Author Topic: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 7949 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #60 on: October 30, 2013, 01:54:04 PM »
Quote
Apakah yang Yudas lakukan dengan uang 30 keping perak?
a. Melemparkannya pada para imam (Mat 27:5)
b. Membeli tanah (Kis 1:18)

Quote
Siapakah yang membeli Tanah Darah?
a. Para imam (Mat 27:7)
b. Yudas (Kis 1:18)

Quote
Dengan cara apakah Yudas mati?
a. Gantung diri (Mat 27:5)
b. Jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah (Kis 1:18)

Quote
Mengapa Tanah Tukang Periuk disebut Tanah Darah?
a. Karena dibeli dg uang darah (Mat 27:7-8)
b. Karena Yudas mati disana (Kis 1:19)

Mat 27:3-8
Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,
dan berkata: "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah." Tetapi jawab mereka: "Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!"
Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.
Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah."
Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.
Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.

Kis 1:18-19
--Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.
Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri "Hakal-Dama", artinya Tanah Darah--.


Mana yg benar?
Dua-duanya benar.

Alkitab tidak memberikan kita narasi lengkap thd proses kematian Yudas.
Namun beberapa fakta dkemukakan Alkitab utk kita jadikan panduan.

1. Uang yg dikembalikan Yudas adl uang hasil menjual manusia.

Uang itu tidaklah halal utk dgunakan oleh para imam.
Karena itu, para imam memutuskan utk membeli tanah tukang periuk.
Para imam membeli tanah tsb atas nama Yudas krn itu adl uang Yudas.

2. Kata 'membeli' di Kis 1:18 bisa berarti :
'Memiliki'
'Mendapat'
'Memperoleh'

Kis 1:18 tidak perlu diartikan bhw Yudas secara aktif membeli, tp bisa juga Yudas membeli scr tidak langsung shg ia adl pemilik yg sah.

Dalam hal ini, tanah tukang periuk dibeli oleh para imam atas nama Yudas shg Yudas-lah pemilik sah tanah tsb.

3. Dkatakan dlm Kis 1:18 bhw Yudas jatuh tertelungkup dengan perut terbelah.

Jatuh itu pasti dari atas.
Tradisi mengatakan bhw Yudas menggantung diri di pinggiran tebing di lembah Hinom, kmudian jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah.

4. Mengapa para imam membeli tanah tukang periuk?
Apakah para imam membeli tanah tsb atas alasan investasi ataukah para imam memang berniat membuat pekuburan?

Uang 30 keping perak adl uang haram shg mustahil uangnya dgunakan para imam utk berinvestasi.
Juga tidak masuk akal membeli tanah tukang periuk utk tujuan pekuburan.
Sebelum menjadi pekuburan, tanah tukang periuk mjd tempat para tukang periuk utk mengambil tanah.
Krn itu, mengambil tanah tsb utk djadikan pekuburan akan mnutup rejeki pada tukang periuk.

Lalu apa alasannya tanah tukang periuk djadikan pekuburan?
Krn Yudas mati disana.

Yudas menggantung diri di suatu tempat di lembah Hinom.
Krn Yudas gantung diri dan mati dsana, maka tanah tsb mjd najis.
Para tukang periuk tidak akan menggunakannya lagi shg para imam membelinya atas nama Yudas (yg mati dsana) dan mjadikannya tempat pekuburan orang asing.

---------

Ksimpulan :

Setelah Yudas melempar uang 30 keping perak di Bait Allah,
Maka Yudas pergi ke suatu tempat di lembah Hinom dan menggantung diri.
Yudas jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah keluar (ada wilayah di lembah Hinom yg agak berbukit).

Setelah tanah itu najis, maka para imam berunding dan membelinya dengan uang 30 keping perak milik Yudas,
Shg Yudas adl pemilik (pembeli tak langsung) dr tanah tsb.

