Author Topic: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian  (Read 6726 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline mdzamri.mdzin

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 49
  • Reputation Power:
Permasalahan ayat genesis 11:12 dalam bible kristian

Ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya memaparkannya bermula dengan ayat Genesis 11:10, yang mana ianya mencatatkan keturunan bagi Sem.

Versi Alkitab Kabar Baik (BIS), linknya
 http://sabdaweb.sabda.org/bible/chap...theme=clearsky

Genesis 11:10 Inilah keturunan Sem. Dua tahun sesudah banjir besar, ketka Sem berumur 100 tahun, ia mendapat seorang anak laki-laki yang bernama Arpakhsad.

Genesis 11:11 Setelah itu ia masih hidup 500 tahun lagi, dan mendapat anak-anak lain.

Jika dilihat pada kitab Greek dan Hebrew, kedua-duanya juga mencatatkan bahawa pada ayat Genesis 11:10, Sem memperanakkan Arphaxad. Justeru turutan salasilah Sem pada genesis 11:10 adalah Sem, dan selepas itu Arphaxad.


Genesis 11:12 bagi Kitab Hebrew
Lihat pula ayat Genesis 11:12 bagi kitab Hebrew, linknya http://biblos.com/genesis/11-12.htm , ianya mencatatkan seperti di bawah.

וְאַרְפַּכְשַׁ֣ד Arpachshad
חַ֔י lived
חָמֵ֥שׁ five
וּשְׁלֹשִׁ֖ים and thirty
שָׁנָ֑ה years
וַיֹּ֖ולֶד and became
אֶת־ שָֽׁלַח׃ of Shelah


Makanya kitab Hebrew menyebutkan pada ayat Genesis 11:12 bahawa Arphaxad memperanakkan Shelah. Maka sehingga ayat Genesis 11:12 ini, turutan salasilah menurut kitab Hebrew adalah Sem, Arphaxad, Selah. Dari kitab Hebrew juga kita memperolehi maklumat bahawa Arphazad memperanakkan Selah ketika beliau berumur 35 tahun. Terjemahan berkaitan dengan ini dapat kita lihat seperti di bawah.

Versi Alkitab Kabar Baik (BIS), linknya http://sabdaweb.sabda.org/bible/chap...theme=clearsky 
Genesis 11:12 Pada waktu Arpakhsad berumur 35 tahun, ia mendapat anak laki-laki, namanya Selah.


Genesis 11:12 bagi Kitab Greek
Lihat pula ayat Genesis 11:12 juga bagi kitab Greek, linknya http://apostolic.interlinearbible.org/genesis/11.htm , ianya mencatatkan seperti di bawah.


και έζησεν Αρφαξάδ εκατόν τριάκοντα πέντε έτη
and Arphaxad lived a hundred thirty five years,

και εγέννησε τον Καϊνάν
and he procreated Cainan


Dari kitab Greek ini, bagi ayat Genesis 11:12, kita memperolehi maklumat bahawa ketika berusia 135 tahun, Arphaxad memperanakkan Cainan.

Kita lihat dalam kitab Greek yang lain iaitu Greek OT: Septuagint, linknya http://www.ellopos.net/elpenor/physi...is/11.asp?pg=2 , dimana ianya mencatatkan seperti di bawah,

Καὶ ἔζησεν Αρφαξαδ ἑκατὸν τριάκοντα πέντε ἔτη καὶ ἐγέννησεν τὸν Καιναν.

di mana pada link itu juga terdapat terjemahannya seperti di bawah

"And Arphaxad lived a hundred and thirty-five years, and begot Cainan."


Justeru ada 2 persoalan di sini. Sehingga Genesis 11:12, salasilah Sem menurut kitab Hebrew adalah Sem, Arphaxad, Selah. Tetapi menurut kitab Greek pula, salasilah sem adalah Sem, Arphaxad, Cainan. Pada ayat Genesis 11:12 itu juga, menurut kitab Hebrew, Arphaxad berumur 35 tahun semasa memperolehi keturunan seterusnya, namun menurut kitab Greek pula, ketika itu Arphaxad adalah berumur 135 tahun. Justeru manuskript mana satu yang mencatatkan catatan yang benar, yang menyamai autographnya?


