Sejarah dunia ditulis oleh para penulis sejarah yang tidak mungkin terlepas dari worldview atau wawasan hidup yang sudah terbentuk didalam pikirannya secara subjektif.
Worldview adalah ibarat kacamata yang dipakai seseorang untuk melihat sesuatu,.....dia adalah jendela jiwanya yang bersifat subjektif menguasai pemahamannya dan pandangannya akan suatu realitas,oleh karena itu masih harus diuji oleh kebenaran yang obyektif dan absolut.
Sejarah tidak mungkin terlepas dari subjektivitas manusia !
Sejarah dunia bukanlah wahyu makanya siapapun penulis sejarah kalau bertentangan dengan apa yang sudah disejarahkan didalam wahyu Allah yang tertulis pastilah bidah.
Sejarah yg bertentangan dalam Alkitab = bidaah???
Okay, aku ikuti logika Anda, di mana pertentangan sejarah yg mengatakan bahwa Petrus pernah berada di Roma, mendirikan Gereja di Roma, dan wafat sebagai martir di Roma?
IMHO, sejarah bahwa Petrus mendirikan Gereja di Roma itu tidak bertentangan sama sekali dengan Alkitab, melainkan hanya sekedar tidak dicatat dalam Alkitab, karena seperti yg sudah ditulis dalam
Yoh 21 : 25, jika hal2 yg dperbuat Yesus saja tidak semuanya dicatat dalam Alkitab, tidak perlu pula semua tindakan masing2 rasul dicatat dalam Alkitab, termasuk kisah Petrus.
Lalu… Apakah sejarah yg tidak tertulis di Alkitab = bertentangan dengan Alkitab?
Setahu saya jabatan Rasul hanya mereka yang dipilih dan diangkat langsung sebagai Rasul oleh Tuhan sendiri yaitu ke-12 Rasul tersebut.
Wait a minute!!!
Kita mau mendiskusikan suksesi apostolic
MENURUT SEPENGETAHUAN OSAS, atau mau didiskusikan secara objektif dengan referensi2??
Kalo referensi2 sejarah, referensi2 study para ahli, dsb mau dikesampingkan hanya karena tidak sesuai dengan “
SETAHU OSAS”, IMO tidak ada gunanya lagi meneruskan diskusi ini.
Kesimpulan sudah jelas, selama tidak sesuai dengan yang Anda tahu, maka selamanya diskusi ini tidak akan selesai.
Kata "Rasul", dalam bahasa Yunani adalah αποστολος – apostolos, berarti "utusan, delegasi/ duta, seseorang yang diutus dengan perintah-perintah khusus", dan istilah ini khususnya diterapkan kepada dua belas murid Yesus Kristus. Sehubungan dengan kata "utus" diatas, kita mengenal ada kata "Rasul" yang adalah kata serapan dari bahasa Arab yang bermakna "utusan".
Wah… kalo mau study Lexicon Yunani, jangan disunat dong definisi kata “apostolov”
Definisi kata “apostolov”:
1) a delegate, messenger, one sent forth with orders
1a) specifically applied to the twelve apostles of Christ
1b) in a broader sense applied to other eminent Christian teachers
1b1) of Barnabas
1b2) of Timothy and SilvanusLexicon Yunani bahkan mengkonfirmasi bahwa Barnabas, Timotius, dan Silvanus juga menyandang gelar rasul. Jadi tidak menutup kemungkinan dan tidak bertentangan sama sekali jika ada pemegang jabatan rasul selain 12 rasul pertama + Paulus.
Penggantian Matias masih debatable apakah itu memang kehendak Allah sebab cara pemilihannya pakai undian (cara PL) bukan perintah Roh Kudus seperti biasanya didalam Kisah Para Rasul.
Wah.. kalau yg tertulis secara explicit dalam Alkitab saja masih diperdebatkan, tidak heran jika sejarah pun Anda sangkal habis2an…
Kis 1 : 21 Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,
Kis 1 : 26 Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.Katanya Alkitab itu Wahyu Tuhan? Jelas2 Alkitab mencatat bahwa bilangan para rasul harus ditambah untuk mengisi posisi Yudas, dan Matias pun secara jelas ditulis dimasukkan dalam bilangan para rasul.
Lha kok Anda berani2nya mengatakan masih diperdebatkan apakah Matias itu rasul??
Demikian juga menganggap pengangkatan Matias sebagai pengganti Yudas yg sudah meninggal adalah kejadian insidentil bukan aturan baku dan umum yang harus dilakukan karena kematian para Rasul tidak berbarengan satu sama lain mengapa tidak pernah ada penggantian selanjutnya dari mereka yang sudah meninggal duluan ???
Silakan disebutkan ayat yg mengatakan bahwa pengangkatan Matias adalah kejadian insidentil dan bukan aturan baku dan umum!!
Tidak ada bukan?? Jadi jangan mengasumsikan bahwa aturan baku dan umum adalah tidak mengangkat penerus rasul.
Tidak pernah ada penggantian selanjutnya dari mereka yg sudah meninggal duluan??
Lha Anda kira Matius dan Yakobus penulis Surat Yakobus, juga Barnabas, Timotius, dan Silvanus itu diangkat menjadi pemegang jabatan rasul itu kapan? Setelah 12 rasul pertama meninggal semua??
Atau Anda mau menyangkal bahwa Matius, Yakobus adelphos, Barnabas, Timotius dan Silvanus itu bukan rasul karena tidak tertulis di Alkitab bahwa mereka rasul? Aku minta pembuktian sebaliknya, buktikan bahwa Alkitab mengatakan bahwa mereka itu bukan rasul!!
Ingat, logika yg sama juga berlaku pada fakta bahwa Yusuf suami Maria telah meninggal ketika Yesus memulai karyaNya. Tapi tidak pernah tertulis di Alkitab bahwa Yusuf telah meninggal, dan hal ini hanya dapat diketemukan dalam catatan sejarah. Kalo Anda mau menggunakan logika di atas utk menyangkal bahwa mereka yg aku sebut di atas itu bukan rasul, maka dengan logika yg sama Anda harus menolak bahwa Yusuf telah meninggal ketika Yesus mulai mengajar. Silakan konsisten dengan logika yg Anda pakai!!