Krn Yudas mati dsana dan tanahnya dbeli dg uang darah,
Maka tanah itu dnamakan 'Tanah Darah'.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #61 on: October 30, 2013, 01:55:54 PM »
Quote
Manakah yang benar?
a. Kedua penyamun tetap mengolok-olok Yesus (Mat 27:44)
b. Salah satu penyamun bertobat (Luk 23:39-43)

Mat 27:44
Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga.

Luk 23:39-43
Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


Untuk memahami ayat ini,
Kita perlu melihat konteks waktu yg djelaskan oleh Matius dan Lukas.

Kita tau bhw Yesus dsalibkan pd jam 9 pagi.

Perhatikan konteks waktu dari Matius :

Mat 27:35-44
Sesudah menyalibkan Dia mereka membagi-bagi pakaian-Nya dengan membuang undi.
Lalu mereka duduk di situ menjaga Dia.
Dan di atas kepala-Nya terpasang tulisan yang menyebut alasan mengapa Ia dihukum: "Inilah Yesus Raja orang Yahudi."
Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya.
Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala,
mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!"
Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata:
"Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya.
Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah."
Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga.


Segera setelah Yesus dsalibkan (jam 9),
Para prajurit, para imam dan orang-orang yg lewat mengolok serta mencelaNya.
Demikian juga tentunya kedua penyamun ikut menghinaNya.

Maka konteks waktu Matius adl segera setelah Yesus dsalibkan,
Kedua penyamun menghinaNya.

---------

Mari kita phatikan konteks waktu Lukas.

Luk 23:40-44
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."
Ketika itu hari sudah kira-kira jam dua belas, lalu kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga,


Simak kata yg di-bold.

Dialog pertobatan dari salah satu penyamun dengan Yesus terjadi kapan?
Terjadi pada kira-kira jam 12 siang.

--------

Ada jeda waktu yg panjang antara jam 9 hingga jam 12.
Banyak hal bisa terjadi selama rentang 3 jam tsb.

Pada awalnya,
Kedua penyamun menghina Yesus.

Tapi pada kira-kira jam 12 siang,
Salah satu penyamun bertobat dan berbalik percaya pd Yesus.

Matius, Markus dan Yohanes tidak mengatakan bhw hingga jam 12 maupun selewat jam 12 kedua penyamun tetap menghina Yesus,
Shg apa yg dtulis Lukas tidak kontradiktif thd tulisan Injil lainnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #62 on: October 31, 2013, 10:27:44 AM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:31:22 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #63 on: October 31, 2013, 10:29:26 AM »
Quote
Mana yang benar?
a. Perwira sendiri yang datang berbicara kpd Yesus memohon kesembuhan bagi hambanya (Luk 7:1-10)
b. Perwira mengutus tua-tua Yahudi dan sahabat-sabahatnya berbicara kpd Yesus memohon kesembuhan bagi hambanya (Mat 8:5-13)

Mat 8:5-13
Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:
"Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita."
Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya."
Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

Luk 7:1-10
Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah Ia ke Kapernaum.
Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati.
Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya.
Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong,
sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami."
Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: "Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku;
sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.


--------

Untuk memahami ini,
Kita perlu melihat sebuah konteks :

Luk 7:9-10
Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.


Coba kita bandingkan dengan :

Mat 8:13
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.


Apakah kita bisa menangkap dinamikanya?

Di dalam Kitab Lukas,
Para sahabat itu datang pd Yesus,
Lalu diminta Yesus utk kembali ke tempat si perwira.
Setelah mreka pulang,
Mreka temukan bhw si hamba sudah sembuh.

Pertanyaannya,
Kapan persisnya Yesus mnyembuhkan si hamba?

Kitab Matius-lah yg mjelaskannya.

Mat 8:13
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.


Hamba itu sembuh pd saat Yesus berbicara kpd si perwira dan hal itu tjd pd saat para sahabat sedang menuju pulang ke rumah si perwira.

Klop bukan?

--------

Kesimpulan :

Perwira itu memohon para tua-tua utk datang btemu Yesus agar menyembuhkan hambanya.
Yesus menyanggupi dan datang ke rumah si perwira.

