Thanx to bro MC atas tanggapannya..
sptnya maksud dr penjelasan sy sebelumnya blum tersampaikan, jd akan sy coba jelaskan lagi ya..
Bro Ingman, hampir sama dengan tanggapan saya pada Bro Oda....
Yang menjadi permasalahan disini adalah: Kitab Kejadian menceritakan bahwa Nabi Nuh mengalami peristiwa itu/air bah tersebut.
Jadi, disini penulis Kitab Kejadian bukan menceritakan bahwa pernah terjadi banjir seperti itu, melainkan terjadi pada masa Nuh. Nuh terlibat langsung di kejadian tersebut.
klo menurut sy permasalahan bukan spt itu bro, karna ada satu peristiwa Air bah dan sudah terjadi (sungguhan/real) jauuh sebelum Kitab Kejadian dan Epos Gilgamesh ditulis ol masing2 penulisnya..
karna yg menulisnya 2 orang yg berbeda dan ditulis pd jaman yg berbeda, maka alur cerita dan "Tokoh" yg mengalami peristiwa Air Bah itu jg berbeda (pd epos Gilgamesh bernama Ut-napishtim dan pd Kitab Kejadian tokohnya bernama Nuh)..
jd alur kejadiannya spt ini :
1. sungguh terjadi sebuah peristiwa air bah dijaman lampau.
2. berabad2 kemudian ada dua orang menuliskan peristiwa ini, yaitu Mr. John Doe menulisnya pd Epos Gilgamesh dan Musa menulis pd kitab Kejadian.
3. dilihat dr bukti arkeologis (bukti2 naskah tertulisnya ya bro, bukan bukti adanya air bah) epos Gilgamesh ditulis lebih dulu dr pd Kitab Kejadian.
4. karna peristiwa air bah ini ditulis ol 2 orang yg berbeda dan ditulis pd jaman yg berbeda maka ada 2 versi cerita baik alur cerita maupun tokoh2 yg mengalami peristiwa air bah tsb.. pd Gilgamesh tokohnya adlh Ut-napishtim dan pd kitab Kej tokohnya adl Nuh.
Naah, dr alur kejadian tsb maka sy bisa mengambil kesimpulan :
1. Peristiwa air bah benar2 terjadi dan hanya satu kali pd masa lampau.
2. kisah ttg air bah ini sama2 ditulis ol 2 orang yg berbeda, dan ditulis pd jaman yg berbeda.
3. walaupun Epos Gilgamesh ditulis lebih dulu,
bukan berarti Kitab Kejadian mengadopsi kisah dr Epos Gilgames tsb, karna baik epos Gilgamesh maupun kitab Kejadian
sama2 ditulis jauuh setelah peristiwa Air Bah terjadi. jd pd saat tjd peristiwa tsb kedua penulis kisah ini sama2 blom lahir.
4. mengenai mana yg lebih benar dr 2 versi kisah Air Bah ini, sy kembalikan pd keyakinan kita masing2 bro, mana yg lebih bisa kita sbg suatu kebenaran.
Nah, jika benar bahwa banjir yg terjadi adalah sekali dan itu di masa kebudayaan Mesopotapia maka adalah tidak mungkin bahwa Nuh dan orang-orang di zaman nuh benar-benar mengalaminya. Karena bahkan Nuh belum lahir ketika peristiwa itu terjadi.
Salam,
Nabi Nuh itu kan cuma tokoh yg diceritakannya bro..
kesimpulan anda diatas menganggap peristiwa Air Bah itu terjadi pd masa kebudayaan Mesopotamia/epos Gilgames ditulis, pd hal menurut sy peristiwa Air Bah itu terjadi jauuh sebelum adanya kebudayaan Mesopotamia ada, jd masing2 penulis kisah tsb sama2 blom lahir.. jd yg blom lahir itu masing2 dr penulis kisahnya, bukan tokohnya..
sptnya sy sependapat dgn bro Oda yg memberikan pendapat ini:
Dari yg ada di benak saya, saya cenderung berpendapat :
Peristiwa airbah itu PERNAH terjadi.
KAPAN tepatnya? Lokal? Global? -nya saja yang menjadi buah pertanyaan .
IMO, kisah Gilgamesh tidak ada sangkut pautnya dengan kisah Nuh ---- namun keduanya ADA sangkutpautnya dengan peristiwa airbah yg saya percaya memang PERNAH terjadi SEBELUM kedua kisah itu muncul.
Syalom,