Author Topic: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon  (Read 7161 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline CosmicBoy94

  • FIK council
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 305
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Yang saya bold di atas terkesan seperti ajaran modalisme karena menyamakan pribadi Yesus dengan pribadi Bapa dan Roh Kudus... :doh:

Makanya saya curiga apakah bro Jesuit itu benar2 Ortodoks Oriental atau sebaliknya.
Ini bukan saja dia menolak tritunggal tetapi juga pengertiannya tentang konsep keAllahan sangat kacau.
Sepertinya dia itu kadang2 modalis kadang2 tunggaltri dan kadang2 mengajar bahwa substance Allah itu adalah Firman yang mempersonifikasikan diri sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #31 on: September 30, 2012, 03:40:28 PM »
Sebulan sudah, jesuit_dm yang dirindukan oleh partisipan trit ini tidak datang untuk posting. Apakah ada yang bisa mewakili?

Damai, damai, damai.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline dewabrata

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 6
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Katolik
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #32 on: November 05, 2012, 11:10:26 PM »
Menanti kelanjutannya dan berharap semoga dilanjutkan diskusinya, sungguh memperkaya  :peace:

Offline fery_y

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 12
  • Reputation Power:
  • Denominasi: charismatic
Saya sundul dulu :) ...

biar bro jesuit_dm yang baru balik dari timur tengah lebih bisa lihat ... diskusi yang menarik ... ditunggu kelanjutanya

Offline Husada

  • FIK council
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 3585
  • Reputation Power:
  • Gerejaku Didirikan oleh Yesus Kristus
Saya setuju dengan fery_y.

Trit yang bagus. Membuat penasaran ingin tahu kelanjutanya.
PRO ECCLESIA ET PATRIA, PRO PATRIA ET ECCLESIA

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #35 on: June 07, 2013, 02:04:34 PM »

Okay, aku coba ikuti keinginan Anda.
Silakan Anda mengacu pada Alkitab dan Kredo Nisea utk menerangkan mengapa Gereja Anda menolak definisi iman Konsili Kalsedon mengenai union hypostasis.

Test, maaf .. saya test, karena tadi suda saya tulis panjang lebar, eh  .. waktu saya postkan hilang gak tau kemana, jadi saya test dulu yah, hehehe ..

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #36 on: June 07, 2013, 02:17:02 PM »
Okay, aku coba ikuti keinginan Anda.
Silakan Anda mengacu pada Alkitab dan Kredo Nisea utk menerangkan mengapa Gereja Anda menolak definisi iman Konsili Kalsedon mengenai union hypostasis.

Saudara ku ... tadi saya sudah menjelaskan panjang lebar, tetapi pada saat saya post kan, tiba2 hilang tidak tahu kemana, dan pada saat saya akan mengulang penjelasan saya terhadap pertanyaan saudara, tiba2 saya blank dan terpikir untuk bertanya dahulu kepada saudara, sebelum saya menjawab pertanyaan saudara diatas tersebut.

Saudara ku, apakah menurut saudara, pengertian incarnate (inkarnasi) adalah sama dengan pengertian union???

Salam ...

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #37 on: June 07, 2013, 07:07:03 PM »
Saudara ku ... tadi saya sudah menjelaskan panjang lebar, tetapi pada saat saya post kan, tiba2 hilang tidak tahu kemana, dan pada saat saya akan mengulang penjelasan saya terhadap pertanyaan saudara, tiba2 saya blank dan terpikir untuk bertanya dahulu kepada saudara, sebelum saya menjawab pertanyaan saudara diatas tersebut.

Saudara ku, apakah menurut saudara, pengertian incarnate (inkarnasi) adalah sama dengan pengertian union???

Salam ...

Halo bro jesuit_dm,
Selamat datang kembali dalam diskusi2 di FIK. :)

Ya, sayangnya memang FIK ini ada kendala teknis yg belum kami temukan solusinya, kalo kita terlalu lama static di page reply, ketika kita memencet tombol "post", maka kita akan redirected ke thread, bukan memposting tulisan2 kita.
Aku sarankan utk kita semua selalu memencet tombol "preview" dahulu sebelum "post", jadi selain kita bisa melihat tulisan kita sebelum diposting, ini juga berfungsi sebagai checker apakah kita sudah melewati batas waktu keaktifan "reply page". Kalo setelah memencet tombol preview, tapi tulisan tidak tampil, berarti kita sudah melewati batas waktu. Memencet tombol preview lagi (kedua kalinya) akan otomatis mengembalikan kita ke "reply page", menampilkan preview tulisan kita, dan sekaligus memastikan bahwa postingan kita tidak akan hilang ketika memencet tombol "post".


