Author Topic: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian  (Read 4014 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #30 on: May 15, 2014, 09:21:16 PM »
Kesalahan dalam silsilah Jesus yang dicatatkan oleh dua orang penulis bible iaitu Matius dan Lukas. Ambil silsilah yang bermula daripada Abraham.

... ... ...

Dipersilakan memberikan komentar berhubung permasalahan ayat dalam bible kristian ini. Mungkin ada yang ibgin membawa masuk konsep 'memperanakkan' dalam budaya orang yahudi itu? Maka dipersilakan.

Satu hal yang perlu diingat ketika membaca Kitab Suci, bahwa masing2 Kitab ditulis pada waktu yang berbeda, oleh orang yang berbeda, ditujukan kepada pembaca yang berbeda, dsb. Itulah sebabnya Kitab Suci tidak bisa ditafsirkan secara leterlek (word by word), melainkan harus disertai dengan study exegesis dan hermeneutics. Ada baiknya sebelum membedah Kitab Suci, kita ikuti ajakan Cardinal Joseph Ratzinger sebelum dia menjabat sebagai Paus Benedictus XVI:

"Finally, the exegete must realize that he does not stand in some neutral area, above or outside history and the Church. Such a presumed immediacy regarding the purely historical can only lead to dead ends. The first presupposition of all exegesis is that it accepts the Bible as a book. In so doing, it has already chosen a place for itself which does not simply follow from the study of literature. It has identified this particular literature as the product of a coherent history, and this history as the proper space for coming to understanding. If it wishes to be theology, it must take a further step. It must recognize that the faith of the Church is that form of "sympathia" without which the Bible remains a closed book. It must come to acknowledge this faith as a hermeneutic, the space for understanding, which does not do dogmatic violence to the Bible, but precisely allows the solitary possibility for the Bible to be itself." (Erasmus lecture of January 27, 1988)

Mengenai silsilah Yesus, ada banyak faktor yang menyebabkan ada perbedaan antara tulisan Lukas dan tulisan Matius.
Keduanya tentu saja tidak tepat, lengkap, dan akurat 100%, tapi keduanya juga TIDAK salah, karena dari silsilah ini kedua penulis Injil hendak menekankan bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan oleh para nabi Perjanjian Lama, yang akan dilahirkan dalam garis keturunan Daud.

Karena kedua Injil ini ditulis oleh dua orang yang berbeda, di tempat berbeda, di waktu yang berbeda, dalam tradisi yang berbeda, maka wajar sekali jika tulisannya berbeda meskipun maskud tulisannya itu sama2 benar.
Sebelum kita melangkah menarik garis keturunan yang jauh dari Yesus ke Abraham, kita lihat dulu garis keturunan Yesus ke Yusuf dan ayah Yusuf.
Matius menuliskan bahwa Yusuf suami Maria adalah anak Yakub, anak Matan (Mat 1 : 16), sedangkan Lukas menuliskan bahwa Yusuf suami Maria adalah anak Eli, anak Matat (Luk 3 : 23).

Kok bisa berbeda? Siapa yang benar? Siapa yang salah?
Jawabnya: keduanya memang berbeda, tapi keduanya adalah benar dan tidak salah.
Satu fakta yang harus kita catat dulu, bahwa dari tradisi kita mengetahui bahwa ibu Yusuf menikah dengan Yakub dan memiliki anak Yusuf. Setelah Yakub wafat, ibu Yusuf menikah lagi dengan Eli.
Ada sebagian orang Yahudi yang memiliki tradisi, bahwa jika seorang wanita yang telah menikah ditinggal mati suaminya dan menjadi janda, dan jika wanita itu menikah lagi maka dia dan anak2 yg dilahirkannya dari mendiang suaminya akan mengikuti nama suami terakhirnya. Dari sini kita sudah lihat bahwa Matius dan Lukas memang berasal dari kalangan Yahudi yang berbeda. 
Matius adalah orang Yahudi yang memiliki tradisi mempertahankan ayah kandung dalam menarik garis keturunan, sedangkan Lukas adalah orang Yahudi yang memiliki tradisi mempertahankan ayah terakhir dari seseorang yg ibunya menikah lagi.

Seperti yang kita semua tahu, tujuan utama menarik silsilah Yesus adalah untuk membuktikan bahwa Yesus adalah “Anak Manusia” yang adalah “Anak Allah”, di mana dalam Perjanjian Lama telah dinubuatkan sebagai keturunan Daud. Matius dan Lukas, dalam cara berpikir dan theology mereka masing2 hendak memberikan kesaksian tentang kelahiran Yesus yang memenuhi nubuat ini.

Matius menuliskan Injil untuk ditujukan kepada umat Kristen Yahudi, yang telah akrab dengan Kitab2 Perjanjian Lama. Matius ingin mengajak pembacanya, utk mengkaitkan kelahiran Yesus dengan Kitab2 Perjanjian Lama (termasuk Deutrokanonika). Matius menuliskan silsilah Yesus secara padat dan periscoping (memangkas pohon silsilah dan hanya menampilkan nama2 yg penting / terkenal). Bagian pertama dari 3 bagian silsilah Yesus (Mat 1 : 1 - 6) mencakup Rut 4 : 18 – 22, 1 Taw 34 : 2 - 15 dimana nama Rahab dan Rut dimasukkan. Bagian kedua mencakup 1 Taw 3 : 1 -1 6, 2 Raja 24 : 14, Yer 27 : 20. Bagian ketiga mencakup Ezra 3 : 2, Hag 2 : 2, 1 Taw 3 : 16 – 19, sedangkan nama2 lain berasal dari tradisi lisan. Sedangkan angka 14 yang digunakannya dalam menghitung jumlah generasi dalam tiap bagian silsilah Yesus menunjukkan praktek ilmu para rabi Yahudi yang disebut “gemetria”. Matius juga menyertakan nama 5 wanita dalam silsilah Yesus (Tamar dari Kis 38, Rahab dari Yos 2, Rut, Batsheba dari 2 Sam 11, dan Maria), suatu hal yg tidak biasa dalam tradisi masyarakan Yahudi, tetapi dituliskan oleh Matius karena wanita2 ini menunjukkan inisiatif dan memegang peranan penting dalam pemenuhan rencana Allah..
   
