Forim Iman Kristen
Ajaran-Ajaran Kristen => Pengetahuan Kristen => Topic started by: roderick on August 25, 2012, 04:29:29 PM
-
St Lazarus lahir di Betania, sebuah kota kecil dekat Yerusalem. Yesus mengenal ayahnya yang bernama Simon dan biasa mengunjungi rumah mereka setiap kali ia berada di daerah tersebut. Ia bersahabat dekat dengan Lazarus, yang mengikuti ajaran dan cita-cita-Nya.
Pada usia tiga puluh Lazarus sakit sangat parah. Saudara-saudara perempuannya Martha dan Maria memberitahu Yesus tentang betapa serius kondisinya namun Ia tampak tidak khawatir. Pada saat Yesus tiba di Betania, Lazarus sudah terlanjur wafat dan dikuburkan selama empat hari. Yesus langsung pergi ke kuburannya, dia berdoa dan kemudian mengangkat suaranya: "Lazarus, keluarlah!". Dan memang, beberapa saat kemudian Lazarus keluar dari kubur, terbungkus dengan kain kafannya. Dia dilepaskan dari kain kafannya dan kembali bersama Yesus ke rumahnya, ditemani orang banyak. Setelah keajaiban ini, bahkan lebih banyak orang percaya kepada Kristus dan mengikuti ajaran-ajarannya. Inilah alasan mengapa para pemimpin agama orang Yahudi memutuskan untuk membunuhnya. Ketika Lazarus mengetahui tentang rencana mereka ia menemukan tempat berlindung di Kition (Larnaca) di daerah Siprus. Di sana ia ditemui oleh Rasul Paulus dan Barnabas, yang kemudian menahbiskannya sebagai uskup pertama Kition. Lazarus menjadi contoh seorang Kristen. Kehadirannya secara fisik adalah bukti kasih Allah bagi umat-Nya sementara kegiatan rohaninya melambangkan cinta manusia bagi Allah.
Lazarus meninggal pada usia 60 tahun dan dimakamkan dalam sebuah sarkofagus di Kition dengan tulisan "Lazarus-empat hari, sahabat Kristus". Pada tahun 890 Kaisar Byzantium Leon VI Sophos memindahkan relikwi Lazarus ke Konstantinopel dan sebagai imbalannya ia membangun sebuah gereja di Larnaca dikhususkan untuk St Lazarus. Gereja tersebut berdiri sampai saat ini.
http://www.nostos.com/church/Lazarus.htm (http://www.nostos.com/church/Lazarus.htm)
(http://www.crestinortodox.ro/admin/_files/newsannounce/larnaca-lazar-8.jpg)
http://en.wikipedia.org/wiki/Larnaca (http://en.wikipedia.org/wiki/Larnaca)
(http://farm5.staticflickr.com/4091/4991414603_28eeba1f65_z.jpg)
Sarkofagus St Lazarus
(http://2.bp.blogspot.com/_UOJjUH2o_wM/Sd4h0viX1gI/AAAAAAAAApc/SB_A2giv-2E/s400/AgLazaros_large.jpg)
St Lazarus
Lazarus dari Betania seringkali dijadikan contoh yang kurang baik dalam beberapa denominasi. Pernah pada suatu saat saya mendengar sebuah khotbah yang membandingkan antara Lazarus dan Pothini, yaitu perempuan Samaria yang bertemu dengan Yesus di sebuah sumur.
Perempuan Samaria tersebut dijadikan contoh penginjil yang rendah hati dan rela hati karena "namanya tidak dicatat dalam Alkitab", namun Lazarus ini dijadikan contoh pribadi yang tidak tahu terimakasih, karena setelah dibangkitkan oleh Kristus, bukannya menginjil tapi malah tidak melakukan apapun (karena kisahnya sama sekali tidak ditulis di Alkitab dan tidak ada lanjutannya). Dahulu saya manggut-manggut saja dan mencoba mengamini apa kata Pendeta tersebut. Kini saya bersukacita bahwa Lazarus ternyata adalah contoh kasih Allah kepada manusia melalui keberadaannya di Siprus dan melalui kenangannya yang terus hidup sampai detik ini.
Αγίου Λαζάρου, προσευχηθείτε για μας.
-
Nice posting, bro, menambah pengetahuan kita.
