Author Topic: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 8483 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #45 on: October 21, 2013, 02:28:28 PM »
Quote
Dimana ada tertulis bahwa Yesus datang mendirikan Kekristenan?

Mat 16:15-18   
Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.


Yesus datang utk mdirikan Jemaat-Nya.
Jemaat siapa?
Jemaat dari Mesias, Anak Allah yg Hidup.

Apa sih terjemahan Mesias di bhs Yunani?
Kristos.
Alias Kristus.

Jemaat Kristos itu siapa?
Ya orang-orang Kristen toh.

Jadi pkataan Yesus sudah tergenapi.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #46 on: October 21, 2013, 02:30:52 PM »
Quote
Yesus membuat kerusuhan di Bait Suci dengan memutar-balikkan barang dagangan orang lain.
Apakah perbuatan ANARKIS Yesus ini pantas dilakukan?
Apakah perbuatan macam ini tidak berdosa?

Ini ayatnya :

Mat 21:12
Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati

Mar 11:15-16
Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah, mulailah Ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-Nya, dan Ia tidak memperbolehkan orang membawa barang-barang melintasi halaman Bait Allah.


Apa fungsi dari 'pelataran' Bait Allah?
(Pelataran sama dengan Halaman)

Im. 6:16
Selebihnya haruslah dimakan oleh Harun dan anak-anaknya; haruslah itu dimakan sebagai roti yang tidak beragi di suatu tempat yang kudus, haruslah mereka memakannya di pelataran Kemah Pertemuan.

Im. 6:26
Imam yang mempersembahkan korban penghapus dosa itulah yang harus memakannya; haruslah itu dimakan di suatu tempat yang kudus, di pelataran Kemah Pertemuan.

1Raj. 8:64
Pada hari itu juga raja menguduskan pertengahan pelataran yang di depan rumah Tuhan, sebab di situlah ia mempersembahkan korban bakaran, korban sajian dan segala lemak korban keselamatan, sebab mezbah tembaga yang di hadapan Tuhan itu terlalu kecil untuk memuat korban bakaran dan korban sajian dan segala lemak korban keselamatan itu.

2Taw. 6:13 --
karena Salomo telah membuat sebuah mimbar tembaga yang panjangnya lima hasta, lebarnya lima hasta dan tingginya tiga hasta, yang ditaruhnya di halaman--;ia berdiri di atasnya lalu berlutut di hadapan segenap jemaah Israel dan menadahkan tangannya ke langit.

Ezr. 10:9a
Lalu berhimpunlah semua orang laki-laki Yehuda dan Benyamin di Yerusalem dalam tiga hari itu, yakni dalam bulan kesembilan pada tanggal dua puluh bulan itu. Seluruh rakyat duduk di halaman rumah Allah.


Nah,
Pelataran / Halaman berfungsi sebagai tempat dimana umat Israel berkumpul untuk berdoa dan beribadah.
Allah menyebutnya sebagai tempat kudus dimana para imam memakan persembahan.

Jadi, dari segi peruntukan, pelataran atau halaman bukanlah tempat untuk berdagang.

Tempat itu dikuduskan untuk perkara rohani, bukan untuk perkara duniawi seperti jual-beli.

Jadi, perbuatan Yesus dibenarkan dalam standar Hukum Taurat.
Para pedagang itu sudah melanggar aturan.

Muncul kemudian pertanyaan :
Buat apa orang-orang berdagang di Bait Allah?

Apa sih yang mereka perjual-belikan?

Yoh 2:14-15
Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.
Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.


Lembu, kambing, domba dan merpati.

Hewan-hewan inilah yang biasanya digunakan untuk persembahan kepada Tuhan.

Mat. 21:13
dan berkata kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."


Kenapa Yesus menyebut mereka sebagai 'penyamun'?

Semua ada alasannya.

Im. 3:1
"Jikalau persembahannya merupakan korban keselamatan, maka jikalau yang dipersembahkannya itu dari lembu, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia membawa yang tidak bercela ke hadapan Tuhan.

Im. 4:4
Ia harus membawa lembu itu ke pintu Kemah Pertemuan, ke hadapan Tuhan, lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala lembu itu, dan menyembelih lembu itu di hadapan Tuhan.

Im. 5:11
Tetapi jikalau ia tidak mampu menyediakan dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, maka haruslah ia membawa sebagai persembahannya karena dosanya itu sepersepuluh efa tepung yang terbaik menjadi korban penghapus dosa. Tidak boleh ditaruhnya minyak dan dibubuhnya kemenyan di atasnya, karena itulah korban penghapus dosa.

