@Oda...
Saya punya pmahaman bgini:
Tuhan berkata: Lakukan A, jangan selain A.
Maka adalah kehendak Tuhan utk manusia melakukan A.
Oke..,
yang Tuhan perintahkan : Lakukan
A, jangan
selain APada ilustrasi mr.X bw anak ke toko mainan,
A = ambil mainan yg anak suka, KECUALI ambil pestol2an.
Tapi ini (imo) jadi membingungkan apabila mau di cari "isi" dari
selain A - nya. APA
selain A tsb ?
selain A = ???
IMO, akan bisa lebih mudah kita telusuri apabila di"rumusin" dari suatu kumpulan kolektif - terdapat yg ditidak-bolehkan. Jadi (demi utk mudahnya)
selain A itu kita sebut B.
Dengan begitu,
A =
ambil mainan
B =
ambil pestol2an.
Informatif - dimana B deskriptif.
Lakukan A, jangan lakukan B.
"AMBIL"nya tetep, namun ternyata dibatasi ---> tidak bebas.
Jadi disini ada "loop", dimana "Loop"nya :
Do A (ambil apa saja) ....
If A = B
Then .... bla3x (konsekwensi)
Else Loop
Skalipun orang itu tau bhw kehendak Tuhan adalah A
Kehendak mr.X sebagai bapak adalah : anaknya Do it (ambil)
Yang
tidak dikehendaki mr.X adalah : ambil pestol.
tp orang itu punya PILIHAN BEBAS utk melakukan A atau B atau C krn Tuhan tidak menutup peluang utk mlakukan B dan C.
IMO, Peluang (posibilitas) itu selalu ada sejak awalnya, secara manusia diciptakan ABLE TO (do) --- dengan adanya "batasan" jangan lakukan B (jangan ambil pestol), maka Do itu nggak bebas
(selama si yg diperintah mengetahui batasan B tsb ataupun informasi konsekwensinya dia tau).Maka ktika orang ini memutuskan melakukan B atau C, maka dikatakan ia memilih B dan C berdasarkan KEHENDAK BEBAS.
Apabila si anak ambil pestol2an, maka :
Di pov anak : dia meng-"ON"-kan
kehendak dirsen senangnya dia akan pestol2an. Disini, sesaat sebelum si anak memutuskan ambil pestol2an
tidak bisa dikatakan si anak merasa sedang ditawarin oleh ortunya pilihan : "mao dimarahin ato kagak ?" TETAPI si anak itu sendiri yang sedang membuat sikon : "dimarahin ato kagak ?".
Sayangnya KEHENDAK BEBASnya dilakukan dengan melanggar KEHENDAK Tuhan.
Jadi... yg masih bisa dikatakan "BEBAS" adalah yg ungu. Si anak "bebas" berbuat utk menyenangi dirinya sendiri atau kagak.
Tapi nggak bisa dikatakan : si anak "bebas" menentukan
pilihan yg ditawarkan ayahnya :
mao dimarahin atau kagak ?, karena ayahnya tidak pernah menawarkan pilihan spt itu. Dimarahin adalah konsekwensi.
Allah tidak sedang menawarkan
(memberikan pilihan) :
"mau masuk neraka ato kagak ? mao berbuat dosa ato kagak ? mao mati ato kagak ? silahkan pilih... kamu bebas menentukannya" .
Bgitulah konsepnya...
begitulah "konsep"nya odading .. hehehe
.
salam.