Oya, di Orthodox apakah ada kisah pengalaman Lazarus selama beliau meninggal dan belum dibangkitkan?
Syalom
-
Rod, Lazarus-nya meninggal dengan wajar?
atau meninggal sebagai martir?
ini kisahnya lebih bersahabat daripada kisah St. Pothini :think:
-
Kayaknya mati wajar, deh. Eh, wajar tidak wajar kan tidak diceritakan diadakan visum.
-
Masukan posting yg baru buat saya ,,, makasih boss.. :)
Saya malah berpandangan, Lazarus itu adalah "dia yg dikasihi Yesus". Tambah kuat pandangn ini stlh ketemu bbrp artikel di internet. Tapi kok temen2 di forum laen, banyak yg gak setuju ya ? :think1:
salam.
-
Rod, Lazarus-nya meninggal dengan wajar?
atau meninggal sebagai martir?
ini kisahnya lebih bersahabat daripada kisah St. Pothini :think:
Menurut tradisi sih meninggal dengan wajar sis.
-
Masukan posting yg baru buat saya ,,, makasih boss.. :)
Saya malah berpandangan, Lazarus itu adalah "dia yg dikasihi Yesus". Tambah kuat pandangn ini stlh ketemu bbrp artikel di internet. Tapi kok temen2 di forum laen, banyak yg gak setuju ya ? :think1:
salam.
Ah, kalo cuman pandangan pribadi ya sah-sah saja to bro...
:D
-
Ah, kalo cuman pandangan pribadi ya sah-sah saja to bro...
:D
Maksudnya forum sebelah, ya? He he he he he, namanya lagi mengkhayal ya biarain aja ya bro, masak orang berkhayal ngga boleh.
:rofl:
-
Maksudnya forum sebelah, ya? He he he he he, namanya lagi mengkhayal ya biarain aja ya bro, masak orang berkhayal ngga boleh.
:rofl:
tapi khayalan-nya itu masih dalam lingkup "tafsiran logis" dari ayat Alkitab loh, bruce :). (ketimbang dimengertikan MM, imo... lebih logis si Lazarus ... :giggle:).
Ah, kalo cuman pandangan pribadi ya sah-sah saja to bro...
:D
---imo--- seyogyanya ya begitu .. :).
Secara "yg dikasihi Yesus" itu kan memang misterius --- tidak ada ayat eksplisit yg menyatakan siapa orangnya.... semua masih dalam tafsiran2 berdasarkan ayat2 yg ada.
salam.
-
Masukan posting yg baru buat saya ,,, makasih boss.. :)
Saya malah berpandangan, Lazarus itu adalah "dia yg dikasihi Yesus". Tambah kuat pandangn ini stlh ketemu bbrp artikel di internet. Tapi kok temen2 di forum laen, banyak yg gak setuju ya ? :think1:
salam
Memangnya ada kontroversi apa sih soal Lazarus ini? :think1: Saya bener2 tidak tahu lho..... karena dipikiran saya, kalau dikatakan di Alkitab bahwa Lazarus adalah salah seorang yang sangat dikasihi Tuhan Yesus, pastilah ada sesuatu yang istimewa dalam diri orang ini.
-
Memangnya ada kontroversi apa sih soal Lazarus ini? :think1: Saya bener2 tidak tahu lho..... karena dipikiran saya, kalau dikatakan di Alkitab bahwa Lazarus adalah salah seorang yang sangat dikasihi Tuhan Yesus, pastilah ada sesuatu yang istimewa dalam diri orang ini.
shakes, justru di Alkitab tidak pernah ada pernyataan eksplisit siapakah "murid yg dikasihi Yesus" tsb --- oleh karena itu muncul penafsiran yg bermacam macam.
Tapi ini nanti saya OOT, bisa2 nanti di kemplang ama bruce... :scold:
:D
salam.
-
shakes, justru di Alkitab tidak pernah ada pernyataan eksplisit siapakah "murid yg dikasihi Yesus" tsb --- oleh karena itu muncul penafsiran yg bermacam macam.
Tapi ini nanti saya OOT, bisa2 nanti di kemplang ama bruce... :scold:
:D
salam.
