Author Topic: Nabi2 dlm islam dan referensinya  (Read 12829 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #15 on: August 12, 2012, 05:08:43 PM »
Damai sejahtera menyertaimu striker.

Terima kasih telah posting nama nabi-nabi Islam itu. Beberapa darinya, ada yang mirip dengan nama yang terdapat di Alkitab  http://www.jesoes.com/ (meski di Alkitab tidak smuanya itu disebut nabi), antara lain:
Adam, Nuh, Ibrahim=Abraham, Luth=Lot, Ismail=Ismael, Ya'kub=Yakub, Yusuf, Ayub, Musa, Harun, Daud, Sulaiman, Yunus, Zakaria=Zakharia, Yahya=(mungkin Yohanes), Isa=(mungkin Yesus).

Mengingat Al Qur'an terbit sekitar tahun 600-an, yang artinya adalah setelah Injil dikanon, timbul pertanyaan di benak saya, mengapa  ada nabi di Al Qur'an yang sebelum Yahya (jika benar Yahya adalah Yohanes) tetapi tidak terekam di Alkitab? Sebab, ambil contoh nabi Ismail as,  meski di Alkitab tidak dicatat sebagai nabi, tetapi terdapat di Alkitab dinamai Ismael, tercatat juga di Al Qur'an sebagai nabi. Bagaimana dengan nama-nama lain yang tidak terekam dalam Alkitab?

Tapi, bagaimanapun, itu merupakan penambahan pengetahuan partisipan forum ini. Sekali lagi, terima kasih.

kan memang tdk harus sama apa yg ada di Alkitab dengan yg ada di al qur'an mas :)

kalau mengapa ismael tdk tertulis kisahnya dlm Alkitab, mungkin karena dlm keturunan ismail diketahui akan lahir nabi Muhammad, sehingga cerita tersebut dihilangkan ketika dikanonkan, who knows  :)

salam.

bruce

  • Guest
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #16 on: August 12, 2012, 05:13:57 PM »
Sebentar mas striker.

Yang anda sampaikan itu ayat Quran atau hadits?


Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #17 on: August 12, 2012, 05:27:53 PM »
Sebentar mas striker.

Yang anda sampaikan itu ayat Quran atau hadits?
Al Qur'an , hadist dan sejarah islam yg pernah saya dengar dan yg saya cari dari mbah google juga  :)

bruce

  • Guest
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #18 on: August 12, 2012, 05:36:44 PM »
Al Qur'an , hadist dan sejarah islam yg pernah saya dengar dan yg saya cari dari mbah google juga  :)

Waaa bukan itu mas, darimana anda bisa yakin kisahnya seperti itu kalau di Quran tidak tertulis?

 :doh:

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #19 on: August 12, 2012, 09:27:03 PM »
kan memang tdk harus sama apa yg ada di Alkitab dengan yg ada di al qur'an mas :)
Okey, mengerti. :deal:
Quote
kalau mengapa ismael tdk tertulis kisahnya dlm Alkitab, mungkin karena dlm keturunan ismail diketahui akan lahir nabi Muhammad, sehingga cerita tersebut dihilangkan ketika dikanonkan, who knows  :)
Eh strik, apa itu istilahnya, souzon-kah? Suuzon-kah? atau apa? Itu lho... yang kurang baik kalau berprasangka negatif atas seseorang atau sesuatu?

Tapi sekedar bandingan, kayaknya, bukan karakter pihak pengkanon menghilangkan sesuatu dari yang akan dikanon deh. Bahkan 'cerita miring' tentang leluhur Yahudi dikisahkan dengan lugas, padahal, Alkitab itu secara umum mengkisahkan perjalanan keimanan Yahudi kepada Tuhan Yang Esa.

Saya sebenarnya bukan mempertanyakan kenapa kelanjutan silsilah Ismael tidak dituliskan di Alkitab. Yang saya ingin tahu, kenapa sih, ada nabi yang hidup di masa sebelum Yahya (itu Yohanes, bukan?) dicatat oleh Al Qur'an tetapi tidak dicatat dalam Alkitab? Padahal, kisah-kisah lain, seperti perjalanan Musa memimpin bangsanya keluar dari Mesir, Yunus yang ditelan ikan, Ayub yang saleh, tercatat di Alkitab dan di Al Qur'an (tapi kisah ini belum saya cermati dengan detil apakah persis atau ada perbedaan-perbedaan kecil disana sini antara kisah catatan Alkitab dan catatan Al Qur'an).
Quote
salam.
Wassalam. Damai sejahtera menyertaimu.
« Last Edit: August 12, 2012, 09:35:58 PM by Husada »
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #20 on: August 16, 2012, 09:49:30 PM »
Waaa bukan itu mas, darimana anda bisa yakin kisahnya seperti itu kalau di Quran tidak tertulis?

