Author Topic: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi  (Read 3255 times)

0 Members and 4 Guests are viewing this topic.

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox,

http://orthodoxwiki.org/Bible

Kitab Suci adalah kumpulan kitab yang ditulis selama berabad-abad oleh orang-orang yang diilhami oleh Allah untuk melakukannya. Kitab Suci adalah saksi utama bagi iman Kristen Orthodox, yang berada dalam Tradisi Suci dan sering digambarkan sebagai titik tertinggi Tradisi Suci. Kitab Suci ditulis oleh para nabi dan rasul dalam bahasa manusia, diilhami oleh Roh Kudus, serta dikumpulkan, diedit, dan dikanonisasi oleh Gereja. Di atas segalanya, Alkitab adalah dokumen iman.


Sifat Kitab Suci

Kitab Suci adalah firman ('f' kecil) Allah dan tentang Sang Firman Allah, yaitu Yesus Kristus. Mereka adalah wahyu Allah sendiri, firman Allah dalam kata-kata manusia. Alkitab adalah suatu saksi mengenai  pewahyuan Allah, dan merupakan bagian dari Tradisi Suci Gereja yang aktif dan hidup. Jadi, jika Tradisi adalah kehidupan Gereja, maka Kitab Suci adalah bahasa utama yang dipakai oleh kehidupan itu.
Kitab Suci - baik Perjanjian Lama dan Baru - pada dasarnya adalah tentang Kristus. Kitab Suci bersifat  Kristosentris dan Kristologis. Seluruh Alkitab mem-presuposisi-kan Inkarnasi dan Kebangkitan Kristus. Memang, tujuan utama penulisan Perjanjian Baru adalah karena Kristus telah bangkit dari kematian - setelah  kematian Rasul Yakobus, Gereja menyadari bahwa para saksi mata tidak selalu akan ada  bersama mereka, karena itulah pemberitaan saksi mata itu dituliskan.

Pemberitaan para Rasul mendahului Kitab Suci, sehingga kita harus memahami Alkitab sebagai ekspresi dari pemberitaan para Rasul itu; firman Allah sudah keluar dan membentuk Gereja, yang berfungsi sebagai konteks komunal bagi penyusunan isi Alkitab dan kanonisasinya. Manusia secara alami cenderung untuk memberitakan sebelum membuat catatan tertulis. Perintah Musa kepada orang-orang Israel setelah Paskah adalah pertama-tama bahwa umat tersebut harus memberitahu anak-anak mereka. Tindakan pertama Maria Magdalena setelah Kebangkitan adalah untuk berlari dan memberitahu Petrus. Baru kemudian peristiwa ini dicatat dalam tulisan.


Presuposisi Iman

Alkitab mengandaikan bahwa pembacanya adalah umat beriman. Alkitab adalah dokumen iman - bukan dokumen ilmu pengetahuan, filsafat, sejarah, arkeologi, sastra, ideologi, ataupun biografi. Karena asal-usulnya dan penggunaan dalam komunitas iman, Alkitab tidak berusaha mendirikan otentisitas/keasliannya sendiri ataupun untuk membuktikan asumsi-asumsi dasarnya sendiri. Alkitab tidak dimaksudkan sebagai bukti logis bagi keberadaan Allah atau bagi kenyataan segala sesuatu yang disaksikannya.

Iman adalah penerimaan kebenaran perkataan orang lain, tanpa menebak-nebak atau pengetahuan langsung perihal menjadi seorang saksi mata. Seperti yang dikatakan Js Yohanes Krisostomus, Gereja akan mati jika hanya didirikan atas pengetahuan (yaitu, pengalaman langsung); harus ada pihak yang beriman. Meskipun dalam sejarah Gereja banyak pengalaman "empiris" tentang pewahyuan Alkitab yang didapat oleh orang-orang kudus, itu semua tidak berarti secara otomatis menjadi norma. Kebanyakan orang Kristen dalam kehidupan ini tidak akan pernah secara langsung menyaksikan kebenaran yang dijelaskan dalam Alkitab, sehingga mereka harus membacanya dengan mata iman.