Apakah Cainan itu adalah nama lain bagi Selah? Cainan itu bukanlah nama lain bagi Selah. Sila lihat pula kitab Greek OT:Septuagint (linknya telah diberikan d atas), bagi ayat Genesis 11:13 - 15


Genesis 11:13 And Arphaxad lived after he had begotten Cainan, four hundred years, and begot sons and daughters, and died. And Cainan lived a hundred and thirty years and begot Sala; and Canaan lived after he had begotten Sala, three hundred and thirty years, and begot sons and daughters, and died.

Canaan itu adalah yang memperanakkan Selah. Jika dilihat dalam link http://apostolic.interlinearbible.org/genesis/11.htm ,  pada Genesis 11:13, kitab Greek itu juga menyebut Cainan memperanakkan Salah. Lihat di bawah,


και έζησε Καϊνάν εκατόν και τριάκοντα έτη
And Cainan lived a hundred and thirty years

και εγέννησε τον Σαλά
and he procreated Salah


Begitu juga pada ayat Genesis 11:14, kedua kitab Greek itu dan juga kitab Hebrew mencatatkan Selah pula memperanakkan Eber. Lihat terjemahanya di bawah,


Genesis 11:14 And Sala lived an hundred and thirty years, and begot Heber.
(Greek OT Septuagint)

Genesis 11:14 Shelah lived thirty years and became of Eber
(Hebrew, linknya http://biblos.com/genesis/11-14.htm )


Justeru turutan salasilah Sem menurut kitab Greek adalah Sem, Aprhaxad, Cainan, Salah, Heber. Namun menurut kitab Hebrew pula, turutan salasilah itu adalah Shem (atau Sem), Arpachshad (atau Arphaxad), Shelah (atau Salah), Eber (atau Heber), iaitu tidak terdapat generasi Cainan. Justeru Cainan itu adalah bukannya nama lain bagi Selah, kerana kitab Greek menyebut Cainan itu adalah orang yang memperanakkan Selah.


Justeru saya ulang permasalahan di sini iaitu ada 2 persoalan di sini. Sehingga Genesis 11:12, salasilah Sem menurut kitab Hebrew adalah Sem, Arphaxad, Selah. Tetapi menurut kitab Greek pula, salasilah sem adalah Sem, Arphaxad, Cainan. Pada ayat Genesis 11:12 itu juga, menurut kitab Hebrew, Arphaxad berumur 35 tahun semasa memperolehi keturunan seterusnya, namun menurut kitab Greek pula, ketika itu Arphaxad adalah berumur 135 tahun. Justeru manuskript mana satu yang mencatatkan catatan yang benar, yang menyamai autographnya? 

Bagi individu kristian yang menyangkakan bahawa manuskript Hebrew pasti benar dan manuskript Septuaginta pasti salah, maka dipersilakan membaca di link ini iaitu http://penzahra.blogspot.com/2013/07/permasalahan-antara-manuskript-hebrew.html yang menjelaskan bahawa Lukas sendiri menuliskan sesuatu maklumat yang menyamai manuskript Septuaginta dan menyalahi maklumat di dalam manuskript Hebrew. Ini menjelaskan bahawa terdapat penulis asal bible itu yang merasakan maklumat dalam manuskript Septuaginta adalah benar berbanding manuskript Hebrew. Justeru tiada hujah untuk mengatakan bahawa manuskript Septuaginta ini pastinya salah kerana teksnya yang berbeza dengan teks dalam kitab Hebrew Masoret itu.

Perhatian:
Golongan kristian dipersilakan memberi komentar secara berhemah.


Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #1 on: April 21, 2014, 03:23:34 PM »
Membaca posting ini saya jadi teringat pada Erusi.
Diskusi dg Erusi lebih mirip debat kusir yg tiada habisnya karena pbedaan sudut pandang mengenai 'keabsahan' Kitab Suci Kristen.

Nevertheless,
Karena ptanyaan ini tetap harus dtanggapi, maka saya akan utarakan pendapat saya.

Permasalahan ayat genesis 11:12 dalam bible kristian

Ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible.

Sebelum melanjut ke pmbahasan inti, maka saya perlu meluruskan bahwa ini bukanlah kesalahan kritikal sbagaimana yg dituduhkan.

Jenis tuduhan ini adalah tuduhan kontradiksi minor.

