Author Topic: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?  (Read 3109 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Χριστός
Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« on: July 11, 2012, 11:36:40 AM »
ITB  Psalm 137:1 Di tepi sungai-sungai Babel, di sanalah kita duduk sambil menangis, apabila kita mengingat Sion. 2 Pada pohon-pohon gandarusa di tempat itu kita menggantungkan kecapi kita. 3 Sebab di sanalah orang-orang yang menawan kita meminta kepada kita memperdengarkan nyanyian, dan orang-orang yang menyiksa kita meminta nyanyian sukacita: "Nyanyikanlah bagi kami nyanyian dari Sion!" 4 Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing? 5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku! 6 Biarlah lidahku melekat pada langit-langitku, jika aku tidak mengingat engkau, jika aku tidak jadikan Yerusalem puncak sukacitaku! 7 Ingatlah, ya Tuhan, kepada bani Edom, yang pada hari pemusnahan Yerusalem mengatakan: "Runtuhkan, runtuhkan sampai ke dasarnya!" 8 Hai puteri Babel, yang suka melakukan kekerasan, berbahagialah orang yang membalas kepadamu perbuatan-perbuatan yang kaulakukan kepada kami! 9 Berbahagialah orang yang menangkap dan memecahkan anak-anakmu pada bukit batu!


Teman2.
Seperti kita ketahui bahwa Alkitab mempunyai 2 perintah utama yaitu Kasih kepada Allah dan Kasih kepada sesama.
Akan tetapi pada Mazmur 137, sepertinya mengajarkan balas dendam. (bold merah)

Tolong sharingnya. Terima kasih  :wave:
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline pinoq

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 223
  • Reputation Power:
  • Denominasi: belum pasti
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #1 on: July 12, 2012, 01:57:41 AM »
ITB  Psalm 137:1 Di tepi sungai-sungai Babel, di sanalah kita duduk sambil menangis, apabila kita mengingat Sion. 2 Pada pohon-pohon gandarusa di tempat itu kita menggantungkan kecapi kita. 3 Sebab di sanalah orang-orang yang menawan kita meminta kepada kita memperdengarkan nyanyian, dan orang-orang yang menyiksa kita meminta nyanyian sukacita: "Nyanyikanlah bagi kami nyanyian dari Sion!" 4 Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing? 5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku! 6 Biarlah lidahku melekat pada langit-langitku, jika aku tidak mengingat engkau, jika aku tidak jadikan Yerusalem puncak sukacitaku! 7 Ingatlah, ya Tuhan, kepada bani Edom, yang pada hari pemusnahan Yerusalem mengatakan: "Runtuhkan, runtuhkan sampai ke dasarnya!" 8 Hai puteri Babel, yang suka melakukan kekerasan, berbahagialah orang yang membalas kepadamu perbuatan-perbuatan yang kaulakukan kepada kami! 9 Berbahagialah orang yang menangkap dan memecahkan anak-anakmu pada bukit batu!


Teman2.
Seperti kita ketahui bahwa Alkitab mempunyai 2 perintah utama yaitu Kasih kepada Allah dan Kasih kepada sesama.
Akan tetapi pada Mazmur 137, sepertinya mengajarkan balas dendam. (bold merah)

Tolong sharingnya. Terima kasih  :wave:

Kata-kata apa dari ayat tsb yang menurutmu berarti mengajarkan kepada kita untuk balas dendam?

Menurut saya, kalau mau mengajarkan, maka kata-kata yang dipakai adalah semacam "lakukanlah" "jangan lakukan" dll yang bersifat memerintah. Sementara itu, menurut pembacaan saya, tidak ada kata-kata dari ayat tsb yang bersifat mengajarkan.

Si penulis mazmur cuma bilang "berbahagialah orang yang...." Jadi, itu semacam deskripsi.Dan saya lihat deskripsinya ada dua: tentang betapa menderitanya bangsa si penulis saat itu oleh karena tekanan dari bangsa lain, dan tentang betapa jelas kejahatan bangsa lain itu sehingga orang-orang yang membalas kejahatan bangsa tsb boleh yakin seratus persen bahwa mereka berada dalam kebenaran, sehingga mereka boleh merasa bangga dan bahagia (karena tahu bahwa diri mereka benar).