 :doh:

kalau menurut pemikiran saya, selain apa yg seharusnya diabadikan menjadi Al Qur'an,  Allah melalui Jibril juga menceritakan kpd Muhammad kisah2 masa lalu para Rasul sebelum Muhammad, yg disabdakan oleh nabi yg dijadikan hadis dan digunakan sebagai referensi para ahli sejarah islam.

kalau masalah seyakin apa ya, seyakin anda bahwa Yesus itu Tuhan tanpa beliau mengatakan dengan tegas dan proklamirnya beliau sebagai Tuhan semesta alam semasa hidupnya  :)

bruce

  • Guest
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #21 on: August 17, 2012, 06:41:22 AM »
kalau menurut pemikiran saya, selain apa yg seharusnya diabadikan menjadi Al Qur'an,  Allah melalui Jibril juga menceritakan kpd Muhammad kisah2 masa lalu para Rasul sebelum Muhammad, yg disabdakan oleh nabi yg dijadikan hadis dan digunakan sebagai referensi para ahli sejarah islam.

kalau masalah seyakin apa ya, seyakin anda bahwa Yesus itu Tuhan tanpa beliau mengatakan dengan tegas dan proklamirnya beliau sebagai Tuhan semesta alam semasa hidupnya  :)

Mungkinkah Nabi saat itu justru membaca Alkitab Kristen, mas?

 :shrug:

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #22 on: August 17, 2012, 10:11:55 AM »
Mungkinkah Nabi saat itu justru membaca Alkitab Kristen, mas?

 :shrug:
Saya lebih cenderung sependapat dengan pokok pikiran seperti dimaksudkan Bruce.

Sebab, pada jaman Muhammad hidup, sudah ada biara-biara Kristen, dan entah di mana pernah saya baca bahwa Muhammad itu dengan rombongan dagangnya pernah nginap, atau nyewa, ato bermalam, ato apapun istilahnya, di biara Kristen. Karena Muhammad itu sangat tertarik dengan cerita-cerita kenabian (mungkin itu pula yang mendorong agar dia ingin menjadi nabi), sangat besar kemungkinan Muhammad sempat membaca, atau mendengar berbagai kisah kenabian.

Tentang kebutahurufan Muhammad, saya kira terlalu konyol kalau kita percaya Muhammad buta huruf. Dengan pertimbangan, intelektualitas Muhammad diatas rata-rata, Muhammad adalah pimpinan kelompok dagang yang berdaganga sampai ke manca negara, maka terlalu konyol mempercayai Muhammad Butahuruf. Mosok dia sebebal itu, tidak mau belajar baca tulis padahal pengalamannya pasti mengajarkan pentingnya baca tulis?
 
Dan pada jaman itu, pengaruh Nestorianisme sangat kental di sekitar Konstantinopel. Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Nestorianisme dikatakannya bahwa Nestorianisme adalah doktrin (ajaran) bahwa Yesus eksis sebagai dua pribadi, yakni sebagai manusia Yesus dan sebagai Putera Allah, atau Logos, bukannya sebagai satu pribadi yang manunggal. Doktrin ini dikaitkan dengan Nestorius (c. 386–c. 451), Patriark Konstantinopel.

Karena itu, besar kemungkinan, biara-biara di sekitar Konstantinopel, sangat terpengaruh dan menganut Nestorianisme. Ketika Muhammad dan rombongan nginap ato numpang ato maksa bermalam di biara, sebagai hasil sampingan, Muhammad mendapat kisah-kisah kekristenan yang beraroma Nestorianisme. Karena itu pula, saya duga menjadi penyebab maka ajaran Nestorianisme sangat dekat dengan ajaran Muhammad.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

bruce

  • Guest
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #23 on: August 17, 2012, 12:55:27 PM »
Quote
Sebab, pada jaman Muhammad hidup, sudah ada biara-biara Kristen, dan entah di mana pernah saya baca bahwa Muhammad itu dengan rombongan dagangnya pernah nginap, atau nyewa, ato bermalam, ato apapun istilahnya, di biara Kristen. Karena Muhammad itu sangat tertarik dengan cerita-cerita kenabian (mungkin itu pula yang mendorong agar dia ingin menjadi nabi), sangat besar kemungkinan Muhammad sempat membaca, atau mendengar berbagai kisah kenabian.