Bahwa mdzin mnganggapnya kritikal, itu karena mdzin mngukur bdasarkan definisi subyektif mdzin sendiri mengenai keabsahan Kitab Suci (kmungkinan mdzin mnggunakan standar Islam utk mngukur Alkitab).

Kekristenan tidak menerapkan definisi dan ukuran yang sama.

Misalkan saja,
Kata 'begat' di Alkitab tidak harus berarti 'keturunan langsung ayah-anak kandung'.
'Begat' dlm arti luasnya brarti 'menurunkan' yg mana bisa 'langsung', bisa 'beberapa generasi', bisa juga melalui sistem 'levirate marriage'.

Penafsiran silsilah dalam Alkitab tidak dapat dilakukan dengan kaku, mlainkan harus diukur dengan kebiasaan Alkitabiah (yg terdapat di seluruh Alkitab).

Dengan ini pula sebetulnya kasus yg diangkat mdzin sudah bisa digugurkan.

Misalnya,
Arphaksad 'begat' Selah dan konteks 'begat' disana adalah menjadi kakeknya (versi Hebrew).
Scr riil Arphaksad adalah ayah bagi Kenan dan kakek bagi Selah (versi Septuagint).

Model pnafsiran ini tentunya akan sangat mbingungkan bagi peyakin Kitab Suci agama lain tetapi sama skali dapat diterima dengan baik oleh peyakin Alkitab.

Nevertheless,
Karena sudah ada ptanyaan, maka kita wajib mbrikan ptanggung-jawaban.
Mari kita masuk pd pembahasan,

--------

Mdzin mengangkat 2 problema yg sangat mbingungkan hatinya, yakni:

1. Siapakah Kenan?
Mengapa Hebrew Text (Masoretic) tidak mcantumkannya tetapi Septuagint dan Lukas mencantumkan namanya?
Jika Masoretic tidak mcantumkannya, bukankah Septuagint salah?
Jika Septuagint benar, bukankah Masoretic salah?

2. Usia Arphaxad saat 'begat' Selah, apakah 35 atau 135?

---------

Kita bahas yg pertama,

Alkitab tidak hanya dilihat sbg buku acuan sejarah yg digunakan secara luas bahkan oleh sejarawan sekuler (tidak pcaya? coba lihat film dokumenter sejarah, biasanya mreka akan mengutip timeline di Alkitab, sangat jarang menggunakan 'Kitab Suci' lainnya).

Alkitab juga diyakini sbg tulisan yang diinspirasikan oleh Tuhan sehingga memiliki kandungan kebenaran dan pesan moral yang menunjukkan kehendak Allah.

Karena itu kami meyakini bahwa Lukas terinspirasi oleh Roh Allah ketika Lukas menuliskan nama 'Kenan' sbg anak dari Arphaxad.

Lalu dari manakah Kenan ini berasal?

Nama 'Kenan' sbg anak Arphaxad memang tidak ada di Masoretic Text, tetapi nama Kenan masuk dalam Septuagint.
Mengapa bisa ada di Septuagint?

Rupanya nama Kenan ini beredar di kalangan Yahudi sbg suatu tradisi lisan.
(Dalam hal ini saya berkolaborasi dg Saudara Yopi yg menyakini bahwa tradisi lisan berjalan bersama tradisi tertulis)

Dalam benak orang Yahudi, beredar beberapa kitab-kitab yang menjadi tradisi lisan walau tidak memiliki kedudukan yg setara dengan Masoretic Text, misalnya ada Talmud, ada Book of Enoch, ada Book of Jubilee, ada Book of Jasher, dll.

Jika kita pelajari mengenai Kenan, maka nama Kenan ada di Book of Jubilee sbg keturunan ke-13 dari Adam.
Kenan adalah anak dari Arphaxad dari istri bernama Rashueya, tetapi Kenan kemudian melakukan kedosaan dengan mengikuti ajaran sesat sehingga mendapat kutuk.
Kutukan ini kemudian menjadikan Kenan tidak mendapatkan tempat dalam barisan silsilah Masoretic Text.

Mengapa tidak?
Karena orang-orang Ibrani hendak menyampaikan pesan bahwa keturunan yang mendapat kutuk tidak akan menjadi garis langsung Messianik.

Keluarnya Kenan dari garis silsilah membuat Selah menjadi keturunan langsung dari Arphaxad.