Im. 5:18
Haruslah ia membawa kepada imam seekor domba jantan yang tidak bercela dari kambing domba, yang sudah dinilai, sebagai korban penebus salah. Imam itu haruslah mengadakan pendamaian bagi orang itu karena perbuatan yang tidak disengajanya dan yang tidak diketahuinya itu, sehingga ia menerima pengampunan.

Im. 17:5
Maksudnya supaya orang Israel membawa korban sembelihan mereka, yang biasa dipersembahkan mereka di padang, kepada Tuhan ke pintu Kemah Pertemuan dengan menyerahkannya kepada imam, untuk dipersembahkan kepada Tuhan sebagai korban keselamatan.


Kejadian ini berlangsung sebelum Paskah Yahudi.

Ul 16:1-2,6
"Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi Tuhan, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah Tuhan, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.
Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi Tuhan, Allahmu, di tempat yang akan dipilih Tuhan untuk membuat nama-Nya diam di sana.
Tetapi di tempat yang akan dipilih Tuhan, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, engkau harus mempersembahkan korban Paskah itu pada waktu senja, ketika matahari terbenam, bertepatan dengan saat engkau keluar dari Mesir.


Jadi, di sini berlangsung sebuah praktek yang melanggar Hukum Taurat.

Umat Israel tidak membawa persembahan ke pelataran Bait Allah pada para Imam,
Mereka membeli persembahan di pelataran Bait Allah.

Jadi, mereka tidak mempersiapkan terlebih dahulu apa yang akan mereka bawa, tetapi membeli apa adanya yang tersedia di halaman Bait Allah,
Padahal, Allah menuntut korban persembahan yang sempurna, tanpa cacat cela.

Karena itulah Yesus menyebutnya sebagai sarang penyamun, bahwa praktek yang salah telah berlangsung di Bait Allah tanpa dicegah oleh para pemuka agama (apakah para pemuka agama justru mengambil untung dari praktek ini?).

Yesus berusaha mengembalikan fungsi halaman Bait Allah pada tujuannya yang semula.

Sebagai utusan Allah saja, Yesus akan wajib melakukannya,
Apalagi bahwa Ia memang adalah Anak Allah.

Yoh. 2:16
Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan."


Kesimpulan :
1. Halaman memang bukan tempat berjualan karena tempat itu adalah kudus untuk perkara rohani,
2. Adanya praktek jual-beli mendegradasikan kesakralan ibadah persembahan korban kepada Allah.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #47 on: October 21, 2013, 02:34:48 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:29:50 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #48 on: October 21, 2013, 02:47:55 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:30:12 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #49 on: October 21, 2013, 02:50:31 PM »
Quote
Mat 15:24
Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Bukankah Yesus hanya diutus kepada Israel saja?

Setelah kebangkitanNya,
Ia berfirman :

Mat. 24:14
Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Mat. 28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.


Dari ayat itu sudah jelas bahwa Injil mengenai keselamatan dalam Yesus Kristus berlaku bagi semua bangsa.

Mengapa bisa demikian?

Perhatikan ayat di bawah :

Mat. 21:43
Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu (Israel) dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.


Jadi,
Ada dinamikanya yang dijelaskan dengan baik di ayat-ayat ini :

Rm 11:11-12
Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka (Israel), keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.
Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka.

Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #50 on: October 21, 2013, 02:52:02 PM »
Quote
Nubuat Yesus tidak tergenapi. Ia menjanjikan sudah akan datang sebelum murid-muridNya selesai mengunjungi kota-kota Israel (Mat 10:23).

Ayat di atas telah disalahpahami oleh pembaca karena ketidakmengertian thd konteksnya.

Mat 10:23   
Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Mat 11:1   
Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.


Ayat di atas paralel dengan :

Luk 9:1-6   
Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit.
Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang,
kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.
Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ.
Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka."
Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Luk 9:10   
Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia.


Srangkaian ayat di atas menerangkan kejadian yg sama.

Sperti bisa dilihat,
Ayat di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedatangan Yesus yg kedua (kiamat).

Karna setelah para rasul diutus ke kota-kota, para rasul dan Yesus kmudian berkumpul kembali dan para rasul menceritakan apa saja yang telah mereka kerjakan.