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Χριστός
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #2 on: July 12, 2012, 09:09:38 AM »
Kata-kata apa dari ayat tsb yang menurutmu berarti mengajarkan kepada kita untuk balas dendam?

Menurut saya, kalau mau mengajarkan, maka kata-kata yang dipakai adalah semacam "lakukanlah" "jangan lakukan" dll yang bersifat memerintah. Sementara itu, menurut pembacaan saya, tidak ada kata-kata dari ayat tsb yang bersifat mengajarkan.

Si penulis mazmur cuma bilang "berbahagialah orang yang...." Jadi, itu semacam deskripsi.Dan saya lihat deskripsinya ada dua: tentang betapa menderitanya bangsa si penulis saat itu oleh karena tekanan dari bangsa lain, dan tentang betapa jelas kejahatan bangsa lain itu sehingga orang-orang yang membalas kejahatan bangsa tsb boleh yakin seratus persen bahwa mereka berada dalam kebenaran, sehingga mereka boleh merasa bangga dan bahagia (karena tahu bahwa diri mereka benar).

Saya memang melihat sepertinya ada unsur dendam.

Semisal begini Bro Pinoq.
Anda jengkel sama saya. Kemudian didepan saya, anda berkata "Berbahagialah orang yang menangkap dan memecahkan anak-anakmu pada bukit batu". Ya kan sudah jelas pasti saya merasa bahwa anda mempunyai keinginan balas dendam kepada saya.

Pemikiran saya seperti itu Bro Pinoq   :):)
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline rusdinech

  • Global Moderator
  • FIK - Full
  • *****
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #3 on: July 12, 2012, 01:15:07 PM »
Matius 26:52
Maka kata Yesus kepadanya: "Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang.

apa seperti ini pun ada unsur balas dendam ?



Gbu

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Χριστός
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #4 on: July 12, 2012, 02:10:51 PM »
Matius 26:52
Maka kata Yesus kepadanya: "Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang.

apa seperti ini pun ada unsur balas dendam ?



Gbu

Ya enggak lah Bro Rusdi. Ini kan nasehat  :laughing7: :laughing7: :laughing7:
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline rusdinech

  • Global Moderator
  • FIK - Full
  • *****
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #5 on: July 12, 2012, 05:53:15 PM »
oh.. soalnya saya kira di tampar pipi kiri, balas pipi kanan...  :laughing11:

Gbu

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #6 on: August 03, 2012, 06:12:30 PM »
Saya memang melihat sepertinya ada unsur dendam.

Semisal begini Bro Pinoq.
Anda jengkel sama saya. Kemudian didepan saya, anda berkata "Berbahagialah orang yang menangkap dan memecahkan anak-anakmu pada bukit batu". Ya kan sudah jelas pasti saya merasa bahwa anda mempunyai keinginan balas dendam kepada saya.

Pemikiran saya seperti itu Bro Pinoq   :):)

mazmur kan adanya di PL , di pl itu tempatnya ajaran taurat gigi ganti gigi mata ganti mata (artinya ajarab dendam primitif) dan hal itu bertentangan dengan Ajaran kasih karunia
itulah sebabnya Yesus membatalkan Taurat melalui kematiannya di kayu salib.,

Dan Puji syukur bahwa kita sekarang hidup di zaman anugrah telah bebas dari hukum taurat.

Tuhan Yesus Memberkati

Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline Jeyi

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #7 on: August 07, 2012, 01:41:44 PM »
mazmur kan adanya di PL , di pl itu tempatnya ajaran taurat gigi ganti gigi mata ganti mata (artinya ajarab dendam primitif) dan hal itu bertentangan dengan Ajaran kasih karunia
itulah sebabnya Yesus membatalkan Taurat melalui kematiannya di kayu salib.,

Dan Puji syukur bahwa kita sekarang hidup di zaman anugrah telah bebas dari hukum taurat.

Tuhan Yesus Memberkati

Han

Saya kira Yesus tidak pernah mambatalkan Hukum Taurat tapi Dia menggenapi apa yang tertulis dalam Hukum Taurat , "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya." Matius 5 : 17  :)

Mengenai Topik di atas, konsep yang harus kita pegang dalam pembacaan Alkitab adalah kita tidak boleh terlepas dari Konteks pada saat kitab itu di tulis..