Perwira itu kemudian mengutus para sahabatnya utk memohon agar Yesus tidak perlu repot datang sampai rumahnya,
Mlainkan cukup bersabda saja dari kejauhan.

Di saat ini Yesus meminta para sahabat perwira itu untuk kembali ke rumah si perwira.
Yesus pd waktu ini belum mengucapkan kata-kata penyembuhan mlainkan mngucapkan pujian atas iman si perwira.

Tampaknya disini Yesus tetap berusaha menuju rumah si perwira utk bertemu langsung dengannya.
Hal ini wajar krn si perwira telah mnunjukkan iman yang besar.

Kmudian si perwira itu sendiri datang menjumpai Yesus dan mengucapkan permohonan agar Yesus cukup berfirman dari jauh.

Di sini Yesus kembali (utk kedua kalinya) memuji iman si perwira dengan menambahkan :

Mat 8:11-12
Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.


Setelah bertemu langsung dengan si perwira, maka Yesus mengucapkan kata kesembuhan dan seketika itu juga hambanya sembuh.

Para sahabat yg sudah kembali pulang menemukan hamba si perwira telah sembuh.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #64 on: October 31, 2013, 10:31:03 AM »
Quote
Manakah silsilah yang benar?
a. Silsilah Matius yg mnyatakan bhw Yusuf adl anah Yakub (Mat 1:16)
b. Silsilah Lukas yg mnyatakan bhw Yusuf adl anak Eli (Luk 3:23)

Mat 1:16
Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

Luk 3:23
Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli


Dua-duanya benar.

Mari kita melihat rujukan dari Talmud.

Quote
Chagiga, fol. 77. 4.
(Chagiga/ Hagigah termasuk salah satu 'MASEKHTOT' atau traktat dalam Talmud)

By the horrible malice, in the words, you may know who is meant: however, this we gain by it, that by their own confession, Mary is the daughter of Eli; which accords with this genealogy of the evangelist, who traces it from Mary, under her husband Joseph; though she is not mentioned, because of a rule with the Jews.

Maria adl putri dari Eli.

Artinya,
Yusuf adl anak menantu dari Eli.

Anak menantu dapat dianggap sama spt anak sendiri.

-------

Silsilah Matius diangkat dari garis Yusuf (ayah Yesus),
Sdangkan silsilah Lukas diangkat dari garis Maria (ibu Yesus).

Scr konsisten,
Lukas tidak menuliskan nama 'Maria' sebab silsilah Yahudi selalu dimulai dari laki-laki.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #65 on: October 31, 2013, 10:31:45 AM »
Quote
Keturunan dari manakah Yesus itu?
a. Dari Salomo bin Daud (Mat 1:6)
b. Dari Natan bin Daud (Luk 3:31)

Mat 1:6
Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria

Luk 3:31
anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud


Keduanya benar.

Yusuf adalah keturunan Daud dari garis Salomo bin Daud,
Maria adalah keturunan Daud dari garis Natan bin Daud.

Secara hukum Yesus adl keturunan Daud,
Secara biologis Yesus juga adl keturunan Daud.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #66 on: October 31, 2013, 10:33:12 AM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:31:41 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #67 on: October 31, 2013, 10:37:27 AM »
Quote
Apakah Yesus sama dengan Lucifer berdasarkan hubungan kedua ayat ini?
a. Bintang Timur adalah Lucifer (Yes 14:12)
b. Yesus adalah Bintang Timur (Why 22:16)

Yes 14:12
"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar (bahasa Ibrani = Heylel ben Shakhar), engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Why 22:16
"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."


Kedua ayat tsb sama-sama memasukkan kata 'Bintang Timur'.
Apakah dg dmikian Yesus sama dengan Iblis?

Pertanyaan ini harus dibahas dlm kerangka 'konteks'.

--------

Beberapa kalangan gereja menafsirkan Iblis sbg mantan malaikat bernama Lucifer.
Dari manakah tafsiran ini muncul?

Dari beberapa versi Alkitab diantaranya King James Version.
Mari kita tengok ayatnya :

Isa 14:16 (KJV)
How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!