@Oda
Frasa "murid yang dikasihi Yesus" memang tidak menyebutkan secara eksplisit siapa yang dimaksud, meskipun besar dugaan bahwa Yohanes memaksudkan frasa itu menunjuk pada dirinya sendiri. Tetapi dalam Injil Yohanes juga jelas dinyatakan bahwa Yesus sangat mengasihi Lazarus:
Yohanes 11:5 Yesus memang mengasihi Marta dan kakaknya dan Lazarus.
Yohanes 11:33-36 Ketika Yesus melihat Maria menangis dan juga orang-orang Yahudi yang datang bersama-sama dia, maka masygullah hati-Nya. Ia sangat terharu dan berkata: "Di manakah dia kamu baringkan?" Jawab mereka: "Tuhan, marilah dan lihatlah!"
Maka menangislah Yesus. Kata orang-orang Yahudi: "Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!"
Jadi maksud saya, siapapun murid yang paling dikasihi Yesus, lazarus jelas termasuk salah satu orang yang dikasihi Yesus.
Salam
-
Benar bahwa Jesus mengasihi Lazarus, tetapi kalau dikatakan murid yang dikasihi Jesus adalah Lazarus sepertinya bukan. Karena dalam banyak kesempatan dikisahkan murid yang dikasihi itu selalu bersama rombongan Jesus. Dan kalau dari kisah kematiannya, Jesus justru baru diberitahu belakangan ketika Lazarus sudah sakit parah. Yang berarti Lazarus tidak selalu mengikuti Jesus dan rombongannya, kecuali kalau sedang libur dan pulkam, bersamaan dengan jatuh sakitnya.
Syalom
-
Benar bahwa Jesus mengasihi Lazarus, tetapi kalau dikatakan murid yang dikasihi Jesus adalah Lazarus sepertinya bukan. Karena dalam banyak kesempatan dikisahkan murid yang dikasihi itu selalu bersama rombongan Jesus. Dan kalau dari kisah kematiannya, Jesus justru baru diberitahu belakangan ketika Lazarus sudah sakit parah. Yang berarti Lazarus tidak selalu mengikuti Jesus dan rombongannya, kecuali kalau sedang libur dan pulkam, bersamaan dengan jatuh sakitnya.
Syalom
Benar, saya juga mengatakan demikian:
Frasa "murid yang dikasihi Yesus" memang tidak menyebutkan secara eksplisit siapa yang dimaksud, meskipun besar dugaan bahwa Yohanes memaksudkan frasa itu menunjuk pada dirinya sendiri( Yohanes sendiri). Tetapi dalam Injil Yohanes juga jelas dinyatakan bahwa Yesus sangat mengasihi Lazarus:
Jadi maksud saya, siapapun murid yang paling dikasihi Yesus, Lazarus jelas termasuk salah satu orang yang dikasihi Yesus.
Salam
-
bruce,
Sayapun tentu tidak bisa merasa yakin pasti bhw Lazarus adalah orang yg di istilahkan "murid yg dikasihi Yesus", namun dari yg saya baca internet, saya menemukan ke-logisan pemaparannya pada pandangan bhw Lazarus adalah MYK (murid yg dikasihi Yesus).
kalau dari kisah kematiannya, Jesus justru baru diberitahu belakangan ketika Lazarus sudah sakit parah. Yang berarti Lazarus tidak selalu mengikuti Jesus dan rombongannya, kecuali kalau sedang libur dan pulkam, bersamaan dengan jatuh sakitnya.
Istilah MYK itu muncul hanya setelah terjadi Lazarus dibangkitkan Yesus.
Peristiwa Lazarus (point.1) sepertinya spesifik di ceritakan oleh penulis di Yohanes - demikian pula istilah MYK (point.2) .... dimana 3 kitab lainnya tidak ada sama sekali ttg kedua point tsb.
:)
salam.
-
@Oda
Kalau dari ayat ayat berikut ini, siapa murid yang dikasihi itu menurut anda, apakah mungkin Lazarus? Sepertinya tidak.
Yoh 13:23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.
Yoh 19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!"
Yoh 21:7 Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: "Itu Tuhan." Ketika Petrus mendengar, bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.
Yoh 21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
Syalom
-
@Oda
Kalau dari ayat ayat berikut ini, siapa murid yang dikasihi itu menurut anda, apakah mungkin Lazarus? Sepertinya tidak.
Yoh 13:23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.
Yoh 19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!"
Yoh 21:7 Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: "Itu Tuhan." Ketika Petrus mendengar, bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.