Semangat balas dendam yang kuat terlihat jelas dalam ratapan umat ini. Ayat-ayat pembukaan membangkitkan simpati kepada para tawanan, sementara ayat-ayat terakhir memberi saluran keluar bagi kemarahan yang mereka alami ketika mereka menceritakan kehancuran negeri mereka. Kendatipun tidak jelas di mana pemazmur berada ketika menulis nyanyian ini, dia kelihatannya adalah salah satu dari orang-orang buangan yang kembali ke Yerusalem pada tahun 538 sM. Pandangan pertamanya pada Yerusalem mungkin telah sangat mendorong dia mengutuk Edom dan Babel.. :)

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #8 on: September 30, 2012, 12:52:00 PM »
Damai sejahtera bagi FIKers sekalian.
Saya kira Yesus tidak pernah mambatalkan Hukum Taurat tapi Dia menggenapi apa yang tertulis dalam Hukum Taurat , "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya." Matius 5 : 17  :)
Jeyi, sesungguhnya, pada PB, terdapat ayat yang menyatakan bahwa Taurat dan segala perintah dan ketentuannya telah dibatalkan oleh kematian Kristus, seperti pada nats berikut ini,
Ef 2: 14-16 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

Damai, damai, damai... sejahtera, sejahtera, sejahtera...
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline ond32lumut

  • Global Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 960
  • Reputation Power:
  • The Jesuits University
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #9 on: September 30, 2012, 08:46:34 PM »
Saya kira Yesus tidak pernah mambatalkan Hukum Taurat tapi Dia menggenapi apa yang tertulis dalam Hukum Taurat , "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya." Matius 5 : 17  :)

Mengenai Topik di atas, konsep yang harus kita pegang dalam pembacaan Alkitab adalah kita tidak boleh terlepas dari Konteks pada saat kitab itu di tulis..

Semangat balas dendam yang kuat terlihat jelas dalam ratapan umat ini. Ayat-ayat pembukaan membangkitkan simpati kepada para tawanan, sementara ayat-ayat terakhir memberi saluran keluar bagi kemarahan yang mereka alami ketika mereka menceritakan kehancuran negeri mereka. Kendatipun tidak jelas di mana pemazmur berada ketika menulis nyanyian ini, dia kelihatannya adalah salah satu dari orang-orang buangan yang kembali ke Yerusalem pada tahun 538 sM. Pandangan pertamanya pada Yerusalem mungkin telah sangat mendorong dia mengutuk Edom dan Babel.. :)
orang kristen harus melihat PL dengan terang PB.

di PL memang ada ajaran balas dendam.. mata ganti mata, dan lainnya...

masalah balas dendam yang ada dalam PL ini kebetulan dibahas Yesus dalam PB

Matius 5
(38) Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
(39) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.


saya kira jelas bahwa hal balas dendam memang tidak diperkenankan dalam iman kristen.
Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kolose 3 : 23

Offline Phooey

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 5491
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Χριστός
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #10 on: October 01, 2012, 12:15:55 AM »
orang kristen harus melihat PL dengan terang PB.

di PL memang ada ajaran balas dendam.. mata ganti mata, dan lainnya...

masalah balas dendam yang ada dalam PL ini kebetulan dibahas Yesus dalam PB

Matius 5
(38) Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
(39) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.


saya kira jelas bahwa hal balas dendam memang tidak diperkenankan dalam iman kristen.


"orang kristen harus melihat PL dengan terang PB."



Waahh...........terima kasih pencerahannya Bro Onde    :afro1: :afro1: :afro1:

GBU
 :)
Καὶ μὴ κρίνετε, καὶ οὐ μὴ κριθῆτε· καὶ μὴ καταδικάζετε, καὶ οὐ μὴ καταδικασθῆτε. ἀπολύετε, καὶ ἀπολυθήσεσθε· (Luk 6:37 BGT)

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #11 on: October 01, 2012, 11:27:08 AM »
Saya kira Yesus tidak pernah mambatalkan Hukum Taurat tapi Dia menggenapi apa yang tertulis dalam Hukum Taurat , "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya." Matius 5 : 17  :)
Dikit lagi Jeyi. Jesus Kristus bilang bahwa Dia bukan meniadakan Hukum Taurat dan kitab para nabi. Benar itu. Jesus Kristus bukan meniadakannya. Hukum Taurat tetap ada, sampai akhir jaman nanti.