Jerome dlm Vulgate (utk Yes 14:16) menerjemahkan Heylel (bahasa Ibrani) menjadi Lucifer (bahasa Latin).

Heylel (bahasa Ibrani) memiliki bbrp arti,
Kata 'Heylel' itu originate dari 'Halal' yg berarti 'Terpuji' atau 'Bersinar' atau 'Mulia'.
Tetapi makna yg sesuai dengan konteks Yes 14:16 adalah 'Terang' atau 'Bersinar'.

Sdangkan 'Lucifer' (bahasa Latin) memiliki arti 'Pembawa Terang'.

Nah,
Heylel dan Lucifer dapat dikatakan mempunyai arti yg sepadan,
Yaitu sbg benda yg membawa terang.

Dlm Yes 14:16,
Dkatakan bhw yg jatuh ke bumi adl 'Heylel ben Shakhar',
Yg artinya 'Terang putera Fajar'.

Dlm konteks astronomi,
Terang yg mendahului fajar adl Bintang Timur (yg kita kenal sbg Planet Venus).

Maka LAI menerjemahkan 'Heylel' itu sbg Bintang Timur.

--------

Nah,
Dlm konteks harafiah,
Apakah 'bintang timur' sudah pasti sama dg 'Iblis'?

Jika saya memandang ke angkasa, lalu melihat 'bintang timur' (planet Venus),
Apakah dg bgitu saya sedang melihat Iblis?

Tentu tidak.

Jika saya menyanyi tentang 'bintang kejora' (sbutan lain dari 'bintang timur'),
Maka saya sedang menyanyi tentang kemuliaan Iblis?

Tentu tidak.

--------

Dalam memaknai sesuatu,
Kita perlu melihat konteksnya.

Tidak semua 'heylel' dapat ditafsirkan sbg 'Iblis'.
Tidak semua 'lucifer' serta-merta berarti 'Iblis'.

Kata 'heylel ben shakhar' hanyalah simbolik saja.
Simbol itu berarti kemuliaan dari Iblis itu ibarat bintang timur yang mendahului fajar.

Tp Bintang Timur alias Planet Venus itu tentu bukan Iblis.
Iblis adl roh sdangkan Bintang Timur adl planet di tata surya kita.

--------

Kata 'Helyel' dan 'Lucifer' pun tidak selalu berarti (menunjuk) kpd Iblis.

Hak 12:13
Sesudah dia, maka Abdon bin Hilel (bahasa Ibrani = Hiylel yg juga originate dr kata 'Halal' yg berarti 'Terpuji'), orang Piraton, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.


Dg melihat bhw kata 'Hilel' di atas sepadang dg kata 'Halal' yg juga adl pembentuk 'Heylel',
Maka apakah kita bs mnyimpulkan bhw Abdon adl anak dari Iblis (semata krn kesepadanan Hillel - Halal - Heylel)?

Tentu tidak.
Konteksnya beda.

Contoh lain :

Ayub 11:17
Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari


Terjemahan Latin :

et quasi meridianus fulgor consurget tibi ad vesperam et cum te consumptum putaveris orieris ut lucifer

Jika kata 'Lucifer' harus selalu merujuk pd 'Iblis',
Apakah dg bgitu Ayub 11:17 menyumpahi agar kehidupan orang benar utk mjd sama nasibnya spt Iblis?

Tentu tidak.
Konteksnya beda.

--------

Demikian juga ketika Yesus bkata bhw DiriNya adl Bintang Timur,
Konteksnya beda dg ucapan di Yes 14:16.

Apakah konteks dari ucapan Yesus itu?

Mari kita lihat apa kata Matius :

Mat 2:2,9
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." 
Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.


Saat para majus datang menyembah Yesus,
Mreka melihat bintang di timur yang menuntun mreka ke tempat Yesus berada.

Bintang itulah yg mjd konteks ucapan Yesus mengenai DiriNya.
Apakah bintang ini adl planet Venus?

Tentu bukan.