BTT,
IMHO, inkarnasi dan union adalah dua peristiwa yg berbeda, tapi berkaitan erat satu dengan lainnya.
Inkarnasi adalah urutan peristiwa di mana Sang Firman yang adalah Allah mengambil bagi diriNya sendiri daging dan kodrat manusiawi, masuk ke dalam rahim perawan, mengambil rupa seorang janin, tumbuh dan dilahirkan menjadi manusia yg sejati dan seutuhnya.
Dalam peristiwa inkarnasi ini terjadi union, di mana dua kodrat: ilahi dan manusiawi, disatukan dalam diri satu Pribadi Anak, yang tidak saling meniadakan, tidak saling melebur, tidak pula saling mendominasi, melainkan terjalin dengan sempurna di dalam diri satu Pribadi Anak, yaitu satu Tuhan Yesus Kristus.
Tidak akan ada inkarnasi jika tidak ada union, dan union yg bukan melalui inkarnasi tidak akan menghasilkan Anak Manusia.

Aku pernah mendiskusikan hal ini dengan rekan odading di thread lainnya, silakan Anda baca juga di sini:
Intinya, sebaiknya dibedakan antara urutan logika dan urutan waktu.

Urutan logika:
1 Person, 1 Natur (ilahi) --> inkarnasi (A+B+C) --> 1 Person itu mengambi Natur yg kedua (manusiawi) --> 1 Person memiliki 2 Natur --> 2 Natur disatukan dalam diri 1 Person itu (hypostatic union)

Urutan waktu:
1 Person, 1 Natur (ilahi) --> inkarnasi ([A+B+C] yg menjadikan 1 Person itu memiliki NaturNya yg kedua [manusiawi] + menyatukan kedua Natur itu dalam diri 1 Person yg berinkarnasi) --> 1 Person memiliki 2 Natur

Jadi ya, Anda sudah benar bahwa inkarnasi dan union adalah simultaneous (bersamaan) menurut urutan kronologi waktu.
Sekarang cukup ditambah aja pemahaman Anda, bahwa menurut urutan logika, union itu terjadi setelah inkarnasi, karena Natur kedua yg akan disatukan dgn Natur pertama itu baru muncul setelah inkarnasi itu.

Dalam peristiwa inkarnasi itu, terjadi banyak mujizat2 agung, di antaranya:
  • Allah menciptakan bagi diriNya sendiri tubuh dan jiwa (yg menurut Thomas Aquinas disebut sebagai instrument/alat)
  • Allah mengambil tubuh dan jiwa yg diciptakan itu bagi diriNya sendiri
  • Setelah mengambil tubuh dan jiwa itu, Allah mengambil Natur yg kedua (manusiawi) bagi diriNya
  • Lebih lanjut dalam proses/peristiwa inkarnasi ini Allah menyatukan kedua Natur itu dalam diriNya sendiri, yaitu satu Person yg berinkarnasi itu, dan proses ini secara specific kita sebut sebagai "hypostatic union".
Jadi perbedaan kita, adalah Anda melihat Yesus sebagai produk/hasil dari "hypostatic union" saja.
Sedangkan aku melihat "hypostatic union" itu adalah salah satu bagian dari peristiwa inkarnasi, dan Yesus adalah produk/hasil dari keseluruhan peristiwa inkarnasi.

Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #38 on: June 08, 2013, 08:27:13 AM »

apakah benar pengertiannya sbb

MENJELMA
misal kodok menjelma jadi maniusia
maka kodok hilang dan tiba tiba ada manusia pengganti wujud kodok

INKARNASI
ada bayi pas mau lahir lalu bayi itu di isi (dirasuki oleh roh )
maka dikatakan bahwa Roh telah inkarnasi jadi manusia  ??

Tuhan Yesus memberkati


han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #39 on: June 11, 2013, 10:06:15 AM »
Halo bro jesuit_dm,
Selamat datang kembali dalam diskusi2 di FIK. :)

Ya, sayangnya memang FIK ini ada kendala teknis yg belum kami temukan solusinya, kalo kita terlalu lama static di page reply, ketika kita memencet tombol "post", maka kita akan redirected ke thread, bukan memposting tulisan2 kita.
Aku sarankan utk kita semua selalu memencet tombol "preview" dahulu sebelum "post", jadi selain kita bisa melihat tulisan kita sebelum diposting, ini juga berfungsi sebagai checker apakah kita sudah melewati batas waktu keaktifan "reply page". Kalo setelah memencet tombol preview, tapi tulisan tidak tampil, berarti kita sudah melewati batas waktu. Memencet tombol preview lagi (kedua kalinya) akan otomatis mengembalikan kita ke "reply page", menampilkan preview tulisan kita, dan sekaligus memastikan bahwa postingan kita tidak akan hilang ketika memencet tombol "post".