Integritas Kitab Suci

Karena Alkitab adalah dokumen iman, kita harus menghormati integritasnya sebagai wahyu terakhir dari iman Kristen Orthodox. Kita tidak mengakui tulisan-tulisan lain sebagai Kitab Suci kanonik selain yang tercantum di daftar dibawah ini. Meskipun Alkitab tidak mencakup seluruh ringkasan wahyu, tidak ada wahyu baru  diberikan. Bahkan jika ditemukan suatu dokumen lain dari hasil penggalian sejarah yang disepakati oleh seluruh sarjana Alkitab sebagai berasal dari tangan Paulus atau Musa, dokumen tersebut tidak akan ditambahkan kedalam kanon. Demikian juga sebaliknya, jika seandainya kitab yang sudah ada dari kanon itu secara tak dapat disangkal terbukti tidak berasal dari penulis yang secara tradisional dianggap telah menuliskannya, kitab tersebut tidak akan dihapus dari kanon.


Tujuan Kitab Suci

Kitab Suci ada bagi alasan yang diberikan oleh Rasul Yohanes dalam Yohanes 20:30-31:

Yoh 20:30  Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
Yoh 20:31  tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.


Artinya, Alkitab ditulis agar kita percaya dan diselamatkan.

Kanon PL

Kejadian
Keluaran
Imamat
Bilangan
Ulangan
Yosua (Nabi Yesus)
Hakim-hakim
Ruth
I Kingdoms (I Samuel)
II Kingdoms (II Samuel)
III Kingdoms (I Raja-raja)
IV Kingdoms (II Raja-raja)
I Paraleipomenon (I Tawarikh)
II Paraleipomenon (II Tawarikh)
I Esdras
II Esdras (Ezra)
Nehemiah
Tobit (Tobias)
Yudit
Esther (16 pasal)
I Makabe
II Makabe
III Makabe
IV Makabe
Mazmur (berjumlah 151 pasal)
Doa Manasye
Ayub
Amsal
Pengkhotbah (The Preacher)
Kidung Agung (Song of Songs)
Kebijaksanaan Salomo
Kebijaksanaan Sirakh (Wisdom of Jesus, Son of Sirach or Ecclesiasticus)
Hosea (Osee)
Amos
Mika
Yoel
Obaja (Abdias)
Yunus
Nahum
Habakkuk (Avakkum, Abbacum)
Zefanya (Sophonias)
Hagai (Aggaeus)
Zakaria
Maleaki
Yesaya
Yeremia
Barukh
Ratapan Yeremia (Ratapan)
Penggembalaan Yeremia
Yehezekiel
Daniel (Dengan tambahan Susanna, Bel dan Naga, dan Nyanyian Tiga Anak)

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #1 on: August 27, 2012, 04:45:38 PM »
Makasih Rod. Informasi bagus dan penting.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #2 on: August 30, 2012, 05:14:04 PM »
Kanon PL

Kejadian
Keluaran
Imamat
Bilangan
Ulangan
Yosua (Nabi Yesus)
Hakim-hakim
Ruth
I Kingdoms (I Samuel)
II Kingdoms (II Samuel)
III Kingdoms (I Raja-raja)
IV Kingdoms (II Raja-raja)
I Paraleipomenon (I Tawarikh)
II Paraleipomenon (II Tawarikh)
I Esdras
II Esdras (Ezra)
Nehemiah
Tobit (Tobias)
Yudit
Esther (16 pasal)
I Makabe
II Makabe
III Makabe
IV Makabe
Mazmur (berjumlah 151 pasal)
Doa Manasye
Ayub
Amsal
Pengkhotbah (The Preacher)
Kidung Agung (Song of Songs)
Kebijaksanaan Salomo
Kebijaksanaan Sirakh (Wisdom of Jesus, Son of Sirach or Ecclesiasticus)
Hosea (Osee)
Amos
Mika
Yoel
Obaja (Abdias)
Yunus
Nahum
Habakkuk (Avakkum, Abbacum)
Zefanya (Sophonias)
Hagai (Aggaeus)
Zakaria
Maleaki
Yesaya
Yeremia
Barukh
Ratapan Yeremia (Ratapan)
Penggembalaan Yeremia
Yehezekiel
Daniel (Dengan tambahan Susanna, Bel dan Naga, dan Nyanyian Tiga Anak)

