penyebab :kerusakan pada ECU
penanganan: pembersihan selang bensin, reparasi dan penggantian komponen dengan komponen
non-ori
biaya : 1335.000 --> tapi ini jauh lebih murah daripada di bengkel resmi --> bisa sekitar 4-5 juta
yang bikin jengkel:
- proses penanganan --> 1 minggu lebih (karena menunggu libur lebaran selesai)
- pemilik tidak komunikatif --> kurang detil dalam menjelaskan --> mungkin menganggap saya tidak kompeten tentang mobil, jadi ada kesan dia malas menjelaskan
preventif:
belum tahu.
apa yang harus saya lakukan supaya kejadian ini tidak berulang?
Wah,.. kok saya jadi bingung ya sis,..
Kalau selang bensin yg dibersihkan,,... kok bisa dikatakan kerusakan ECU,..?
ECU itu kan kalau ngga salah yg mengontrol berapa bensin yg harus disemprotkan ke dalam combustion chamber, dan berapa udara yg ada di situ pada saat itu . (ECU itu kalau ngga salah semacam komputer kecil yg mengatur hampir seluruh sensor mesin, yg ditaruh di dekat sopir di bawah kap mesin.)
NAh,... kalau yg rusak ECU,.. menurut ku, seharusnya yg diganti itu bagian ECU-nya ..(Komputer ECU itu sendiri, dan bukan selang bensin dibersiin)
Kalau selang bensin dikotor, biasannya check engine menyala.
Atau jika komponen pendukung ECU yg rusak (MAF- Mass air flow, Oxygen sensor dll ), maka check engine menyala juga.
ECU belum tentu rusak gara-gara komponen pendukung rusak,
Atau ECU belum tentu rusak gara-gara selang bensin macet.
Gitu menurut saya, sis.