Forim Iman Kristen

FIK Cafe => Hobi & Minat => Otomotif => Topic started by: John Paul III on September 05, 2012, 08:56:46 AM

Title: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: John Paul III on September 05, 2012, 08:56:46 AM
Di sini tempat bertanya-tanya tentang kerusakan mobil.

Jelek-jelek gini, saya bekas montir .... (montir dadakan otodidak, yg cuma bisa ganti break pad ha ha ha)

Silahkan.   :grining:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: Phooey on September 06, 2012, 11:44:28 PM


Oke dehh saya mulai.

Selama ini saya pake mobil manual, barusan ganti mobil matic avanza.
Pertanyaannya :

1. Ganti olie sesuai dengan anjuran manual book 10.000 km, apa enggak salah tuh .... kog lama banget ?
2. Selama ini kalo jalan maju selalu pake D3. Trus kapan dipake persnelling 2 dan kapan dipake persnelling L ?
3. Pake mobil matic memangnya tinggal gas dan rem saja ya ? Pas jalan macet kan direm2 apa tidak cepat aus remnya ?

Sementara pertanyaannya ini dulu Pak Montir.
Thank You

 :D
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: detik on September 07, 2012, 10:49:44 AM

Oke dehh saya mulai.

Selama ini saya pake mobil manual, barusan ganti mobil matic avanza.
Pertanyaannya :

1. Ganti olie sesuai dengan anjuran manual book 10.000 km, apa enggak salah tuh .... kog lama banget ?
2. Selama ini kalo jalan maju selalu pake D3. Trus kapan dipake persnelling 2 dan kapan dipake persnelling L ?
3. Pake mobil matic memangnya tinggal gas dan rem saja ya ? Pas jalan macet kan direm2 apa tidak cepat aus remnya ?

Sementara pertanyaannya ini dulu Pak Montir.
Thank You

 :D

aku ass montir john..  :grining:
1. lebih baik stiap 5.000 km kalu lupa boleh sampai setiap 15.000 km..  :rofl:
2. tergantung tingkat tanjakan kung, yang pasti R buat mundur..  :rofl:
3. tidak sepertinya..

demikian penjelasan dari assisten,,  :grining:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: detik on September 07, 2012, 10:51:45 AM
Jelek-jelek gini, saya bekas montir ....

 :rofl: :rofl: :rofl: :rofl:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: Phooey on September 07, 2012, 11:01:11 AM
:rofl: :rofl: :rofl: :rofl:

Okeeee Pak Assisten   :deal:   :D


Terima kasih.
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: hello kitty on September 15, 2012, 05:45:51 PM
Dear JP III,

mohon petunjuk untuk masalah pada mobil saya ya. sebagai info, saya pakai Visto tahun 2000 (manual). bensin dalam keadaan full.

karena macet, perjalanan Lawang ke Malang (sekitar 30 km) ditempuh dalam waktu hampir 2 jam.
nah, ketika saya mengubah persneling 1 ke persneling 2, tiba2 ada hentakan di dalam mobil beberapa kali. waktu itu, badan saya sempat bergerak maju akibat hentakan tersebut.

awalnya saya pikir, karena salah persneling. akhirnya saya turunkan persneling ke posisi 1. hentakan pun mulai hilang. saya pun meneruskan perjalanan kembali. ternyata kejadian yang sama berulang, kali ini terjadi pas persneling masuk ke posisi 3.

karena takut, akhirnya saya pasang lampu hazard, kemudian menepi ke pom bensin terdekat. ternyata indikator temperatur sudah mencapai 1/2. saya pun mematikan mesin mobil, dan membuka kap mobil.
langkah selanjutnya, saya mulai mengisi kolom air radiator dengan menggunakan air bersih.

saya pun beristirahat dalam mobil, sambil menunggu indikator temperatur menurun. saya istirahat sekitar 10 menit, kemudian mulai menghidupkan mesin. ternyata indikator temperatur sudah turun..sekarang jarum indikator menunjuk ke angka sekitar 1/4. mobil pun berjalan normal hingga sampai ke rumah.

pertanyaan:

1. apa penyebab timbulnya hentakan2 tersebut? apa karena mobil mulai over heat? perjalanan memang macet panjang, mobil cuma bergerak merambat selama lebih dari 1 jam.

2. benarkah yang sudah saya lakukan?
kalau salah, apa yang seharusnya saya lakukan sebagai penanganan pertama?

3. apa prevensi supaya tidak terjadi hentakan itu lagi?

terimakasih atas penjelasannya :hug:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: John Paul III on September 16, 2012, 08:24:24 PM
Dear JP III,

mohon petunjuk untuk masalah pada mobil saya ya. sebagai info, saya pakai Visto tahun 2000 (manual). bensin dalam keadaan full.

karena macet, perjalanan Lawang ke Malang (sekitar 30 km) ditempuh dalam waktu hampir 2 jam.
nah, ketika saya mengubah persneling 1 ke persneling 2, tiba2 ada hentakan di dalam mobil beberapa kali. waktu itu, badan saya sempat bergerak maju akibat hentakan tersebut.

awalnya saya pikir, karena salah persneling. akhirnya saya turunkan persneling ke posisi 1. hentakan pun mulai hilang. saya pun meneruskan perjalanan kembali. ternyata kejadian yang sama berulang, kali ini terjadi pas persneling masuk ke posisi 3.

karena takut, akhirnya saya pasang lampu hazard, kemudian menepi ke pom bensin terdekat. ternyata indikator temperatur sudah mencapai 1/2. saya pun mematikan mesin mobil, dan membuka kap mobil.
langkah selanjutnya, saya mulai mengisi kolom air radiator dengan menggunakan air bersih.

saya pun beristirahat dalam mobil, sambil menunggu indikator temperatur menurun. saya istirahat sekitar 10 menit, kemudian mulai menghidupkan mesin. ternyata indikator temperatur sudah turun..sekarang jarum indikator menunjuk ke angka sekitar 1/4. mobil pun berjalan normal hingga sampai ke rumah.

pertanyaan:

1. apa penyebab timbulnya hentakan2 tersebut? apa karena mobil mulai over heat? perjalanan memang macet panjang, mobil cuma bergerak merambat selama lebih dari 1 jam.