Silsilah yang dituliskan Lukas tidak dapat dipungkiri memang lebih banyak perbedaan daripada persamaan dari silsilah yang dituliskan Lukas. Keduanya sama2 menelusuri silsilah Yesus dari Yusuf, kesamaan garis keturunan dari Daud ke Aminadab, nama2 yg sama dalam garis keturunan antara Herzon dan Abraham. Perbedaannya: tidak ada nama wanita disebutkan dalam silsilah tulisan Lukas, dan Lukas meneruskan garis silsilah ini ke Adam anak Allah. Lukas menuliskan 36 nama yang tidak ditulis Matius ataupun ditulis dalam Kitab Perjanjian Lama, karena Lukas menggunakan angka keramat 7 dalam teologinya. Dari Yusuf sampai Adam anak Allah, Lukas menuliskan nama sejumlah tujuh kali sebelas, yaitu 77 nama. Dalam teologinya, Lukas hendak menyampaikan bahwa Yesus adalah pemenuhan dari karya Allah yang dimulai dari kisah penciptaan.

Terlepas dari perbedaan2 yg ada dari keduanya, kedua Injil ini hendak menyampaikan bahwa identitas Yesua adalah sebagai keturunan Daud, di mana Allah akan memenuhi karyaNya dan Mesias akan dilahirkan dalam garis keturunan ini.
Inti dari silsilah yang ditampilkan dalam kedua Injil ini bukan dimaksudkan sebagai archive data yang mencatat secara akurat dan lengkap nama2 keluarga Yesus, melainkan untuk memberi kesaksian akan identitas Yesus dan pentingnya identitas ini sehingga pembaca dapat memahami bahwa Yesus adalah Mesias, Penyelamat yang telah dijanjikan oleh Allah.
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #31 on: May 15, 2014, 10:36:46 PM »
Yang bodoh itu adalah kamu sebab menafikan fakta. Apabila Septuaginta itu disalin dalam satu naskah makanya ia adalah Septuaginta sebab hanya ada Septuaginta dalam naskah itu. Codex vaticanus adalah satu naskah yang ada Septuaginta dan PB. Justeru naskah Codex Vaticanus yang ada Septuaginta dan PB itu hanya wujud selepas masehi sahaja.
Kamu tidak tahu kenapa Codex Vaticanus itu diberi nama?
Sebenarnya kamu itu paham tidak masalah Septuaginta?

Tahu tidak Septuaginta terdapat dimana?

Lama-lama, kamu diskusi sama tembok saja
Quote
Yang bodoh itu sememangnya kamu. Apabila kamu ambil satu kitab sahaja maka sememangnyalah tidak akan ada perbezaan. Perbezaan hanya ada apabila dibandingkan dua atau lebih kitab. Dan saya terima jika di dalam kitab katolik ada persamaan antara Lukas 3:33 dan Matius 1:4. Malah dalam beberapa kitab terjemahan seperti King James juga menyebutkan kesamaan antara Matius 1:4 dan Lukas 3:33. Namun kelompok kristian tetap tidak dapat menafikan ayat Lukas 3:33 itu wujud dalam pelbagai versi apabila dilihat dalam beberapa manuskript. Bagi kamu hanya codex vaticanus sahaja yang benar? Codex vaticanus itu adalah juga berstatus manuskript seperti mana manuskript-manuskript yang lain. Justeru bagaimana kamu dapat membuktikan secara pasti bahawa codex vaticanus itu menyamai autographnya dan bagaimana pula kamu membuktikan bahawa manuskript lain pula tidak menyamai autographnya?
Apa yang kamu lakukan adalah kamu hanya menyatakan kepercayaan kamu kepada Codex Vaticanus tetapi kamu tidak mampu membuktikan bahawa yang kamu percayai itu adalah menyamai autographnya.
Bodoh!

Alkitab Katolik itu berbeda dengan Alkitabnya protestan.

Yang kamu tidak setuju itu Alkitabnya Katolik atau Alkitabnya protestan?
Quote
Tiada bukti yang dapat kamu kemukakan untuk menyatakan bahawa Nabi Musa tidak memakai nama "Allah". So tiada bukti yang dapat kamu kemukakan untuk menyatakan Al-Quran dongeng ataupun Nabi Muhammad salah.
Kitab Yahudi membuktikan, diteruskan oleh Kekristenan.
Quote
Bagaimana penganut kristian yang lain khususnya protestan. Apakah kamu bersetuju bahawa bible kamu itu sesat seperti yang dinyatakan oleh St Yopi ini?
Saya menanggap itu masalah dalaman kelompok kristian.
Yang disebut sesat itu ebyon dan nestorian, protestan juga menyebut mereka sesat.

Tidak usah mengadudomba kami, tidak laku...
Quote
Amat jelas kamu tidak tahu apa yang kamu kemukakan. Bahagian artikel yang kamu kemukakan itu adalah berkaitan dengan zaman di mana Septuaginta itu mula ditulis yang mana ianya adalah terjemahan daripada Torah.
Benar, bukankah Musa menuliskan dalam bahasa Ibrani?
Quote
Mari saya perlihatkan kepada kamu bahagian daripada artikel itu yang menyatakan berkenaan Codex Vaticanus. Lihat di bawah.
"Fragment of a Septuagint: A column of uncial text from 1 Esdras in the Codex Vaticanus c. 325–350 CE, the basis of Sir Lancelot Charles Lee Brenton's Greek edition and English translation."
"Relatively complete manuscripts of the LXX postdate the Hexaplar rescension and include the Codex Vaticanus from the 4th century CE and the Codex Alexandrinus of the 5th century. "
Artikel yang kamu kemukakan itu menjelaskan Codex Vaticanus itu wujud antara 325-350 CE atau 4th century CE.
History

The date of the 3rd century BCE, given in the legend, is confirmed (for the Torah translation) by a number of factors, including the Greek being representative of early Koine, citations beginning as early as the 2nd century BCE, and early manuscripts datable to the 2nd century.

http://en.m.wikipedia.org/wiki/Septuagint

Bisa bahasa Inggris kan?

Salam
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #32 on: May 15, 2014, 11:54:31 PM »



Sememangnya bible kristian mengambarkan Jesus daripada keturunan Daud. Dan kelompok kristian mengatakan bible mereka sebagai kitab yang benar.  Justeru apakah kamu hanya mengabaikan kepalsuan atau kesalahan sesuatu ayat di dalan bible itu demi untuk mengatakan kitab kamu itu sebagai kitab yang benar? Bagaimana kamu mengatakan kitab kamu itu sebagai kitab yang benar jika kamu sendiri tidak dapat menafikan adanya sesuatu ayat yang salah di dalamnya? Apakah bible mengambarkan Jesus daripada keturunan Daud melalui catatan silsilah yang salah?