Meniadakan harus dibedakan dengan membatalkan. Meniadakan berarti menjadikan tiada (tidak ada), sementara membatalkan berati membuat menjadi tidak berarti, walaupun tetap ada.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #12 on: October 06, 2012, 09:18:07 PM »
Dikit lagi Jeyi. Jesus Kristus bilang bahwa Dia bukan meniadakan Hukum Taurat dan kitab para nabi. Benar itu. Jesus Kristus bukan meniadakannya. Hukum Taurat tetap ada, sampai akhir jaman nanti.

Meniadakan harus dibedakan dengan membatalkan. Meniadakan berarti menjadikan tiada (tidak ada), sementara membatalkan berati membuat menjadi tidak berarti, walaupun tetap ada.
Matthew 5:17
Μὴ νομίσητε ὅτι ἠλθον καταλῦσαι τὸν νόμον ἢ τοὺς προφήτας· οὐκ ἦλθον καταλῦσαι ἀλλὰ πληρῶσαι.

Think not that I am come to destroy the law or the prophets I am not come to destroy but to fulfil

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan MENGHANCURKAN hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya MENGHANCURKANNYA, melainkan untuk menggenapinya."

kataluó: to destroy, overthrow
Original Word: καταλύω
Part of Speech: Verb
Transliteration: kataluó
Phonetic Spelling: (kat-al-oo'-o)
from kata and luó
Definition
to destroy, overthrow

Pemakaian diayat yang lain:

Matthew 26:61
BIB: ἔφη Δύναμαι καταλῦσαι τὸν ναὸν
NAS: I am able to destroy the temple
KJV: I am able to destroy the temple
INT: said I am able to destroy the temple

Penjelasan:

"Jadi, kalau kita benar2 mengetahui dan menerapkan KASIH SEJATI, jangankan MEMBUNUH, BERPIKIRAN UNTUK MEMBUNUHPUN TIDAK! Jadi HUKUM TAURAT malah menjadi HILANG dari PIKIRAN KITA oleh karena KASIH SEJATI!"

(http://styopi.blogspot.com/2011/03/sabat-sunday-serta-hukum-taurat-dan.html)

Saya lebih cenderung mengatakan hilang, karena telah digantikan oleh Cinta Kasih  :flower:
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #13 on: October 09, 2012, 03:49:27 PM »
Saya lebih cenderung mengatakan hilang, karena telah digantikan oleh Cinta Kasih  :flower:
Menurut http://kamusbahasaindonesia.org/
Quote
hilang    hi.lang
[v] (1) tidak ada lagi; lenyap; tidak kelihatan: tiba-tiba benda itu -- dr pemandangannya; (2) tidak ada lagi perasaan (spt marah, jengkel, suka, duka), kepercayaan, pertimbangan, dsb: rasa marahnya kpd anak yg nakal itu sudah --; kepercayaan kpd orang yg setiap kali ingkar janji itu telah --; (3) tidak dikenang lagi; tidak diingat lagi; lenyap: ketenarannya -- begitu saja krn kejadian itu; (4) tidak ada, tidak kedengaran lagi (tt suara, bunyi, dsb): suara yg memanggil-manggil itu semakin -- dr pendengaran; (5) meninggal: ayahnya -- beberapa bulan yg lalu
Sementara itu,
Quote
menggenapi    meng.ge.napi
[v] (1) menambah supaya genap (bulat, lengkap, utuh): dialah yg ~ kelompok kita menjadi satu regu; (2) mencukupi; menuruti: dia akan ~ barang-barang yg telah saya pesan; (3) menepati (janji dsb)
dan
Quote
meniadakan  me.ni.a.da.kan
[v] (1) memandang (menyatakan dsb) tidak ada; mengingkari; memungkiri: menentang ajaran agama samalah spt ~ kebenaran; (2) menghapuskan; menghilangkan; mencabut peraturan dsb: kita harus selalu berusaha ~ pikiran yg negatif dl hidup kita; untuk sementara mereka akan ~ acara iklan; (3) menyatakan tidak sah (tidak berlaku); membatalkan: Kantor Agraria telah ~ hak atas tanah bekas perkebunan itu; (4) mengabaikan; menghinakan: kita tidak boleh ~ kekuatan lawan
Jadi, meniadakan dan hilang (menghilangkan) mempunyai arti yang sangat dekat. Kedua kata itu mengartikan bahwa bendanya sudah tidak ada, hancur, hilang.