Mengapa Lukas tetap mencantumkan Kenan?
Tentu saja Lukas yang diinspirasikan Tuhan mencantumkan Kenan dalam silsilah karena segala kutuk telah ditebus oleh Sang Mesias yang lahir 77 generasi setelah Adam.

--------

Sekarang yg kedua.

Naskah-naskah bahasa Ibrani yg lebih tua dari naskah Masoret menunjukkan bhw usia Arphaxad adalah 135.
Pd dasarnya para Masoret brusaha mnunjukkan keutamaan Abraham yg melahirkan Ishak di usia 100 tahun.

Jadi kita skrg tau bhw Alkitab tidak sekadar buku sejarah.
Di balik angka dan nama-nama yg tidak harus tersusun persis harafiah kronologis, tkandung makna yg disampaikan secara simbolisasi.

Simbolisasi itu juga penting.
Misalnya,
Hilangnya Kenan dari silsilah Masoretic mbuat kita mmahami makna di baliknya,
Atau keutamaan Abraham mjd latar blakang pbedaan hitungan angka.

Jadi jangan hanya lihat hurufiah redaksionalnya tetapi maknanya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #2 on: April 21, 2014, 07:49:27 PM »
@Siip

Pertanyaan jenis itu sudah pernah ditanyakan oleh member lain entah di forum kristen yang mana, dan seperti anda katakan, memang cuma berkutat sekedar ngeyel dan memaksakan kehendak, bukan mencari kebenaran.

Padahal, yang ditanyakan tidak ada pentingnya sama sekali.

Maka, memang sepertinya tidak perlu ditanggapi.

:D

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #3 on: April 22, 2014, 08:54:46 AM »
Ditanggapi is penting Bro,
Slain utk mpertahankan kyakinan, juga agar member lain bisa mnambah wawasan.

Member ini memang sering skali posting di bbrp forum dg ptanyaan tkait silsilah.
Juga sudah bkali-kali dtanggapi.

Lagian bosan saya baca postingan ngulang-ngulang di topik lain makanya saya mnyambut hangat topik ini  :D
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #4 on: April 22, 2014, 09:28:04 AM »
Oke, silahkan dilanjut, om.

:D

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #5 on: April 22, 2014, 11:06:30 AM »
Sudah slesai Om
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #6 on: April 22, 2014, 11:12:31 AM »
Jiaaaaaah

:D

Offline CosmicBoy94

  • Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 305
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #7 on: April 27, 2014, 06:04:21 PM »
Postingan @mdzamri.mdzin saya akan hapuskan karena pertanyaan2 ini sudah banyak diulangi di blog/forum lain.

Quote
Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian - Forum ...
www.jawaban.com › Forum › Spiritual‎
Translate this page
Dec 9, 2011 - Lagi ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya ...
Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=9297
Translate this page
Aug 23, 2011 - 10 posts - ‎5 authors
Ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya ...
Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian ...
forumimankristen.com/index.php?topic=1839.0‎
Translate this page
1 post - ‎1 author
Permasalahan ayat genesis 11:12 dalam bible kristian. Ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat ...
Pertanyaan kpd kristian: Genesis 11:12 - kopimaya [dot] kom
www.kopimaya.com/.../5247-Pertanyaan-kpd-kristian...‎
Translate this page
Jun 27, 2012 - 20 posts - ‎4 authors
Ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya ...
SarapanPagi Biblika • Permasalahan ayat genesis : Kritik ...
www.sarapanpagi.org/permasalahan-ayat-genesis-vt39...‎
Translate this page
Sep 30, 2011 - Lagi ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya ...
Bicara Kristian Malaysia: My Personal Note
yesuskristusuntukmalaysia.blogspot.com/.../blog-page...‎
Translate this page
Ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya memaparkannya ...
salib.net - Mewartakan Salib dari Golgota > > Forum dan Diskusi ...
www.salib.net › Forum Index › Tanya dan Jawaban‎
Translate this page
Dec 9, 2011 - 10 posts - ‎2 authors
Lagi ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya ...
Para Ustadz-Ustadzah,Ulama dan Tokoh Islam Yang ...
kesalahanquran.wordpress.com/.../para-ustadz-ustadzahulama-dan-tokoh...‎
Aug 9, 2012 - Lagi ditemukan kesalahan kritikal ayat-ayat dalam bible. Pada kali ini saya ingin memaparkan pula ayat Genesis 11:12. Adalah lebih baik saya
ttps://www.google.com/search?q=Ditemukan+kesalahan+kritikal+ayat-ayat+dalam+bible.+Pada+kali+ini+saya+ingin+memaparkan+pula+ayat+Genesis+11%3A12&oq=Ditemukan+kesalahan+kritikal+ayat-ayat+dalam+bible.+Pada+kali+ini+saya+ingin+memaparkan+pula+ayat+Genesis+11%3A12&aqs=chrome..69i57.7942j0j8&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #8 on: April 28, 2014, 08:38:58 AM »
Ngga usah dhapus Bro krn sudah ada tanggapannya...di lock aja.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #9 on: April 28, 2014, 08:23:12 PM »
Setuju dilock, biar ada arsip disini juga.