Sebagaimana sudah saya jelaskam tentang signature saya, dalam thread lain yang sudah di lock( kesalahan silsilah dalam genesis  ) bahwa Alkitab terdiri dari bagian yang adalah firman Allah dan ada bagian yang bukan firman Allah )

nah bagian sejarah atau sisilah ini adalah termasuk yang bukan firman Allah
Sebab matius dan lukas bukan mendengar dari Allah yang mendiktekan secara langsung tetapi mereka mendengar secara lisan atupun membaca dari buku sejarah (catatan )

tapi tidaklah menjadi masalah karena inti dari keduanya adalh hendak menujukan bahwa kristus adalah keturunan daud


Saya beriman dengan Al-Quran, bukannya bible kamu itu. Justeru saya tidak perlu tahu versi mana daripafa ayat bible kamu itu yang menyamai autographnya. Yang perlu tahu hal tersebut adalah kamu dan kaum kristian. Supaya kelak kamu tidak memilih versi yang tidak menyamai autographnya.

kita kaum kristiani juga tidak perlu tau persis versi mana yang tepat karena kami tau maksudnya yaitu kristus adalah keturunan daud

malah saya sering heran , mengapa kisah kisah  Dalam alquran banyak yang sama dengan bibble seperti abraham /ibrahim ataupun kisah ayub yang mengalami cobaan berat  ?? siapa mencontek siapa  ??? mana yang ori mana yang jeplak  ?mau beriman pada yang ori atau yang jeplak itu terserah masing masing pribadi

Kunci :ingat tahun terbitannya)

Tuhan Yesus memberkati


Han
« Last Edit: May 15, 2014, 11:56:45 PM by hanhalim2 »
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline mdzamri.mdzin

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 49
  • Reputation Power:
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #33 on: May 18, 2014, 12:28:07 PM »
@Jenova


Terima kasih atas komentar kamu. Saya memang mengharapkan satu komentar yang baik daripada daripada individu kristian berkenaan dengan permasalahan Lukas 3:33 dan Matius 1:4 ini. Sememangnya komentar kamu akan disanggah tetapi sekurang-kurangnya satu komentar yang baik dari kamu.


Sebenarnya saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dam Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya. Saya menerima jika kelompok kristian ingin mengatakan bahawa penulis silsilah dalam bible adalah ingin menekankan bahawa Jesus daripada keturunan Daud. Cuma saya tidak dapat menerima jika penekanan oleh penulis silsilah itu adalah dilakukan melalui catatan yang salah dan malah kelompok kristian ini juga seharusnya tidak akan menerima jika penulis silsilah itu menuliskan garis silsilah yang salah semata-mata untuk menekankan bahawa Jesus adalah dari keturunan Daud. Ini kerana apabila kristian dapat menerima catatan garis ssilsilah yang salah maka ia akan bertentangan dengan kepercayaan kristian itu sendiri yang mengatakan bible mereka adalah kitab kebenaran. Mari kita ambil tanggapan bahawa kelompok kristian dapat menerima kesalahan catatan garis silsilah oleh penulis, maka apakah kelompok kristian mendakwa bible mereka sebagai kitab yang benar dengan menmgakui kesalahan catatan di dalamnya? Justeru itu akan memperlihatkan kepincangan dakwaan mereka. Bagaimana kelompok kristian mendakwa benar jika mereka akui adanya kesalahan? Itu adalah jika kompok kristian mendakwa mereka dapat menerima kesalahan catatan garis silsilah Jesus dalam bible mereka.


Saya tidak mengguna pakai pendapat hanhlim2 yang mengatakan catatan sejarah dalam bible adalah bukannya firman Tuhan kerana lazimnya kelompok kistian mengatakan bible mereka adalah firman Tuhan. Sekarang kita teruskan dengan melihat penjelasan kamu berkenaan permasalahan ini. Saya mengatakan pada awalnya bahawa saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dam Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya. Dan kamu mengatakan,


Mengenai silsilah Yesus, ada banyak faktor yang menyebabkan ada perbedaan antara tulisan Lukas dan tulisan Matius. 
Keduanya tentu saja tidak tepat, lengkap, dan akurat 100%, tapi keduanya juga TIDAK salah, karena dari silsilah ini kedua penulis Injil hendak menekankan bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan oleh para nabi Perjanjian Lama, yang akan dilahirkan dalam garis keturunan Daud.

Karena kedua Injil ini ditulis oleh dua orang yang berbeda, di tempat berbeda, di waktu yang berbeda, dalam tradisi yang berbeda, maka wajar sekali jika tulisannya berbeda meskipun maskud tulisannya itu sama2 benar.


Apakah catatan kedua-dua penulis ini harus berbeza? Adakah kamu tahu bahawa terdapatnya catatan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Sebenarnya saya ingin melihat kelompok kristian memberi komentar berkenaan dengan konsep "memperanakkan" yang digunakan oleh Matius dalam catatannya. Terdahulu, terdapat individu kristian yang menggunakan konsep ini bagi menjelaskan permasalahan catatan silsilah Jesus ini. Justeru sekarang ini saya memaklumkan kepada kamu terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Mari saya perlihatkan kesamaan antara kedua ayat tersebut.


Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, (Matius 1:4)


Itu adalah ayat Matius 1:4. Ini pula adalah beberapa ayat Lukas 3:33 yang menyamainya iaitu,


Luke 3.33 the son of Amminadab, the son of Ram, the son of Hezron, the son of Perez, the son of Judah,
New International Version (NIV)
Linknya http://m.biblestudytools.com/luke/3-33.html


Luke 3:33 Which was the son of Aminadab, which was the son of Aram, which was the son of Esrom, which was the son of Phares, which was the son of Juda,
King James Version
Linknya http://m.biblestudytools.com/kjv/luke/3-33.html


Sila lihat dengan teliti di antara Matius 1:4 itu dengan versi Lukas 3:33 itu adalah saling sama catatan garis silsilah antara Aminadab dan Ram (atau Aram atau Arni). Tidak terdapatnya generasi Admin antara Aminadab dan Ram bagi Lukas 3:33 dan ini menyamai Matius 1:4. Justeru sekarang ini saya telah menunjukkan kepada kamu bahawa terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4 seperti di bawah,


anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda, (Lukas 3:33) 


Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,(Matius 1:4) 


dan terdapat juga ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4 seperti yang telah saya kemukakan di atas.


Dan di link berikut iaitu http://www.greeknewtestament.com/B42C003.htm#V3 kamu boleh melihat ayat Lukas 3:33 bagi beberapa manuskript dan di link berikut pula iaitu http://www.codex-sinaiticus.net/en/manuscript.aspx?=SubmitQuery&book=35&chapter=3&lid=en&side=r&verse=33&zoomSlider=0 , kamu akan melihat pula ayat Lukas 3:33 dalam codex Sinaitikus. Daripada link-link yang saya berikan itu, kamu dapat melihat ayat 3:33 yang berbeza. Untuk manuskript Alexandrian dan Sinaitikus terdapatnya Admin di antara Aminadab dan Ram (atau Arni atau Aram), manakala manuskript Byzantine pula tidak ada mencatatkan Admin antara generasi Aminadab dan Ram.