Bintang itu bukanlah planet Venus yg dlihat stiap pagi.
Bintang itu bgitu unik, berbeda dan menonjol shg para Majus dapat menyimpulkan bhw bintang itu adl tanda kelahiran Raja Israel.

Demikian juga Bintang Timur ini bukan 'Heylel ben Shakhar' dlm Yes 14:16.

--------

Yesus bukanlah bintang timur yang dipecahkan dan jatuh ke bumi.
Yesus adalah bintang di timur yang menjadi tanda kedatangan Raja Kemuliaan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #68 on: October 31, 2013, 10:38:50 AM »
Quote
Siapakah Imam Besar pd saat Daud masuk Rumah Allah dan memakan roti sajian?
a. Ahimelekh (1 Sam 21:1-2)
b. Abyatar (Mrk 2:26 - menurut penuturan Yesus)

Mrk. 2:26
bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu--yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam--dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya?

1 Sam 21:1-2
Sampailah Daud ke Nob kepada Ahimelekh, imam itu. Dengan gemetar Ahimelekh pergi menemui Daud dan berkata kepadanya: "Mengapa engkau seorang diri dan tidak ada orang bersama-sama dengan engkau?"
Jawab Daud kepada imam Ahimelekh: "Raja menugaskan sesuatu kepadaku, katanya kepadaku: Siapa pun juga tidak boleh mengetahui sesuatu dari hal yang kusuruh kepadamu dan yang kutugaskan kepadamu ini. Sebab itu orang-orangku telah kusuruh pergi ke suatu tempat.


--------

Mari kita lihat lagi dengan teliti apa kata 1 Sam 21:1

Sampailah Daud ke Nob kepada Ahimelekh, imam itu. Dengan gemetar Ahimelekh pergi menemui Daud dan berkata kepadanya: "Mengapa engkau seorang diri dan tidak ada orang bersama-sama dengan engkau?

Siapakah Ahimelekh itu?
Ternyata 1 Sam 21:1 menuliskan bhw Ahimelekh adalah Imam.

Kita tau bhw dalam struktur agama Yahudi,
Imam Besar memegang kekuasaan tertinggi sedangkan Imam berada di bawah Imam Besar.

-------

Pertanyaannya :
Bisakah Abyatar menjadi Imam Besar sedangkan Ahimelekh (ayahnya) masih hidup?

Sangat bisa.

Bila seorang Imam Besar masih hidup namun sudah tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai Imam Besar,
Maka anaknya / pewarisnya yang akan bertindak sebagai Imam Besar.

Dalam peraturan Yahudi,
Apabila seorang anak Imam Besar menjadi deputy dari Imam Besar (melaksanakan tugas Imam Besar),
Maka si anak itu juga akan disebut Imam Besar.

Quote
Quote

    “the son of an high priest, who is deputed by his father in his stead, הרי כהן גדול אמור, “lo! he is called an high priest”.”
    Siphra, fol. 17. 2. apud Kidder’s Demonstration of the Messiah, par. 2. p. 73.


Jadi sangat mungkin pd waktu itu Abyatar telah memegang tugas-tugas Imam Besar ketika ayahnya Ahimelekh masih hidup sehingga Abyatar juga menjabat Imam Besar.

--------

Praktek serupa terjadi di jaman Yesus :

Yoh. 18:13
Lalu mereka membawa-Nya mula-mula kepada Hanas, karena Hanas adalah mertua Kayafas, yang pada tahun itu menjadi Imam Besar


Jadi pd waktu itu Kayafas yang menjadi Imam Besar,
Tp Hanas (mertua Kayafas) masih hidup dan Hanas adalah mantan Imam Besar.

Walau Kayafas secara de jure adl Imam Besar,
Namun kewibawaan Hanas sebagai mantan Imam Besar belumlah pudar.

Dlm peradilan thd Yesus,
Yesus dbawa terlebih dahulu kpd Hanas, baru kepada Kayafas.