Salam
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline mdzamri.mdzin

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 49
  • Reputation Power:
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #10 on: April 30, 2014, 12:18:16 PM »
@Siip


Terima kasih kerana kesanggupan kamu untuk memberikan komentar berkenaan permasalahan ayat Generasi 11:12 yang saya kemukakan. Cumanya apa yang saya lihat setelah membaca komentar jawapan kamu adalah kamu tidak cukup memahami persoalan yang saya kemukakan berkenaan dengan permasalahan ayat ini. Mari kita lihat apa yang kamu nyatakan dalam komentar jawapan kamu itu.

Quote
  Misalnya,
Arphaksad 'begat' Selah dan konteks 'begat' disana adalah menjadi kakeknya (versi Hebrew).
Scr riil Arphaksad adalah ayah bagi Kenan dan kakek bagi Selah (versi Septuagint).

 

Mari kita ambil tanggapan kamu iaitu Arphaxad adalah kakek, Cainan adalah anak dan Selah adalah cucu.
Justeru pertanyaan saya adalah dalam ayat Genesis 11:12 di dalam autograpahnya, apakah maklumat yang disampaikan dalam ayat tersebut? Apakah maklumat yang disampaikan dalam ayat tersebut adalah kakek (iaitu Arphaxad) melahirkan anaknya (iaitu Cainan) pada usia 135 tahun seperti dalam versi Septuaginta Greek? Jika itu yang disampaikan oleh ayat Genesis 11:12 dalam autographnya, maka ayat Genesis 11:12 dalam versi Hebrew Masoret itu adalah salah. Ini kerana bukan itu yang disampaikan oleh maklumat dalam Genesis 11:13 versi Hebrew Masoret itu. Jika tidak setuju dengan dakwaan saya ini maka saya mempersilakan kamu menafikannya melalui penjelasan kamu.

Atau apakah maklumat yang disampaikan dalam ayat Genesis 11:12 pada autographnya adalah kakek (iaitu Arphaxad) melahirkan cucunya (iaitu Selah) pada usia 35 tahun seperti dalam versi Hebrew Masoret itu? Jika itu yang disampaikan oleh ayat Genesis 11:12 dalam autographnya, maka ayat Genesis 11:12 dalam versi Septuaginta Greek itu adalah salah. Ini kerana bukan itu yang disampaikan oleh maklumat dalam Genesis 11:13 versi Masoret Hebrew itu. Jika tidak setuju dengan dakwaan saya ini maka sekali lagi saya mempersilakan kamu menafikannya melalui penjelasan kamu.


Quote

 
Kenan adalah anak dari Arphaxad dari istri bernama Rashueya, tetapi Kenan kemudian melakukan kedosaan dengan mengikuti ajaran sesat sehingga mendapat kutuk.
Kutukan ini kemudian menjadikan Kenan tidak mendapatkan tempat dalam barisan silsilah Masoretic Text.

Mengapa tidak?
Karena orang-orang Ibrani hendak menyampaikan pesan bahwa keturunan yang mendapat kutuk tidak akan menjadi garis langsung Messianik.

Keluarnya Kenan dari garis silsilah membuat Selah menjadi keturunan langsung dari Arphaxad.