Jd maksudnya adl :
Yesus dan para rasul (dlm kelompok kecil) masing-masing mengambil jalan yang berbeda utk melayani berbagai kota.
Sebelum para rasul selesai mengunjungi kota-kota Israel yg mreka tuju, Yesus sudah datang.
Kemana?
Ke tempat dimana Yesus mengucapkan firman tersebut (firman pengutusan).
Dsanalah mreka akan kumpul kembali.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #51 on: October 21, 2013, 02:54:52 PM »
Quote
Nubuat Yesus tidak terjadi. Yesus mengatakan bahwa ada muridNya yang tidak akan mati sebelum kedatanganNya kedua (Mat 16:28, Mrk 9:1).

Ayat ini juga telah disalah-mengerti karena kurang memahami konteksnya.

Mat 16:28   
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

Mrk 9:1   
Kata-Nya lagi kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat bahwa Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa."


Kapan Anak Manusia datang sbg Raja dalam KerajaanNya?
Kapan Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa?

Apakah pada saat kelak kiamat?
Bukan.

Dlm Kekristenan,
Yesus datang sbg Raja dlm KerajaanNya setelah Ia dibangkitkan.
Kerajaan Allah datang dengan kuasa pada saat Pentakosta.

Klop.

11 murid masih hidup saat kebangkitan Yesus dan Pentakosta.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #52 on: October 30, 2013, 01:38:07 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:30:31 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #53 on: October 30, 2013, 01:39:40 PM »
Quote
Yesus juga berbohong kepada para pengikutnya bahwa di antara mereka akan ada orang yang bersama-sama dengan Yesus memerintah dan menghakimi kedua belas suku Israel. Ternyata, baik Yesus maupun pengikutnya, tidak pernah memerintah dan menghakimi kedua belas suku Israel (Mat 19:28)

Mat 19:28
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.


Perhatikan baik-baik ayatnya.
Perhatikan baik-baik yang saya bold.

Yap.
Pada waktu penciptaan kembali.
Saat ini belum tiba waktunya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #54 on: October 30, 2013, 01:41:21 PM »
Quote
Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?
Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama "Yesus" kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama "Yesus" pada anak yang akan dilahirkannaya.

Lukas juga mbritahukan kok bhw Malaikat juga datang kpd Maria.

Luk 2:21   
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.


Lukas mbritahu bhw Yusuf mndapat mimpi ttg nama Yesus stelah Maria mngandung.
Lukas juga mbritahu bhw sbelum Maria mngandung, malaikat telah datang pd Maria.

Jd Bapa mbritahukan nama 'Yesus' pada Yusuf dan Maria.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #55 on: October 30, 2013, 01:42:29 PM »
Quote
Masa Kecil Yesus.
Menurut Matius 2:1-15, sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati. Tetapi menurut Lukas 2:6-46, sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem kemudian ke Nazareth dan tinggal di sana selama 12 tahun.
Menurut matius Yesus langsung dibawa ke mesir !!, sedangkan menurut Lukas dibawa ke Yerusalem !!Mesir n yerusalem Jauh Bozz..

Marilah kita bahas dg teliti.

Mat 2:1   
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."
Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.
Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia."
Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.
Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.
Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."
Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."

Luk 2:6-7,15-16,21-24,39-40   
Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,
dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.
Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."
Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.
Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,
seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: "Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah",
dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati.
Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.
Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.


Marilah kita membahas tanpa asumsi-asumsi.

Kita tau bahwa :
1. Yesus lahir di Betlehem.
2. Yesus lahir di kandang hewan dan dbaringkan di Palungan.
3. Gembala2 datang ke kandang utk mnemui Yesus.
4. Setelah 8 hari, Yesus dsunat (tidak ada keterangan dimana disunatnya. Ttp sunat tidak perlu dlakukan di Yerusalem).
5. Di usia 40 hari Yesus dbawa ke Yerusalem utk pentahiran.

6. Orang Majus datang ke Yerusalem setelah Yesus dilahirkan.
Jadi, orang Majus tidak datang ketika Maria mengandung, ttp orang Majus baru beranjak ke Yerusalem ketika Yesus sudah dilahirkan.
Brapa hari setelah Yesus lahir mreka tiba di Yerusalem?
Tidak djelaskan.

7. Dari Yerusalem, orang Majus beranjak pergi ke Betlehem.
Ttapi mereka diarahkan oleh bintang ke tempat dmana Yesus berada (tidak dsebutkan di Betlehem).