Justeru apabila kamu mengatakan adanya perbezaan antara Matius 1:4 dengan Lukas 3:33 disebabkan beberapa faktor maka kamu menafikan manuskript yang mencatatkan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Dan begitu juga sebaliknya iaitu apabila kamu mengatakan ada persamaan antara Lukas 3:33 dengan Matius 1:4, makanya kamu menafikan manuskript yang mencatatkan Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4. Justeru ini memperlihatkan keadaan kristian yang dalam dilemma. Ini disebabkan kewujudan ayat Lukas 3:33 yang ditemui dalam pelbagai versi apabila dilihat dalam beberapa menuskript. Terdapat versi ayat Lukas 3:33 yang tidak menyamai ayat Matius 1:4 dan lagi satu versi adalah terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai ayat Matius 1:4. Justeru yang mana satu situasi yang kamu ingin pilih? Apakah kamu memilih situasi ayat Lukas 3:33 tidak menyamai Matius 1:4 atau apakah kamu memilih situasi ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Apa pun pililihan kamu, makanya kamu sedang dalam keadaan menafikan manuskript tertentu. Justeru bagaimana kamu pasti bahawa pilihan kamu itu adalah menepati catatan yang menyamai autographnya?


Justeru sekarang kamu sudah dapat melihat wujudnya ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi. Berdasarkan kewujudan pelbagai versi ayat Lukas 3:33 ini, bagaimana kamu menafikan berlakunya pengubahan dalam manuskript tertentu khususnya terhadap ayat Lukas 3:33 ini jika dibandingkan dengan autographnya?


BERSAMBUNG...

Offline mdzamri.mdzin

  • FIK - Newbie
  • *
  • Posts: 49
  • Reputation Power:
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #34 on: May 18, 2014, 12:29:46 PM »
SAMBUNGAN...


Seterusnya kamu memberi komentar berkenaan garis silsilah Jesus yang berbeza iaitu mengikut garis silsilah ibu iaitu Maria dan mengikut garis silsilah ayah iaitu Joseph (atau Yusuf) seperti di bawah.



Sebelum kita melangkah menarik garis keturunan yang jauh dari Yesus ke Abraham, kita lihat dulu garis keturunan Yesus ke Yusuf dan ayah Yusuf. 
Matius menuliskan bahwa Yusuf suami Maria adalah anak Yakub, anak Matan (Mat 1 : 16), sedangkan Lukas menuliskan bahwa Yusuf suami Maria adalah anak Eli, anak Matat (Luk 3 : 23).



Buat masa ini saya menerima apa yang kamu perjelaskan berkenaan dengan perbezaan nama-nama dalam garis silsilah selepas Daud hingga Jesus yang dicatatkan oleh Lukas dan Matius. Dan saya pun tidak pernah mempersoalkan perbezaan catatan oleh Lukas dan Matius bagi nama-nama dalam garis silsilah selepas Daud hingga Jesus. Yang saya persoalkan adalah perbezaan antara ayat Matius 1:4 dan Lukas 3:33 dan juga perbezaan antara ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi iaitu khususnya generasi di antara Ram (atau Arni atau Aram) hingga Aminadab. Generasi-generasi ini adalah nama-nama dalam garis silsilah di antara Abraham hingga Daud. Dan kita sedia maklum bahawa garis silsilah Jesus hanya terpisah kepada dua garis silsilah adalah bermula selepas Daud sehingga Jesus. Manakala daripada Daud ke atas hingga Abraham garis silsilah Jesus hanya ada satu sahaja dan disebabkan generasi Aminadan, Admin dan Ram berada di garis silsilah antara Abraham hingga Daud maka sememangnya catatan garis silsilah itu seharusnya sama. Tetapi ini tidak berlaku. Kita menyedari bahawa wujudnya perbezaan catatan silsilah antara ayat Lukas 3:33 dan Matius 1:4 dan saya juga telah memaparkan perbezaan ayat Lukas 3:33 antara manuskript.


Justeru tiada sebarang komen daripada saya berkenaan penjelasan kamu terhadap perbezaan catatan silsilah di antara Selepas Daud hingga Jesus oleh Lukas dan Matius kerana perbezaan itu adalah bukannya yang saya persoalkan di sini. Yang saya persoalkan di sini adalah hanya perbezaan catatan antara generasi Arni atau Ram hingga Aminadab oleh Matius 1:4 dan Lukas 3:33 dan juga antara Lukas 3:33 itu sendiri apabila dilihat dalam beberapa manuskript. Namun begitu saya telah memaklumkan pada awal tadi bahawa saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dan Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya. Sebenarnya permasalahan ini lebih tepat kepads persoalan yang mana satu sebenarnya catatan Lukas 3:33 dalam bible kristian yang menyamai autographnya? Ini kerana kita telah menyedari terdaparnya ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi iaitu versi pertama Ayat Lukas 3:33 adalah yang tidak menyamai Matius 1:4 kerana adanya generasi Admin yang dicatatkan dan lagi satu versi adalah seperti yang menyamai Matius 1:4 kerana tiada generasi Admin yang dicatatkan antara Ram dan Aminadab. Justeru yang mana satu secara pasti dan mutlak?