Nice info, dul rod...  :afro:

Pertanyaan dong..
Utk kanon yg Anda sebutkan di atas, kanon ini digunakan utk Gereja Orthodox mana saja?
AFAIK, masing2 yuridiksi dalam Gereja Orthodox Timur memiliki kanon Alkitab yg berbeda2.
Dan boleh tahu, kanon ini ditetapkan kapan, di mana, dan bagaimana proses penetapan kanon ini?
AFAIK, tidak ada konsili ekumenis yg diakui GOT yg menetapkan kanon Alkitab, i.e. tidak ada kanon yg mengikat utk dipegang oleh Gereja Orthodox. CMIIW...
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #3 on: September 01, 2012, 08:17:44 AM »
Nice info, dul rod...  :afro:

Pertanyaan dong..
Utk kanon yg Anda sebutkan di atas, kanon ini digunakan utk Gereja Orthodox mana saja?
AFAIK, masing2 yuridiksi dalam Gereja Orthodox Timur memiliki kanon Alkitab yg berbeda2.
Dan boleh tahu, kanon ini ditetapkan kapan, di mana, dan bagaimana proses penetapan kanon ini?
AFAIK, tidak ada konsili ekumenis yg diakui GOT yg menetapkan kanon Alkitab, i.e. tidak ada kanon yg mengikat utk dipegang oleh Gereja Orthodox. CMIIW...
AFAIK sebagian besar Gereja Orthodox (dibawah Patriarkhat Ekumenis) menggunakannya. Mengenai konsili ekumenis GOT, tampaknya akan selalu mengacu ke Patriarkh Ekumenis di Konstantinopel. Text yang digunakan adalah Byzantine Text.

The New Testament (completed and available) is based on the official ecclesiastical text published in 1904 by the Ecumenical Patriarchate of Constantinople (again documenting all significant variants to the Critical Text, Majority Text and Textus Receptus).


http://www.orthodoxanswers.org/eob/about.asp

Perlu juga diperhatikan bahwa,

The eastern churches had, in general, a weaker feeling than those in the west for the necessity of making a sharp delineation with regard to the canon.

http://en.wikipedia.org/wiki/Biblical_canon

AFAIK, usaha menuju kanonisasi yang seragam ini (biasanya yang dimaksud seragam ini adalah mengacu ke tradisi Yunani) baru berjalan di abad 20-21 ini. IMHO, saya sendiri tidak terlalu optimis akan "keseragaman" ini mengingat orthodoxy begitu kaya akan tradisi, dari Ethiopia, Alexandria, sampai ke Syria, sampai ke bangsa-bangsa Slav di Eropa Timur. It is her nature.
 :)

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #4 on: September 01, 2012, 09:36:31 AM »
AFAIK sebagian besar Gereja Orthodox (dibawah Patriarkhat Ekumenis) menggunakannya. Mengenai konsili ekumenis GOT, tampaknya akan selalu mengacu ke Patriarkh Ekumenis di Konstantinopel. Text yang digunakan adalah Byzantine Text.

The New Testament (completed and available) is based on the official ecclesiastical text published in 1904 by the Ecumenical Patriarchate of Constantinople (again documenting all significant variants to the Critical Text, Majority Text and Textus Receptus).


http://www.orthodoxanswers.org/eob/about.asp

Perlu juga diperhatikan bahwa,

The eastern churches had, in general, a weaker feeling than those in the west for the necessity of making a sharp delineation with regard to the canon.

http://en.wikipedia.org/wiki/Biblical_canon

AFAIK, usaha menuju kanonisasi yang seragam ini (biasanya yang dimaksud seragam ini adalah mengacu ke tradisi Yunani) baru berjalan di abad 20-21 ini. IMHO, saya sendiri tidak terlalu optimis akan "keseragaman" ini mengingat orthodoxy begitu kaya akan tradisi, dari Ethiopia, Alexandria, sampai ke Syria, sampai ke bangsa-bangsa Slav di Eropa Timur. It is her nature.
 :)
Bro, apakah dengan adanya perbedaan kitab antar masing2 GO, ada tidak perbedaan dogma/doktrin yang terjadi?