Logikanya pd saat mreka sampai di Yerusalem, Yesus pasti sudah mninggalkan Betlehem krn kediaman Yusuf bukan di Betlehem, mlainkan di Nazaret dan rumah pnginapan di Betlehem sudah penuh.

Durasi dari mulai brangkat dari Yerusalem hingga tiba di tempat Yesus berada tidak dsebutkan.

8. Matius menulis bahwa orang Majus menjumpai Yesus di rumah, bukan di kandang.
Shg sangat layak bahwa orang Majus btemu Yesus di Nazaret (bukan di kandang Betlehem).

9. Setelah Herodes tau ttg klahiran Yesus, ia menyuruh mbunuh anak-anak usia 2 tahun ke bawah di wilayah Betlehem dan sekitarnya.

Mengapa mematok usia 2 tahun?
Mengapa tidak 1 tahun?
Ada kmungkinan durasi waktu yg lama antara hari lahirnya Yesus dg hari orang Majus tiba di Yerusalem.

Mengapa Betlehem dan sekitarnya?
Mengapa bukan Betlehem saja?
Ada kmungkinan karna waktu yg lama, maka Yesus sudah dibawa keluar Betlehem.

Jadi,
Kronologinya adl :
Yusuf mbawa Yesus ke Yerusalem pada usia 40 hari, kmudian kembali ke Nazaret krn pd waktu itu, Herodes belum tau ttg klahiran Yesus.

Kuncinya adl kapan orang Majus tiba di Yerusalem dan kapan mreka tiba di Nazaret.
Karna jaman dulu ngga ada motor, maka perjalanannya bisa sangat lama.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #56 on: October 30, 2013, 01:44:17 PM »
Quote
Yesus mengatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah Elia, tetapi menurut Yohanes Pembaptis sendiri, ia bukanlah Elia sebagaimana dinyatakan dalam ayat2 Yohanes 1:19-21.

Jadi siapa yg benar?

Yoh 1:19-21.
 Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"
Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: "Aku bukan Mesias."
Lalu mereka bertanya kepadanya: "Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?" Dan ia menjawab: "Bukan!" "Engkaukah nabi yang akan datang?" Dan ia menjawab: "Bukan!"


Ayat di atas tdk mbuktikan apa-apa.

Itu spt btanya pd saya :
'Apakah kamu Moe'?

Saya akan jawab :
'Bukan'.

Saya 'Siip', bukan 'Moe'.

-----

Simak jawaban Yohanes slanjutnya :

Yoh 1:23-34   
Jawabnya: "Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya."
Dan di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi.
Mereka bertanya kepadanya, katanya: "Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?"
Yohanes menjawab mereka, katanya: "Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal,
yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak."
Hal itu terjadi di Betania yang di seberang sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis.
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."


Marilah kita sambungkan dg nubuat PL (yg dkutip Yohanes Pbaptis) :

Mengenai suara berseru-seru di padang gurun :

Yes 40:3-14   
Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!
Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;
maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, Tuhan sendiri telah mengatakannya."
Ada suara yang berkata: "Berserulah!" Jawabku: "Apakah yang harus kuserukan?" "Seluruh umat manusia adalah seperti rumput dan semua semaraknya seperti bunga di padang.
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila Tuhan menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput.
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya."
Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: "Lihat, itu Allahmu!"
Lihat, itu Tuhan Allah, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.
Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.
Siapa yang menakar air laut dengan lekuk tangannya dan mengukur langit dengan jengkal, menyukat debu tanah dengan takaran, menimbang gunung-gunung dengan dacing, atau bukit-bukit dengan neraca?
Siapa yang dapat mengatur Roh Tuhan atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat?
Kepada siapa Tuhan meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar Tuhan untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Dia pengetahuan dan memberi Dia petunjuk supaya Ia bertindak dengan pengertian?


Pas.
Yohanes datang utk menunjukkan pada orang Israel bahwa Tuhan telah datang.
Tuhan itu adalah Yesus Kristus.

Persis sama spt tugas 'Elia yang akan datang'.

------

Lagipula Yesus menyatakan :

Mat 11:14-15   
dan--jika kamu mau menerimanya--ialah Elia yang akan datang itu.
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!


Artinya,
Yohanes tidak perlu mengaku bahwa dirinya adl Elia (toh namanya adl Yohanes, bukan Elia),
Ttp orang-orang yg menerimanya akan mengakui bahwa Yohanes adl Elia, dlm artian diutus oleh Tuhan sama sbagaimana Tuhan pernah mngutus Elia.

