redaksionalnya berbeda bro.
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #56 on: August 15, 2013, 03:04:59 PM »
Kol 3 :17

(17) Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Jadi baptisan dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, yaitu didalam nama Tuhan Yesus Kristus adalah fine2 saja.
« Last Edit: August 15, 2013, 03:08:08 PM by Djo »
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #57 on: August 16, 2013, 08:14:44 AM »
Lalu penjelasan bahwa baptis dan konfirmasi adlah 1 paket bagaimana ?

Saya tidak mengerti apa yang Anda maksudkan dengan 'penjelasan' .

Saya: Pada awalnya, Sakramen baptis dan sakramen konfirmasi adalah satu paket. Sekarang terpisah. Tapi dibeberapa ritus masih tetap satu paket.

Anda: Bagaima penjelasannya?

Saya: Apanya yg harus dijelaskan?

Baptis ya Baptis; Konfirmasi ya konfirmasi.
Bahwa dulu, biasanya, keduanya dilakukan berbarengan ==> sah-sah saja.
Bahwa sekarang, dilakukan terpisah ===> has-has saja :)
Bahwa di ritus timur, sekarang, juga masih dilakukan berbarengan ==> ash-ash saja. :D

Apanya yang mesti saya jelaskan?

Quote
Sehingga orang2 yg dibaptis tanpa konfirmasi diberi istilah "HANYA dibaptis" ?

Istilah bagaimana maksud Anda?

Acts 8:16 menurut saya adalah sederhana.

Kis 8:16

"Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus."

Mari kita uji;

Interpretasi Anda.

"Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus."

- Philipus membaptis orang-orang Samaria dengan format sbb:

"Aku (Philipus) membaptis engkau dalam nama Tuhan Yesus"

====

Jika dalam nama Tuhan Yesus di ayat tersebut diinterpretasikan sbg merujuk ke format Baptisan, maka konsekuensi logisnya adalah: "HARUS ADA FORMAT BAPTISAN LAIN" supaya orang-orang Samaria beroleh Roh Kudus. [Karena hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus, alhasil mereka (orang-orang Samaria) tidak dapat menerima karunia Roh Kudus.]

"Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus."

Coba Anda renungkan==> Apa benar demikian kejadiannya????

Jika benar demikian kejadiannya, maka Rasul Petrus dan Yohanes yg diutus Gereja Yerusalem ke Tanah Samaria seharusnya membaptis mereka lagi dengan format yang lain lagi, i.e:

"Aku (Petrus atau Yohanes) membaptis engkau dalam nama Roh Kudus".

====

Salam

Ps. Mari kita selesaikan 'permasalahan' yg ini dulu... supaya satu per satu bisa clear.

Offline Djo

  • Global Moderator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Reputation Power:
  • Denominasi: kharismatik
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #58 on: August 16, 2013, 12:03:02 PM »
Saya tidak mengerti apa yang Anda maksudkan dengan 'penjelasan' .

Saya: Pada awalnya, Sakramen baptis dan sakramen konfirmasi adalah satu paket. Sekarang terpisah. Tapi dibeberapa ritus masih tetap satu paket.

Anda: Bagaima penjelasannya?

Saya: Apanya yg harus dijelaskan?

Baptis ya Baptis; Konfirmasi ya konfirmasi.
Bahwa dulu, biasanya, keduanya dilakukan berbarengan ==> sah-sah saja.
Bahwa sekarang, dilakukan terpisah ===> has-has saja :)
Bahwa di ritus timur, sekarang, juga masih dilakukan berbarengan ==> ash-ash saja. :D

Apanya yang mesti saya jelaskan?
Bahwa baptisan tanpa konfirmasi pun sah-sah saja ?
Bukan sekedar dilakukan sesaat setelah baptis, atau nanti setelah dewasa rohani, tetapi memang tidak dilakukan. Karena efeknya telah didapatkan tanpa menjalani sakramen.

Acts 8:16 menurut saya adalah sederhana.
Kis 8:16
"Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus."

Mari kita uji;

Interpretasi Anda.

"Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus."

- Philipus membaptis orang-orang Samaria dengan format sbb:

"Aku (Philipus) membaptis engkau dalam nama Tuhan Yesus"
====

Jika dalam nama Tuhan Yesus di ayat tersebut diinterpretasikan sbg merujuk ke format Baptisan, maka konsekuensi logisnya adalah: "HARUS ADA FORMAT BAPTISAN LAIN" supaya orang-orang Samaria beroleh Roh Kudus. [Karena hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus, alhasil mereka (orang-orang Samaria) tidak dapat menerima karunia Roh Kudus.]

"Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus."

Coba Anda renungkan==> Apa benar demikian kejadiannya????

Jika benar demikian kejadiannya, maka Rasul Petrus dan Yohanes yg diutus Gereja Yerusalem ke Tanah Samaria seharusnya membaptis mereka lagi dengan format yang lain lagi, i.e:

"Aku (Petrus atau Yohanes) membaptis engkau dalam nama Roh Kudus".
Tetapi Petrus ternyata tidak membaptis lagi dgn format baptisan yg lain, artinya baptisan dalam nama Tuhan Yesus yg dilakukan oleh Filipus sudah sah.

Kemudian pengertian "Roh Kudus belum turun" juga harus dimengerti sbg impartasi kuasa Roh Kudus, dan bukan pribadi Roh Kudusnya sendiri. Karena setiap orang yg percaya dan menerima Tuhan Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat, apalagi memberi diri utk dibaptis, pasti telah menerima Roh Kudus dlm hatinya.
Trust and Obey....!  Miracle is on the way !!

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Baptisan dalam nama Yesus
« Reply #59 on: August 16, 2013, 12:26:08 PM »
Quote
Kemudian pengertian "Roh Kudus belum turun" juga harus dimengerti sbg impartasi kuasa Roh Kudus, dan bukan pribadi Roh Kudusnya sendiri. Karena setiap orang yg percaya dan menerima Tuhan Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat, apalagi memberi diri utk dibaptis, pasti telah menerima Roh Kudus dlm hatinya.

Tidak selalu, bro.
Para penganut SSY juga dibaptis dengan format Bapa, Putera dan Roh Kudus, tetapi dengan pengertian dan iman berbeda.

Syalom