Jadi bukan mustahil bahwa seorang anak menjadi Imam Besar pd saat ayahnya masih hidup,

Apa yg dtulis di Kitab Markus justru menjelaskan pd kita bahwa Abyatar telah menjalankan tugas sbg Imam Besar dan menjadi Imam Besar saat Ahimelekh masih hidup.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #69 on: October 31, 2013, 10:43:31 AM »
Quote
Kapankah Yesus bangkit?
a. Pada hari ketiga (Mat 16:21)
b. Sesudah tiga hari (Mrk 8:31)
c. Sesudah tiga hari tiga malam (Mat 12:40)

Ayat yg mngatakan 'pada hari ketiga' :

Mat. 16:21   
Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Mat. 17:23   
dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan." Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.

Mat. 20:19   
Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."

Luk. 9:22   
Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Luk. 18:33   
dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit."

Luk. 24:7   
yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."


Ayat yg mngatakan 'sesudah tiga hari' :

Mrk. 8:31   
Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.

Mrk. 9:31   
sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit."

Mrk. 10:34   
dan Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit."


Ayat yg mngatakan 'tiga hari tiga malam' :

Mat. 12:40   
Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.


-------

Tidak ada masalah antara bangkit sesudah tiga hari dengan mati selama tiga hari tiga malam karena kedua pernyataan tsb saling menunjang.

Dg kata lain,
Karena Yesus mati selama tiga hari tiga malam, maka Ia bangkit sesudah tiga hari.

Yang jadi psoalan adl adanya pnyataan Yesus bahwa Ia akan bangkit pada hari ketiga.
Sekilas terkesanlah suatu kontradiksi antara 'pada hari ketiga' dengan 'sesudah tiga hari'.

--------

Menarik sekali jika kita melihat pada Injil Matius dimana ketiga ukuran waktu tsb dgunakan dlm 1 kitab yg sama.

Mari kita simak ayat-ayat ini :

Mat. 20:19   
Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.

Mat. 12:40   
Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.


Kita lihat bhw di satu ksempatan Yesus berkata bhw Ia akan ada di rahim bumi selama tiga hari tiga malam,
Namun di ksempatan lain Yesus berkata bhw Ia akan bangkit pada hari ketiga.

Apakah Yesus keliru dan alpa?

Marilah kita perhatikan dg seksama ayat ini (yg juga ada di Injil Matius) :

Mat 27:62-64   
Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus,
dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.

Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."


Nah loh!!!

Coba kita telaah dg hati-hati apa yg dsampaikan para imam kpd Pilatus.

Para imam membuka topik dg mngatakan :
Yesus berkata bhw Ia akan bangkit sesudah tiga hari.

Tp kmdn para imam berkata lagi :
Jagalah kubur Yesus sampai hari yang ketiga.

Knp bisa bgini?
Apakah para imam bodoh dan Pilatus juga bodoh?

Tentu tidak.

Lalu mengapa para imam memperingatkan Paulus bhw Yesus akan bangkit sesudah tiga hari namun meminta Pilatus menjaga kubur itu hanya sampai hari ketiga.

Bukankah akan lebih logis bila para imam meminta Pilatus menjaga kubur Yesus sampai hari keempat (sesudah tiga hari sesuai janji kebangkitan Yesus)?

Fenomena apakah ini?

--------akan lanjut-----
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #70 on: October 31, 2013, 10:43:48 AM »
Yesus pernah berkata :

Yoh. 11:9   
Jawab Yesus: "Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.


Saat ini kita mengenal bhw 1 hari terdiri dari 24 jam.
Tp org Yahudi pada masa itu masih membagi 1 hari dalam 12 jam,
Yakni satu hari dari matahari terbit hingga matahari terbenam,
Kemudian hari berikutnya adalah dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Phatikan pembicaraan para imam kepada Pilatus :

Mat 27:62-63   
Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus,
dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.


Konteks dari ucapan di atas adalah konteks perhitungan Yahudi,
Yaitu 12 jam.

Yesus mati di hari Jumat dan bangkit di hari Minggu.