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #35 on: May 18, 2014, 08:41:57 PM »
Sebenarnya saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dam Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya. Saya menerima jika kelompok kristian ingin mengatakan bahawa penulis silsilah dalam bible adalah ingin menekankan bahawa Jesus daripada keturunan Daud. Cuma saya tidak dapat menerima jika penekanan oleh penulis silsilah itu adalah dilakukan melalui catatan yang salah dan malah kelompok kristian ini juga seharusnya tidak akan menerima jika penulis silsilah itu menuliskan garis silsilah yang salah semata-mata untuk menekankan bahawa Jesus adalah dari keturunan Daud. Ini kerana apabila kristian dapat menerima catatan garis ssilsilah yang salah maka ia akan bertentangan dengan kepercayaan kristian itu sendiri yang mengatakan bible mereka adalah kitab kebenaran. Mari kita ambil tanggapan bahawa kelompok kristian dapat menerima kesalahan catatan garis silsilah oleh penulis, maka apakah kelompok kristian mendakwa bible mereka sebagai kitab yang benar dengan menmgakui kesalahan catatan di dalamnya? Justeru itu akan memperlihatkan kepincangan dakwaan mereka. Bagaimana kelompok kristian mendakwa benar jika mereka akui adanya kesalahan? Itu adalah jika kompok kristian mendakwa mereka dapat menerima kesalahan catatan garis silsilah Jesus dalam bible mereka.
Saya tidak mengguna pakai pendapat hanhlim2 yang mengatakan catatan sejarah dalam bible adalah bukannya firman Tuhan kerana lazimnya kelompok kistian mengatakan bible mereka adalah firman Tuhan. Sekarang kita teruskan dengan melihat penjelasan kamu berkenaan permasalahan ini. Saya mengatakan pada awalnya bahawa saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dam Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya. Dan kamu mengatakan,
Apakah catatan kedua-dua penulis ini harus berbeza? Adakah kamu tahu bahawa terdapatnya catatan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Sebenarnya saya ingin melihat kelompok kristian memberi komentar berkenaan dengan konsep "memperanakkan" yang digunakan oleh Matius dalam catatannya. Terdahulu, terdapat individu kristian yang menggunakan konsep ini bagi menjelaskan permasalahan catatan silsilah Jesus ini. Justeru sekarang ini saya memaklumkan kepada kamu terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Mari saya perlihatkan kesamaan antara kedua ayat tersebut.
Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, (Matius 1:4)
Itu adalah ayat Matius 1:4. Ini pula adalah beberapa ayat Lukas 3:33 yang menyamainya iaitu,
Luke 3.33 the son of Amminadab, the son of Ram, the son of Hezron, the son of Perez, the son of Judah,
New International Version (NIV)
Linknya http://m.biblestudytools.com/luke/3-33.html
Luke 3:33 Which was the son of Aminadab, which was the son of Aram, which was the son of Esrom, which was the son of Phares, which was the son of Juda,
King James Version
Linknya http://m.biblestudytools.com/kjv/luke/3-33.html
Sila lihat dengan teliti di antara Matius 1:4 itu dengan versi Lukas 3:33 itu adalah saling sama catatan garis silsilah antara Aminadab dan Ram (atau Aram atau Arni). Tidak terdapatnya generasi Admin antara Aminadab dan Ram bagi Lukas 3:33 dan ini menyamai Matius 1:4. Justeru sekarang ini saya telah menunjukkan kepada kamu bahawa terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4 seperti di bawah,
anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda, (Lukas 3:33)
Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,(Matius 1:4)
dan terdapat juga ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4 seperti yang telah saya kemukakan di atas.
Dan di link berikut iaitu http://www.greeknewtestament.com/B42C003.htm#V3 kamu boleh melihat ayat Lukas 3:33 bagi beberapa manuskript dan di link berikut pula iaitu http://www.codex-sinaiticus.net/en/manuscript.aspx?=SubmitQuery&book=35&chapter=3&lid=en&side=r&verse=33&zoomSlider=0 , kamu akan melihat pula ayat Lukas 3:33 dalam codex Sinaitikus. Daripada link-link yang saya berikan itu, kamu dapat melihat ayat 3:33 yang berbeza. Untuk manuskript Alexandrian dan Sinaitikus terdapatnya Admin di antara Aminadab dan Ram (atau Arni atau Aram), manakala manuskript Byzantine pula tidak ada mencatatkan Admin antara generasi Aminadab dan Ram.
Justeru apabila kamu mengatakan adanya perbezaan antara Matius 1:4 dengan Lukas 3:33 disebabkan beberapa faktor maka kamu menafikan manuskript yang mencatatkan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Dan begitu juga sebaliknya iaitu apabila kamu mengatakan ada persamaan antara Lukas 3:33 dengan Matius 1:4, makanya kamu menafikan manuskript yang mencatatkan Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4. Justeru ini memperlihatkan keadaan kristian yang dalam dilemma. Ini disebabkan kewujudan ayat Lukas 3:33 yang ditemui dalam pelbagai versi apabila dilihat dalam beberapa menuskript. Terdapat versi ayat Lukas 3:33 yang tidak menyamai ayat Matius 1:4 dan lagi satu versi adalah terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai ayat Matius 1:4. Justeru yang mana satu situasi yang kamu ingin pilih? Apakah kamu memilih situasi ayat Lukas 3:33 tidak menyamai Matius 1:4 atau apakah kamu memilih situasi ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Apa pun pililihan kamu, makanya kamu sedang dalam keadaan menafikan manuskript tertentu. Justeru bagaimana kamu pasti bahawa pilihan kamu itu adalah menepati catatan yang menyamai autographnya?
Justeru sekarang kamu sudah dapat melihat wujudnya ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi. Berdasarkan kewujudan pelbagai versi ayat Lukas 3:33 ini, bagaimana kamu menafikan berlakunya pengubahan dalam manuskript tertentu khususnya terhadap ayat Lukas 3:33 ini jika dibandingkan dengan autographnya?
Didalam Alkitabnya Katolik sesuai naskah asli melalui Codex Vaticanus tidak ada nama "Admin".

Semua naskah yang kamu berikan, adalah naskah salinan dari protestan.

Katolik didirikan oleh Tuhan Yesus melalui St Petrus, dan diteruskan oleh para penerusnya yaitu para Paus, protestan baru ada abad ke 15.

Jadi, tidak ada masalah bagi Katolik.

Bagi protestan silahkan menanggapi.

Salam
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline siip

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 1721
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Karismatik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #36 on: May 19, 2014, 08:59:53 AM »
Itu sudah dtanggapi, Bro Yopi.
Varian nama 'Admin' adalah penyingkatan dari 'Aminadab' dan nama Admin hanya tertulis dalam salinan WH. Salinan TR hanya menuliskan 'Aminadab'.
Aminadab dan Admin adalah person yg sama.

LAI memasukkan keduanya, yaitu 'Aminadab' dan 'Admin' sbg upaya mnggabungkan salinan TR dan WH.

Jd TS bermasalah bukan dengan salinan Alkitab, mlainkan dg variasi penerjemahan di Alkitab LAI.

Namun bgitu, skalipun dtuliskan keduanya oleh LAI, tetap tidak merubah makna Alkitab karena pembaca mengetahui bhw Aminadab dan Admin adalah person yg sama.
Skalipun orang tidak mnyadari, itu juga tidak jadi masalah karena hal tersebut tidak impact pd doktrin dan pd dasarnya tidak kontradiktif.

Saya sudah pernah mrespon ini di forum lainnya.
Toh TS tetap kekeh dg tuduhan kontradiksinya.
« Last Edit: May 19, 2014, 09:01:29 AM by siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

Offline St Yopi

  • Non Nobis Domine, Non Nobis, Sed Nomini Tuo Da Gloriam
  • FIK council
  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 797
  • Reputation Power:
  • St Yopi
    • styopi.blogspot.com
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #37 on: May 19, 2014, 10:32:12 AM »
Itu sudah dtanggapi, Bro Yopi.
Varian nama 'Admin' adalah penyingkatan dari 'Aminadab' dan nama Admin hanya tertulis dalam salinan WH. Salinan TR hanya menuliskan 'Aminadab'.
Aminadab dan Admin adalah person yg sama.