2. benarkah yang sudah saya lakukan?
kalau salah, apa yang seharusnya saya lakukan sebagai penanganan pertama?

3. apa prevensi supaya tidak terjadi hentakan itu lagi?

terimakasih atas penjelasannya :hug:




Kayaknya sih transmisinya overheat.

transmisi overheat bisa terjadi kalau sistem pendingin tidak bekerja dengan baik.

pas kejadian, harusnya sis check oli transmisinya, apakah ada bau terbakar atau tidak. ?


Jadi gini urutannya sis (menurut saya loh ya )

1. Jalanan macet.
2. mesin jalan terus dan butuh pendingin (radiator).
3. Pendingin ini gunanya ada dua : untuk mendinginkan mesin dan mendinginkan oli transmisi.
4. Jika overload, pendinginan untuk oli transmisi menjadi berkurang
5. Jika oli transmisi cepet panas, itu fungsi oli menjadi berkurang.
6. Fungsi oli itukan sebagai pelumas gigi-gigi transmisi.
7. Pas pelumas tidak 100% bekerja, gear shifter bermasalah.


Menjawab pertanyaan no 1:
Ya. Mesin overheat, tapi menurut saya lebih tepat yg overaheat itu oli transmisi.

No 2.
Benar. Kan sudah teruji ,sis.
Waktu sis berhenti dan menunggu agar mobil tetap dingin, masalah itu jadi hilang.

no3.

Kalau belum pernah ganti oli transmisi, segeralah ganti (dianjurkan setahun sekali)

Kalau ada duit lebih, mendingan belikan TRANSMISION COOLER. (cari di google bentuknya seperti apa ).
Mobil saya pakai B&M supercooler.

Fungsinya sebagai pendingin tambahan(radiator kecil) spesial buat oli transmisi agar oli tidak cepat mendidih. dan agar waktu penggunaan oli bisa lebih lama.

Transmission coller ini biasannya diletakkan di depan radiator. (menangkap angin dan menagkap dinginnya radiator)

Tetapi ada juga yg diletakkan di mesin (yang ini mungkin agak mahalan sebab ada kipas angin sendiri)

Oke sis ?

Mudah-mudahan membantu.

Kalau tidak membantu, saya sarankan beli mobil baru aja he he he :lol:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: detik on September 17, 2012, 10:50:20 AM
mimin..
mobil ku kalau belok kekanan bunyi.. padahal segitiganya udah diganti tapi masih bunyi kenapa yah ??
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: Lily on September 17, 2012, 01:49:40 PM
mimin..
mobil ku kalau belok kekanan bunyi.. padahal segitiganya udah diganti tapi masih bunyi kenapa yah ??
kalau begitu, belok ke kiri saja terus detik, jadi mobil Anda engga bunyi2 lagi.
masalah selesai kan...

 :'o  :lol:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: bruce on September 17, 2012, 03:47:27 PM
mimin..
mobil ku kalau belok kekanan bunyi.. padahal segitiganya udah diganti tapi masih bunyi kenapa yah ??

He he he he, usul di atas saya bisa dicoba, bro, he he he.

Kalau yang bisa saya duga, coba check tie-rod nya, atau rack arm nya.

Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: detik on September 17, 2012, 04:44:49 PM
kalau begitu, belok ke kiri saja terus detik, jadi mobil Anda engga bunyi2 lagi.
masalah selesai kan...

 :'o  :lol:

 :doh:

poros kiri sekarang sudah tidak ada lagi..

 :blush:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: John Paul III on September 19, 2012, 05:57:33 AM
mimin..
mobil ku kalau belok kekanan bunyi.. padahal segitiganya udah diganti tapi masih bunyi kenapa yah ??

Segitiga apa tuh bro ??
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: detik on September 27, 2012, 01:40:37 PM
Segitiga apa tuh bro ??

yang di setir bro..  :whistle:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: Phooey on September 27, 2012, 02:46:27 PM
yang di setir bro..  :whistle:

(http://i1165.photobucket.com/albums/q592/phooey777/BajajJakarta.jpg)

Lhooo ????

Kalo setir segitiga kan mobil seperti diatas kan Bro    :o
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: bruce on September 27, 2012, 03:41:44 PM
(http://i1165.photobucket.com/albums/q592/phooey777/BajajJakarta.jpg)

Lhooo ????

Kalo setir segitiga kan mobil seperti diatas kan Bro    :o

Numpang ngakak ya bro

Hi hi hi hi hi hi hi   :lol: :doh:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: Lily on September 27, 2012, 04:54:15 PM

Lhooo ????

Kalo setir segitiga kan mobil seperti diatas kan Bro    :o


hahahhaah... maksudnya mobil detik nga cuma bunyi2 kalo belok ya Pho, tapi gempa bumi sepanjang jalan :doh:
Title: Re: Pertanyaan sekitar kerusakan di mobil.
Post by: detik on September 28, 2012, 10:12:57 AM
(http://i1165.photobucket.com/albums/q592/phooey777/BajajJakarta.jpg)

Lhooo ????

Kalo setir segitiga kan mobil seperti diatas kan Bro    :o

 :scold:

lebih keren ini bro..

(http://s14.postimage.org/en9ia32ht/538838_441470205898816_1755507431_n.jpg)