Sementara, menggenapi mempunyai arti bahwa benda yang digenapi itu masih ada, tidak hilang, tidak hancur. Dan, lihat, salah satu arti dari menggenapi menurut kamus ialah menepati. Saya pikir, arti ini lebih pas untuk menggenapi pada Mat 5:17 itu.

Bila kita perhatikan, sampai saat ini, ternyata Hukum Taurat itu masih ada, yaitu yang dipraktikkan Yahudi hingga saat ini. Artinya, Jesus Kristus memang tidak menghilangkan (meniadakan) Hukum Taurat, melainkan menggenapi (menepati Hukum Taurat). Hukum Taurat masih ada, dan masih dipraktikkan oleh Yahudi, tetapi karena sudah ditepati oleh Jesus Kristus, maka pengikut Jesus Kristus tidak perlu mempraktikkannya lagi.

Damai, damai, damai.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Mazmur 137 kog mengajarkan balas dendam?
« Reply #14 on: October 09, 2012, 04:19:31 PM »
Menurut http://kamusbahasaindonesia.org/Sementara itu, dan Jadi, meniadakan dan hilang (menghilangkan) mempunyai arti yang sangat dekat. Kedua kata itu mengartikan bahwa bendanya sudah tidak ada, hancur, hilang.

Sementara, menggenapi mempunyai arti bahwa benda yang digenapi itu masih ada, tidak hilang, tidak hancur. Dan, lihat, salah satu arti dari menggenapi menurut kamus ialah menepati. Saya pikir, arti ini lebih pas untuk menggenapi pada Mat 5:17 itu.

Bila kita perhatikan, sampai saat ini, ternyata Hukum Taurat itu masih ada, yaitu yang dipraktikkan Yahudi hingga saat ini. Artinya, Jesus Kristus memang tidak menghilangkan (meniadakan) Hukum Taurat, melainkan menggenapi (menepati Hukum Taurat). Hukum Taurat masih ada, dan masih dipraktikkan oleh Yahudi, tetapi karena sudah ditepati oleh Jesus Kristus, maka pengikut Jesus Kristus tidak perlu mempraktikkannya lagi.

Damai, damai, damai.
Ayatnya berbunyi MENGHANCURKAN bukan MENIADAKAN  :D
Matthew 5:17
Μὴ νομίσητε ὅτι ἠλθον καταλῦσαι τὸν νόμον ἢ τοὺς προφήτας· οὐκ ἦλθον καταλῦσαι ἀλλὰ πληρῶσαι.

Think not that I am come to destroy the law or the prophets I am not come to destroy but to fulfil

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan MENGHANCURKAN hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya MENGHANCURKANNYA, melainkan untuk menggenapinya."

kataluó: to destroy, overthrow
Original Word: καταλύω
Part of Speech: Verb
Transliteration: kataluó
Phonetic Spelling: (kat-al-oo'-o)
from kata and luó
Definition
to destroy, overthrow

Pemakaian diayat yang lain:

Matthew 26:61
BIB: ἔφη Δύναμαι καταλῦσαι τὸν ναὸν
NAS: I am able to destroy the temple
KJV: I am able to destroy the temple
INT: said I am able to destroy the temple

Penjelasan:

"Jadi, kalau kita benar2 mengetahui dan menerapkan KASIH SEJATI, jangankan MEMBUNUH, BERPIKIRAN UNTUK MEMBUNUHPUN TIDAK! Jadi HUKUM TAURAT malah menjadi HILANG dari PIKIRAN KITA oleh karena KASIH SEJATI!"