Ngga perlu ngaku-ngaku utk mdpt pngakuan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #57 on: October 30, 2013, 01:48:29 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:30:52 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #58 on: October 30, 2013, 01:50:35 PM »
Quote
Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam perjalanan ?
a. Ya, boleh ! (Markus 6: 7-9).
b. Tidak, tidak boleh!! (Matius 10: 9- 1 0, Lukas 9: 1-3).

Mrk 6: 8
dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan,

Mat 10:10   
Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

Luk 9:3   
kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.


Bolehkah membawa kasut?
Tidak boleh.
Tapi tentu saja para rasul harus memakai kasut.

Bolehkah membawa baju?
Tidak boleh.
Tapi tentu saja para rasul harus memakai baju.

Bolehkah membawa tongkat?
Tidak.
Tapi bagi yang butuh memakai tongkat,
Silakan gunakan sesuai keperluan.

Para rasul pada waktu itu masih berusia muda shg pada dasarnya tidak butuh membawa tongkat. Itulah mengapa Yesus katakan bahwa mreka tidak perlu membawanya.
Tongkat hanya boleh digunakan apabila sangat diperlukan.

Kata2 yg digunakan di dalam Markus 6:8 dlm terjemahan literal mengindikasikan bahwa ijin membawa tongkat bukanlah keharusan ttp hanya apabila dibutuhkan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #59 on: October 30, 2013, 01:52:01 PM »
Quote
Jam berapa Yesus disalibkan?
a. Jam sembilan (Markus 15:25)
b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19:14)

Markus 15:25,
"Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan."

Yohanes 19:14,
"Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: 'Inilah rajamu!'"


Untuk memahami ini,
Kita perlu melihat translit dari bhs Yunaninya.

Mrk 15:25
Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan.


ên (waktu itu) de (adapun) hôra (jam) tritê (ketiga) kai (dan) estaurôsan (mereka menyalibkan) auton (Dia)

Jd dari translit bhs Yunani,
Kita temukan kata 'jam ketiga' (LAI mnerjemahkannya jam sembilan).

Yoh 19:14
Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!"


ên (waktu itu) de (adapun) paraskeuê (hari persiapan) tou paskha (paskah) hôra (jam) de (adalah) hôsei (kira-kira) hektê (ke-enam) kai (dan/lalu) legei (ia berkata) tois ioudaiois (kepada orang-orang Yahudi) ide (inilah) ho basileus (Raja) humôn (kalian)

Dari translit bhs Yunani kita temukan kata :
Jam keenam (LAI mnerjemahkannya jam dua belas).

Bgaimana kita mhubungkan antara 'jam ketiga' dengan 'jam keenam'?

-------

Orang Yahudi menghitung hari selama 12 jam dan malam selama 12 jam (dibagi menjadi 4 bagian jam malam).
Hari dimulai sejak matahari terbit, sedangkan malam dimulai sejak matahari terbenam.

Jam ke- 1, jam 07:00 pagi
Jam ke- 2, jam 08:00 pagi
Jam ke- 3, jam 09:00 pagi
Jam ke- 4, jam 10:00 pagi
Jam ke- 5, jam 11:00 pagi
Jam ke- 6, jam 12:00 siang
Jam ke- 7, jam 13:00 siang
Jam ke- 8, jam 14:00 siang
Jam ke- 9, jam 15:00 sore
Jam ke-10, jam 16:00 sore
Jam ke-11, jam 17:00 sore

Matius, Markus, dan Lukas menggunakan perhitungan Yahudi,
Sedangkan Yohanes menggunakan perhitungan Romawi.

--------

Pd saat Yohanes menulis 'jam keenam',
Yg dmaksud Yohanes adalah jam 6 sbagaimana jam Romawi.

Sdangkan Matius, Markus dan Lukas menggunakan 'jam ketiga' menurut perhitungan waktu Yahudi,
Yakni jam 9 pagi (mnrt waktu Romawi).

--------

Jd dg mengetahui perbedaan standar waktu yg dgunakan,
Maka Yohanes mngatakan bhw Yesus dserahkan Pilatus pada jam 6 (waktu Romawi), lalu Matius, Markus dan Lukas berkata bhw Yesus dsalibkan pd jam ketiga (jam 9 pagi waktu Romawi).

Jika diselidiki lebih lanjut Injil Yohanes, maka orang akan mengetahui bahwa Injil itu ditujukan kepada pembaca Romawi, oleh karena itu Yohanes menggunakan perhitungan waktu Romawi.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)