Yoh 21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
Syalom
saya sempet seru sendiri waktu baca pemaparan artikel tsb ttg Lazarus adalah MYK.
Ayat2 yg bruce cantumkanpun dibahasnya saat memaparkan kelogisan yg ungu... cuma saya lupa pembahasannya begimana ttg ayat2 tsb.
Boleh gak bruce, kalo nanti ketemu ttg ayat2 tsb - saya post disini ? :)
salam.
-
saya sempet seru sendiri waktu baca pemaparan artikel tsb ttg Lazarus adalah MYK.
Ayat2 yg bruce cantumkanpun dibahasnya saat memaparkan kelogisan yg ungu... cuma saya lupa pembahasannya begimana ttg ayat2 tsb.
Boleh gak bruce, kalo nanti ketemu ttg ayat2 tsb - saya post disini ? :)
salam.
Silahkan, bro
:)
-
Silahkan, bro
:)
Makasih bruce ... :)
Karena artikel tsb begitu banyak dan detail, yg saya respond cuma rangkuman pengertian saya berdasarkan artikel tsb.
Dalam presentasi detail-nya, artikel tsb membasiskan pada konklusi bhw Yohanes (salah satu dari 12 rasul) itu adalah orang yg berbeda dgn mydY (murid yang dikasihi Yesus). Jadi disini artikel belum ke fokus bhw mydY = Lazarus, melainkan mydY adalah orang diluar 12-Rasul dimana 3 Kitab pertama memang tidak "menggubris" orang luar ini - krn mydY BUKAN salah satu rasul, melainkan murid (pengikut) saja.
Yoh 13:23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.
Peristiwa ayat diatas terjadi setelah PerjamuanKudus (PK) "inilah tubuhKU" selesai.
3 kitab pertama (3K) tidak ada mencatat peristiwa Yesus mencuci kaki spt yg dicatat Kitab ke 4 (K4), ---sebaliknya--- K4 tidak ada mencatat peristiwa PK, spt yg dicatat 3K.
Di K4 (Yoh 13:30), segera setelah Yesus memberikan roti - khusus ke Yudas, Yudas segera meninggalkan ruangan. Sedangkan 3K tidak ada menceritakan peristiwa tsb.
Kalo PK terjadi setelah Yoh 13:30 - maka artinya PK berlangsung hanya dgn 11 murid.
Sementara kalo PK sudah terjadi lalu baru menyusul "cuci kaki" serta kemudian Yudas keluar ruangan - maka artinya PK berlangsung dgn 12 murid.
Artikel ber-konklusi yg ijo.
Dengan demikian, tidaklah janggal apabila ada orang lain (selain 12 murid) jikalau PK memang sudah selesai, dimana orang lain ini = mydY.
Yoh 19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!"
Dengan asumsi mydY adalah orang lain diluar 12 rasul, maka ayat tsb logis --- mengingat 12 Rasul akan selalu diluar rumah mengabarkan Injil. (artikel menjelaskan lebih detail ttg hal ini).
Yoh 21:7 Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: "Itu Tuhan." Ketika Petrus mendengar, bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.
(2) Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain.
Penulis mengkelompokan 5 Rasul dulu (termasuk Yohanes disitu) - lalu baru belakangan masih ada 2 murid yang lainnya dimana mydY adalah salah satunya.
Yoh 21:20 Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus dan yang berkata: "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"
Sebagai "orang luar" (bukan 12 rasul) - dari yg warna coklat di asumsikan : ada orang lain (mydY) yg ngintil Yesus terus kemana Dia pergi. Kalimat di ayat 20 tsb terkesan bhw Petrus sendiri merasa "orang luar" tsb tidak seyogyanya berada diantara mereka 12 orang sbg para rasul. (Ketika Petrus berpaling, ia melihat ...).
(21) Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?"
Kalo org yg diliat Petrus tsb adalah Yohanes ... apa maksud Petrus menanyakan hal demikian ? Kenapa harus spesifik Petrus menanyakan nasib Yohanes ?
Nah bruce, kira2 itulah sedikit ttg basis artikel bhw : mydY bukanlah Yohanes dan bukan pula salah satu dari 12 Rasul, melainkan "orang luar".
Siapakah "orang luar" yg disebut sbg mydY ini ?