(http://styopi.blogspot.com/2011/03/sabat-sunday-serta-hukum-taurat-dan.html)

Saya lebih cenderung mengatakan hilang, karena telah digantikan oleh Cinta Kasih  :flower:
Sedangkan MENGGENAPI:

Matthew 5:17
Μὴ νομίσητε ὅτι ἠλθον καταλῦσαι τὸν νόμον ἢ τοὺς προφήτας· οὐκ ἦλθον καταλῦσαι ἀλλὰ πληρῶσαι.

KJV
Think not that I am come to destroy the law or the prophets I am not come to destroy but to fulfil

RSVCE (Catholic)
Matt 5:17    "Think not that I have come to abolish the law and the prophets; I have come not to abolish them but to fulfill them.

http://www.newadvent.org/bible/mat005.htm
Matt 5:17 Do not think that I have come to destroy the law, or the prophets. I am not come to destroy, but to fulfil.

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan MENGHANCURKAN hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya MENGHANCURKANNYA, melainkan untuk menggenapinyaMENGAKHIRINYA."

pléroó: to make full, to complete
Original Word: πληρόω
Part of Speech: Verb
Transliteration: pléroó
Phonetic Spelling: (play-ro'-o)
Short Definition: I fill, fulfill, complete
Definition: I fill, fulfill, complete, accomplish, accomplished, amply supplied, approaching, complete, completed, completing, elapsed, fill, filled, fills, finished, fulfill, fulfilled, fully carry, fully come, fully preached, increasing, made complete, made full, make...full, make...complete, passed, supply.

Fulfil

ful·fill also ful·fil  (fl-fl)
tr.v. ful·filled, ful·fill·ing, ful·fills also ful·fils
1. To bring into actuality; effect: fulfilled their promises.
2. To carry out (an order, for example).
3. To measure up to; satisfy. See Synonyms at perform, satisfy.
4. To bring to an end; complete.

Fulfil
verb
1. carry out, perform, execute, discharge, keep, effect, finish, complete, achieve, conclude, accomplish, bring to completion He is too ill to fulfil his duties.
carry out neglect, fail in, fall short of, fail to meet, dissatisfy
2. achieve, realize, satisfy, attain, consummate, bring to fruition, perfect He decided to fulfil his dream and go to college.
3. satisfy, please, content, cheer, refresh, gratify, make happy After the war, nothing quite fulfilled her.
4. comply with, meet, fill, satisfy, observe, obey, conform to, answer All the necessary conditions were fulfilled

fulfil US, fulfill [fʊlˈfɪl]
vb -fils US, -fills -filling, -filled (tr)
1. to bring about the completion or achievement of (a desire, promise, etc.)
2. to carry out or execute (a request, etc.)
3. to conform with or satisfy (regulations, demands, etc.)
4. to finish or reach the end of he fulfilled his prison sentence
fulfil oneself to achieve one's potential or desires

[Middle English fulfillen, from Old English fullfyllan : full, full; see full1 + fyllan, to fill; see fill.]

Mengakhiri:

Definisi 'mengakhiri'

Indonesian to Indonesian
verb
1. menyudahi; menghabisi: serangan bom atom atas kota Hiroshima ~ Perang Dunia Kedua;

mengakhiri   meng.a.khiri
[v] menyudahi; menghabisi: serangan bom atom atas kota Hiroshima ~ Perang Dunia Kedua


Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/mengakhiri#ixzz28n8wdosI

Mengakhiri=Menyudahi=Menghabisi=Menghilangkan

Perhatikan postingan bro:
hilang    hi.lang
[v] (1) tidak ada lagi; lenyap; tidak kelihatan: tiba-tiba benda itu -- dr pemandangannya; (2) tidak ada lagi perasaan (spt marah, jengkel, suka, duka), kepercayaan, pertimbangan, dsb: rasa marahnya kpd anak yg nakal itu sudah --; kepercayaan kpd orang yg setiap kali ingkar janji itu telah --; (3) tidak dikenang lagi; tidak diingat lagi; lenyap: ketenarannya -- begitu saja krn kejadian itu; (4) tidak ada, tidak kedengaran lagi (tt suara, bunyi, dsb): suara yg memanggil-manggil itu semakin -- dr pendengaran; (5) meninggal: ayahnya -- beberapa bulan yg lalu
Sangat cocok untuk umat Kristen, bahwa Hukum Taurat sudah tidak didengar lagi, karena Hukum Cinta Kasih  :afro: :signofcross:
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi