Dear JP III,
mohon petunjuk untuk masalah pada mobil saya ya. sebagai info, saya pakai Visto tahun 2000 (manual). bensin dalam keadaan full.
karena macet, perjalanan Lawang ke Malang (sekitar 30 km) ditempuh dalam waktu hampir 2 jam.
nah, ketika saya mengubah persneling 1 ke persneling 2, tiba2 ada hentakan di dalam mobil beberapa kali. waktu itu, badan saya sempat bergerak maju akibat hentakan tersebut.
awalnya saya pikir, karena salah persneling. akhirnya saya turunkan persneling ke posisi 1. hentakan pun mulai hilang. saya pun meneruskan perjalanan kembali. ternyata kejadian yang sama berulang, kali ini terjadi pas persneling masuk ke posisi 3.
karena takut, akhirnya saya pasang lampu hazard, kemudian menepi ke pom bensin terdekat. ternyata indikator temperatur sudah mencapai 1/2. saya pun mematikan mesin mobil, dan membuka kap mobil.
langkah selanjutnya, saya mulai mengisi kolom air radiator dengan menggunakan air bersih.
saya pun beristirahat dalam mobil, sambil menunggu indikator temperatur menurun. saya istirahat sekitar 10 menit, kemudian mulai menghidupkan mesin. ternyata indikator temperatur sudah turun..sekarang jarum indikator menunjuk ke angka sekitar 1/4. mobil pun berjalan normal hingga sampai ke rumah.
pertanyaan:
1. apa penyebab timbulnya hentakan2 tersebut? apa karena mobil mulai over heat? perjalanan memang macet panjang, mobil cuma bergerak merambat selama lebih dari 1 jam.
2. benarkah yang sudah saya lakukan?
kalau salah, apa yang seharusnya saya lakukan sebagai penanganan pertama?
3. apa prevensi supaya tidak terjadi hentakan itu lagi?
terimakasih atas penjelasannya
Kayaknya sih transmisinya overheat.
transmisi overheat bisa terjadi kalau sistem pendingin tidak bekerja dengan baik.
pas kejadian, harusnya sis check oli transmisinya, apakah ada bau terbakar atau tidak. ?
Jadi gini urutannya sis (menurut saya loh ya )
1. Jalanan macet.
2. mesin jalan terus dan butuh pendingin (radiator).
3. Pendingin ini gunanya ada dua : untuk mendinginkan mesin dan mendinginkan oli transmisi.
4. Jika overload, pendinginan untuk oli transmisi menjadi berkurang
5. Jika oli transmisi cepet panas, itu fungsi oli menjadi berkurang.
6. Fungsi oli itukan sebagai pelumas gigi-gigi transmisi.
7. Pas pelumas tidak 100% bekerja, gear shifter bermasalah.
Menjawab pertanyaan no 1:
Ya. Mesin overheat, tapi menurut saya lebih tepat yg overaheat itu oli transmisi.
No 2.
Benar. Kan sudah teruji ,sis.
Waktu sis berhenti dan menunggu agar mobil tetap dingin, masalah itu jadi hilang.
no3.
Kalau belum pernah ganti oli transmisi, segeralah ganti (dianjurkan setahun sekali)
Kalau ada duit lebih, mendingan belikan TRANSMISION COOLER. (cari di google bentuknya seperti apa ).
Mobil saya pakai B&M supercooler.
Fungsinya sebagai pendingin tambahan(radiator kecil) spesial buat oli transmisi agar oli tidak cepat mendidih. dan agar waktu penggunaan oli bisa lebih lama.
Transmission coller ini biasannya diletakkan di depan radiator. (menangkap angin dan menagkap dinginnya radiator)
Tetapi ada juga yg diletakkan di mesin (yang ini mungkin agak mahalan sebab ada kipas angin sendiri)
Oke sis ?
Mudah-mudahan membantu.
Kalau tidak membantu, saya sarankan beli mobil baru aja he he he