BTT,
IMHO, inkarnasi dan union adalah dua peristiwa yg berbeda, tapi berkaitan erat satu dengan lainnya.
Inkarnasi adalah urutan peristiwa di mana Sang Firman yang adalah Allah mengambil bagi diriNya sendiri daging dan kodrat manusiawi, masuk ke dalam rahim perawan, mengambil rupa seorang janin, tumbuh dan dilahirkan menjadi manusia yg sejati dan seutuhnya.
Dalam peristiwa inkarnasi ini terjadi union, di mana dua kodrat: ilahi dan manusiawi, disatukan dalam diri satu Pribadi Anak, yang tidak saling meniadakan, tidak saling melebur, tidak pula saling mendominasi, melainkan terjalin dengan sempurna di dalam diri satu Pribadi Anak, yaitu satu Tuhan Yesus Kristus.
Tidak akan ada inkarnasi jika tidak ada union, dan union yg bukan melalui inkarnasi tidak akan menghasilkan Anak Manusia.

Aku pernah mendiskusikan hal ini dengan rekan odading di thread lainnya, silakan Anda baca juga di sini:

Kalau saya memandang proses inkarnasi adalah seperti suatu "rajutan tikar", dimana setiap rajutan tersebut adalah saling mengikat dan tidak dapat dipisahkan, sebab jika terpisah, maka rajutan akan berantakan dan tidak dapat dijadikan tikar lagi.

Apakah pendapat saya ini adalah sama dengan pemahaman saudara ??


Salam ...

Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #40 on: June 13, 2013, 08:09:23 AM »
Kalau saya memandang proses inkarnasi adalah seperti suatu "rajutan tikar", dimana setiap rajutan tersebut adalah saling mengikat dan tidak dapat dipisahkan, sebab jika terpisah, maka rajutan akan berantakan dan tidak dapat dijadikan tikar lagi.

Apakah pendapat saya ini adalah sama dengan pemahaman saudara ??


Salam ...


2 sifat Yesus ketika inkarnasi seperti air dan minyak didalam satu wadah gelas,mereka didalam satu wadah tetapi tidak bercampur baur satu sama lain.

Satu esensi Tuhan didalam tiga pribadi berbeda dengan satu esensi Tuhan dengan satu pribadi tetapi bergantian seolah olah memakai topeng sebagai Bapa,Anak dan Roh Kudus secara bergantian (Sabelianisme).

Ajaran Tritunggal yang diajarkan oleh penulis berbau ajaran sesat yang disebut Modalistic Monarchianism, atau juga disebut Patripassianism, dan mungkin sebutan yang paling lazim adalah Sabelianism.

Ajaran ini mengatakan bahwa Allah hanya mempunyai 1 pribadi, tetapi mempunyai 3 perwujudan / manifestasi. Jadi Allah yang esa itu bisa menjadi Bapa, atau Anak/Yesus, atau Roh Kudus (ke 3 perwujudan itu tak bisa keluar pada saat yang sama, harus bergantian). Jadi yang berinkarnasi menjadi Yesus, adalah Allah Bapa sendiri.

Pada waktu Ia menjadi Yesus, Ia berhenti menjadi Bapa. Dan yang turun pada hari Pentakosta sebagai Roh Kudus juga adalah pribadi yang sama ini.


Shalom


BACK TO BIBLE

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #41 on: June 14, 2013, 01:28:03 PM »

2 sifat Yesus ketika inkarnasi seperti air dan minyak didalam satu wadah gelas,mereka didalam satu wadah tetapi tidak bercampur baur satu sama lain.

Satu esensi Tuhan didalam tiga pribadi berbeda dengan satu esensi Tuhan dengan satu pribadi tetapi bergantian seolah olah memakai topeng sebagai Bapa,Anak dan Roh Kudus secara bergantian (Sabelianisme).

Ajaran Tritunggal yang diajarkan oleh penulis berbau ajaran sesat yang disebut Modalistic Monarchianism, atau juga disebut Patripassianism, dan mungkin sebutan yang paling lazim adalah Sabelianism.

Ajaran ini mengatakan bahwa Allah hanya mempunyai 1 pribadi, tetapi mempunyai 3 perwujudan / manifestasi. Jadi Allah yang esa itu bisa menjadi Bapa, atau Anak/Yesus, atau Roh Kudus (ke 3 perwujudan itu tak bisa keluar pada saat yang sama, harus bergantian). Jadi yang berinkarnasi menjadi Yesus, adalah Allah Bapa sendiri.