LAI memasukkan keduanya, yaitu 'Aminadab' dan 'Admin' sbg upaya mnggabungkan salinan TR dan WH.

Jd TS bermasalah bukan dengan salinan Alkitab, mlainkan dg variasi penerjemahan di Alkitab LAI.

Namun bgitu, skalipun dtuliskan keduanya oleh LAI, tetap tidak merubah makna Alkitab karena pembaca mengetahui bhw Aminadab dan Admin adalah person yg sama.
Skalipun orang tidak mnyadari, itu juga tidak jadi masalah karena hal tersebut tidak impact pd doktrin dan pd dasarnya tidak kontradiktif.

Saya sudah pernah mrespon ini di forum lainnya.
Toh TS tetap kekeh dg tuduhan kontradiksinya.
Baiklah.

Topik telah terjawab.

Silahkan bro Cosmic selaku moderator melocknya.

Salam
« Last Edit: May 19, 2014, 08:27:38 PM by St Yopi »
Inter Esse Et Non Esse

Cogito Ergo Sum

Tuus Totus Ego Sum, Et Omnia Mea Tua Sunt

Extra Ecclesiam Nulla Salus

In Hoc Signo Vinces

With love,

your Yopi

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #38 on: May 19, 2014, 10:40:08 PM »
... ... ...
 Cuma saya tidak dapat menerima jika penekanan oleh penulis silsilah itu adalah dilakukan melalui catatan yang salah dan malah kelompok kristian ini juga seharusnya tidak akan menerima jika penulis silsilah itu menuliskan garis silsilah yang salah semata-mata untuk menekankan bahawa Jesus adalah dari keturunan Daud.

Pertama, tidak ada kesalahan dalam silsilah Lukas dan Matius. Silsilah itu berbeda, dan mungkin tidak lengkap, terutama silsilah Matius yang menggunakan metode “periscoping“.

Kedua, perbedaan itu terjadi karena (seperti yg telah aku uraikan di posting sebelumnya) kedua penulis Injil memiliki latar belakang  yg berbeda, menulis pada waktu yang berbeda, di tempat yang berbeda, ditujukan kepada pembaca yang berbeda, dsb.

Ketiga, dan yang paling penting, tidak ada keraguan sama sekali bahwa baik Yusuf maupun Maria adalah dari garis keturunan Daud. Masyarakat Yahudi di jaman itu tahu dan tidak ada yg menyangkal bahwa Yusuf dan Maria adalah dari garis keturunan Daud. Jika seandainya Matius maupun Lukas tidak menuliskan silsilah Yesus, tetap tidak ada keraguan sama sekali bagi Gereja bahwa Yesus memang adalah tunas Daud, lahir dalam garis keturunan Daud. Matius dan Lukas hanya menuliskan kembali silsilah itu utk menekankan sekali lagi tentang suksesi Daud dalam diri Yesus, dan silsilah yang berbeda itu tidak ada  yg salah, karena mau ditarik dari garis manapun dan dengan cara apapun (misal ayah kandung atau ayah terakhir, beberapa generasi dilompati / tidak disebut) tetap tidak akan mengubah kenyataan bahwa Yusuf dan Maria itu berasal dari garis keturunan Daud.

... ... ... Ini kerana apabila kristian dapat menerima catatan garis ssilsilah yang salah maka ia akan bertentangan dengan kepercayaan kristian itu sendiri yang mengatakan bible mereka adalah kitab kebenaran. Mari kita ambil tanggapan bahawa kelompok kristian dapat menerima kesalahan catatan garis silsilah oleh penulis, maka apakah kelompok kristian mendakwa bible mereka sebagai kitab yang benar dengan menmgakui kesalahan catatan di dalamnya? Justeru itu akan memperlihatkan kepincangan dakwaan mereka. Bagaimana kelompok kristian mendakwa benar jika mereka akui adanya kesalahan? Itu adalah jika kompok kristian mendakwa mereka dapat menerima kesalahan catatan garis silsilah Jesus dalam bible mereka.

Sepertinya perlu kita samakan dulu persepsi kita sebelum diskusi ini dilanjutkan.
Perlu Anda ketahui, umat katolik (sebagaimana umat kristen orthodox) mewarisi dan melestarikan iman orthodox sebagaimana diajarkan oleh Yesus kepada kedua belas rasul Kristus generasi pertama, diwariskan secara turun temurun kepada penerus2 rasul (saat ini jabatan penerus rasul disebut sebagai uskup / bishop) dan terus dipelihara oleh penerus2 rasul itu.
Iman kami ini bersumber pada Deposit Iman yang dapat ditemukan dalam Tradisi Suci dan Kitab Suci, bukan seperti agama Islam di mana Kitab Suci dijadikan satu2nya landasan iman karena ditulis dan diturunkan langsung oleh Tuhan.
Bagi kami, Kitab Suci adalah sumber pokok iman dan moral, apa yang terkandung di dalam Kitab Suci, itu lah yg infallible, bukan huruf2 dan rangkaian kata2 dan kalimat2 dalam Kitab itu.

Iman kami bukan lah iman buku, jadi kami tidak terpatok mati pada tulisan2 dalam Kitab Suci sampai ke titik dan koma-nya. Kami bersumber pada ajaran iman dan moral yang termuat dalam Kitab itu, yang selalu selaras dan saling melengkapi dengan Tradisi Suci. Boleh jadi Anda menemukan apa yg kelihatan sebagai "loop hole" dalam Kitab Suci, tapi apa yg Anda temukan sebagai "loop hole" ini selalu dapat ditemukan jawabannya dengan terang Firman Tradisi Suci, dalam tuntunan (penerus) para rasul sebagai penjaga Firman itu dalam menginterpretasikan Kitab Suci.

Kembali ke topik yg Anda lemparkan, silsilah yg ditulis Lukas dan Matius itu memang berbeda.
Mungkin tidak lengkap karena Matius menuliskan secara periscoping, tetapi itu silsilah ini bukanlah ajaran iman dan moral, jadi "loop hole" ini sama sekali tidak meruntuhkan iman orthodox akan infallibility Kitab Suci.
Ajaran iman dan moral dari silsilah ini adalah bahwa Yesus merupakan Mesias yang dijanjikan dalam nubuat para nabi, yang akan lahir dari garis keturunan Daud. Terang Firman dalam Tradisi Suci mengukuhkan dan melengkapi ajaran moral dan iman ini, sehingga perbedaan dalam silsilah Matius dan Lukas itu tidak menggoyahkan iman kami sama sekali, dan kami tetap menerima Kitab Suci sebagai sumber ajaran pokok iman dan moral yang infallible. :) 

Saya tidak mengguna pakai pendapat hanhlim2 yang mengatakan catatan sejarah dalam bible adalah bukannya firman Tuhan kerana lazimnya kelompok kistian mengatakan bible mereka adalah firman Tuhan. Sekarang kita teruskan dengan melihat penjelasan kamu berkenaan permasalahan ini. Saya mengatakan pada awalnya bahawa saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dam Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya.