 

Saya ingin bertanya, apakah si penyalin manuskript bible kamu itu ingin menyalin dengan mengikut sepenuhnya apa yang tertulis dalam ayat Genesis 11:12 pada autographnya ataupun tidak? Jika si penyalin itu ingin menyalin sepenuhnya ayat Genesis 11:12 seperti yang tertulis dalam autographnya, maka dia harus menyalin sepenuhnya maklumat asal dalam ayat Genesis 11:12 itu. Jika kamu mengatakan Cainan tidak mendapat tempat dalam Masoret Hebrew disebabkan kedosaannya, makanya si penyalin Masoret Hebrew itu telah mengubah ayat Genesis 11:12 dalam manuskript Hebrew Masoret itu. Apa kamu ingin mengakui pengubahan sememangnya dilakukan oleh penyalin manuskript bible kamu itu?
Apakah ayat Genesis 11:12 dalam autographnya itu adalah firman Tuhan. Sudah tentu kamu beranggapan sedemikian. Justeru apakah kamu ingin mengatakan terdapatnya si penyalin yang mengubah firman Tuhan dalam salinan yang dilakukan olehnya? Saya ingin melihat kamu mengakui sedemikian. Jika kamu tidak mengakui sedemikian maka bagaimana kamu boleh menjelaskan nama Cainan dikeluarkan oleh si penyalin manuskript Hebrew Masoret disebabkan kedosaannya?

Quote
  Naskah-naskah bahasa Ibrani yg lebih tua dari naskah Masoret menunjukkan bhw usia Arphaxad adalah 135.
Pd dasarnya para Masoret brusaha mnunjukkan keutamaan Abraham yg melahirkan Ishak di usia 100 tahun.

 

Justeru umur 35 tahun seperti yang tertulis dalam manuskript Hebrew Masoret sebagai salah. Satu pengakuan baik daripada kamu. Justeru itulah pihak kristian sememangnya terpaksa mengakui kesalahan-kesalahan dalam manuskript bible mereka apabila permasalahan di dalam manuskript bible mereka itu ditunjulkan kepada meraka.
Walau apa pun dasar yang ingin ditunjukkan oleh mana-mana manuskript, seharusnya si penyalin tidak sepatutnya sampai mengubah apa-apa yang tertulis pada autographnya yang asal.

Justeru apakah sekarang pihak kristian masih mengatakan tiada kesalahan dalam manuskript bible mereka? Sama ada kesalahan itu major atau minor adalah tergantung kepada tanggapan individu itu sendiri. Yang penting, pengakuan kesalahan itu adalah diakui oleh kristian itu sendiri.

Offline salt

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 2507
  • Reputation Power:
  • Denominasi: **
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #11 on: April 30, 2014, 12:46:47 PM »
Seharusnya.... seharusnya... siapa yang mengharuskan?

Ada ada saja..

Offline mdzamri.mdzin

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 49
  • Reputation Power:
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #12 on: April 30, 2014, 05:21:49 PM »
Seharusnya.... seharusnya... siapa yang mengharuskan?

Ada ada saja..

Jadi bagi kamu, apakah si penyalin manuskript itu dibenarkan untuk mengubah ayat Genesis 11:12 itu dalam salinannya?

Juga kamu ini tidak menjawab persoalan-persoalan yang saya kemukakan.

Offline odading

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3314
  • Reputation Power:
  • Denominasi: non-agama
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #13 on: April 30, 2014, 05:40:24 PM »
Jadi bagi kamu, apakah si penyalin manuskript itu dibenarkan untuk mengubah ayat Genesis 11:12 itu dalam salinannya?

Juga kamu ini tidak menjawab persoalan-persoalan yang saya kemukakan.
(9) But avoid stupid and foolish controversies and genealogies and dissensions and wrangling about the Law, for they are unprofitable and futile

ayat yang menarik,
dan mao gak mao saya akui - saya sendiri susah utk tidak tidak-avoid-nya :D

Offline mdzamri.mdzin

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 49
  • Reputation Power:
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Genesis 11:12 dalam bible kristian
« Reply #14 on: April 30, 2014, 06:08:01 PM »
(9) But avoid stupid and foolish controversies and genealogies and dissensions and wrangling about the Law, for they are unprofitable and futile

ayat yang menarik,
dan mao gak mao saya akui - saya sendiri susah utk tidak tidak-avoid-nya :D

Dalam masa yang sama bible kamu menyatakan "ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik"

Yes, sememangnyalah di Paulus itu meminta dihindari mempersoalkan apa yang disedarinya sebagai kesalahan dalam bible kristian itu. Kelihatannya dia juga tak yakin yang manuskript itu akan bebas daripada sebarang kesalahan.
  :)