Artikel menjelaskan detail2 lainnya sebagai alasan2 logis yg ngerujuk pada penafsiran (konklusi) bhw mydY = Lazarus.
:)
salam.
====edit=====
maap saya lupa menyertakan link-nya, kalo2 ada yang mao membacanya langsung :
http://thedisciplewhomjesusloved.com/ (http://thedisciplewhomjesusloved.com/author-who-wrote-fourth-gospel/)
-
Menarik. Nimbrung sejenak.
Yoh 13:30 "Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam." Mengingatkan saya pada umat yang setelah menerima hosti, langsung 'tancap gas' melengos ngeloyor pulang.
Yang ingin saya sampaikan, menurut pemahaman saya, pada saat Yudas menerima roti itu, 'puncak' Perjamuan Kudus sudah selesai baginya, mungkin bagi murid lain belum. Artinya, pembagian roti, baik melalui mengambil sendiri atau dibagikan oleh Jesus Kristus, tidak mungkin dalam satu waktu yang serta merta. Tentu tiap murid bergiliran. Jadi, setelah giliran pembagian kepada seorang selesai, itulah puncaknya bagi dia, sementara bagi yang menanti giliran, puncak Perjamuan Kudus belum selesai. :)
Damai, damai, damai.
-
langsung 'tancap gas' melengos ngeloyor pulang.
Yudas justru "di-ijinkan" Yesus :
(27) Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.".
Jadi, setelah giliran pembagian kepada seorang selesai, itulah puncaknya bagi dia, sementara bagi yang menanti giliran, puncak Perjamuan Kudus belum selesai. :)
Pada keKristenan sendiri, ---pada umumnya (secara biblikal) --- memegang pengertian bhw PK itu dihadiri 11 rasul atokah 12 rasul, yah husada ?
Kalo biblikal --- PK "inilah tubuhKU" dihadiri 12 rasul, maka sepertinya pemaparan artikel tsb logis, yah ? Dimana saat PK, mydY memang tidak/belum berada disitu sehingga K4 pun juga tidak mencatat peristiwa "inilah tubuhKU" tsb.
Oleh karena itu yg dicatet K4 adalah peristiwa setelah PK yg dimulai di Yoh 13:1 - dan ini membuka kemungkinan mydY sudah "bisa ikut" hadir disitu. (bawa bawa baskom misalnya... hehehe... asumsi khayalan saya aja kok).
jadi seru sendiri :D
salam.
-
Saya mencoba menjawab pertanyaan siapakah murid yang dikasihi Yesus, dengan satu ayat ini saja:
Yohanes 21:24
Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa
kesaksiannya itu benar.
Jadi murid yang dikasihi Yesus adalah Yohanes sendiri, bukan Lazarus. :afro: kalau benar Yesus mempunyai murid yang spesial, dan sangat dikasihinya tetapi di luar ke-12 murid, tentulah para penulis Injil tidak akan ragu2 untuk menuliskannya.
Tetapi mengingat Yohanes sebagai penulis Injil, tentunya merasa jengah jika harus menuliskan namanya sendiri sebagai murid yang dikasihi.
Ini pendapat saya pribadi: sebenarnya tidak ada murid yang paling dikasihi Tuhan Yesus. Yesus mengasihi semua muridNya. Tetapi wajar kalau semua murid (termasuk Yohanes), merasa dirinya sangat dikasihi Gurunya.
Salam
-
Damai sejahtera Tuhan Jesus Kristus menyertai FIKers sekalian.
O Dad, antara langsung 'tancap gas' melengos ngeloyor pulang.
dengan Yudas justru "di-ijinkan" Yesus :
(27) Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.".
yang saya perhatikan bukan ijin dari Jesus Kristus. Yang saya garisbawahi pada posting sebelum ini adalah pada segera meninggalkan kumpulan sebelum acara penutup yang dalam ibadat ekaristi ialah Doa Penutup dan Perutusan.
Pada keKristenan sendiri, ---pada umumnya (secara biblikal) --- memegang pengertian bhw PK itu dihadiri 11 rasul atokah 12 rasul, yah husada ?
Terus terang, selama ini belum pernah saya cermati. Namun mengingat pembagian roti dan anggur dilakukan oleh Jesus Kristus di tengah acara, artinya para murid masih komplit, dan sebelum masuk acara lebih dahulu ada prosesi pembasuhan kaki, sebelum saya cermati dengan teliti, saya cenderung mengatakan bahwa pada saat pembagian roti, ke-12 murid masih komplit.