Jumat sore - Sabtu pagi     -----> 1 hari
Sabtu pagi - Sabtu sore     -----> 1 hari
Sabtu sore - Minggu pagi    -----> 1 hari
Minggu pagi Yesus bangkit  -----> sesudah 3 hari

Ini sudah dikalkulasi oleh para imam.
Jangan lupa bhw yg bicara ini adl para imam yg menentang Yesus.

Ayat 64
Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."


Inilah konteks untuk Pilatus.
Pilatus menggunakan standar perhitungan hari mnrt Romawi,
Yakni 24 jam.

Para imam telah menghitung dg akurat dan bkata pd Pilatus :
Jagalah kuburnya hingga hari ketiga.

Hari Jumat -----> hari pertama
Hari Sabtu -----> hari kedua
Hari Minggu ----> hari ketiga

Demikianlah tidak ada kontradiksi antara perkataan 'sesudah tiga hari' dengan 'pada hari ketiga'.

Yesus mengucapkannya sdemikian rupa shg bahkan para imam (yg mnentangnya) paham pada apa yg Yesus maksudkan.

------

Bagaimana dg terminologi 3 hari 3 malam?

Terminologi 3 hari 3 malam dalam konteks orang Yahudi sifatnya adalah ungkapan.
Bagi orang Yahudi, ungkapan 3 hari 3 malam tidak harus berarti eksak 72 jam.

Dalam konteks ungkapan Yahudi,
1/2 hari sudah dapat dianggap 1 hari penuh.
Bgitu juga 1/3 maupun 2/3 hari sudah dapat dianggap 1 hari penuh.

Marilah kita lihat contoh catatan PL :

Est 4:15-16   
Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai:
"Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."


Ester meminta orang Israel berpuasa 3 hari 3 malam.

Lalu kapan Ester menghadap raja?

Est 5:1   
Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu.


Ternyata Ester datang mhadap raja pada hari ketiga.

Lalu buat apakah Ester meminta orang Israel puasa 3 hari 3 malam sdangkan ia sudah mhadap raja pada hari ketiga?

Jelaskan bhw ungkapan 3 hari 3 malam tidak harus berarti 72 jam.
Kapanpun Ester mhadap raja di hari ketiga, itu sudah memenuhi syarat utk dsebut 3 hari 3 malam.

Marilah kita tengok catatan ini :

Quote
Quote

    Rabbi Eleazar ben Azariah, tenth in the descent from Ezra was very specific:
    "A day and a night are an Onah ('a portion of time') and the portion of an Onah is as the whole of it
    [J.Talmud, Shabbath 9.3 and b.Talmud, Pesahim 4a]


Walau belum genap 1 hari 1 malam,
Namun perhitungannya sudah dpt dianggap 1 hari penuh dalam konteks Yahudi.

--------

Dmikianlah tidak ada masalah antara 'pada hari ketiga', 'sesudah tiga hari' dan 'tiga hari tiga malam' sepanjang kita mperhatikan konteks budaya Yahudi.

Toh para imam Yahudi berhasil dg tepat memahami maksud perkataan Yesus.

Tuhan Yesus memberkati.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #71 on: October 31, 2013, 10:45:20 AM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:32:06 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #72 on: October 31, 2013, 01:37:50 PM »
Mari kita lanjutkan...
« Last Edit: November 13, 2013, 05:32:30 PM by ond32lumut »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #73 on: October 31, 2013, 01:43:32 PM »
Quote
Yesus berkata bahwa Ia adalah Utusan Tuhan, oleh karena itu Yesus hanyalah manusia biasa yg diutus Tuhan, bukan Tuhan yg menjadi manusia (Yoh 17:3)

Inilah ayatnya :

Yoh 17:3   
Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.


Yesus ditugaskan dan diutus oleh Bapa.
Itu semua orang Kristen akan setuju.

Pertanyaannya adalah :
Siapa Yesus itu?
Siapakah yang diutus oleh Allah tersebut?

Yesus itu adalah Firman Allah.
Firman itu menjadi manusia.

Jika ingin mengambil ayat dari Yohanes 17,
Harus diteliti seluruh konteksnya.

