....
....
* Saya asumsikan bahwa ini rangkuman dari v3-10
* Berdasar sintesis nubuat2 OT, dsb yang menyangkut predestinasi, akan jadi kudus karena mesias, dsb... [cek juga: Kis 3:12, 25, 26]
* nubuat2 predestinasi tentang gentiles itu sifatnya general (bukan personal salvation ala TULIP) i.e: "Aku berkenan ditemui orang yang tidak mencari Aku, dsb"
1:13 Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
* di dalam Dia, kamu juga--KARENA kamu telah mendengar firman, ketika kamu PERCAYA =/= di dalam Dia, kamu juga--KARENA kamu telah dipredestinasi (per konteks v3-10) ....
Tapi saya tidak menyalahkan kalau bro atau teman2 lain menginterpretasikan kata "kita" pada v3+ = include bro.
Itu wajar2 saja kok.
Cuma, saya pribadi beda penafsiran.. karena yang saya tangkap; itu refer pada yahudi.. maka saya tidak perlu mengklaim yang bukan tentang saya.
Terima kasih atas pengertiannya sis hubaya. Saya sangat senang dng sikap sis hubaya tsb
.
Saya menangkap penafsiran sis hubaya karena penjelasannya sangat baik dan jelas. Namun, supaya lebih pasti, tolong cek penangkapan saya ini. Saya memahami bahwa berdasakan penafsiran sis hubaya, maka Efesus 1: 1-12 seharusnya menggunakan kata "kami", yg merujuk ke bangsa Israel (including diri Paulus tentunya). Dengan demikian, hal-hal yg ada dalam bagian ini (termasuk predestinasi, dll) berada dalam konteks hubungan unik antara Allah dng bangsa Israel. Lalu, mulai ayat 13, Paulus berbicara kepada pembaca surat yg adalah orang2 percaya yg non-Israel (gentiles). Begitu ya? Please CMIIW.
IMO, penafsiran sis hubaya tsb memang applicable karena unsur-unsur dalam teks Efesus 1 memang mengijinkan penafsiran tsb. Dan, sis hubaya telah menunjukannya dengan baik dan rapi.
Barusan saya sempat membaca kembali lagi awal diskusi kita dan saya menemukan "alasan" yg, IMO, membuat sis hubaya memiliki penafsiran yg sedemikian. "Alasan" itu ada di bagian yg saya bold di kutipan berikut ini:
....Summary:
- Jika memang gentiles masuk grup v 3-12, maka, v13 itu tidak diperlukan... tidak perlu switch kata ganti menjadi "kamu" dari yang sebelumnya kata "kami" terkait ditentukan, dan ada kata "juga" menjadi terkesan Paulus ingin bilang bahwa verses sebelumnya itu beda grup dengan gentiles.
Untuk memudahkan diskusi, saya sebut saja alasan ini dng istilah "redundancy argument" (kalo sis hubaya gak keberatan). Saya sebut redundancy karena argumen ss hubaya berkaitan dng fakta bahwa ayat 13 bakal jadi redundant seandainya gentiles dianggap termasuk dalam grup yg dibicarakan di ayat 3-12.
Saya rasa argumen ini sah karena teks Efesus 1 memang mengijinkannya. Namun, saya lihat bahwa teks Efesus 1
juga mengijinkan argumen lain, yg kemudian membawa ke penafsiran yg berbeda. Biar mudah, saya sebut saja argumen yg lain ini "non-redundancy argument". Dan, saya akan coba menyampaikan isinya.
Dalam non-redundancy argument, ayat 13 tidak dibaca sebagai ayat yg "bakal jadi redundant seandainya...". Dalam argumen ini, ayat 13 dibaca sebagaimana adanya, yaitu terdapat kata "kamu" di dalamnya. Ayat 13 ini lebih mudah kita mengerti karena subyek pembicara dan subyek pendengarnya jelas (bila dibandingkan dengan dng ay.3-12 yg mengandung dua kemungkinan "kami" atau "kita").
"Kamu" di situ berarti para pembaca surat efesus, yg adalah orang-orang percaya non-Israel (gentiles). Saya sebut saja jemaat Efesus ya. Jemaat Efesus memang non-Israel, tetapi mereka adalah anggota gereja (tubuh Kristus) sebagaimana Paulus dan orang-orang Israel yg percaya. Jadi, baik orang Israel maupun non-Israel, selama mereka adalah orang-orang yg percaya pada Kristus, maka mereka adalah satu "bangsa", yakni "bangsa Kristen".
Berkaitan dengan ayat 3-10, "bangsa Kristen" inilah yg dirujuk oleh kata "kita". Baru di ayat 11-12, Paulus menggunakan kata "kami" yg memang merujuk ke bangsa Israel. Jadi, dalam kutipan di bawah, biru refers to "bangsa Kristen" (Israel dan non-Israel), merah refers to bangsa Israel saja (Paulus included tentunya), dan hijau refers to bangsa Kristen yg non-Israel (jemaat Efesus)
1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah,
kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus.1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa
kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai
kamu.
1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan
kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada
kita segala berkat rohani di dalam sorga.
1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih
kita sebelum dunia dijadikan, supaya
kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan
kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,
1:6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada
kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.
1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya
kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada
kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada
kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
1:11 Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah
kami mendapat bagian yang dijanjikan--
kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya--
1:12 supaya
kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya.
1:13 Di dalam Dia
kamu juga--karena
kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia
kamu juga, ketika
kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
---nyambung ke bawah ya --