Nah, untuk sementara ini, dalam hal pembagian anggur, perlu penelitian lebih lanjut dari saya, mengingat perkataan Jesus yang O Dad kutip itu, Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.". di ayat 30 terbaca Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam.
Kalo biblikal --- PK "inilah tubuhKU" dihadiri 12 rasul, maka sepertinya pemaparan artikel tsb logis, yah ? Dimana saat PK, mydY memang tidak/belum berada disitu sehingga K4 pun juga tidak mencatat peristiwa "inilah tubuhKU" tsb.
Oleh karena itu yg dicatet K4 adalah peristiwa setelah PK yg dimulai di Yoh 13:1 - dan ini membuka kemungkinan mydY sudah "bisa ikut" hadir disitu. (bawa bawa baskom misalnya... hehehe... asumsi khayalan saya aja kok).
jadi seru sendiri :D
salam.
Memang menarik. Dan selingan O Dad yang bilang bawa-bawa baskom itu masih sangat dimungkinkan ditinjau dari waktunya, untuk memberesin alias menyimpan misalnya. :grining:
Damai, damai, damai.
-
Yohanes 21:24
Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa
kesaksiannya itu benar.
Dari ayat tsb, artinya ada pihak lain yg membaca tulisan mydY.
Pihak lain ini lalu menyusun tulisan2/kesaksian2 mydY tsb sehingga menjadi Kitab ke-4.
Pertanyaannya :
Apakah bisa dipastikan 100% bhw bhw tulisan2 yg dibaca pihak lain tsb adalah ditulis oleh Yohanes ?
Apakah tidak terbuka kemungkinan, bahwa pihak lain tsb (secara kebetulan) bernama Yohanes ?
Mengapa 3 Kitab pertama yg secara garis besar inti dan isinya sama, sementara K4 sebagian besar berbeda sendiri ?
Apa maksud Yohanes menggunakan istilah mydY yg ngerujuk ke dirinya sendiri sebagai penulis ?
Saya masih belum menemukan jawaban yang logis dari pertanyaan2 diatas tsb --- makanya saya terus terang cenderung percaya pada artikel tsb ...hehehe :giggle:. (sekali lagi, itu bukan artinya saya merasa yakin 100% bhw artikel tsb benar ... :)).
salam.
-
Namun mengingat pembagian roti dan anggur dilakukan oleh Jesus Kristus di tengah acara, artinya para murid masih komplit
Pada kitab Matius dan Markus, ya memang ditulis "ketika sedang makan" dilakukan PerjamuanKudus "inilah tubuhKU".
Namun di Lukas, sepertinya sebelum makan2/minum2 dilakukan :
(14) And when the hour came, [Jesus] reclined at table, and the apostles with Him. ---> belum makan
(15) And He said to them, I have earnestly ...//cut ---> soon after they duduk .. Yesus berkata ayat 15 dan 16. (kata sambutan ? :)).
(17) And He took a cup, and when He had given thanks, He said, Take this and divide and distribute it among yourselves;
Peristiwa "Inilah tubuhKU" sepertinya terjadi segera setelah selesai pengucapan kalimat di ayat 16.
Kalo kronologi diatas benar, maka kelogisan paparan artikel tsb --imo-- masih terbuka kemungkinannya : bhw basuh kaki terjadi setelah "inilah tubuhKU" :) ---> murid murid masih komplit, dan perjamuan menjelang selesai --- mydY sbg orang luar memungkinkan hadir disitu dan bertanya : "Tuhan, siapakah itu?" yg berakhir pada peristiwa Yudas keluar ruangan :)
salam.
-
Kalo kronologi diatas benar, maka kelogisan paparan artikel tsb --imo-- masih terbuka kemungkinannya : bhw basuh kaki terjadi setelah "inilah tubuhKU" :) ---> murid murid masih komplit, dan perjamuan menjelang selesai --- mydY sbg orang luar memungkinkan hadir disitu dan bertanya : "Tuhan, siapakah itu?" yg berakhir pada peristiwa Yudas keluar ruangan :)
salam.