Mungkinkah, bahwa sebenarnya apa yang ingin diajarkan Sang Nabi adalah ajaran Kristen Nestorian? Bahkan beliau menyebutnya sebagai Islam (Arab: al-islām, الإسلام  dengarkan (bantuan·info): "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, dan itu adalah ajaran yang diperolehnya. Melihat bahwa semua nabi-nabi dan ajaran yang disampaikan beliau 'identik' dengan ajaran 'Kristen' ?

Mungkin butuh penelitian lebih lanjut dan lebih dalam lagi, tentu saja disertai kesamaan niat baik dan kejujuran serta kejernihan hati dari semua pihak.

Syalom

Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #24 on: August 17, 2012, 02:10:14 PM »
Mungkinkah Nabi saat itu justru membaca Alkitab Kristen, mas?

 :shrug:

saya rasa kekristenan tdk atau belum menyentuh arab, khususnya kaum qurays yg menyembah berhala pada masa itu.
Dan Nabi masih dlm keadaan buta huruf juga saat itu.

Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #25 on: August 17, 2012, 02:20:37 PM »
Saya lebih cenderung sependapat dengan pokok pikiran seperti dimaksudkan Bruce.

Sebab, pada jaman Muhammad hidup, sudah ada biara-biara Kristen, dan entah di mana pernah saya baca bahwa Muhammad itu dengan rombongan dagangnya pernah nginap, atau nyewa, ato bermalam, ato apapun istilahnya, di biara Kristen. Karena Muhammad itu sangat tertarik dengan cerita-cerita kenabian (mungkin itu pula yang mendorong agar dia ingin menjadi nabi), sangat besar kemungkinan Muhammad sempat membaca, atau mendengar berbagai kisah kenabian.

Tentang kebutahurufan Muhammad, saya kira terlalu konyol kalau kita percaya Muhammad buta huruf. Dengan pertimbangan, intelektualitas Muhammad diatas rata-rata, Muhammad adalah pimpinan kelompok dagang yang berdaganga sampai ke manca negara, maka terlalu konyol mempercayai Muhammad Butahuruf. Mosok dia sebebal itu, tidak mau belajar baca tulis padahal pengalamannya pasti mengajarkan pentingnya baca tulis?
 
Dan pada jaman itu, pengaruh Nestorianisme sangat kental di sekitar Konstantinopel. Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Nestorianisme dikatakannya bahwa Nestorianisme adalah doktrin (ajaran) bahwa Yesus eksis sebagai dua pribadi, yakni sebagai manusia Yesus dan sebagai Putera Allah, atau Logos, bukannya sebagai satu pribadi yang manunggal. Doktrin ini dikaitkan dengan Nestorius (c. 386–c. 451), Patriark Konstantinopel.

Karena itu, besar kemungkinan, biara-biara di sekitar Konstantinopel, sangat terpengaruh dan menganut Nestorianisme. Ketika Muhammad dan rombongan nginap ato numpang ato maksa bermalam di biara, sebagai hasil sampingan, Muhammad mendapat kisah-kisah kekristenan yang beraroma Nestorianisme. Karena itu pula, saya duga menjadi penyebab maka ajaran Nestorianisme sangat dekat dengan ajaran Muhammad.

mengapa harus heran kalau pada jaman 1400 tahun yg lalu banyak orang yg buta huruf.

Pada jaman sebelum kemerdekaan saja, seorang yg buta huruf tdklah dianggap 'bebal', sejak kapan sih dicanangkan bebas buta huruf di negeri ini saja.

sebelumnya beliau Nabi bukanlah pimpinan kelompok dagang, melainkan hanya seorang karyawan saja yg terkenal karena kejujurannya sehingga dipercaya utk mengawal dan pengantar perdagangan pada saat itu.

Kalau anda sangat yakin bahwa nabi tdklah buta huruf sebelum kenabiannya, berarti anda juga sangat yakin bahwa AL Qur'an adalah karangan seorang manusia biasa yg bernama Muhammad?  :)




Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #26 on: August 17, 2012, 02:22:24 PM »
Mungkinkah, bahwa sebenarnya apa yang ingin diajarkan Sang Nabi adalah ajaran Kristen Nestorian? Bahkan beliau menyebutnya sebagai Islam (Arab: al-islām, الإسلام  dengarkan (bantuan·info): "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, dan itu adalah ajaran yang diperolehnya. Melihat bahwa semua nabi-nabi dan ajaran yang disampaikan beliau 'identik' dengan ajaran 'Kristen' ?