Pada waktu Ia menjadi Yesus, Ia berhenti menjadi Bapa. Dan yang turun pada hari Pentakosta sebagai Roh Kudus juga adalah pribadi yang sama ini.


Shalom

Jadi, kalau saudara katakan, bahwa Proses Inkarnasi adalah seperti Air dan Minyak dalam Satu Wadah (artinya terpisah, meskipun berada dalam satu wadah yang sama), maka timbul pertanyaan, yaitu : Yang Menjadi Manusia dalam Yohanes 1 : 14 itu, siapa yah ???


Salam ...

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Saya setuju dengan fery_y.

Trit yang bagus. Membuat penasaran ingin tahu kelanjutanya.

Hahahaha .. sederhananya begini mas bro ...

1). Allah itu adalah Roh dan Roh Allah itu sudah pasti Roh Kudus.
2). Kemudian Roh Allah itu melakukan penciptaan, maka terjadilah segala yang ada. Roh Allah sebagai Pencipta inilah, yang disebut sebagai Bapa, artinya : Eksistensi Roh Allah sebagai Pencipta, disebut sebagai Bapa.
3). Kemudian Roh Allah ini, menyatakan diri kepada Bangsa Israel, dengan Nama YHVH.
4). Kemudian Roh Allah ini, menjadi Roh Manusia Yesus dan disebut sebagai Anak, sebab Roh itu telah menjadi Roh Manusia Yesus. Artinya : Eksistensi Roh Allah yang telah menjadi Roh Manusia Yesus, untuk tujuan menyelamatkan umat manusia dari dosa inilah, yang disebut sebagai Anak.
5). Kemudian Roh Manusia Yesus itu, diutus Yesus untuk menghibur dan menolong orang2 percaya.


Pertanyaan : Apakah dari uraian diatas, kita dapat menyatakan bahwa Roh Allah itu ada 3 ( tiga ) ataukah dari kenyataan diatas, kita dapat melihat bahwa Roh Allah itu adalah Satu atau ESA ???

Nah .. Jika Roh Allah itu adalah Esa, maka artinya adalah : Hakikat Allah itu adalah Esa, inilah makna dari Una Substantia dalam Kredo Nicea, artinya : Hakikat Allah itu adalah Satu ( Una Substantia ), lalu Hakikat yang satu atau Esa ini, menyatakan diri dalam 3 ( tiga ) kepribadian yang berbeda atau 3 Eksistensi yang berbeda, yaitu : Eksistensi Bapa, Anak dan Roh Kudus, inilah yang dimaksutkan dengan Tress Personae pada Kredo Nicea, artinya : tiga kepribadian, atau 3 Eksistensi atau 3 Personality atau 3 Pernyataan diri atau 3 Keberadaan, sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Jadi, Pemahaman Tritunggal Maha Kudus, tidak dapat diartikan, bahwa Hakikat Allah itu terdiri dari : Bapa, Anak dan Roh Kudus, tetapi Pemahaman Tritunggal Maha Kudus, Harus diartikan dan dipahami, bahwa Allah yang Esa itu, hadir dalam 3 pribadi yang berbeda, yaitu : Hadir Sebagai Bapa, Hadir Sebagai Anak dan Hadir Sebagai Roh Kudus ( Una Substantia Tress Personae ).


Salam ...


Offline solideogloria

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 3803
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestant
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #43 on: June 15, 2013, 08:15:35 AM »
Jadi, kalau saudara katakan, bahwa Proses Inkarnasi adalah seperti Air dan Minyak dalam Satu Wadah (artinya terpisah, meskipun berada dalam satu wadah yang sama), maka timbul pertanyaan, yaitu : Yang Menjadi Manusia dalam Yohanes 1 : 14 itu, siapa yah ???


Salam ...

Sudah jelas Sang Firman yaitu Anak Allah yang kekal yang  ketika menjadi manusia diberi nama Yesus Kristus.

Shalom

BACK TO BIBLE

Offline jesuit_dm

  • FIK - Full
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Gereja Orthodox Oriental , Shyria Antiokhia
Re: Diskusi Gereja Non-Kalsedon dengan Gereja Kalsedon
« Reply #44 on: June 16, 2013, 01:29:47 PM »
Sudah jelas Sang Firman yaitu Anak Allah yang kekal yang  ketika menjadi manusia diberi nama Yesus Kristus.

Shalom

1). Menurut anda Sang Firman itu siapa ?
2). Mengapa Dia disebut Anak Allah ?

Maaf, semua pertanyaan-pertanyaan saya nanti, akan mengarah pada apa yang kita bahas disini, tetapi sebelum mendalam, maka terlebih dahulu saya akan mengajukan pertanyaan2 mendasar, suapaya kita sepaham untuk membahas yang lebih dalam.


Salam ..