Ya, aku juga kurang sependapat dengan bro hanhalim. Kitab Suci adalah Firman Allah, tidak dapat dibedakan perikop ini adalah Firman, perikop itu bukan Firman, dsb. Keseluruhan Kitab Suci adalah Firman Allah, ini adalah iman kami yang tidak dapat diganggu gugat.
Tapi aku paham dan setuju dengan konteks tulisan bro hanhalim, bahwa natur Firman Allah dalam Kitab Suci  harus dipahami sebagai tulisan yang TIDAK ditulis langsung oleh tangan Allah, melainkan ditulis oleh tangan manusia sehingga memiliki keterbatasan, sekalipun ajaran2 yang terkandung di dalamnya adalah infallible.
Fakta berbicara bahwa tulisan2 dalam Kitab Suci kami adalah hasil tulisan tangan manusia. Tapi seperti yg sudah aku uraikan di atas, natur Firman Allah dalam Kitab Suci adalah dalam konteks ajaran iman dan moral yang terkandung di dalamnya, yang artinya tulisan2 itu adalah diinspirasi Roh Kudus, sehingga sekalipun tulisan itu tidak sempurna secara etymology, tetapi ajaran yg disampaikannya adalah ajaran yang sempurna dan infallible.

Dan kamu mengatakan,

Apakah catatan kedua-dua penulis ini harus berbeza?


IMHO, justru pertanyaan yang tepat adalah: "mengapa keduanya harus sama?". :)

Perlu diingat dan digaris bawahi, Injil Matius ditulis oleh rasul Matius sekitar tahun 70-110, ditulis dalam bahasa Yahudi, ditujukan kepada umat Yahudi yang konvert menjadi Kristen. Injil Lukas ditulis oleh Lukas sekitar tahun 80-100, ditulis dalam bahasa Yunani Koine, ditujukan kepada umat gentiles yang menjadi Kristen. Mereka tidak saling koordinasi ketika menuliskan Injil, dan terpisah jarak pula. Matius menuliskan Injilnya di Yerusalem sebelum meninggalkan negeri itu untuk menyebarkan Injil ke negeri2 lain. Lukas menjalankan misi evangelisasinya di Filipi.
IMO, wajar sekali kalo ada perbedaan dalam tulisan mereka, dan justru menjadi kesaksian yang kuat bahwa sekalipun berbeda, kedua Injil ini memberikan ajaran iman dan moral yang sama tentang iman Kristen. Justru menjadi kecurigaan besar kalo sampai dua orang yang terpisah jarak dan waktu dan juga latar belakang budaya ini menuliskan Injil yang sama persis.


Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline Jenova

  • Administrator
  • Super Hero
  • *****
  • Posts: 1794
  • Reputation Power:
  • Joining in endless praise...
  • Denominasi: Catholic
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #39 on: May 19, 2014, 10:40:30 PM »
Dan kamu mengatakan,Adakah kamu tahu bahawa terdapatnya catatan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Sebenarnya saya ingin melihat kelompok kristian memberi komentar berkenaan dengan konsep "memperanakkan" yang digunakan oleh Matius dalam catatannya. Terdahulu, terdapat individu kristian yang menggunakan konsep ini bagi menjelaskan permasalahan catatan silsilah Jesus ini. Justeru sekarang ini saya memaklumkan kepada kamu terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Mari saya perlihatkan kesamaan antara kedua ayat tersebut.


.... .... ....

Justeru apabila kamu mengatakan adanya perbezaan antara Matius 1:4 dengan Lukas 3:33 disebabkan beberapa faktor maka kamu menafikan manuskript yang mencatatkan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Dan begitu juga sebaliknya iaitu apabila kamu mengatakan ada persamaan antara Lukas 3:33 dengan Matius 1:4, makanya kamu menafikan manuskript yang mencatatkan Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4. Justeru ini memperlihatkan keadaan kristian yang dalam dilemma. Ini disebabkan kewujudan ayat Lukas 3:33 yang ditemui dalam pelbagai versi apabila dilihat dalam beberapa menuskript. Terdapat versi ayat Lukas 3:33 yang tidak menyamai ayat Matius 1:4 dan lagi satu versi adalah terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai ayat Matius 1:4. Justeru yang mana satu situasi yang kamu ingin pilih? Apakah kamu memilih situasi ayat Lukas 3:33 tidak menyamai Matius 1:4 atau apakah kamu memilih situasi ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Apa pun pililihan kamu, makanya kamu sedang dalam keadaan menafikan manuskript tertentu. Justeru bagaimana kamu pasti bahawa pilihan kamu itu adalah menepati catatan yang menyamai autographnya?


Justeru sekarang kamu sudah dapat melihat wujudnya ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi. Berdasarkan kewujudan pelbagai versi ayat Lukas 3:33 ini, bagaimana kamu menafikan berlakunya pengubahan dalam manuskript tertentu khususnya terhadap ayat Lukas 3:33 ini jika dibandingkan dengan autographnya?


BERSAMBUNG...
SAMBUNGAN...


Seterusnya kamu memberi komentar berkenaan garis silsilah Jesus yang berbeza iaitu mengikut garis silsilah ibu iaitu Maria dan mengikut garis silsilah ayah iaitu Joseph (atau Yusuf) seperti di bawah.




Buat masa ini saya menerima apa yang kamu perjelaskan berkenaan dengan perbezaan nama-nama dalam garis silsilah selepas Daud hingga Jesus yang dicatatkan oleh Lukas dan Matius. Dan saya pun tidak pernah mempersoalkan perbezaan catatan oleh Lukas dan Matius bagi nama-nama dalam garis silsilah selepas Daud hingga Jesus. Yang saya persoalkan adalah perbezaan antara ayat Matius 1:4 dan Lukas 3:33 dan juga perbezaan antara ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi iaitu khususnya generasi di antara Ram (atau Arni atau Aram) hingga Aminadab. Generasi-generasi ini adalah nama-nama dalam garis silsilah di antara Abraham hingga Daud. Dan kita sedia maklum bahawa garis silsilah Jesus hanya terpisah kepada dua garis silsilah adalah bermula selepas Daud sehingga Jesus. Manakala daripada Daud ke atas hingga Abraham garis silsilah Jesus hanya ada satu sahaja dan disebabkan generasi Aminadan, Admin dan Ram berada di garis silsilah antara Abraham hingga Daud maka sememangnya catatan garis silsilah itu seharusnya sama. Tetapi ini tidak berlaku. Kita menyedari bahawa wujudnya perbezaan catatan silsilah antara ayat Lukas 3:33 dan Matius 1:4 dan saya juga telah memaparkan perbezaan ayat Lukas 3:33 antara manuskript.