Mungkin butuh penelitian lebih lanjut dan lebih dalam lagi, tentu saja disertai kesamaan niat baik dan kejujuran serta kejernihan hati dari semua pihak.

Syalom

kalau menurut saya semua rasul itu pastilah mengajarkan tuk berserah diri kepada Allah.

Bahkan kristen malah sangat total penyerahannya kepada Tuhan, sampai2 dosa saja diserahkan kepada Tuhan   :D

bruce

  • Guest
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #27 on: August 17, 2012, 02:29:35 PM »
saya rasa kekristenan tdk atau belum menyentuh arab, khususnya kaum qurays yg menyembah berhala pada masa itu.
Dan Nabi masih dlm keadaan buta huruf juga saat itu.

Mungkin anda perlu mempelajari peta daerah Timur tengah dan peristiwa2 yang terjadi di tahun 600an, mas.

Coba pelajari peta daerah timur tengah ini, mas.



Dan baca ini, terjadi di Ethiopia :

When Ezanus took the throne in approximately 303, Frumentius went to Alexandria, and was designated as the official bishop to Ethiopia. He returned to Ethiopia in 305 and began a lifetime of evangelism, including converting Emperor Ezanus to Christianity (Marcus 7).

In 350, Ezanus expanded his kingdom into Sudan and the Nile region to secure trade. After defeating the opposition, Emperor Ezanus thanked God for his protection, and for the next few centuries, no one is known to have challenged Axum's trading monopoly (Marcus 8).

Trade not only brought prosperity, but it also brought about change. Ge'ez began to take hold as the common language of the people and was often used by royalty. The Bible was also translated into Ge'ez. As well as the language taking shape, other countries began looking to Axum as a superpower (Marcus 8).

Ethiopia sudah menjadi kerajaan Kristen dan menyebar sampai ke Sudan.

Selain Ethipia, Mesir juga adalah kerajaan Kristen, bahkan pusat Kekristenan di Africa. Anda tentu sering menemukn kata Alexandria di Alkitab, itu adalah kota di Mesir.

Begitu juga jangan lupakan Jordania.
Following the establishment of Roman Empire at Syria, the country was incorporated into the client Judaean Kingdom of Herod, and later the Iudaea Province. With the suppression of Jewish Revolts, the eastern bank of Transjordan was incorporated into the Syria Palaestina province, while the eastern deserts fell under Parthian and later Persian Sassanid control. During the Greco-Roman period, a number of semi-independent city-states also developed in the region of Transjordan under the umbrella of the Decapolis including: Gerasa (Jerash), Philadelphia (Amman), Raphana (Abila), Dion (Capitolias), Gadara (Umm Qays), and Pella (Irbid).

With the decline of the Eastern Roman Empire, Transjordan came to be controlled by the Christian Ghassanid Arab kingdom, which allied with Byzantium.

Jadi, saat Sang Nabi masih kafir, beliau telah mulai belajar banyak tentang Kekristenan, yang merupakan agama yang berkembang di sana saat itu.