Maaf nih, saya agak nekad, karena seperti saya katakan sebelumnya, saya belum pernah mencermatinya. Tapi, untuk yang saya garisbawahi itu, itu di luar kebiasaan Yahudi (seolah-olah saya pernah riset ke Israel, yah :P ) Konon kabarnya, di depan rumah-rumah Yahudi, selalu disediakan tempayan berisi air untuk membasuh kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
Artinya, dari situ bisa disimpulkan bahwa pembasuhan kaki itu dilaksanakan sebelum acara inti. Jadi, keluarbiasaan Jesus Kristus di situ hanya ditunjukkan dari kesediaanNya membasuh kaki para muridNya. Namun jika dari segi waktu hendak masuk ke rumah, kayaknya lebih dahulu membasuh kaki. Tapi, yaahhh... itu tadi, seolah-olah saya pernah riset ke Israel. :grining:
Damai, damai, damai.
-
hehehe... seneng saya "ngerjain" husada ... :dance: :D.
itu di luar kebiasaan Yahudi (seolah-olah saya pernah riset ke Israel, yah :P ) Konon kabarnya, di depan rumah-rumah Yahudi, selalu disediakan tempayan berisi air untuk membasuh kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
Kata internet sih ... "custom"nya adalah memang begitu.
Namun entah juga, mencuci tangan ato kaki ato idung ... :giggle:
Pokok sebelon makan ada yg dicuci aja.
Dan kayaknya Yesus memang diluar kebiasaan Yahudi.
Matius 15 : (2) Mengapa murid-murid-Mu melanggar adat istiadat nenek moyang kita? Mereka tidak membasuh tangan sebelum makan.
Lukas 11 : (38) Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan.
Markus 7: (4) dan kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu membersihkan dirinya --//cut--
(5) --//cut-- "Mengapa murid-murid-Mu tidak hidup menurut adat istiadat nenek moyang kita, tetapi makan dengan tangan najis?"
:P :)
Namun jika dari segi waktu hendak masuk ke rumah, kayaknya lebih dahulu membasuh kaki.
Sepertinya, mereka sudah didalam rumah ... (yg bahkan menurut dugaan artikel, yah itu dah tadi ... "inilah tubuhKU" sudah terjadi) ... :)
(4) Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. --//cut
(12) So when He had finished washing their feet and had put on His garments and had sat down again --//cut
Dan juga kesimpulan artikel, mulai dari Yohanes 13:1 - 20 (pembasuhan kaki s/d kalimat2 Yesus di ayat 20) menuju ke ayat 21 - 30 (pengumuman Yudas berkhianat s/d Yudas keluar ruangan) peristiwanya berkesinambungan.
(20) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku." (21) Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: --//cut
Dari saya baca ayatnya, ---imo--- ya memang kayaknya begitu siii ... berkesinambungan.
:)
salam.
-
hehehe... seneng saya "ngerjain" husada ... :dance: :D.
"Ngerjain" yang menyenangkan, sih. Yang "ngerjain" dan yang "dikerjain" sama-sama senang. :) :grining: :D
Eh, ada kerjaan oleh pimpinan, belum sempat menambah bekal. Nanti, setelah cari-cari lewat http://www.jesoes.com/Alkitab/, akan saya sharingkan pemikiran saya. Yang pasti, sampai sejauh ini, mengenai hal yang kita obrolkan, itu dari saya. Namun, kalo dikaitkan ke judul trit, tentang Riwayat Lazarus, saudara Maria dan Martha, obrolan kita akan semakin melenceng. Kita bertukar pandang mengenai ini di trit lain saja. Yang disini, kembali ke topik sesuai judul saja. Bagaimana?
Damai, damai, damai.
-
obrolan kita akan semakin melenceng.
iyah... tadinya saya udah kuatir, makanya sempet minta ijin dulu ama boss bruce :).
Pikiran tadinya akan cuma sekilas info...
eh gak taunya jadi berkepanjangan.
Kita bertukar pandang mengenai ini di trit lain saja. Yang disini, kembali ke topik sesuai judul saja. Bagaimana?
ya, setuju :deal:.
Nanti kalo husada udah sempet ngoprek itu Alkitab Online ttg hal ini, husada bikin warung baru yah ... undang2 saya loh.
.
.
.
Ooops... saya lupa ...
nanti kalo warungnya udah buka, saya gak suka kopi,
jadi tolong sedia-in milo ama silver-queen aja yah... :D.
salam.