Justeru tiada sebarang komen daripada saya berkenaan penjelasan kamu terhadap perbezaan catatan silsilah di antara Selepas Daud hingga Jesus oleh Lukas dan Matius kerana perbezaan itu adalah bukannya yang saya persoalkan di sini. Yang saya persoalkan di sini adalah hanya perbezaan catatan antara generasi Arni atau Ram hingga Aminadab oleh Matius 1:4 dan Lukas 3:33 dan juga antara Lukas 3:33 itu sendiri apabila dilihat dalam beberapa manuskript. Namun begitu saya telah memaklumkan pada awal tadi bahawa saya sengaja meletakkan perbezaan antara Lukas 3:33 dan Matius 1:4 untuk melihat reaksi kelompok kristian berkenaannya. Sebenarnya permasalahan ini lebih tepat kepads persoalan yang mana satu sebenarnya catatan Lukas 3:33 dalam bible kristian yang menyamai autographnya? Ini kerana kita telah menyedari terdaparnya ayat Lukas 3:33 yang pelbagai versi iaitu versi pertama Ayat Lukas 3:33 adalah yang tidak menyamai Matius 1:4 kerana adanya generasi Admin yang dicatatkan dan lagi satu versi adalah seperti yang menyamai Matius 1:4 kerana tiada generasi Admin yang dicatatkan antara Ram dan Aminadab. Justeru yang mana satu secara pasti dan mutlak?

Dari apa yg telah aku uraikan di atas, seharusnya Anda sekarang sudah paham bahwa kami tidak punya masalah sama sekali dengan perbedaan silsilah Matius dan Lukas.
Ibarat Matius mengatakan "manusia memiliki kepala, badan, tangan, dan kaki", sedangkan Lukas mengatakan "manusia memiliki kepala, leher, badan, lengan, tangan, paha, kaki".
Keduanya berbeda, keduanya tidak tepat akurat dan lengkap, tetapi keduanya adalah benar karena hendak mengatakan ajaran yg sama bahwa manusia memiliki anggota2 tubuh.

Sekali lagi, Kitab Suci adalah infallible dan benar2 merupakan Firman Allah, tetapi natur dari Kitab Suci adalah merupakan buah tulisan tangan manusia yg memiliki keterbatasan, namun dalam keterbatasan ini semua ajaran yang terkandung di dalamnya adalah diinspirasi oleh Roh Kudus, infallible dan sempurna.
Kalo penulisannya saja (naskah aslinya) memiliki keterbatasan , wajar juga kalo sampai ada perbedaan antara terjemahan codex Vaticanus dan codex Sinaiticus, bahkan sampai ada perbedaan dalam terjemahan LAI.

Tapi bagi kami, setidaknya bagi umat katolik yang tidak ber-sola scriptura, kami sama sekali tidak memiliki dilema atau masalah sama sekali dengan segala keterbatasan penulisan Kitab Suci.
Kitab Suci selalu dipahami dalam terang Tradisi Suci, Tradisi Suci selalu dipahami dalam terang Kitab Suci, dan iman ini selalu dijaga orthodoxy-nya oleh Gereja dengan kelengkapannya (Magisterium) yang telah dianugerahi dan dilindungi oleh Kristus dari kesesatan. :)

... ... ...
 Justeru yang mana satu secara pasti dan mutlak?

Bagi kami, yang pasti dan mutlak adalah bahwa Yesus itu adalah keturunan Daud, yang memenuhi nubuat para nabi bahwa Mesias adalah Penyelamat yang telah dijanjikan akan lahir dalam garis keturunan Daud.
Terlepas apakah Aminabad, Admin, dan Ram / Arni / Aram disebutkan atau tidak , tetap tidak akan mengubah infallibility ajaran bahwa Yesus adalah tunas Daud yang gemilang! :)
« Last Edit: May 19, 2014, 10:51:09 PM by Jenova »
Love is not merely a sentiment, it is an act of will.
(Benedict XVI)

Offline hanhalim2

  • Super Hero
  • ******
  • Posts: 4084
  • Reputation Power:
  • Denominasi: R.katholik
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #40 on: May 22, 2014, 01:28:35 PM »
@Jenova




Saya tidak mengguna pakai pendapat hanhlim2 yang mengatakan catatan sejarah dalam bible adalah bukannya firman Tuhan kerana lazimnya kelompok kistian mengatakan bible mereka adalah firman Tuhan. Sekarang kita teruskan dengan melihat penjelasan kamu

Apakah catatan kedua-dua penulis ini harus berbeza? Adakah kamu tahu bahawa terdapatnya catatan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4? Sebenarnya saya ingin melihat kelompok kristian memberi komentar berkenaan dengan konsep "memperanakkan" yang digunakan oleh Matius dalam catatannya. Terdahulu, terdapat individu kristian yang menggunakan konsep ini bagi menjelaskan permasalahan catatan silsilah Jesus ini. Justeru sekarang ini saya memaklumkan kepada kamu terdapatnya ayat Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4.


Nah, dari komen anda yang mengabaikan keterangan saya,sudah jelaslah bahwa trit yang kamu buat, bukanlah untuk mendapatkan penjelasan dari permasalahan mengapa terjadi perbedaan antara keterangan lukas dan matius, tapi kamu sengaja mencari cari kesalahan Alkitab.
Padahal yang tidak bisa salah/infailable adalah Firman Allah bukan sekadar firman biasa
Jadi masalah penulisan yang berbeda di matius dan lukas adalah permasalahan kamu sendiri yang ,dicari cari oleh kamu sendiri (emangnya masalah boeat loe? ) karena bagi kaum kristian perbedaan itu bukanlah masalah karena intinnya KRISTUS KETURUNAN DAUD

Kristus sendiri juga membedakan antara FIRMAN Tuhan dari FIRMAN lainnya

Tuhan Yesus memberkati

Han
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )

Offline CosmicBoy94

  • Moderator
  • FIK - Senior
  • *****
  • Posts: 305
  • Reputation Power:
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Re: Kesalahan/Permasalahan ayat Lukas 3:33 dalam bible kristian
« Reply #41 on: May 22, 2014, 02:24:26 PM »
Baiklah.

Topik telah terjawab.

Silahkan bro Cosmic selaku moderator melocknya.

Salam

Ya, pertanyaan telah terjawab. Thanks atas partisipasinya. Topiks ini dilock. Sampai jumpa lagi di thread selanjutnya.