Dikatakan :
'Mengenal Yesus Kristus yang Kau utus.'

Dari konteks seluruh Yohanes 17,
Siapakah Yesus Kristus itu?

Yoh 17:1   
Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.


Yesus adalah Anak Allah.

Yoh 17:2   
Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.


Dikatakan : Telah.
Yesus memiliki kuasa atas segala yang hidup dan yang memberikan hidup kekal.

Yoh 17:5   
Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.


Yesus sudah memiliki kemuliaan sebelum dunia ada.

Yohanes 17:22   
Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu


Yesus dan Bapa adalah Satu.

Yoh 17:9-10   
Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu
dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.


Segala milik Bapa adalah milik Yesus dan segala milik Yesus adalah milik Bapa.

Yoh 17:24   
Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.


Yesus sudah ada bersama Bapa sebelum dunia dijadikan.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan :

Yesus adalah :
1. Anak Allah
2. Memiliki kuasa atas smua yang hidup
3. Berhak memberikan hidup kekal
4. Memiliki kemuliaan sebelum dunia ada
5. Satu dengan Bapa
6. Memiliki semua yang dimiliki Bapa
7. Sudah ada bersama Bapa sebelum dunia dijadikan


Jelas sudah bahwa Yesus bukan manusia biasa yg diutus Allah, mlainkan Yesus adalah Allah itu sendiri.

Yesus memang Utusan,
Tapi Sang Utusan adalah Sang Firman Allah.

Yohanes menyimpulkan dengan indah di awal Kitab ini :

Yoh 1:1-2   
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.


Skarang saya tanya deh :
Duluan mana :
Allah atau Firman Allah?

Besar mana :
Allah atau Firman Allah?

Penting mana :
Allah atau Firman Allah?

Skarang gini aja :
Ktika Tuhan berfirman, bukankah Ia mengutus firmanNya utk mlakukan khendakNya?

Yes. 55:11   
demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Tanggapan terhadap Tuduhan Kontradiksi Alkitab
« Reply #74 on: October 31, 2013, 01:46:38 PM »
Quote
Pernahkah Yesus mengatakan :
'Akulah Allah. Sembahlah Aku?'

Perlu dipahami oleh semua pembaca,

Pada masa Ia berkarya di bumi sbg Manusia,
Yesus hidup di tengah-tengah orang Yahudi.

Karna itu,
Dia berbicara kpd orang Yahudi,
Dg bahasa yg dimengerti orang Yahudi,
Dg konsep yg dipahami orang Yahudi,
Dg budaya yg dihidupi orang Yahudi.

Karna itu,
Kita harus memahami perkataan, perbuatan dan perumpamaan Yesus dari sudut pandang konteks Yahudi.

Marilah kita melihat satu-persatu pernyataan Yesus di Alkitab yang menggegerkan.

*********

Yoh 8:53-59
Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?"
Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami,
padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya.
Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."
Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.


Inilah pernyataan yang menggegerkan.
Yesus mengatakan bahwa Ia lebih besar dari Abraham dan sudah ada sebelum Abraham ada.

Orang Yahudi sangat paham hal ini dan mereka hendak melempari Yesus karena tau bahwa Yesus telah menyamakan DiriNya dengan Allah.

*********

Yoh 10:24-33
Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami."
Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
Aku dan Bapa adalah satu."
Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus.
Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"
Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah."

Skali lagi Yesus berbicara dengan konsep yg dipahami orang Yahudi bahwa Yesus sedang menyamakan DiriNya dg Allah.

Orang Yahudi sangat paham hal ini.

********

Yoh 14:6-9
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."
Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."
Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Ketika Filipus meminta Yesus untuk menunjukkan keberadaan Bapa,
Maka Yesus menjawab :

'Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa'

Lagi-lagi ini bukti yang sangat gamblang bhw Yesus menyamakan DiriNya dg Bapa (Allah).

Karna itulah Yesus berani berkata :

Akulah jalan dan kebenaran dan hidup

--------------akan dilanjutkan---------
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)