Salam

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #28 on: August 17, 2012, 02:43:05 PM »
Damai bagimu striker.
mengapa harus heran kalau pada jaman 1400 tahun yg lalu banyak orang yg buta huruf.
Sudah saya cantumkan alasan saya kan, strik? Karena dia memiliki intelektualitas di ats rata-rata, dan dia sudah melewati berbagai bagian dunia sekitar Timur Tengah. Saya kira, sekeras-kerasnya hati orang untuk tidak mau belajar tulis baca, dengan 'mengembara' ke berbagai bagian geografi yang dihuni orang dengan budaya berbeda, apalagi melakukan hubungan dagang, akan sangat kecil kemungkinan tetap buta huruf (saya istilahkan dengan konyol).
Quote
Pada jaman sebelum kemerdekaan saja, seorang yg buta huruf tdklah dianggap 'bebal', sejak kapan sih dicanangkan bebas buta huruf di negeri ini saja.
Yang saya maksud, bukan buta huruf menjadikan seseorang dinilai bebal. Tetapi akan dinilai bebal bila seseorang yang telah melintas batas berbagai daerah untuk urusan dagang, tetapi membiarkan dirinya tetap buta huruf. Nah, yang begitu itu yang saya sebut bebal. Mengapa? Karena, hanya berdasarkan banyaknya hal yang telah dilihat saja, sedikit-demi sedikit akan mendorong seseorang mengenal huruf. Nah, jika ada orang yang tetap mempertahankan ketidakkenalannya dengan huruf, padahal sudah melintas berbagai bagian daerah, saya kelompokkan sebagai bebal.
Quote
sebelumnya beliau Nabi bukanlah pimpinan kelompok dagang, melainkan hanya seorang karyawan saja yg terkenal karena kejujurannya sehingga dipercaya utk mengawal dan pengantar perdagangan pada saat itu.
Baiklah kalau begitu. Namun, akal sehat saya kurang sependapat jika dipilihnya dia sebagai kepala kafilah hanya karena faktor kejujurannya. Mungkin 'jujur' menjadi faktor utama pemilihannya sebagai kepala kafilah, tetapi akan sangat absurd jika hanya berdasar pada faktor 'jujur'.
Quote
Kalau anda sangat yakin bahwa nabi tdklah buta huruf sebelum kenabiannya, berarti anda juga sangat yakin bahwa AL Qur'an adalah karangan seorang manusia biasa yg bernama Muhammad?  :)
Sampai sekarang, saya belum menemukan sesuatu yang dapat mengkonfirmasikan bahwa peristiwa-peritiwa yang dikisahkan sebagai turunnya ayat-ayat itu terjadi sebagaimana dikisahkan. Jadi, kalau striker mau percaya itu, ya silahkan saja. Anda, merdeka.

Begitu strik. Damai bagimu.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline striker

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1093
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Isa Ibnu Mariam
Re: Nabi2 dlm islam dan referensinya
« Reply #29 on: August 17, 2012, 10:02:13 PM »
Mungkin anda perlu mempelajari peta daerah Timur tengah dan peristiwa2 yang terjadi di tahun 600an, mas.

Coba pelajari peta daerah timur tengah ini, mas.



Dan baca ini, terjadi di Ethiopia :

When Ezanus took the throne in approximately 303, Frumentius went to Alexandria, and was designated as the official bishop to Ethiopia. He returned to Ethiopia in 305 and began a lifetime of evangelism, including converting Emperor Ezanus to Christianity (Marcus 7).

In 350, Ezanus expanded his kingdom into Sudan and the Nile region to secure trade. After defeating the opposition, Emperor Ezanus thanked God for his protection, and for the next few centuries, no one is known to have challenged Axum's trading monopoly (Marcus 8).

Trade not only brought prosperity, but it also brought about change. Ge'ez began to take hold as the common language of the people and was often used by royalty. The Bible was also translated into Ge'ez. As well as the language taking shape, other countries began looking to Axum as a superpower (Marcus 8).

Ethiopia sudah menjadi kerajaan Kristen dan menyebar sampai ke Sudan.

Selain Ethipia, Mesir juga adalah kerajaan Kristen, bahkan pusat Kekristenan di Africa. Anda tentu sering menemukn kata Alexandria di Alkitab, itu adalah kota di Mesir.

Begitu juga jangan lupakan Jordania.
Following the establishment of Roman Empire at Syria, the country was incorporated into the client Judaean Kingdom of Herod, and later the Iudaea Province. With the suppression of Jewish Revolts, the eastern bank of Transjordan was incorporated into the Syria Palaestina province, while the eastern deserts fell under Parthian and later Persian Sassanid control. During the Greco-Roman period, a number of semi-independent city-states also developed in the region of Transjordan under the umbrella of the Decapolis including: Gerasa (Jerash), Philadelphia (Amman), Raphana (Abila), Dion (Capitolias), Gadara (Umm Qays), and Pella (Irbid).

With the decline of the Eastern Roman Empire, Transjordan came to be controlled by the Christian Ghassanid Arab kingdom, which allied with Byzantium.

Jadi, saat Sang Nabi masih kafir, beliau telah mulai belajar banyak tentang Kekristenan, yang merupakan agama yang berkembang di sana saat itu.

Salam
Yg saya mksud arab disini adalah Mekah dan madinah, bukan jazirah arab mas.
karena nabi hidup di kalangan kaum penyembah berhala (Qurays), bukan penyembah Yesus.

Nabi bukanlah seorang kutu buku lagi terpelajar sebelum kenabiannya. beliau hanyalah seorang yg jujur, amanah, tablik dan fatonah.

salam.