Sebagai perbandingan, Protestan menolak Misa Arwah dan Purgatory karena menghilangkan kitab2 Deuterokanonika.

Nah, bagaimana dengan GO itu sendiri? Maksudku, antar GO itu semdiri dulu.

Thanx bro
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #5 on: September 01, 2012, 10:35:45 AM »
Bro, apakah dengan adanya perbedaan kitab antar masing2 GO, ada tidak perbedaan dogma/doktrin yang terjadi?

Sebagai perbandingan, Protestan menolak Misa Arwah dan Purgatory karena menghilangkan kitab2 Deuterokanonika.

Nah, bagaimana dengan GO itu sendiri? Maksudku, antar GO itu semdiri dulu.

Thanx bro
AFAIK, selama tidak menyentuh dogma, yaitu yang berasal dari 7 konsili ekumenis, perbedaan doktrin tidak jadi masalah. Lha sesama orthodox, yang saya pernah kisahkan, yaitu Rm Seraphim Rose dan Rm Lazar Puhalo bisa saling menyerang dengan keras ketika membahas tentang aerial toll house, namun toh setelah Rm Seraphim berpulang, Rm Lazar Puhalo juga nyembayangin beliau.   :grining:

Selama masih dalam wilayah doktrin yang tidak diputuskan oleh Gereja, maka sah-sah saja jika terjadi theologoumenon.

Berbeda dari protestantisme yang menghilangkan deuterokanon, misa arwah (mnemosyna, panikhida) selalu ada dalam Gereja Orthodox.

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #6 on: September 01, 2012, 11:49:31 AM »
AFAIK, selama tidak menyentuh dogma, yaitu yang berasal dari 7 konsili ekumenis, perbedaan doktrin tidak jadi masalah. Lha sesama orthodox, yang saya pernah kisahkan, yaitu Rm Seraphim Rose dan Rm Lazar Puhalo bisa saling menyerang dengan keras ketika membahas tentang aerial toll house, namun toh setelah Rm Seraphim berpulang, Rm Lazar Puhalo juga nyembayangin beliau.   :grining:

Selama masih dalam wilayah doktrin yang tidak diputuskan oleh Gereja, maka sah-sah saja jika terjadi theologoumenon.

Berbeda dari protestantisme yang menghilangkan deuterokanon, misa arwah (mnemosyna, panikhida) selalu ada dalam Gereja Orthodox.
Kalo GO yang lain dengan GO Ethopia bagaimana bro?

Mengingat mereka mengkanonkan Kitab Henoch, jelas ada perbedaan dalam masalah Malaikat dan keturunan antara manusia dan Malaikat bukan? CMIIWW
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #7 on: September 01, 2012, 07:53:07 PM »
Kalo GO yang lain dengan GO Ethopia bagaimana bro?

Mengingat mereka mengkanonkan Kitab Henoch, jelas ada perbedaan dalam masalah Malaikat dan keturunan antara manusia dan Malaikat bukan? CMIIWW
Saya kira itu tidak menjadi masalah bro. Lagipula peradaban Etiopia jauh lebih tua dari peradaban Kristen. Ditengah bangsa Etiopia juga hidup Beta Israel, yaitu para keturunan Salomo dan Ratu Sheba.

http://en.wikipedia.org/wiki/Beta_Israel

Kanon kitab-kitab mereka juga memasukkan,

Deuterocanonical books that also make up part of the canon are Sirach, Judith, Esdras 1 and 2, Meqabyan, Jubilees, Baruch 1 and 4, Tobit, Enoch and the testaments of Abraham, Isaac and Jacob.

Jadi kalo misalnya ada orang Kristen menyalah-nyalahkan kanon mereka, takutnya koq kalah abu entar ya...
wkwkwkwk..

 :lol:

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #8 on: September 03, 2012, 01:55:49 PM »
AFAIK sebagian besar Gereja Orthodox (dibawah Patriarkhat Ekumenis) menggunakannya. Mengenai konsili ekumenis GOT, tampaknya akan selalu mengacu ke Patriarkh Ekumenis di Konstantinopel. Text yang digunakan adalah Byzantine Text.

The New Testament (completed and available) is based on the official ecclesiastical text published in 1904 by the Ecumenical Patriarchate of Constantinople (again documenting all significant variants to the Critical Text, Majority Text and Textus Receptus).


http://www.orthodoxanswers.org/eob/about.asp

Perlu juga diperhatikan bahwa,

The eastern churches had, in general, a weaker feeling than those in the west for the necessity of making a sharp delineation with regard to the canon.

http://en.wikipedia.org/wiki/Biblical_canon

AFAIK, usaha menuju kanonisasi yang seragam ini (biasanya yang dimaksud seragam ini adalah mengacu ke tradisi Yunani) baru berjalan di abad 20-21 ini. IMHO, saya sendiri tidak terlalu optimis akan "keseragaman" ini mengingat orthodoxy begitu kaya akan tradisi, dari Ethiopia, Alexandria, sampai ke Syria, sampai ke bangsa-bangsa Slav di Eropa Timur. It is her nature.
 :)

Ic... ic... Makasih infonya, dul rod...
Pertanyaan lagi, apakah ini berarti tidak akan pernah ada kanon Alkitab yg mutlak bagi GOT?

AFAIK, selama tidak menyentuh dogma, yaitu yang berasal dari 7 konsili ekumenis, perbedaan doktrin tidak jadi masalah. Lha sesama orthodox, yang saya pernah kisahkan, yaitu Rm Seraphim Rose dan Rm Lazar Puhalo bisa saling menyerang dengan keras ketika membahas tentang aerial toll house, namun toh setelah Rm Seraphim berpulang, Rm Lazar Puhalo juga nyembayangin beliau.   :grining:

Selama masih dalam wilayah doktrin yang tidak diputuskan oleh Gereja, maka sah-sah saja jika terjadi theologoumenon.

Berbeda dari protestantisme yang menghilangkan deuterokanon, misa arwah (mnemosyna, panikhida) selalu ada dalam Gereja Orthodox.


Btw, bisa tolong dibagikan di sini (atau mungkin di thread lain) yg menjelaskan ttg dogma2 GOT yg berasal dari ketujuh konsili ekumenis itu?
Thanks in advance, bro...  :flower:
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #9 on: September 03, 2012, 02:18:33 PM »
Ic... ic... Makasih infonya, dul rod...
Pertanyaan lagi, apakah ini berarti tidak akan pernah ada kanon Alkitab yg mutlak bagi GOT?
Kanon PB pasti mutlak lah..  :giggle:
Emang ada kanon PB yang beda baik dari kekristenan Barat maupun Timur?
Kalo PL mah, seperti yang saya singgung diatas, bisakah orang Yunani atau Roma, misalnya, mengutak-atik kanon Etiophia jika kenyataannya Yahudi hitam itu jauh lebih tua dari kekristenan?
:)

Btw, bisa tolong dibagikan di sini (atau mungkin di thread lain) yg menjelaskan ttg dogma2 GOT yg berasal dari ketujuh konsili ekumenis itu?
Thanks in advance, bro...  :flower:
Entar coba saya buka-buka lagi ya bro. IMHO tidak beda dari Katolik Roma pastinya, kecuali point-point yang sering dipolemikkan tentunya, hehehe...

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #10 on: September 03, 2012, 02:29:02 PM »
Kanon PB pasti mutlak lah..  :giggle:
Emang ada kanon PB yang beda baik dari kekristenan Barat maupun Timur?
Kalo PL mah, seperti yang saya singgung diatas, bisakah orang Yunani atau Roma, misalnya, mengutak-atik kanon Etiophia jika kenyataannya Yahudi hitam itu jauh lebih tua dari kekristenan?
:)

Lho... justru itu yg aku tanyakan, dul...  :D
Berhubung ga ada kanon yg mutlak, i.e. The eastern churches had, in general, a weaker feeling than those in the west for the necessity of making a sharp delineation with regard to the canon.
, gmn dengan kanon PB?
Apakah ini berarti boleh ada GOT yg bisa memiliki kanon PB yg berbeda dengan 27 kitab itu?
Mohon pencerahannya dong, suhu...  :m34:
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #11 on: September 03, 2012, 03:09:54 PM »
Lho... justru itu yg aku tanyakan, dul...  :D
Berhubung ga ada kanon yg mutlak, i.e. The eastern churches had, in general, a weaker feeling than those in the west for the necessity of making a sharp delineation with regard to the canon.
, gmn dengan kanon PB?
Apakah ini berarti boleh ada GOT yg bisa memiliki kanon PB yg berbeda dengan 27 kitab itu?
Mohon pencerahannya dong, suhu...  :m34:
AFAIK, hanya Ethiopia yang punya kanon tambahan dengan tambahan 8 kitab ini,

Ser`atä Seyon (Sinodos)    
Te'ezaz (Sinodos)    
Gessew (Sinodos)    
Abtelis (Sinodos)    
Book of the Covenant 1 (Mäshafä Kidan)    
Book of the Covenant 2 (Mäshafä Kidan)
Ethiopic Clement (Qälëmentos)
Ethiopic Didescalia (Didesqelya)

http://en.wikipedia.org/wiki/Ethiopian_Biblical_canon#Sinodos

Gereja orthodox lain kanon PB nya semuanya sama dengan GKR.


Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #12 on: September 04, 2012, 02:32:47 PM »
AFAIK, hanya Ethiopia yang punya kanon tambahan dengan tambahan 8 kitab ini,

Ser`atä Seyon (Sinodos)    
Te'ezaz (Sinodos)    
Gessew (Sinodos)    
Abtelis (Sinodos)    
Book of the Covenant 1 (Mäshafä Kidan)    
Book of the Covenant 2 (Mäshafä Kidan)
Ethiopic Clement (Qälëmentos)
Ethiopic Didescalia (Didesqelya)

http://en.wikipedia.org/wiki/Ethiopian_Biblical_canon#Sinodos

Gereja orthodox lain kanon PB nya semuanya sama dengan GKR.

 :m15:
Liat di linknya wikipedia, berarti Gereja Ethiopia punya 242 kitab lebih banyak utk PB dibanding kanon yg kami pakai.
Ga kebayang setebal apa Alkitab mereka...  :m38:
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline roderick

  • Global Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 476
  • Reputation Power:
  • Tanah airku tidak kulupakan
  • Denominasi: Eastern Orthodox
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #13 on: September 04, 2012, 03:17:41 PM »
:m15:
Liat di linknya wikipedia, berarti Gereja Ethiopia punya 242 kitab lebih banyak utk PB dibanding kanon yg kami pakai.
Ga kebayang setebal apa Alkitab mereka...  :m38:
Tapi mereka tidak pernah ber-Sola Scriptura kan?
 :shrug:

Offline Medice_curateipsum

  • FIK - Senior
  • ****
  • Posts: 389
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Alkitab dalam pandangan Gereja Orthodox dan berbagai denominasi
« Reply #14 on: September 06, 2012, 12:41:11 AM »
Tapi mereka tidak pernah ber-Sola Scriptura kan?
 :shrug:

Dengan selisih sebanyak itu.... bukankah ber-Sola Scriptura saja sudah sangat amat cukup? :)
===

Oh... ya, saya juga tertarik dengan pertanyaan Pak Jenova ini:

"bolehkah ada GOT yg bisa memiliki kanon PB yg berbeda dengan 27 kitab itu?"

[Pertanyaan yg sama sebenarnya pernah juga terpikirkan utk Roma atau Yunani; apakah Kanon itu sudah final?

Misal.... jika suatu saat ada 'manuscript' temuan baru... yg autentik, PB, dan dipercaya diinspirasi ... adakah nanti jumlah 27 Kitab PB tsb tetap 27?]

====

Salam,