menarik juga kalau kita buat kajian tentang fenomena solascriptura ini.
sebuah landasan dasar untuk protes.. (standing position) yang sesungguhnya landasan dasar ini sendiri tak mempunyai dasar.. jadi berdiri diatas dasar yang juga tak berdasar... maka benar saja, prinsip ini kemudian susah di robohkan, karena memang berdiri dimana pun kita tidak dapat ketahui...
sebuah fenomena diatas angin... sebuah fenomena yang sungguh sudah bertentangan dengan kodrat. inilah fenomena tak masuk akal dan tersukses di sepanjang sejarah peradaban manusia.
padahal untuk memprotes katolik itu kan tidak harus tidak masuk akal.. banyak kan contoh2 untuk tidak katolik namun tetep masuk akal.. misal skisma gereja ortodox, dan aglikan. namun kenapa kemudian yang tak masuk akal ini kemudian malah bisa dibilang "sukses"
coba bro kaji, apa sebabnya fenomena ini bisa sukses??? kalau menurut saya, sebenernya faktor basic need mausialah yang mempertahankan ini... walaupun inkoherensi logis, solascriptura memberikan posisi pembenaran yang strategis.. dan tentu saja jangan pernah dikaji secara jujur... namun cukup dinikmati saja... dan terus di bius dengan balutan entertaiment yang emosional.. yang kemudian memberi sedikit ruang kepada akal budi untuk menelaah secara jernih.. karena emosionalnya (iman) yang sudah diaduk2.. perasaan yang sudah diaduk2 dengan semangat yang mengharu biru.. yang membuat dan membentuk kaum yang lebih dari sekedar pemenang.
wah ini memang menarik untuk dijadikan kajian tesis... "the solascripture, incredible and invisible"
saya rasa, kajian yg lebih objektif akan fenomena ini, bisa didekati dari dua bidang ilmu mas.. (ilmu beneran lho... bukan yg "ilmu" itu.. ehehe..)
misalnya:
1. Psikologi Massa: bagaimana mempertahakan & mengobarkan semangat, serta meningkatkan affinitas anggota intra organisasi..
yang merupakan suatu prasyarat mutlak bagi survival sebuah Organisasi Baru yg merupakan sempalan dari organisasi induk-nya, dan celakanya, produknya mirip pula..
2. Marketing: bagaimana menciptakan sistem marketing yang efektif dan ber-impact luas, serta memberdayakan customer-nya menjadi sales-man berikutnya untuk produk itu..
--> oleh sebab itu, imho, merupakan cikal bakal dari Multi Level Marketing..
dan sebagai-nya mas...
tapi yang jelas, tentu hal-hal seperti ini adalh semuanya dalam rangka COMPETITION dan SURVIVAL, which is menurut saya amat MANUSIAWI kok..
cuma bumbu-bumbu dan istilah-istilah yg dipakai aja berbau-bau ILAHIAH... sehingga rentan untuk tergelincir menjadi SEOLAH-OLAH TIDAK MANUSIAWI..
ehehe..